alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016961468/info-kesehatanmasyarakat-indonesia-mulai-rajin-cuci-tangan-pakai-sabun
Thumbs up 
[INFO KESEHATAN]Masyarakat Indonesia Mulai Rajin Cuci Tangan Pakai Sabun
[INFO KESEHATAN]Masyarakat Indonesia Mulai Rajin Cuci Tangan Pakai Sabun

Quote:Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi mengatakan, bahwa secara perlahan semakin banyak masyarakat Indonesia yang mencuci tangan dengan sabun.



"Hal ini sudah menjadi komitmen kita kepada dunia, dan kita sudah ada peningkatan," ujar Nafsiah dalam peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ke-5, Senin (15/10).



Nafsiah mengatakan, sudah terbukti bahwa perilaku sederhana mencuci tangan pakai sabun sebelum makan, setelah buang air besar, setelah kontak dengan tanah dan sesudah memegang hewan, dapat menurunkan risiko angka kejadian diare.

Terlebih diare, lanjut dia, masih menjadi salah satu penyebab kematian anak tertinggi di Indonesia, sampai dengan 50 persen.

"Apalagi kalau ditambah sanitasi total berbasis masyarakat, bisa mengurangi ancaman infeksi diare, cacingan, flu burung dan infeksi paru sampai 94 persen," tambahnya.



Sementara, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes, Tjandra Yoga Aditama mengatakan, di tahun 2006 hanya 9,6 persen masyarakat Indonesia yang memiliki kebiasaan mencuci tangan memakai sabun.

Namun di tahun 2012, lanjutnya, dari environmental health risk assessment di 56 kabupaten/kota yang diselenggarakan oleh Kemenkes baru-baru ini, diketahui angka tersebut naik menjadi 49,5 persen.



Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (Global Hand Washing Day) sendiri sudah dimulai di dunia sejak tahun 2008 lalu, dan diinisiasi oleh UNICEF. Kegiatan awal di 2008 itu diselenggarakan oleh 21 negara termasuk Indonesia.

Sementara pada tahun ini, kegiatan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) ke-5 di dunia diikuti oleh lebih dari 70 negara, termasuk Indonesia. 



Representatif UNICEF untuk Indonesia, Angela Kearney, mengatakan bahwa dalam 20 tahun belakangan, angka kematian anak sudah berhasil ditekan sampai setengahnya hanya dengan mencuci tangan pakai sabun.

Dia pun menyerukan bahwa sekolah-sekolah harus memasukkan kesadaran untuk mencuci tangan memakai sabun ke dalam kurikulum, sehingga anak terbiasa mencuci tangan dengan benar.


SUMBER


Quote:syukurlah jika masyarakat kita mulai banyak yg sadar arti pentingnya cuci tangan sebelum makan...emoticon-Big Grin

BTW...cukup banyak juga lho para politikus kita yg gemar cuci tangan.....emoticon-Hammer2
ane juga dah biasa dari kecil cuci tangan gans!!!!
Ah ... ibu menkes ini asal claim aja. Kata "Banyak" itu masih relatif sifatnya. Saya kira ini bukan berita yang benar.
apa kata bu menkes aja dah,
yang penting angka kesakitan dan kematian akibat diare di negara kita bisa diturunin
kalau begitu sebaiknya di siapkan juga sarana dan prasarananya untuk dapat mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas, sebagai contoh banyak rumah makan baik itu yang berskala besar maupun kecil tidak tersedia wastafel untuk cuci tangan yang ada hanya mangkok kecil yg berisi sedikit air dan jsepotong jeruk saja emoticon-Cape d... (S)
gerakan yang harus dilestarikan
untuk indonesia lebih bersih
surveinya di mana nih gan jangan di rumah layak aja emoticon-Big Grin
kayaknya tu program dari salah satu merk sabun....