alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016974874/setujukah-anda-indonesia-segera-hapus-hukuman-mati
Poll: Agan-agak setuju gak?
Setuju! Hukuman mati perlu dihapuskan 5.56% (2 votes)
Setuju, kecuali untuk kejahatan tertentu 11.11% (4 votes)
Sangat tidak setuju! Hukuman mati masih perlu biar bikin kapok 80.56% (29 votes)
EGP, sami mawon (sama aja) 2.78% (1 votes)
[Setujukah anda?] Indonesia Segera Hapus Hukuman Mati
Quote:
Indonesia Segera Hapus Hukuman Mati
Penulis : Aditya Revianur | Selasa, 16 Oktober 2012 | 14:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengungkapkan, Pemerintah Indonesia akan segera menghapus hukuman mati. Terlebih lagi, 140 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sudah menandatangani moratorium penghapusan hukuman mati.

"Berdasarkan fakta, terdapat peningkatan tajam dari kebijakan pemerintah internasional untuk menghapuskan hukuman mati karena tidak sesuai dengan HAM. Indonesia sendiri sudah menuju ke arah sana (penghapusan hukuman mati)," kata Marty dalam Konferensi Pers Rapat Paripurna Tingkat Menteri di Kemenkopolhukam, Jakarta, Selasa (16/10/2012).

Marty menjelaskan, 97 negara dari 140 negara anggota PBB telah sepakat untuk menghapuskan hukuman mati. Sementara itu, negara lainnya masih melakukan hukuman mati dengan berbagai pertimbangan.

Jika hukuman mati dihapuskan, maka, menurut Marty, para terdakwa hukuman mati harus dimasukkan ke dalam kategori jenis kejahatan khusus.

"Tren masyarakat internasional adalah menghendaki penghapusan hukuman mati," tambahnya.

Marty menilai masyarakat Indonesia sebagai bagian masyarakat internasional akan segera mengambil kebijakan tersebut.

Sebab, masyarakat Indonesia dianggap sudah memahami konsekuensi penegakan HAM yang mengharuskan penghapusan hukuman mati.

Sumber : http://internasional.kompas.com/read...s.Hukuman.Mati

Pendapat gw pribadi, gak setuju karena masih banyak extra-ordinary crime yang pelaku-nya tidak kapok-kapok kalo pake hukuman biasa (narkoba dan korupsi)

Menurut agan-agan gimana?

Breaking News! 

Pendapat ahli nih, gan

Quote:
Hukuman Mati Langgar Konstitusi
Penulis : Aditya Revianur | Rabu, 10 Oktober 2012 | 20:35 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Laica Marzuki menjelaskan hukuman mati inkonstitusional. Pasalnya, hukuman mati yang diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) dan undang-undang lainnya tidak sesuai dengan amanat UUD 1945. "Hukuman mati itu menyimpang dari pasal 28 I ayat (1) UUD 1945 jadi undang-undang yang mengatur hukuman tersebut inkonstitusional adanya," kata Marzuki di acara "Hari Anti Hukuman Mati Sedunia" di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (10/10/2012).

Marzuki menambahkan, hukuman mati selain tidak sesuai dengan konstitusi juga melanggar takdir manusia. Sebab, hidup menurutnya adalah karunia yang tidak boleh dicabut oleh siapa pun, termasuk algojo yang berlindung di balik konstitusi.

Marzuki menyebutkan, pencegahan kejahatan melalui hukuman mati tidak efektif. Sebab, pencegahan kejahatan selayaknya dengan upaya pendidikan, bukan menghukum mati seseorang. Selain itu, hukuman mati menurutnya tidak dapat dipulihkan tatkala seorang terdakwa kelak ternyata tidak bersalah, namun telah dieksekusi. "Hidup dan mati adalah hak, right to life and right to death. Hidup berujung pada kematian, tidak boleh dicabut paksa atas nama hukum," katanya.

Ia memaparkan, hukuman mati selayaknya digantikan dengan hukuman seumur hidup. Sebab, hukuman seumur hidup masih memberikan kesempatan bagi pelaku kejahatan untuk bertobat. Selain itu, hukuman seumur hidup tidak melanggar hak asasi manusia.

Menurut Marzuki, efek jera dari hukuman seumur hidup tersebut tetap ada. Pasalnya, hukuman seumur hidup tersebut tidak dapat diringankan dengan pembebasan kecuali peninjauan kembali diterima oleh Mahkamah Agung.

Sementara itu, Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana tidak sependapat dengan Mazuki. Denny berpendapat hukuman mati tidak dapat dihilangkan sama sekali di Indonesia. Sebab, hukuman mati diperlukan untuk menghukum pelaku kejahatan berat yang berdampak luas merugikan masyarakat.

Namun, Denny menggarisbawahi bahwa dirinya tetap tidak menyetujui jika hukuman mati sebagai pokok hukuman pidana. "Dalam RUU KUHP, pidana mati dirumuskan secara alternatif dan hanya dapat dijatuhkan sebagai upaya hukum terakhir. Perubahannya, dari awalnya pidana pokok jadi pidana alternatif. Ini the last resort, tapi tentu saja akan menimbulkan perdebatan," kata Denny.

Sumber : http://internasional.kompas.com/read...gar.Konstitusi


Kayaknya, dari aparat sendiri, masih ada silang pendapat

Gw sendiri setuju ama pendapat Denny

Pendapat agan-agan sendiri?
Ane sangat tidak setuju jika hukuman mati dihapuskan, terutama buat para koruptor, pengedar narkoba dan pembunuhan yang telah direncanakan !!! emoticon-Bata (S)
hukuman mati tidak pernah menghentikan tindak kriminal apapun.....selama masih ada kemiskinan dan kebodohan maka itu akan terjadi terus menerus hingga dunia kiamat
Ini melanggar Hak Asasi Manusia
Harusnya kita support Korupsi dan semua tindak kriminal di Indonesiaemoticon-I Love Indonesia (S)
ga setuju, orang-orang jahat macam koruptor dan pemerkosa harus dihukum mati, karena itu merupakan kejahatan paling biadab
gak setuju gan,,bahkan menurut ane system yg sekarang aja msh terlalu lembek,,gantung mati tuh para koruptor,,Presiden Qta masih kurang berani dan tegas :capede




Original Comment By : right99
?Q??Q?Q?Q?Q?Q?QQ?
© 2012 All Right Reserved™
Signature anti Bot Copy-Paste™
All for one, one for all, that's KASKUS
mau setuju mau gak

ngaruh apa?

pokoknya hukuman paling adil itu yang mengikuti undang-undang TITIK
walau gak ngaruh apa"setuju atau tidak!
menurut ane gak sutuju di hapus coz tiadak ada efek jera dan terlalu banyak kasus yg harusnya pelakunya di hukum mati!
persetan ama ham emg tuh orang waktu ngelakuin kejahatan mikirin ham korbannya
gak setuju ane gan

kl seandainya hukuman mati di hapus
maka penjara2 di Indonesia hanya jadi "status" dia pernah di hukum
ujung2nya malah napinya jalan jalan ke luar negeri
Daripada dihukum mati mending dijadiin buruh gratisan aja di pabrik2 emoticon-Big Grin... Cuma dikasih makan doang tapi gak digaji....
Perang Candu

Strategi ini merupakan alternatif. Artinya antara invasi militer dan perang candu bisa berjalan serentak. Boleh duluan atau belakangan. Tergantung analisa intelijen. Yakni membuat marak candu, minuman keras dan narkoba di daerah sasaran sebagai alat termurah merusak bangsa. Tujuanmya membuat lumpuh generasi muda di negara target agar tidak timbul gejolak politik. Contoh perang boxer di China doeloe, para pemuda diracuni candu oleh imperalis sehingga tidak punya daya lawan terhadap penjajahan negerinya.

Hal yang wajar ketika AS amat antusias menguasai ladang-ladang opium dan mafia jaringannya di Afghanistan, oleh karena selain itu bagian strategi dan metodenya, juga disebabkan invasi militernya ke Iraq belum menghasilkan apa-apa. Belum sebarel pun minyak terangkut dari bumi 1001 malam, justru kebangkrutan kini di depan mata.

NB :
Mengurai Skema, Langkah dan Modus Operasi Amerika Serikat Sebagai Superpower
klu masih ada komnas HAM dan aktifis HAM tidak akan ada hukuman mati.
koruptor,pemerkosa,narkoba tidak akan dihukum mati dan dihukum -+ 15th.
seperti afriani xenia dia dihukum 15th dan pemilik gudang narkoba -+ 15th mungkin
korupsi yg banyak di hukum -+10th
tegakkan hukum yg sekarang secara adil aja deh jangan tajem ke bawah tumpul ke atas, itu aja dulu cukup dah..
ane lebih seneng klo ada hukuman mati, biar bikin jera pelaku laennya.
klo emang mo dihapusin ya harus ada hukuman setimpal minimal ampe ratusan tahun n kagag boleh ada remisi ama grasi klo hukuman belom nyampe seratus tahun.
gimana kalau yang ngusulin itu aja yang dihukum mati
:P
Pemerintahan Indonesia tak lepas dari negara adidaya Amerika, Sumber daripada HAM berada di negara tersebut. Untuk menjaga keterikan itu sepertinya pemerintah mencari aman untuk adem-adem ayam dalam hal hukuman mati, dasarnya Hak Asasi Manusia.emoticon-I Love Indonesia (S)
Trus substitusinya apa?
satu dua tiga
jangan2 tuh yg mau menghapus hukuman mati, pengedar juga, emoticon-Cape d... (S)
Gila aja, lagian buat apa takut hukuman mati kalau orang yg benar.

skrg aja hukuman mati ga jelas kriminalitas dimana2, apalagi kalau ga ada hukuman mati.. ajegile.