alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016972126/pembahasan-serius-program2-asli-jokowi-baru-akan-diimplementasikan-pada-2014
[Pembahasan Serius] Program2 Asli Jokowi Baru Akan Diimplementasikan Pada 2014
Quote:[Pembahasan Serius] Program2 Asli Jokowi Baru Akan Diimplementasikan Pada 2014
Jokowi bersimpuh di depan ribuan warga DKI, usai dilantik sebagai gubernur DKI Jakarta, Senin (15/10). Foto: Arundono/JPNN



JAKARTA - Harapan warga Jakarta terhadap kepemimpinan Jokowi-Ahok begitu besar. Pemilik nama asli Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama itu digadang-gadang mampu mewujudkan "Jakarta Baru" dalam waktu cepat. Tampaknya, publik harus siap-siap kecewa. Mengapa?

Sekretaris Jenderal Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) menyebut, sistem penganggaran keuangan daerah yang akan membatasi gerak Jokowi-Ahok dalam mengimplementasikan program-programnya, yang mengacu pada visi misi yang diusungnya.

"Saya yakin, program-program yang riil dari pasangan Jokowi-Ahok baru bisa teralisasi paling cepat 2014," ujar Yuna Farhan saat dihubungi JPNN, Senin (15/10) malam.

Alasannya, pertama, nyaris APBD DKI Jakarta tahun 2012 hanya tersisa dua bulan, yakni Nopember dan Desember. "P-APBD 2012 juga sudah selesai. Dia tak akan bisa berbuat banyak," ujar Yuna.

Selanjutnya, RAPBD Tahun 2013 juga sudah disusun, meski belum disahkan. Nah, Jokowi-Ahok punya peluang untuk merombak P-APBD 2013 sebelum diketok palu, untuk memasukkan anggaran program-programnya. Namun, lanjutnya, peluang itu pun tipis.

Menurut Yuna, penyusunan RAPBD 2013 sudah melalui proses yang panjang, sejak awal 2012, yang antara lain lewat Musrenbangda. "Rasanya tidak mungkin Jokowi-Ahok bisa membongkarnya. Semua masih warisan yang lama (Fauzi Bowo-Prijanto, red)," imbuh dia.

Lantas, apa yang bisa dikerjakan Jokowi-Ahok? "Paling hanya melakukan penyesuaian-penyesuaian kecil. "Misal di bidang transportasi, paling cuman bisa membenahi saja," ujarnya.

Alasan lain, sesuai ketentuan di UU Nomor 32 Tahun 2004, sebagai kepala daerah yang baru, Jokowi-Ahok harus menjabarkan visi-misinya ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk jangka lima tahun ke depan. RPJMD yang memuat rencana 5 tahun ke depan ini, harus sudah di-perda-kan paling lambat tiga bulan saat mulai menduduki jabatan.

Nah, ini yang sulit karena RAPBD 2013 sudah disusun. "Jadi jangan terlalu banyak berharap kepada Jokowi-Ahok," kata Yuna mengingatkan publik.. Paling banter, mantan walikota Solo itu melakukan pergeseran-pergeseran mata anggaran.

Tampaknya, hal ini disadari oleh Ahok. Usai dilantik, dia mengatakan, perlu waktu mempelajari lebih lanjut soal APBD Jakarta. Oleh karenanya, ia berencana untuk bertemu dengan tim penyusun anggaran Pemprov DKI.

"Besok tentu kita akan minta Sekda kumpulkan tim penyusun anggaran yakni Kepala Bapeda dan BPKP, untuk kita liat biaya-biaya mana yang tidak efisien atau apa. Akan kita pelajari untuk saya serahkan ke Pak Jokowi. Saya bikin opsi-opsi nanti Pak Jokowi yang akan mengambil keputusan," papar politisi Partai Gerindra ini. (sam/jpnn)

sumber

Ane adalah pendukung berat Jokowi-Ahok (walopun bukan warga DKI) karena mereka adalah simbol kebhinnekaan dan juga simbol pembaruan untuk mendobrak tradisi2 lama birokrasi yang kaku yang masih sering dipake di banyak daerah sampe sekarang.

Tapi kalo mau melihat realita, mohon kiranya masyarakat jangan terlalu berharap untuk melihat perubahan secara signifikan dalam 1,5 tahun ke depan karena seperti dalam berita di atas; SISTEM yang ada membatasi ruang gerak Jokowi-Ahok.

Kebetulan ane juga seorang PNS dan sering terlibat dalam penyusunan anggaran di dinas ane.
Di mana2 yang namanya sistem anggaran dalam pemerintahan itu sama.

Nah, untuk kasus kepemimpinan Jokowi-Ahok, setelah mereka dilantik maka mereka hanya akan meneruskan DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) murni 2012 ditambah dengan DPA-P (Dokumen Pelaksanaan Anggaran-Perubahan) 2012 warisan pemerintahan Foke.

Untuk tahun 2013 pun demikian, biasanya dalam bulan2 ini RKA 2013 (Rencana Kerja dan Anggaran) telah dibahas dan masuk ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Memang ada waktu sekitar 2 bulan untuk melakukan perombakan RKA tersebut dalam tim eksekutif sebelum diajukan kepada DPRD untuk dibahas bersama per komisi.
Jadi boleh dikata, pada tahun 2013 pun Jokowi-Ahok masih akan mewarisi program2 yang telah diajukan oleh pemerintahan Foke. Tidak semua memang, tapi sebagian masih akan ada yang tersisa.

Jadi, program2 pro rakyat Jokowi-Ahok baru akan bisa direncanakan secara secara murni oleh mereka berdua pada tahun 2013 yang implementasinya akan dilaksanakan pada tahun 2014.

Semoga Jakarta akan semakin membaik di tangan dingin Jokowi-Ahok, jadi kalo ane dapat tugas ke Jakarta lagi udah bisa bener2 menikmati Jakarta sebagai kota yang beradab. emoticon-Smilie


emoticon-I Love Indonesia
trus program seratus harinya gmn gan?
Quote:Original Posted By orimon.Jr
trus program seratus harinya gmn gan?

Program 100 hari Jokowi tuh apa aja gan? Ane kelupaan soalnya, atau emang gak ada?

Karena 100 hari berarti 3 bulan lebih, padahal tahun anggaran 2012 sudah tinggal 2 bulan lebih dikit.
Quote:Original Posted By orimon.Jr
trus program seratus harinya gmn gan?


Quote:
Lantas, apa yang bisa dikerjakan Jokowi-Ahok? "Paling hanya melakukan penyesuaian-penyesuaian kecil. "Misal di bidang transportasi, paling cuman bisa membenahi saja," ujarnya.




Pendistribusian kartu Jakarta sehat dan Jakarta pintar secara merata keknya masih mungkin gan.emoticon-Ultah



Banjir dan macet, keknya tunggu duit gede dulu baru bisa digarap secara efektif, itupun untuk melihat hasilnya juga masih butuh waktu lagi. emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By .Keledai
Pendistribusian kartu Jakarta sehat dan Jakarta pintar secara merata keknya masih mungkin gan.emoticon-Ultah



Banjir dan macet, keknya tunggu duit gede dulu baru bisa digarap secara efektif, itupun untuk melihat hasilnya juga masih butuh waktu lagi. emoticon-Sorry

Seperti itulah gan sistem yang ada di negara emoticon-I Love Indonesia (S) kita ini.

Untuk program2 skala besar yang menjadi prioritas Jokowi-Ahok memang harus bersabar dulu, setidaknya mulai 2014 baru bisa direalisasikan secara bertahap.
mungkin agak lambat ga, tapi yang penting jakarta ke arah perubahan yang lebih baik emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By kaoskoruptor
Perubahan instant itu gak bakalan berlaku siapapun pemimpinnya, harus ada program pemimpin sebelumnya yg diteruskan dulu, program warisan harus tuntas karena itu juga udah makan APBD..



Nitip lapak gan:

Sepakat gan! emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By ujungcakrawala
mungkin agak lambat ga, tapi yang penting jakarta ke arah perubahan yang lebih baik emoticon-I Love Indonesia (S)

Lambatnya semata2 karena sistem, bukan karena faktor Jokowi. emoticon-Smilie
Mari kita sama2 bersabar dan terus mendukung beliau berdua.

emoticon-I Love Indonesia
ooooooo tidak bisa.. emoticon-Mad:
dalem 100 hari harus ada hasil kerjanya.. emoticon-Mad:
harus sudah bebas macet, bebas banjir, bebas pemukiman kumuh, dan semua janjinya ditepatin.. emoticon-Mad:


stupid haters mode : OFF

emoticon-Traveller
Berarti program aslinya Foke, baru mulai 2009 dong? Sebelumnya masih programnya Sutiyoso. Kok gak ada yang memberi excuse ke Foke waktu itu ya ?
Quote:Original Posted By sing4p0r3
Berarti program aslinya Foke, baru mulai 2009 dong? Sebelumnya masih programnya Sutiyoso. Kok gak ada yang memberi excuse ke Foke waktu itu ya ?

Dulu Foke khan sebagai wakil Sutiyoso tentu ikut juga dalam pembahasan anggaran gan. Jadi tidak bisa dibilang sebagai programmnya Sutiyoso semata.

Beda dengan Jokowi yang benar2 adalah orang baru dalam lingkup Pemprov DKI Jakarta.
gw liat di tipi ahok semangat sekali ngomong ttg jaminan kesehatan waktu pelantikan... "orang sakit harus masuk dulu ke kelas 3, klo tidak ada tempat pindah ke kelas 2...."

jadi pelayanan kesehatan harusnya sudah dikerjakan dari pertama kali dia menjabat. Semoga tidak ada lagi orang sakit dijakarta yg terlantar dirumah sakit, akibat dibilang tidak ada kamar.
ada perubahan besar yg bisa di lakukan jokowi-ahok. perubahan yg sangat mendasar

mewujudkan birkrasi yang bersih, profesional, transparan, melayani dan tidak korupsi
kalau ini bisa di wujudkan. program program yang laen tinggal masalah waktu untuk menyelesaikan nya

Quote:Original Posted By .Keledai

Banjir dan macet, keknya tunggu duit gede dulu baru bisa digarap secara efektif, itupun untuk melihat hasilnya juga masih butuh waktu lagi. emoticon-Sorry


ahok pernah bilang. pengadaan bus transjakarta bisa di lakukan lewat sponsor. dan bisa dapet armada gratis. pengen liat kira kira bisa gak ahok mewujudkan nya
Sistem itu buatan manusia.
Sistem itu dibuat untuk memudahkan manusia
Sistem itu bisa diganti emoticon-Malu (S)
Di negara maju, sistem itu seperti benang yang membimbing pengelana supaya tidak tersesat di hutan.
Di Indonesia, birokrat kelibet benang itu emoticon-Malu (S)

Ada yang bisa transfer pengetahuan ke saya kenapa harus buru-buru disusun padahal udah tau mau ada gubernur baru?
Quote:Original Posted By tukang.bubur
gw liat di tipi ahok semangat sekali ngomong ttg jaminan kesehatan waktu pelantikan... "orang sakit harus masuk dulu ke kelas 3, klo tidak ada tempat pindah ke kelas 2...."

jadi pelayanan kesehatan harusnya sudah dikerjakan dari pertama kali dia menjabat. Semoga tidak ada lagi orang sakit dijakarta yg terlantar dirumah sakit, akibat dibilang tidak ada kamar.

Semoga saja mata anggaran untuk pelayanan kesehatan sudah tercakup dalam DPA dan DPA-P 2012 dan redaksi dalam DPA/DPA-P tersebut fleksibel untuk dilakukan penyesuaian sesuai dengan keinginan beliau. Karena kalo gak, apalagi udah beda nomor rekening anggaran, maka akan mustahil dilakukan perubahan gan.

Mungkin untuk tahun 2013 bisa. Kita tunggu saja. emoticon-Smilie
setuju dg analisa TS mengenai anggaran
seperti itulah realitas yg ada
terpenting adalah kemauan dan keinginan dari Jokowi-Ahok untuk merubah Jakarta
nanti saat 2014 saat pembuatan anggaran dimulai
maka pada tahun tersebut semua program dan keinginan mereka akan bisa terealisasi
minimal ada perubahan mental bagi birokrasi yang selama ini selalu dimanja oleh Foke
birokrat yang tidak siap diajak lari maka bersiaplah untuk diganti
selama DPRDnya mata duitan, kalo pas pemungutan suara buat nentuin iya ato gak keputusan gubernurnya bisa aja dijegal gara2 gak dapat komisi

pasti optimis

Saya Optimis kok karena masalah jakarta bukan pada APBD nya ,melainkan orang 2 yang diberi kepercayaan mengelola APBD.
APBD jakarta pasti lebih dari cukup kok,yang nyusun APBD juga orang2 ahli, tinggal bagaimana orang2 yg diberi amanat aja.....
maju terus jokowi............
dopost
Quote:Original Posted By 4X4V
ada perubahan besar yg bisa di lakukan jokowi-ahok. perubahan yg sangat mendasar

mewujudkan birkrasi yang bersih, profesional, transparan, melayani dan tidak korupsi
kalau ini bisa di wujudkan. program program yang laen tinggal masalah waktu untuk menyelesaikan nya




Tidak bisa lebih setuju lagi dengan pernyataan agan yang dibold. emoticon-2 Jempol



Itu point utamanya, terlihat mudah tapi akan sulit pada prakteknya. emoticon-Malu
Quote:Original Posted By lordbordock
Sistem itu buatan manusia.
Sistem itu dibuat untuk memudahkan manusia
Sistem itu bisa diganti emoticon-Malu (S)
Di negara maju, sistem itu seperti benang yang membimbing pengelana supaya tidak tersesat di hutan.
Di Indonesia, birokrat kelibet benang itu emoticon-Malu (S)

Ada yang bisa transfer pengetahuan ke saya kenapa harus buru-buru disusun padahal udah tau mau ada gubernur baru?

Bukan buru2 dibuat gan, tapi emang udah waktunya dibuat.

Yang musti disesuaikan menurut ane ya pilkadanya. Coba kalo pilkadanya selesai bulan Juni kemarin, pelantikan sekitar bulan Agustus. Tentunya Jokowi-Ahok punya kesempatan untuk memasukkan program2 mereka dalam RKA-P yang biasanya mulai disidangkan di DPRD pada bulan September.

Tapi itu juga gak bisa serta-merta semua program baru bisa masuk. Karena biasanya RKA-P itu adalah untuk memenuhi kebutuhan anggaran yang kurang dalam DPA murni tahun anggaran berjalan.

Singkatnya:
Untuk program tahun 2012, pembahasan dilakukan mulai September/Oktober-November di lembaga eksekutif (pemerintah daerah). Kemudian disidangkan di lembaga legislatif (DPRD) pada bulan Desember.

Untuk anggaran perubahan, biasanya pembahasannya dilakukan pada bulan Agustus/September tahun anggaran berjalan.