alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016955367/gapura-hong-tek-tong-hendak-dihancurkan-justru-picu-kerusuhan
Gapura HONG TEK TONG Hendak Dihancurkan, Justru Picu Kerusuhan
Quote:Gapura HONG TEK TONG Hendak Dihancurkan, Justru Picu Kerusuhan

Quote:@IRNewscom | Padang: GAPURA Hok Tek Tong yang berada di Kali Kecil memiliki arti bagi warga keturunan di Pondok Padang Selatan, Kota Padang. Sayangnya, Gapura itu akan dirobohkan paksa oleh ratusan petugas Satpol PP Padang. Oleh karena itu, warga Pecinaan dari perkumpulan Himpunan Tjinta Teman (HTT) menghadang upaya tersebut.

"Kita tak terima pembongkaran paksa ini. Gapura adalah kebanggaan kami warga pecinaan di Pondok ini," ujar Albert Hendra Lukman, Tokoh Muda Pecinaan Kota Padang, Senin (15/10).

Dari pantauan IRNews, meski dihadang HTT, Pihak Satpol PP tak sedikitpun mundur. Bahkan. Buldozer sudah disiapkan menghancurkan gapura yang menggambarkan bangunan tanah Tiongkok itu.

"Ini zaman pluaraliseme. Semua kota di dunia ada daerah pencinaannya. Mengapa gapura yang melambangkan warga pecinaan di Padang harus dibongkar paksa," jelas Albert.

Diakuinya, upaya hukum atas sengketa tata usaha negara sudah dilalui. "Di PTUN Padang kami menang. Tapi, di PTUN Medan kami kalah. Saat ini, kami sedang melakukan kasasi. Hormati dong proses hukum dulu, jangan main bongkar saja," geramnya.

Sementara dari pihak Satpol PP beralasan upaya kasasi putusan PTUN tidak menghalangi eksekusi. "Kita tetap melakukan eksekusi pembongkaran," ujar seorang pimpinan setingkat Kompi di Satpol PP Padang.

Akhirnya sekitar pukul 09.00 WIB, rusuh pun pecah di Pondok. Tampak warga pecinaan dengan senjata di tangan menyerang Satpol PP bersenjatakan pentungan dan tameng.

"Banyak korban berjatuhan dari kedua pihak," jelas seorang warga,



Akhirnya Eksekusi Gapura Hok Tek Tong Dihentikan

Quote:@IRNewscom I Padang: POLRESTA Padang memerintahkan Satpol PP Padang untuk menghentikan eksekusi Gapura Hok Tek Tong. Perintah tersebut karena melihat kondisi yang mulai sulit dikendalikan dan kerusuhan bisa meluas kapan saja.

"Demi kondusifnya Pondok khususnya dan Padang umumnya, saya perintahkan Satpol PP Padang menghentikan eksekusi Gapura Hok Tek Tong (HTT) di Kali Kecil,"ujar Kapolresta melalui Kabag Ops Polresta Padang, Kompol Yudi Sulistyo, Senin (15/10).

Tindakan Kapolresta Padang menghentikan eksekusi karena bentrokan fisik antara Satpol PP dengan warga pecinaan sudah terjadi dan korban mulai berjatuhan di kedua belah pihak.

"Pembongkaran Gapura harus dihentikan agar korban jatuh sudah tak bertambah,"sebutnya.

Yudi semula bertugas mengamankan eksekusi pembongkaran Gapura bersama satu peleton anggota Polresta Padang juga memaksa massa yang sudah saling berhadapan untuk mundur.

"Saya perintakan kepada anggota Satpol PP dan pihak HTT, untuk mudur. Saat ini, kami yang ambil ahli dan jangan sampai ada lagi aksi lepar melempar," tegasnya.

Diakui Yudi, eksekusi yang dilakukan tim Pemko Padang tanpa disertai adanya pemberitahuan maupun koordinasi kepada pihak kepolisian. "Seharusnya, eksekusi yang dilakukan itu, harus ada pemberitahuan sebelumnya. Maka untuk sementara, eksekusi ditunda sampai adanya kejelasan," sebut dia


source

emoticon-Mad (S) seenak sendiri main robohkan ini gapura adalah kebanggaan warga pecinaan tong,mending lu robohkan hunian kumuh di bantaran sungai emoticon-Mad (S),
ini alasan di robohkannya gapura emoticon-Smilie
sumber
Quote:Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah warga dari Himpunan Cinta Teman Hok Tek Tong di kawasan Pondok Kota Padang, Sumatra Barat, bentrok dengan Satuan Polisi Pamong Praja, Senin (15/10) siang. Enam orang terluka dalam peristiwa ini.

Bentrokan berawal dari pembongkaran gapura milik Himpunan Hok Tek Tong yang dinilai pemerintah daerah menyalahi aturan karena dibangun di atas badan jalan. Sejumlah anggota himpunan yang sudah menanti kedatangan alat berat dengan bersenjatakan rotan pun langsung melarang dan menghambat proses pembongkaran.

Himpunan Hok Tek Tong memaksa anggota Satpol PP mundur. Aksi baku pukul pun tak terhindarkan. Tak hanya itu. Kedua belah pihak saling lempar batu. Enam orang terluka dari kedua belah pihak terluka akibat lemparan batu. Bentrokan berakhir setelah alat berat meninggalkan lokasi dan kedua pihak saling meredam emosi.

Seorang anggota Himpunan sempat diamankan oleh beberapa anggota Satpol PP. Menurut Nasrul Sugana, Kepala Satpol PP Pemkot Padang, pembongkaran gapura sudah berdasarkan keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara yang memenangkan pihak Pemkot. Gapura itu, selain memakai fasilitas umum, pembangunan gapura juga tidak mengantongi izin dari Pemkot Padang.

Sebaliknya, menurut Albert Hendra Lukman, Sekretaris HTT, gapura dibangun bertujuan meningkatkan pariwisata kota Padang pasca-gempa 2009 lalu.(Afriyandi/DSY)


Quote:Diakuinya, upaya hukum atas sengketa tata usaha negara sudah dilalui. "Di PTUN Padang kami menang. Tapi, di PTUN Medan kami kalah. Saat ini, kami sedang melakukan kasasi. Hormati dong proses hukum dulu, jangan main bongkar saja," geramnya.

Sementara dari pihak Satpol PP beralasan upaya kasasi putusan PTUN tidak menghalangi eksekusi. "Kita tetap melakukan eksekusi pembongkaran," ujar seorang pimpinan setingkat Kompi di Satpol PP Padang.


Kalau kasasi dan menang satpol PP sudah bongkar bagaimana ceritanya yah emoticon-Wink
Quote:Original Posted By ran.sato
ini alasan di robohkannya gapura emoticon-Smilie
sumber




Kalau kasasi dan menang satpol PP sudah bongkar bagaimana ceritanya yah emoticon-Wink


mau di bangun kan lagi kali Gan emoticon-Stick Out Tongue

aneh aneh ja zaman sekarang ini
ini alesannya apaan yah , kenapa satpol pp mau meruntuhkan gapura hok tek tong

sakahgce
Quote:Original Posted By sakahgce
ini alesannya apaan yah , kenapa satpol pp mau meruntuhkan gapura hok tek tong

sakahgce


Quote:Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah warga dari Himpunan Cinta Teman Hok Tek Tong di kawasan Pondok Kota Padang, Sumatra Barat, bentrok dengan Satuan Polisi Pamong Praja, Senin (15/10) siang. Enam orang terluka dalam peristiwa ini.

Bentrokan berawal dari pembongkaran gapura milik Himpunan Hok Tek Tong yang dinilai pemerintah daerah menyalahi aturan karena dibangun di atas badan jalan. Sejumlah anggota himpunan yang sudah menanti kedatangan alat berat dengan bersenjatakan rotan pun langsung melarang dan menghambat proses pembongkaran.

Himpunan Hok Tek Tong memaksa anggota Satpol PP mundur. Aksi baku pukul pun tak terhindarkan. Tak hanya itu. Kedua belah pihak saling lempar batu. Enam orang terluka dari kedua belah pihak terluka akibat lemparan batu. Bentrokan berakhir setelah alat berat meninggalkan lokasi dan kedua pihak saling meredam emosi.

Seorang anggota Himpunan sempat diamankan oleh beberapa anggota Satpol PP. Menurut Nasrul Sugana, Kepala Satpol PP Pemkot Padang, pembongkaran gapura sudah berdasarkan keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara yang memenangkan pihak Pemkot. Gapura itu, selain memakai fasilitas umum, pembangunan gapura juga tidak mengantongi izin dari Pemkot Padang.

Sebaliknya, menurut Albert Hendra Lukman, Sekretaris HTT, gapura dibangun bertujuan meningkatkan pariwisata kota Padang pasca-gempa 2009 lalu.(Afriyandi/DSY)

padahal pecinan itu kalau dikelola dengan baik bisa jadi daya tarik kota lho.
tempat nongkrong, pusat jajanan dan festival2 budaya.
ada2 aja ah kayak ga ada hal lain aja yang musti diurus malah mengusik ketenangan orang..
ini Padang mesti tiru walkot Solo, jangan model orba dipake terus..emoticon-Berbusa (S)
satpol pp bego, loe pikir cina sekarang..cina jaman orde baru apa, yang hanya duduk diam kalau di zolimi.
Quote:Original Posted By mdsetiawan86
Gapura (benda mati) dibela dan dilindungi, tanpa bermaksud SARA, tuhan (maha hidup) tidak perlu dibela emoticon-shakehand


mungkin untuk menandai daerah kekuasaannya.

bagaimana kalo dibalik, bolehkah rakyat indonesia bikin kampung di china secara besar-besaran ? emoticon-Bingung
Quote:Original Posted By mdsetiawan86
Gapura (benda mati) dibela dan dilindungi, tanpa bermaksud SARA, tuhan (maha hidup) tidak perlu dibela emoticon-shakehand


haiya .. lo olang ngomong apa kok pateng pecotot, lo punya lomah benda mati kalo owe bongkal pasti tidak telima .. lo koplok aaaa emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By antidistribusi2
bikin pendopo khas jawa di china maksudnya...atau perkampungan joglo..........boleh gak ya..........emoticon-Malu


lo juga koplok aaaa .. olang jawa di cina kaga ada laaa mana kelasan... cuma dateng jalan-2 di glet wall emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By batu.merah
mungkin untuk menandai daerah kekuasaannya.

bagaimana kalo dibalik, bolehkah rakyat indonesia bikin kampung di china secara besar-besaran ? emoticon-Bingung


lo juga koplok aaa, lo musti jadi walga negala dolo, balu bolee ... emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By lemon.water
padahal pecinan itu kalau dikelola dengan baik bisa jadi daya tarik kota lho.
tempat nongkrong, pusat jajanan dan festival2 budaya.


or daerah elitis buat warga tionghoa kumpul dan tidak bergaul dengan warga laen keturunan daerah situ?
gw paling males ada daerah disatu tempat jadi tempat ngumpul satu etnis tertentu... teriak plural2 tapi berbaur aja susah emoticon-Nohope
Quote:Original Posted By eugen
or daerah elitis buat warga tionghoa kumpul dan tidak bergaul dengan warga laen keturunan daerah situ?
gw paling males ada daerah disatu tempat jadi tempat ngumpul satu etnis tertentu... teriak plural2 tapi berbaur aja susah emoticon-Nohope


haiya .. lo dateng di kapasan owe punya lomah, olang madula ama cina koncoan plek, kaga ada bedanya ..

[IMG]Gapura HONG TEK TONG Hendak Dihancurkan, Justru Picu Kerusuhan[/IMG]

saling bantu membantu laa ,, gotong loyong holobis k0nt0l balis
Quote:Original Posted By mdsetiawan86
Sepertinya mereka masih enggan melepaskan identitas dirinya sebagai warga keturunan china (dan bukan warga indonesia) emoticon-shakehand:


haiya lo kok koplok telus .. identitas dali dhi kong, mana bisa ilang
Quote:Original Posted By antidistribusi2
kok minta diakui sebagai warga negara indonesia asli....tapi gak mau menghilangkan identitas diri bahwa mereka warga keturunan dari negri nan jauh disono...........makin bingung gw gan........emoticon-Roll Eyes (Sarcastic):



berteriak karena terdesak kah gan...........emoticon-Roll Eyes (Sarcastic):


teldesak pale peyang, lomah besal duit banyak nyonya bohai, haiyaaa.. kamsia dhikong.
Quote:Original Posted By mdsetiawan86
Sepertinya mereka masih enggan melepaskan identitas dirinya sebagai warga keturunan china (dan bukan warga indonesia) emoticon-shakehand:


mungkin karena ada pepatah dari tiongkok ”Ingin keluarga baik, seringlah lari ke gunung”, artinya adalah jika keluarga ingin mendapatkan hidup yang bahagia dan tentram, harus sering ke kuburan untuk menghormati leluhur,mengingat dan mengenang pendahulu kita. Sebenarnya, adalah untuk mendorong jalan bakti, mengajarkan agar manusia tidak melupakan leluhurnya sendiri, minum air ingat sumbernya ( kacang jangan lupa pada kulit ),tulus dengan keluarga dan harmonis dengan orang lain, dan mengharumkan nama leluhur. emoticon-siul:
Quote:Original Posted By eugen
or daerah elitis buat warga tionghoa kumpul dan tidak bergaul dengan warga laen keturunan daerah situ?
gw paling males ada daerah disatu tempat jadi tempat ngumpul satu etnis tertentu... teriak plural2 tapi berbaur aja susah emoticon-Nohope


daerah elit bagaimana maksudnya, namanya juga pecinan ya tentu saja orang-orang etnis tionghoa banyak yang kumpul disana.


Quote:Original Posted By antidistribusi2
kok minta diakui sebagai warga negara indonesia asli....tapi gak mau menghilangkan identitas diri bahwa mereka warga keturunan dari negri nan jauh disono...........makin bingung gw gan........emoticon-Roll Eyes (Sarcastic):

...cut


wajar ente bingung, soalnya otak ente gak nyampe buat masalah ginian emoticon-Smilie
memangnya kalau jadi orang indonesia itu harus menghilangkan identitas budayanya.?, lalu kira-kira budaya seperti apa budaya indonesia itu.? emoticon-Smilie
Gapura HONG TEK TONG Hendak Dihancurkan, Justru Picu Kerusuhan

Seharusnya gapura Hong Tek Hong modelnya begini, ini baru benar gan. emoticon-Ultah