alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016964528/enaknya-manggil-apa-y-bang-joko-bang-kowi-bang-jokowi-atau-bang-widodo
Thumbs up 
Enaknya manggil apa y Bang Joko, Bang Kowi, Bang Jokowi, atau Bang Widodo?
Joko Widodo sekarang telah resmi menjabat sebagai gubernur DKI. Pelantikan terhadap pria yang akrab disapa Jokowi dan pasangannya, Basuki Tjahaja Purnama dilakukan di DPRD DKI, Senin (15/10).

Kini, Jokowi menjadi pimpinan tertinggi di Ibu Kota. Secara etnis, Jakarta merupakan kampung halaman orang Betawi. Panggilan "Bang" biasa diberikan orang Betawi kepada pemimpin atau orang yang dituakan.

Tak terkecuali dengan gubernur DKI. Meski mayoritas gubernur DKI berasal dari luar daerah alias bukan asli Betawi, orang nomor satu di Jakarta itu kerap diberi sebutan "Bang" di depan namanya.

Sebut saja, Bang Ali untuk panggilan Ali Sadikin (1966-1977), Bang Nolly untuk Tjokropranolo (1977-1982), Bang Wi untuk Wiyogo Atmodarminto (1987-1992), Bang Yos untuk panggilan Sutiyoso (1997-2007), dan Bang Foke untuk Fauzi Bowo (2007-2012).

Lantas, apakah Jokowi juga akan dipanggil Bang? Bang Jokowi kah? Bang Joko? atau Bang Widodo?

"Bang Jokowi, bukan Bang Wi, atau Bang Jo," kata mantan Ketua Media Center Tim Sukses Jokowi, Budi Purnomo, dalam pesan singkatnya kepada merdeka.com, Senin (15/10).

Pernyataan itu memberi sinyal gubernur DKI itu akan memiliki panggilan baru yakni "Bang Jokowi." Namun sayang, Budi tak memberi keterangan lebih lanjut soal itu.

Sementara itu, sejarawan JJ Rizal mengatakan, panggilan "Bang" tidak wajib diberikan kepada setiap gubernur DKI. Menurutnya, pemberian gelar "Bang" paling mudah didapat di Jakarta namun tidak kepada gubernur.

Sebab, seorang gubernur harus menunjukkan kinerjanya terlebih dahulu. Namun, seiring maraknya ormas Betawi pasca-reformasi, pemberian gelar "Bang" kepada gubernur DKI tak sesulit era sebelumnya.

"Kalau selain gubernur gampang dipanggil bang, tukang siomay saja dipanggil bang," kata dia kepada merdeka.com.

Dia menjelaskan, panggilan "Bang" diberikan orang Betawi kepada seseorang karena orang itu telah diterima dan dianggap sebagai anggota keluarga. Panggilan "Bang" kepada gubernur DKI pertama kali ngetren pada zaman Jakarta dipimpin oleh Ali Sadikin.

Saat itu, kepemimpinan Ali Sadikin dinilai sukses, karenanya meski ia lahir di Sumedang, Ali tetap diberi sebutan "Bang Ali.

"Bang Ali dianggap memberi banyak kesempatan dan dorongan supaya warga Betawi dan kebudayaan Betawi maju. Sebelum zaman dia kebudayaan Betawi mengalami ketidakberdayaan. Di zaman Bang Ali, dia mencari dan menemukan identitas budaya Jakarta adalah betawi," katanya.

Saat itu, Ali Sadikin melihat unsur-unsur kosmopolitanisme yang ada di budaya Betawi. Kosmopolitanisme itu salah satunya adalah sifat santun, ramah, toleran dan solidaritas yang dimiliki orang Betawi.

"Sifat-sifat itu kemudian dijadikannya sebagai identitas Jakarta yang penuh didiami orang berbagai macam etnis. Dia hendak membuat orang Jakarta menjadi Jakarta," katanya.

Menurutnya, panggilan "Bang" kepada Jokowi tak perlu dipaksakan. Hal itu lebih baik dikembalikan ke masyarakat yang menjadi raja sesungguhnya di Jakarta.

"Jadi terserah masyarakat lebih senang manggil dia (Jokowi) apa," katanya.

Terlepas dari itu semua, Jokowi kini telah resmi menjadi pemimpin Jakarta. Yang terpenting adalah pemenuhan janji kampanye yang dilontarkan Jokowi saat berkampanye dulu.

Karena, kesuksesan Jokowi memimpin dan menyelesaikan semua permasalahan yang ada di Jakarta, adalah sebuah bayaran atas semua janji kampanyenya. Saat itu terjadi, "Bang Jokowi" layak masuk ke dalam daftar gubernur DKI yang patut dikenang karena prestasinya.

Selamat bertugas Bang Jokowi.

http://www.merdeka.com/jakarta/bang-...ng-widodo.html

apapun panggilannya yg penting prestasi dan kerja nyatanya

SUKSES DI TEMPAT YG BARU Mas JOKO, Pak JOKO, Bang JOKO

*kalo disuruh milih ane milih Bang Jo, lebih enak, gaul, santai (sesuai dengan tampilan Jokowi)
setju sm agan

SUKSES BUAT BANG JO emoticon-I Love Indonesia (S)
mas joko emoticon-Big Grin bang jok, asal jgn bung jok
Bang Jo bagus tapi persepsi orang jawa pasti bang jo itu lampu lalu lintas

Bang JOWI aja deh
Bang Jokowi, lebih enak di denger kyknya degh
Quote:Original Posted By kizarusan
gimana kalau si kutu loncat saja. Mas Jokowi kan suka pindah2 jabatan. Belum kelar masa jabatannya udah minta pindah. EMang susah kalau berhadapan dengan orang yg haus jabatan seperti jokowi


buat ane g masalah gan kutu loncat asal hasil kerjanya keliatan dan bermanfaat, di Solo dia jg bukan orng yg biasa dia orng yg sukses mimpin daerahnya, wajar kalo jakarta jg butuh perubahan
Ko Jokowi aja, kan kata si monyet nara ayahnya pak Jokowi orang Tionghoa
Quote:Original Posted By kizarusan
gimana kalau si kutu loncat saja. Mas Jokowi kan suka pindah2 jabatan. Belum kelar masa jabatannya udah minta pindah. EMang susah kalau berhadapan dengan orang yg haus jabatan seperti jokowi


BSH/ penasbung/ jungker ngejar post/kolektor bata???...emoticon-Ngacir
sudahlah skip aja manusia 10cc hanya mengulang kaset rusak doang.
===================================================
untuk pangilan mah ngak masalah asal sopan aja.
yang penting kerjanya seperti apa untuk jakarta.
Quote:Original Posted By ureh978
Bang Jo bagus tapi persepsi orang jawa pasti bang jo itu lampu lalu lintas

Bang JOWI aja deh


kalo bang jo jadinya kayak gini dong
Enaknya manggil apa y Bang Joko, Bang Kowi, Bang Jokowi, atau Bang Widodo?
Quote:Original Posted By kizarusan
gimana kalau si kutu loncat saja. Mas Jokowi kan suka pindah2 jabatan. Belum kelar masa jabatannya udah minta pindah. EMang susah kalau berhadapan dengan orang yg haus jabatan seperti jokowi


Emang susah juga kalo ngeliat orang kayak ente, yang bisanya cuman koar2 gak jelas di thread.

Dia udah berhasil di Solo so what jika dia coba level yang lebih tinggi di Jakarta.

Bang Jo? hehehehe... Seru juga dipanggil kek gitu doi emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By 705513
buat ane g masalah gan kutu loncat asal hasil kerjanya keliatan dan bermanfaat, di Solo dia jg bukan orng yg biasa dia orng yg sukses mimpin daerahnya, wajar kalo jakarta jg butuh perubahan


ngakak ane jokowi dibilang kutu loncat, dia disolo kan dah 7 taon, kalo mau karir politik maju ya ga mesti nunggu masa jabatan abis kan?, yang penting selama bekerja dia sudah memberikan yang terbaik emoticon-I Love Indonesia (S)
bang jo di jawa tuh artinya lampu merah.jadi pasti ga ada yg kasi nama gitu.
klo mo unik. bang dodo hahaha emoticon-thumbsup kesannya qiut
klo 1 nya lagi bang ho jadi mirip jai ho deh.cuma klo bahasa inggris mirip istila kasar
Bang Joko aja...
kalo Mas Joko khusus buat ane.......emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By SuperExcimers
ngakak ane jokowi dibilang kutu loncat, dia disolo kan dah 7 taon, kalo mau karir politik maju ya ga mesti nunggu masa jabatan abis kan?, yang penting selama bekerja dia sudah memberikan yang terbaik emoticon-I Love Indonesia (S)


sorry gan ane mksd ane mau kasih tau ke agan kizarusan
Quote:Original Posted By kizarusan
gimana kalau si kutu loncat saja. Mas Jokowi kan suka pindah2 jabatan. Belum kelar masa jabatannya udah minta pindah. EMang susah kalau berhadapan dengan orang yg haus jabatan seperti jokowi


kalo kutu loncat untuk hal yg baik kenapa tidak ?? sm kayak ente bilang MAKSUDNYA
panggilannya BANG JOKWI aja
enak didengar dan perlu emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By 705513
sorry gan ane mksd ane mau kasih tau ke agan kizarusan


kalo kutu loncat untuk hal yg baik kenapa tidak ?? sm kayak ente bilang MAKSUDNYA


gpp gan, maksud ane ane mau bantu memperkuat penyataan ente ke agn kizarusan kok, ane setuju ama enteemoticon-Blue Guy Smile (S)
diekan orang jawa di panggila mas jokowi atau pakde emoticon-Ngakak (S)
bang joko aja, lebih akrab

tapi ga enak ya, harusnya mas joko emoticon-Big Grin
tetep pake panggilan abang deh kayanya
biar masih ciri khas betawi yee emoticon-Ngakak