alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016971954/jokowi-akan-temui-dahlan-iskan-bahas-kampung-deret
Thumbs up 
Jokowi - Dahlan Iskan Bahas Kampung Deret & kereta api
JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah berkeliling tiga wilayah perkampungan kumuh di Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dijadwalkan akan berkunjung ke Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan bertemu dengan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

"Setelah ini mau ke Balai Kota dulu, habis itu baru mau ke Kementerian BUMN," kata pria yang akrab disapa Jokowi ini di Bukit Duri, Jakarta Selatan, Selasa (16/10/2012).

Terkait pertemuan dengan Dahlan Iskan di Kementerian BUMN, Jokowi mengatakan akan membahas mengenai lahan PT PJKA untuk dapat dibangun rusun.

"Kalau saya nantinya ya, maunya ngobrolin soal lintasan KAI, kemudian juga masalah perumahan di kanan kiri rel apakah lahannya bisa digarap untuk kampung susun deret," kata Jokowi.

Menurut jadwal, Jokowi akan diterima oleh Dahlan Iskan di Kementerian BUMN pukul 17.00 WIB. Selain itu, saat ditanyakan terkait bagaimana untuk memaksimalkan sumber daya ekonomi yang berlimpah di DKI Jakarta, Jokowi mengatakan mendistribusi aset ekonomi ke masyarakat bawah.

"Jadi, apa tuh ruang-ruang ekonomi untuk yang kecil, artinya distribusi aset ekonomi diarahkan ke masyarakat bawah," kata Jokowi.

Hari ini, Jokowi meninjau tiga wilayah perkampungan di Jakarta. Saat di Pademangan, ia bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ery Basworo dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lainnya.

Di Pademangan, ia menelusuri gang Telkom, di mana tardapat saluran air Pademangan V. Melihat saluran yang dangkal, dirinya kemudian memanggil Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk membicarakan penanganan saluran yang dangkal. Jokowi pun mengajak ketua RW setempat untuk kerja bakti.

Selain itu, saat ia meninjau Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, ia meninjau Rumah Susun Tanah Tinggi (Rustanti). Ia mengatakan perlu banyak hal yang dibenahi di Rustanti itu.

Sementara saat ia meninjau Bukit Duri, Jakarta Selatan. Jokowi berkomunikasi dengan warga setempat. Jokowi memiliki konsep akan membangun sebuah rancangan Kampung Deret Susun

sumber

gilee.. bener bener high speed. nggak nyangka. top!!

Quote:JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Selasa (16/10/2012) sore, menemui Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan. Dalam kunjungannya, Jokowi meminta izin penyelesaian program-program yang akan dilaksanakan.

"(Kantor) kita kan bertetangga. BUMN kan punya banyak kemampuan untuk bisa menyumbang program-program yang dijalankan oleh Jokowi," kata Dahlan selepas pertemuan dengan Jokowi di kantor Kementerian BUMN Jakarta, Selasa (16/10/2012).

Menurut Dahlan, program-program yang akan dilakukan oleh Kementerian BUMN dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ada yang bisa dilakukan secara bersamaan. Di satu sisi, perlu izin dari Kementerian BUMN dan di sisi lain perlu ada izin juga dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (Pemprov DKI Jakarta).

Salah satu proyek itu menyangkut masalah perlintasan kereta api (KA). Nantinya, frekuensi lalu lintas KA akan dibuat dengan jarak lebih rapat. Dahlan mengatakan, pada Maret tahun depan, frekuensi kereta api di Jabodetabek akan mencapai 7 menit sekali dari frekuensi saat ini yang masih 8 menit sekali. Adapun pada November 2013, lalu lintas KA akan menjadi 6 menit sekali. "Jadi, nantinya palang pintu kereta api akan semakin banyak ditutup. Ini tentu saja akan menjadi masalah perlintasan," ujarnya.

Dahlan pernah mewacanakan pembangunan underpass di bawah perlintasan kereta api dan jalan raya. Lintasan bawah tanah ini tidak akan menyebabkan antrean kendaraan di jalan raya.

Selain masalah perlintasan kereta, Dahlan juga menyetujui agar lahan-lahan di sekitar stasiun kereta api tidak dijadikan pusat pertumbuhan bisnis, tetapi bisa menjadi pusat permukiman baru. Caranya dengan membangun rumah susun sederhana milik (rusunami) atau apartemen murah untuk warga.

"Jadi nanti gaji setiap orang tidak akan habis untuk transportasi saja. Bayar KRL sudah Rp 8.000, tapi harus ngojek sampai Rp 15.000, kan habis biayanya. Beda kalau ada apartemen di sekitar stasiun, warga tinggal jalan kaki," ujarnya.

Selain itu ada wacana untuk membangun monorel dari Bekasi ke pusat kota Jakarta. Monorel ini dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan, khususnya tol dalam kota dari Bekasi ke Slipi. "Jadi, idenya ini membawa orang ke suatu tempat, bukan mobilnya yang dibawa," kata Dahlan.

Sementara itu, Joko Widodo menjelaskan, rencana yang telah dirancang oleh Kementerian BUMN dan Pemprov DKI Jakarta hanya perlu dikerjakan. "Kita ini ingin bicara yang konkret, baik soal monorel, pembangunan apartemen di dekat stasiun, hingga pembangunan rumah di kawasan kumuh. Saya ingin target secepatnya selesai karena masyarakat ingin cepat dapat manfaatnya," kata Jokowi.


menurut saya ini momen penting agar batas wilayah KAI dan PEMDA jadi jelas dan di ketahui masyarakat luas. sekaligus sosialiasasi peraturan baru nantinya agar wilayah trek rel (demi keselamatan, kemanan dan kenyamanan) tidak di pakai untuk ndiriin gubug derita.
tentu saja banyak faktor pertimbangannya (khususnya keselamatan dan keamanan warga yang tinggal di sana) agar pinggiran rel (dengan jarak tertentu) menjadi layak huni. sekaligus apabila KAI pengin nambah trek sudah ada ruangnya dan tak perlu repot2 gusur sana-gusur sini.
mudah2an selama 5 tahun kedepan, tiap hari bisa denger brita ttg gebrakan jokowi utk jakarta..
jangan cuma awal2 doang..
Hmmmmmmm

Baru rancangan, rencana, dan baru akan dibahas.

Belom eksekusinya. Tunggu sajalah

Mudah2an ngomongnya terealisasi, jadi seneng ngeliatnya. emoticon-Big Grin




Kaskus is providing basic human rights such as freedom of speech.
mudah mudahan semuanya lancar ya bang jkw..
"Pembangunan Jakarta Baru yang manusiawi akan dimulai dari kampung-kampung kumuh."



Melihat arah langkah pak Jokowi sekarang, keknya beliau sedang memulai langkah awal dalam menepati janjinya. emoticon-Ultah
Ikutan TOP Juga ach gan...
Kampung kumuh bentar lagi dirubah jadi kampung asri. emoticon-Big Grin
biasanya kalau habis pemilu berita tentang yg terpilih juga habis, palingan di ganti berita korupsi atau berita negatif.

Semoga terus bisa memimpin warga jakarta supaya jadi orang tertib, sadar kebersihan. Kalau penduduknya sadar bahwa mereka sendiri yg mesti mejaga kotanya ...
Pak jokowi setelah beres dengan DKI dimohon untuk pindah ngurus bandung emoticon-Big Grin
Jaga kesehatan ya PakDe.
semoga bisa terealisasikan pak de.. emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
benahin terus beh , moga moga jakarta nyaman kedepannya, terutama bebas dari banjir ..
Mudah-mudahan akan terus kontrol lapangan,semoga
Gw banyak denger atau baca harapan orang2 biar djokowi maju capres 2014

Well.. Buat gw kecepetan.

Tapi kalo misalkan hasil nyatanya jauh lebih cepat dari 2014, gw tanpa segan2 akan menggunakan hak suara gw buat dia
Quote:Original Posted By gradi
Pak jokowi setelah beres dengan DKI dimohon untuk pindah ngurus bandung emoticon-Big Grin

jgn bandung, karawang aj... emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By kompas
JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah mengunjungi tiga perkampungan kumuh di Jakarta kemarin, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Rabu (17/10/2012) ini, dijadwalkan mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam acara Pembukaan Trade Expo Indonesia ke-27.

"Iya, hari ini pukul 10.00 pagi, agenda Pak Jokowi sebagai gubernur akan mendampingi Pak SBY dalam pembukaan pameran perdagangan di Hall D2 JIExpo Kemayoran," kata Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan Provinsi DKI Jakarta Eko Hariadi kepada Kompas.com, Rabu pagi.

"Acara dengan Pak SBY kemungkinan tidak seharian. Namun, masih belum tahu agenda selanjutnya apa, nanti akan diinfokan kembali," ujar Eko.

Berbeda dengan Jokowi, kegiatan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama dikatakan oleh Eko akan selalu berada di Balaikota DKI. "Kalau Pak Wagub enggak ada agenda, selalu ada di balaikota," kata Eko.

Kemarin, Jokowi menyambangi tiga perkampungan kumuh, yakni Pademangan, Tanah Tinggi, dan Bukit Duri. Ia meninjau kawasan-kawasan mana yang layak untuk dijadikannya kampung susun deret. Selain itu, ia juga meninjau Rusun Tanah Tinggi (Rustanti).

Setelah meninjau tiga kawasan itu, Jokowi menyambangi Kementerian Badan Usaha Milik Negara untuk bertemu dengan Menteri BUMN Dahlan Iskan dan mendiskusikan rumah yang berada di kawasan pinggiran rel milik PT KAI, apakah dapat digunakan untuk pembangunan kampung susun deret.

Sementara itu, Wagub Basuki kemarin menggelar pertemuan dengan beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Ruang Bappeda di balaikota.

Dalam pertemuan itu telah diusulkan agar kantor-kantor Dinas Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI yang berada di luar lingkungan Balaikota segera digabung dengan yang berada didalam kompleks Balaikota DKI. Kemudian, kantor-kantor dinas itu akan dialihfungsikan menjadi pasar terpadu pedagang kaki lima (PKL).


Quote:Original Posted By koment1
NOO....mimpi buruk SBY akhirnya tiba....selama ini jadi single fighter, ga ada saingan, pencitraan tanpa hasil nyata buat rakyat....kini harus berdampingan dengan bawahan yg lbh berkualitas pemimpin...malu aku malu....pada semut meraahh


Quote:Original Posted By koment2
Jokowi jangan lama-lama sama dia, nanti ketularan lelet, warga Jakarta bisa kecewa berat. Kalau boleh usul, begitu dia gunting pita pembukaan, langsung ditinggal aja, kasih tunjuk gimana kerja kecepatan tinggi & penuh gebrakan. Kalau dia, habis gunting pita terus nyanyi, jadi buang waktu kerja.


Semoga pak Beye ketular aura positif dari Jokowi, sosok pemimpin yb sangat membumi. pengen lihat dlm acara ini, lebih antusias yg nyambut Jokowi atau pak beye?!? emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
semoga menjadi awal jakarta untuk memasuki tahap baru emoticon-Embarrassment
nunggu realisasinya ajah dari pak jokowi dan jajarannya emoticon-Malu (S)
Quote:Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta M Akbar mengaku belum mendapat agenda untuk berdiskusi dengan Jokowi.

"Belum ada (agenda), sampai saat ini belum," kata M Akbar yang ditemui dalam acara diskusi yang diadakan Ikatan Alumni ITB dengan tema "Utak-atik Transportasi Jakarta" di Cilandak, Jakarta Selatan, Selasa (16/10/2012) malam

sumber


sabar pak jadwal pak de masih sama RI 1 nih. kalau nggak bapak aja yang proaktif sowan pak de. biar mulai keliatan kerjanya emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By gradi
Pak jokowi setelah beres dengan DKI dimohon untuk pindah ngurus bandung emoticon-Big Grin


setelah dari Bandung mohon ke Lampung ya pak emoticon-Big Grin
Semoga berhasil semua pakdhe ide2nya.

kami warga jakarta akan turut membantu bapak emoticon-Big Grin
×