alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016971134/kesesatan-proyek-jembatan-selat-sunda
Kesesatan proyek Jembatan Selat Sunda
http://nasional.kontan.co.id/news/ke...nda/2012/10/16

Kesesatan proyek Jembatan Selat Sunda

Quote:Kesesatan proyek Jembatan Selat Sunda

JAKARTA. Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3I) adalah bukti tak terbantahkan betapa pemerintah saat ini masih terobsesi dengan pertumbuhan ekonomi.

Daniel Moh. Rosyid, Guru Besar Riset Operasi dan Optimasi Department of Ocean Engineering, ITS Surabaya mengatakan, kita seolah tidak mampu membayangkan sebuah visi tanpa pertumbuhan ekonomi. Dan untuk tumbuh kita membutuhkan investasi infrastruktur besar-besaran.

Menurutnya, gagasan membangun Jembatan Selat Sunda (JSS) mendapatkan pembenarannya di sini. MP3EI dan JSS adalah contoh dua sesat pikir yang menghinggapi para die-hard economist yang melakukan perencanaan pembangunan saat ini.Sesat pikir pertumbuhan sudah ditunjuklan oleh Illich maupun Schumacher dan persoalan mobil sebagai budak energi. "Saya akan menunjukan sesat pikir JSS," katanya di Jakarta, kemarin.

Sesat pertama, JSS dijadikan alasan bagi penggantian layanan feri penyeberangan Merak-Bakauheni yang buruk saat ini. Padahal layanan penyeberangan yang buruk saat ini adalah akibat dari kebijakan perhubungan yang didikte oleh industri mobil dan dominasi jalan at all costs, sehingga menelantarkan angkutan umum, termasuk yang berbasis rel dan penyeberangan.

Sesat kedua, JSS adalah kelanjutan dari solusi jalan dan mobil pribadi yang telah mendominasi kebijakan transportasi nasional sejak Orde Baru, terutama dengan bantuan Jepang.

Daniel menyebutkan, dominasi moda jalan pribadi ini telah membunuh angkutan umum moda transportasi rel, dan sungai di Jawa maupun luar Jawa. "JSS ini juga akan membunuh moda feri penyeberangan seperti yang telah dilakukan oleh Jembatan Suramadu," ungkapnya.

Ambil contoh, layanan penyeberangan Ujung-Kamal sebelumnya adalah layanan yang menguntungkan (terminal penyeberangan tipe A), tapi saat ini operatornya harus merugi dan disubsidi (terminal tipe C).

Sesat ketiga, solusi jembatan antar-pulau adalah solusi yang mengingkari fitrah negeri ini sebagai negara kepulauan seperti yang dinyatakan secara eksplisit dalam UUD45 hasil amandemen. "Tidak ada bukti empiris dan model ekonomi regional yang bisa menunjukkan manfaat jembatan antar pulau bagi kawasan di kedua pulau," papar Daniel.

Menurutnya, bukti empiris manfaat jembatan pelintas sungai melimpah dan amat meyakinkan. Tapi JSS gagal membedakan fitrah sungai dan selat yang dalam konsep ruang sangat berbeda. Jembatan sungai adalah solusi jarak dalam ruang cekung. Di dalam sebuah ruang cekung, selalu ada dua titik yang jika dihubungkan dengan sebuah garis lurus sebagian ruas garis ini bakal keluar dari ruang cekung tersebut.

Nah, dua pulau yang dihubungkan oleh jembatan antar-pulau justru membentuk ruang cekung. Jembatan pelintas selat ini tidak memberi solusi jarak, tapi malah menimbulkan masalah jarak.

Daniel menambahkan, dalam perspektif geologi, air laut justru membuat kontur dasar laut yang rumit dengan patahan dan palung menjadi rata. "Air laut adalah jembatan alamiah, bukan bagi mobil, tapi bagi kapal. Jembatan akan dibutuhkan jika tidak ada air laut di selat dan lainnya, untuk menghindari trace jalan yang rumit dan berkelak-kelok.

Belum lagi dengan ketidakpastian beban yang ditimbulkan oleh aktivitas tektonik dan vulkanik di Selat Sunda, JSS secara teknis inferior dibanding sistem feri maju yang bisa diadakan dengan lebih murah, dan cepat, serta ramah lingkungan.

Untungkan mafia tanah
Selain itu, Daniel bilang secara ekonomi regional, JSS hanya menguntungkan pemilik dan mafia tanah di sisi Banten dan Lampung. Bahkan pemilik tanah di Lampung akan, atau bahkan sudah berganti tangan ke orang-orang Jakarta yang secara finansial jauh lebih mampu. "Penyebabnya, pendidikan dan ketrampilannya yang tebatas, para penjual tanah di Lampung akan segera menjadi penonton di kampung halaman mereka sendiri, atau menjadi urbanisator ataupun buruh pabrik," jelas Daniel.

Sebab itu, JSS hanya memberi manfaat ekonomi regional yang terbatas bagi kedua pulau. Bagi pulau Jawa dan Sumatra, yang dibutuhkan adalah prasarana transportasi di kedua pulau tersebut, adalah jalan tol dan double-track kereta api lintas Sumatra dan Jawa, yang terintegrasikan ke pelabuhan-pelabuhan yang efisien di kedua pulau tersebut.

Sehingga, lintasan penyeberangan antara Merak dan Bakauheni bisa dilayani dengan sarana dermaga dan sistem ferry maju generasi terakhir dengan teknologi yang sudah terbukti yang jauh lebih murah dan dapat disediakan dalam waktu yang jauh lebih singkat daripada JSS.


Berarti pihak-pihak yang mendorong proyek ini aliran sesat ya emoticon-Shutup penguasa lokal dan pengusaha nasional
Quote:Original Posted By
[url]

Berarti pihak-pihak yang mendorong proyek ini aliran sesat ya emoticon-Shutup penguasa lokal dan pengusaha nasional


Pengusaha yang mendorong proyek ini maksudnya Tommy Winata yah gan ?
ujung2nya proyek bro, kapan lg nyari atm menuju 2014 emoticon-Embarrassment

padahal dana ratusan trilyun utk membenahi angkutan laut & jalan jawa sumatra aja udh cukup. ngapain bangun jembatan yg resikonya tinggi (gempa, posisi dekat gunung berapi aktif, dll) emoticon-Cape d... (S)
kalo bikin terowongan kereta bawah laut kek selat Inggris mengingkari fitrah juga gituh? emoticon-Ngakak:
kalo yang ndak setuju JSS ya ndak papa, silakan naik kapal aja emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By l3n4.l0v3r
ujung2nya proyek bro, kapan lg nyari atm menuju 2014 emoticon-Embarrassment

padahal dana ratusan trilyun utk membenahi angkutan laut & jalan jawa sumatra aja udh cukup. ngapain bangun jembatan yg resikonya tinggi (gempa, posisi dekat gunung berapi aktif, dll) emoticon-Cape d... (S)


bentul om. lagipula side-project utk jss kan luayan. mulai survey segala macamnya, pengadaan dll
kalaw dpt fee 1% aja dr total nilai proyek sdh cukup kali buat tambahan uang saku emoticon-Smilie
lgpula pemerintah cuma pintar membangun tp ga bs merawat. liat aja kondisi jalan2 di jawa banyak yg rusak. belum lagi kita bica kondisi jalan di luar jawa yg sdh kaga manusiawi lagi emoticon-Frown

Thumbs up 

Gw setuju dgn Prof. Daniel Moh. Rosyid harusnya ferry penyebrangannya yg diperbaiki dgn lebih canggih jauh lbh murah...... Setuju Prof.
Quote:Original Posted By santo2006
Gw setuju dgn Prof. Daniel Moh. Rosyid harusnya ferry penyebrangannya yg diperbaiki dgn lebih canggih jauh lbh murah...... Setuju Prof.


dan jangan ada kejadian kyk bulan kemarin, ferry ditabrak tanker.
emang ferry secanggih apa ...sampai kapan bergantung sama ferry?

apakah jika ferry nya memang sudah bisa dibangun seperti yang diimpikan diatas..maka harga tanah akan tidak ikut naik?? tetep aja sama aja khan


Somehow gw setuju sih, sama omongan nih pakar... gw curiga aja ini proyek buat bancakan terutama sih buat si Ratu Banten wannabe itu...

Ferry untuk penyeberangan ga disupport dan dibikin semrawut biar bisa gol nih proyek ...
in the long run ane yakin JSS jauh lebih beneficial buat komuter2 antar pulau jawa-sumatra terutama kendaraan pribadi emoticon-Embarrassment

yg suka sensasi ketampul2 kaya feses di sungai silakan naik feri emoticon-Embarrassment
ga lah, justru bagus ada jmbatan, mobilisasi mnjadi lebih cepat, feasibility study juga hrs di perhitungkan secara matang, klo ternyata ga cocok bwt jembatan mungkin tunnel bawah laut,. fitrah itu bukan terima gitu aja, klo logikanya sprti itu utk apa manusia bkn pesawat, ato kebulan, ato kirim robot ke mars, toh fitrah manusia kan jalan di bumi emoticon-Stick Out Tongue bagi gw susah itu bagi orang yg ga mau kerja keras,. contoh tuh jepang, negara kepulauan juga sama, tp antar pulaunya ada tunneling bawah laut,.
Quote:Original Posted By santo2006
Gw setuju dgn Prof. Daniel Moh. Rosyid harusnya ferry penyebrangannya yg diperbaiki dgn lebih canggih jauh lbh murah...... Setuju Prof.


Lha Ferry juga kan pada ngangkut mobil, Ro-Ro ngangkut truk jadi sama aja toh emoticon-Big Grin
di hong kong juga ada terowongan penyebrangan antara pulau hong kong & daratan china, tapi penyebrangan dgn kapal tetap lestari dan ramai & udah berumur sekitar 120 thn. emoticon-thumbsup

tarif penyebrangan dgn kapal dipasang sangat murah, tapi tarif lewat terowongan justru dipasang sangat mahal
Quote:Original Posted By nightcrawlingz
ga lah, justru bagus ada jmbatan, mobilisasi mnjadi lebih cepat, feasibility study juga hrs di perhitungkan secara matang, klo ternyata ga cocok bwt jembatan mungkin tunnel bawah laut,. fitrah itu bukan terima gitu aja, klo logikanya sprti itu utk apa manusia bkn pesawat, ato kebulan, ato kirim robot ke mars, toh fitrah manusia kan jalan di bumi emoticon-Stick Out Tongue bagi gw susah itu bagi orang yg ga mau kerja keras,. contoh tuh jepang, negara kepulauan juga sama, tp antar pulaunya ada tunneling bawah laut,.


oh tidak bisa gan, itu melanggar fitrah samudra emoticon-Ngakak

"profesor" rasa ustad, fitrah dijadiin dalil emoticon-Ngakak
proyek acc = uang mengalir ke pejabat

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

korelasi yang bisa ditebak nih
kurang sependapat nih sama Profesor ...Contoh konkrit yang berhasil bagi Rakyat kecil adalah jembatan Suramadu yang menguntungkan Rakyat kecil yang buka lapak disekitar sana emoticon-Smilie
Waduh kok bisa sesat ya?
Kalau JSS jadi pertumbuhan ekonomi lampung dan banten pasti meningkat karena ada kawasan industrinya.
Selagi JSS dibangun, Jalur double track jawa sama jalur aceh-lampung juga terus dilanjutkan sampai selesai. JSS juga punya jalur KA , jadi nantinya orang mau kirim barang jawa-sumatra tinggal pake kereta barang aja dan itu sangat efisien sekali.
kirain mau dibahas dari segi keamanannya
Kawal pembangunan jembatan agar bebas korupsi deh.. semoga berjalan dengan lancar dan tidak jadi project yang sia-sia..