alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016955861/media-siap-siap-terguncang-mahasiswa-aceh-gagas-gerakan-anti-media-cabul
(Media Siap-Siap Terguncang) Mahasiswa Aceh Gagas Gerakan Anti Media Cabul
BANDA ACEH - Resah dengan pemberitaan media lokal yang sering tidak mengindahkan kode etik jurnalistik, sejumlah mahasiswa di Aceh menggagas Gerakan Syariatkan Media.

Mereka berharap gerakan ini bisa menyadarkan media akan pentingnya pembelajaran publik dalam pemberitaan, bukan hanya mementingkan bisnisnya semata.

Gerakan ini lahir tak terlepas dari keresahan mereka terhadap pemberitaan sebuah media lokal tentang penangkapan remaja putri berinisial PE (16) oleh polisi syariah (Wilayatul Hisbah) di Kota Langsa beberapa waktu lalu.

Dalam pemberitaannya, koran itu menyebut PE sebagai pelacur. Belakangan PE ditemukan tergantung tak bernyawa di rumahnya di Aramiah, Kecamatan Bireum Bayuen, Aceh Timur dan meninggalkan sepucuk surat berisi permintaan maaf dan klarifikasi kepada ayahnya, bahwa dia bukanlah pelacur.

"Kematian PE menjadi bahan pembicaraan hangat di kantin kampus, kemudian kami ikuti diskusi salah satu LSM sepulang dari situ kami bangun gerakan Syariatkan Media," kata Muda Bentara, mahasiswa Komunikasi FISIP Universitas Syiah Kuala yang juga penggagas gerakan tersebut dalam diskusi di Taman Putroe Phang, Banda Aceh, Sabtu (13/10/2012) sore.

Dalam menjalankan misinya, mahasiswa ini sering mengadakan diskusi membicarakan pemberitaan media dengan melihat sisi-sisi etika dan kepentingan publik. Mereka menjadikan media khususnya lokal sebagai bahan referensi diskusi.

Para mahasiswa berharap media di Aceh tidak mencari keuntungan lewat pemberitaan yang fulgar, berbau seks, darah dan mistik. Selama ini sebuah koran lokal dinilai sering melabrak etika khususnya dalam memberitakan terkait penangkapan pelanggar Qanun syariat Islam.

Menurutnya, media harus memberikan pendidikan untuk masyarakat khusus masyarakat kelas bawah, yang menjadi pangsa pasar koran 'kuning' tersebut.

"Selama ini kode etik jurnalistik sering dikangkangi," tambah Reza Fahlevi, salah seorang peserta diskusi.

Jabal Ali Husin Sab, mahasiswa lainnya dalam pertemuan itu menyatakan, media berhaluan kriminal dengan membudayakan penyajian berita dengan bahasa fulgar dapat merusak mental masyarakat selain degradasi moral.

"Media berbahasa fulgar bagaimana caranya tidak dicampak di meja makan sehingga dibaca anak-anak berdampak terjadi degradasi moral," jelasnya.

Belasan mahasiswa itu juga menyatakan kecewa dengan salah satu koran lokal yang sepekan terakhir dinilai terus membangun citra media Islami.

Ini dinilai aneh karena semestinya nilai-nilai Islam itu harus diimplementasikan lewat pemberitaannya untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat, bukan hanya dijadikan kedok bisnis semata.

"Media ini menjadikan Islam sebagai kedok, padahal mereka yang menghancurkan nilai-nilai Islam lewat pemberitaan yang fulgar," ujar Reza.


Sumber

Okezone http://news.okezone.com/read/2012/10...ti-media-cabul

(Media Siap-Siap Terguncang) Mahasiswa Aceh Gagas Gerakan Anti Media Cabul


Hmmm, "media ini" emang sudah dikenal oleh rakyat Aceh sebagai media yang pemberitaan sampah, judul yg provokatif serta berita yg tidak berbobot emoticon-Embarrassment
kebebasan pers tanpa batas... terlalu sering terjadi sejak era reformasi dimulai....
Quote:Original Posted By blue_danube
kebebasan pers tanpa batas... terlalu sering terjadi sejak era reformasi dimulai....


iya mod, tanpa batas sampai menuduh seseorang sebagai pelacur dan (mungkin) menyebabkan orang itu bunuh diri emoticon-Embarrassment
Memang sih, saya pernah baca tuh di tukang pangkas. Mirip banget dengan POSKOTA, termasuk gaya layoutnya (tapi masih belum seheboh poskota sih)

Mudah2an terlaksana deh
Quote:Original Posted By blue_danube
kebebasan pers tanpa batas... terlalu sering terjadi sejak era reformasi dimulai....


IMHO kebebasan di kaskus juga melampaui batas mod.. kalo bisa sekali2 kasih shock terapy dong, kan udah ada undang2 ITE.. emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By TheFuhrer666
Hmmm, "media ini" emang sudah dikenal oleh rakyat Aceh sebagai media yang pemberitaan sampah, judul yg provokatif serta berita yg tidak berbobot emoticon-Embarrassment

Kalo tau gitu, harusnya bubarin paksa aja (paksa bukan berarti anarki). Buat apa ada media kayak gitu? Nggak ada manfaatnnya sama sekali. Cuma jadi ajang pamer kebohongan dan sensasi demi aspek komersil...
emoticon-Cape d... (S)
di sini ada lampu merah sama ijo...belum lagi pos kota......emoticon-Ngacir di aceh emang medianya apa? kayak bakal digubris aja sama medianya....emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By hhendryz
di sini ada lampu merah sama ijo...belum lagi pos kota......emoticon-Ngacir di aceh emang medianya apa? kayak bakal digubris aja sama medianya....emoticon-Cape d...


Apal banget gan, langganan tiap hari yah gan emoticon-Big Grin
ditunggu penutupan media2 cabul, termasuk TV dan PH yang bikin iklan cabul dan film cabul, semuanya bredel aja....emoticon-Big Grin

sekallian acara2 alaynya juga berangus...emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By TheFuhrer666


Hmmm, "media ini" emang sudah dikenal oleh rakyat Aceh sebagai media yang pemberitaan sampah, judul yg provokatif serta berita yg tidak berbobot emoticon-Embarrassment


Media apa sih? Sebut aja namanya.
Khoontol tunggu realisasinya.



Enak , diguncang atau digoyang.
Quote:Original Posted By blue_danube
kebebasan pers tanpa batas... terlalu sering terjadi sejak era reformasi dimulai....


kebebasan membaned orang tanpa batas sudah menjadi kebiasaan ente setelah era jadi momod emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Khoontol
Khoontol tunggu realisasinya.



Enak , diguncang atau digoyang.


emoticon-Thinking

ambigu banget emoticon-No Hope
enakan digoyang gan, lebih smooth emoticon-Malu

btw, sinetron uga cabul gak sih? emoticon-DP
membuat anak kecil .... emoticon-DP
Quote:Original Posted By kerupuque
ditunggu penutupan media2 cabul, termasuk TV dan PH yang bikin iklan cabul dan film cabul, semuanya bredel aja....emoticon-Big Grin

sekallian acara2 alaynya juga berangus...emoticon-Big Grin


emoticon-Shakehand2 agan emoticon-Big Grin ,kita tunggu revisi UU press biar ngga terlalu bebas keblabasan
Quote:Original Posted By trampers
kebebasan membaned orang tanpa batas sudah menjadi kebiasaan ente setelah era jadi momod emoticon-Ngakak

cuma satu kata buat yang jadi korban BAN gw...

MAMPUS!
Quote:Original Posted By SeTECH
Memang sih, saya pernah baca tuh di tukang pangkas. Mirip banget dengan POSKOTA, termasuk gaya layoutnya (tapi masih belum seheboh poskota sih)

Mudah2an terlaksana deh

saya POSKOTA malah belum pernah baca, dengar2 sih ada emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By jhonigudel
IMHO kebebasan di kaskus juga melampaui batas mod.. kalo bisa sekali2 kasih shock terapy dong, kan udah ada undang2 ITE.. emoticon-Embarrassment

setuju emoticon-Add Friend (S)
Quote:Original Posted By Kyuuki
Kalo tau gitu, harusnya bubarin paksa aja (paksa bukan berarti anarki). Buat apa ada media kayak gitu? Nggak ada manfaatnnya sama sekali. Cuma jadi ajang pamer kebohongan dan sensasi demi aspek komersil...
emoticon-Cape d... (S)

semoga terealisasikan emoticon-army:
Quote:Original Posted By kerupuque
ditunggu penutupan media2 cabul, termasuk TV dan PH yang bikin iklan cabul dan film cabul, semuanya bredel aja....emoticon-Big Grin

sekallian acara2 alaynya juga berangus...emoticon-Big Grin


acara alay sih HARUS mah emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By hhendryz
di sini ada lampu merah sama ijo...belum lagi pos kota......emoticon-Ngacir di aceh emang medianya apa? kayak bakal digubris aja sama medianya....emoticon-Cape d...


Quote:Original Posted By InRealLife
Media apa sih? Sebut aja namanya.


Prohab*
baru tau ?????
orang media sekarang cuma pduli sama rating doang kok
liat aj KOMPAS ataw Vivanyus, skarang banyak make judul berita lebaiii smacam jebmen yg nga menggambarkan isi berita....sampe pembacanxa nyela2x editornya sendiri

padahal dulu banget kompas onlen nga begitu emoticon-No Hope
Ealah kasian amat
Siap siap jadi arwah penasaran tuh ngehantuiin polisinya

Siapa tau masuk di arwah hantu perawan 3 maen ama depe
ditunggu realisasinya, jangan cuma wacana.