alexa-tracking

Memalukan, Indonesia impor listrik dari Malaysia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016974361/memalukan-indonesia-impor-listrik-dari-malaysia
Memalukan, Indonesia impor listrik dari Malaysia
PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah menandatangani kerja sama dengan Serawak Energy Berhad (SEB). Salah satu isinya adalah, Indonesia akan mendatangkan energi listrik dari negeri jiran Malaysia sebesar 50 Mega Watt (MW).

Alasan PLN, impor listrik dari Malaysia terpaksa dilakukan mengingat kebutuhan energi di sebagian wilayah Kalimantan Barat cukup besar. Terutama untuk sektor industri. Kebutuhan listrik bagi energi harus dipenuhi agar sesuai dengan program hilirisasi pemerintah.

Anggota Komisi VII DPR Ismayatun menuturkan, sebagian wilayah Kalimantan memang masih diselimuti kegelapan. Impor listrik dari Malaysia ditempuh pemerintah demi mewujudkan ketahanan energi. "Tapi jika dilihat dari sisi kedaulatan energi, saya tidak setuju (impor)," ungkap Ismayatun kepada merdeka.com, Senin (15/10).

Menurutnya, untuk jangka pendek, mungkin kebijakan ini bisa diterima. Mengingat kebutuhan energi yang besar di wilayah itu. Apalagi jika harga listrik yang ditawarkan dari pihak Malaysia, termasuk murah karena menggunakan PLTA, sementara di Indonesia masih menggunakan energi minyak. Tapi, untuk jangka panjang perlu sangat diperhatikan.

"Kalau suatu saat misalnya Indonesia konflik dengan Malaysia, lalu mereka hentikan pasokan listrik, harus seperti apa? iya (jangan malu-maluin) bergantung sama negara lain," tegasnya.

Menurutnya, pemerintah harus mulai mempersiapkan dari saat ini. Pesatnya laju pertumbuhan ekonomi nasional, mendorong tingginya kebutuhan energi dalam negeri. Kebutuhan ini idealnya dipenuhi dari kemampuan produksi nasional. "Itu namanya kedaulatan energi," katanya.

Sebelumnya, Direktur Umum PT PLN Nur Pamudji menyatakan impor listrik adalah salah satu kebijakan untuk mendukung hilirisasi tambang dilakukan di Kalimantan Barat. Provinsi ini memiliki belasan industri batu bara aktif, salah satu nama besar di sana adalah PT Berau Coal.

"Kita mengambil listrik dari PLTA Bakun Serawak, Malaysia sehingga bisa mendukung pembangunan smelter di Provinsi Kalimantan Barat, karena kebutuhan listriknya besar sekali," ujar Nur Pamudji saat ditemui selepas pembukaan Konferensi Industri Penyedia Tenaga Listrik (CEPSI) di Nusa Dua, Bali, Senin (15/10).

Indonesia berencana membeli listrik dari Serawak Energy Berhad (SEB) mulai 2014. PLN bakal mengambil pasokan 50 Mega Watt (MW) dari perusahaan listrik negeri jiran itu. Kabarnya harganya mencapai USD 9 sen per kwh. Kontrak kedua negara direncanakan hingga 25 tahun ke depan.

Kerja sama PLN dan SEB dilaksanakan dalam dua tahap. Pertama, perusahaan plat merah itu bakal mengimpor listrik sepenuhnya dari Malaysia. Pada 2017, ganti PLN yang mengekspor listrik ke negeri jiran sebesar 120 MW.

Agar rencana dua tahap sukses, kedua belah pihak telah menyiapkan infrastruktur sejak setahun terakhir. Salah satu kebutuhan yang paling mendesak agar rencana ini berjalan lancar adalah pembangunan transmisi tegangan berdaya 275 kilovolt di jalur darat sepanjang 122 kilometer, menembus perbatasan kedua negara.

"Kita sudah kerja mulai dari pembebasan tanah, pembangunan transmisi, dan lain-lain, jadi akhir 2014 diharapkan sudah selesai," katanya.

Orang nomor satu PLN itu mengaku pembangkit milik PLN di provinsi Kalimantan Barat kurang cocok untuk kebutuhan smelter. "Sistemnya kecil, hanya 200 MW, paling besar 400 MW. Smelter butuh 140 MW dan pemakaiannya naik turun, kalau sistem kecil dibebani smelter menjadi tidak stabil," paparnya.

http://www.merdeka.com/uang/memaluka...-malaysia.html

emoticon-Bingung (S) bagai buah simalakama butuh sih tapi ya kalau bisa jgn dari sono
so what gitu loch sapa suruh mo bangun PLTN gak boleh
Hidup Indonesia !!! Lanjutkan !!! emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:


haha ... straight to the point !!

setuju gan, biar orang2 sama LSM yg banyak bacod nolak PLTN itu mikir
Quote:


betul bos ga mikir tuh LSM bayaran asing
yang jelas negara2 pembayar itu takut kalo paman bear nancapin kuku di sini
(kan memang negara yang benar2 siap kasih asistensi paman bear)
Horeee import aja terus

Pltn kagak boleh sih mau bangun ribut mulu, ngimport jg dimarahin, negara sulap emang mau a salah mau b salah emoticon-Big Grin
Bettull ....., betuul , me ,maaa ,luuu , kan. emoticon-Cape d... (S)

T e r l a l u. emoticon-Metal:
Gak apa-apa gan... Kan hanya untuk sementara... Kedepan batubara kalimantan harus dimaksimalkan untuk keperluan dalam negeri gan... Termasuk untuk pembuatan pembangkit listrik supaya kita bisa mandiri dalam pengadaan energi...
Quote:


apa gak bakalan abis tu di keruk terus
Padahal Kalimantan sendiri penghasil Batubara emoticon-Nohope

Gak apa deh lebih baik impor sementara daripada kekurangan listrik
Negara kita memang kaya raya... saking banyaknya duid listrik aja sampai ngimpor
bagus semakin menunjukan kualitas PLN pak dahlan piye iki
cukup satu kata dari pejabat di malaysia, ''ape susah nye jajah indon, pejabat nya rakus2 semue'' emoticon-Ngacir
Batu bara masi Nyisa nih buat 50th
Liquified coal kapan diaplikasiin yaaa emoticon-Big Grin

Kalau gas ? Gausah ditanya dah badak berhasil mebuat negeri kita jadi pengekspor gas terbesar dunia dan pln kekurangan, tanya kenapa ? emoticon-Big Grin
langkah cerdas bgini kok dibilang memalukan...^^
padahal rakyat kalimantan udah dikasih kesempetan bisa memperoleh listrik kalau dibangun PLTN, eh malah kehasut LSM, ya maman aja dah akibatnya
wakak, pas mau bikin PLTN/PLTU pada koar2 pake toa dijalanan nolak habis2an, pas mau impor listrik malah di katain memalukan emoticon-Big Grin
ngapain juga malu, lha nyatanya kita emang butuh kok,
lagian mo bikin pltn aja susah amat.
padahal klo bisa ngebangun satu bisa tuh buat nyukupin kebutuhan listrik kita.
Quote:


pada ga pinter sih orang kita jd gampang dihasut lsm yg menentang pltn,jelas2 energi yg paling efisien itu ya pltn..
Ngimport mulu
Udah PLTN jalanin aja dah