alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016954856/bila-listrik-masih-byarpet-masyarakat-kalimantan-ancam-merdeka
Bila Listrik Masih Byarpet, Masyarakat Kalimantan Ancam Merdeka
Spoiler for s:
Quote:Jakarta, MediaProfesi.com – Sejumlah elemen masyarakat asal Kalimantan Selatan (Kalsel) diantaranya Forum Peduli Banua (FPB), BEM Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin, para mahasiswa, tokoh masyarakat dan pemuda asal Kalsel se-Jabodetabek hari ini, Jumat (12/10/2012) telah melakukan aksi turun ke jalan di bundaran Hotel Indonesia (HI) dan depan Istana Negara, Jakarta.
Di tengah aksi yang diikuti ratusan masyarakat Kalsel tersebut tampak hadir putra kelahiran Kalsel Pengamat Politik Fajrul Rahman yang juga turut berorasi di depan Istana, selama mereka melakukan aksi di depan bundaran HI sekitar 1 jam, sempat membuat kemaetan panjang, baik dari arah semanggi, dan dari arah Monas menuju ke bundaran HI, bahkan juga termasuk dari arah Jl, Imam Bonjol pun tak luput dari kemacetan.
Selain mereka melakukan orasi meneriakan tuntutan warga Kalimantan agar listrik tidak byarpet dan mengaliri listrik bagi seluruh warga Kalimantan tanpa terkecuali. Pasalnya selama 10 tahun terakhir sering mengalami lisrik padam alias byarpet dalam sehari bisa mencapai tiga kali tanpa pemberitahuan sebelumnya. Dan juga masih banyak masyarakat yang hingga saat ini masih belum mendapatkan aliran listrik.
Dalam orasinya Syamsul dari FPB menegaskan, betapa besar pengorbanan kita bergabung dengan NKRI, kita mengharapkan keadilan, kesejahteraan baik dalam perekonomian maupun pendidikan. Tapi sekarang kita lihat, kita hanya menjadi rakyat yang tertinggal, kita menjadi rakyat tertindas. Dan langsung disambut dengan teriakan dari peserta aksi “Hidup Kalimantan.. Merdeka…. Merdeka.. Merdeka…..Hhidup Kalimantan… Hidup Borneo…”
Kami berjuang bersama dan menyatakan diri bergadung dengan NKRI, Ujar Syamsul dengan pengorbanan darah, airmata dan harta benda, tapi apa yang didapat oleh masyarakat Kalsel saat ini, hanyalah ketidak adilan demi ketidak adilan.
Dia juga mengingatkan pemerintah pusat, bila gugatan dan tuntutan warga Kalimantan tidak segera dipenuhi, maka sampai pada puncaknya bila tidak ditanggapi, kita akan Merdeka…. Dan juga mendapat sahutan dari peserta aksi yang meneriakkan …Merdeka…. Hidup Kalimantan ….Hidup Borneo…
Kami lahir dan besar di Banjarmasin, ungkapnya, belum pernah menikmati hasil sumber daya alam (SDA) yang layak, tapi SDA kami hanya dinikmati oleh orang-orang luar, oleh para pejabat dari pusat, kita hanya dapat sisa-sisanya saja, semuanya itu hanya kamuflase bagi rakyat Kalsel.
“Untuk itu hari ini kita minta kepada pemerintah yang sah. Bila ingin diakui, maka perhatikan tuntutan warga Kalimantan,” teriaknya dalam orasi di bundaran HI.
Syamsul juga dalam orasinya mengibatakna warga Kalimantan bila dilihat dari jumlah memang kecil. Tetapi ibarat falsafa api, lanjutnya. “Kecil jadi kawan dan besar jadi lawan”.
“Jangan sampai gerakan masyarakat Kalimantan menjadi besar dan menjadi lawan,” tegasnya.
Senada dengan Syamsul, Ketua BEM Unlam, Fajri yang datang langsung dari Banjarmasin ke Jakarta bersama puluhan mahasiswa Unlam dalam orasinya menegaskan, akan membuat gerakan mahasiswa, gerakan masyarakat Kalsel untuk melawan ketidak adilan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada warga Kalimantan.
“Marilah kita buktikan, ulun kada handak lagi dibunguli -dalam bahasa Banjar-Red (kami tidak ingin lagi di bodohi-Red) pemerintah pusat pada hari ini,” ajak Fajri kepada peserta aksi dan seluruh warga kalimantn.
Menurut fajri, perjuangan hari ini tidak hanya sekedar wacana, tetapi apabila nantinya pemerintah pusat tidak menyetujui dengan penambahan kuota energi listrik yang ada di Kalsel, kami tidak hanya tinggal diam, kami akan terus melawan “Haram manyarah, waja sampai kaputing…merdeka--- merdeka…”
“Itu sudah merupakan harga mati bagi warga Kalsel, warga seluruh Kalimantan dari 4 provinsi,” tegasnya.
Selama ini, lanjutnya, kami warga Kalimantan yang kaya dengan SDA, kaya dengan sumber daya energi, tapi hari ini pemerintah pusat yang ada di Jakarta, mereka hanya bisa mendzolimi masyarakat Kalsel pada khususnya masyarakat Kalsel dan juga 4 provinsi Kalimantan umumnya, mereka hari ini tidak menikmati yang namanya energy.
“Dan hari ini di Banjarmasin bertepatan dengan aksi kita hari ini, mereka mengalami listrik padam,” paparnya. * (Syam)

Quote:Miris gan ane denger beritanya emoticon-Mewek
ane juga dari kalsel gan, ane bingung di kalsel banyak tredapat sumerdaya alam seperti batu bara.
batu bara sendiri juga di gunakan sebagai pembangkit listrik
Harusnya Warga kalsel lah yang menikmati Listriknya tapi malah keadaannya terbalik, emoticon-No Hope
malah semua Batu bara di bawa ke pembangkit listrik tenaga batubara yang ada di paiton jawa timur
dan yang menikmati juga orang jawa bukan kalimantan :/
Apakah itu artinya orang2 di jawa adalah penjajah ?
ane harap agan yang di jawa bisa tau apa yang terjadi di kalsel

Quote:SUMBER
Buseeeeeeeeeeeeeetttttt mikir cong mikir..... dikit dikit merdeka, mending kaya raya macam Kaltim, Papua, Riau lahhhhhhhh ini gak jauh lebih baik dari timles aja sok mau merdeka,
kalau nanti PLTN di Kalbar jadi dibangun dan mampu mengaliri Kalimantan dengan stok listrik yang murah serta memadai mereka masih teriak minta merdeka?
gabungkan diri sama malaysia aja bro. biarpun malaysia itu maling, tapi setidak-tidaknya mereka lebih becus ngurus negara ketimbang indonesia. tar kalo udah sanggunp berdiri sendiri baru memerdekakan diri
setuju

BORNEO MERDEKA merupakan solusi singkat dan padat

mending mereka yang melakukan sendiri
palingan ntar macem timor leste, abis lepas langsung bingung "kok negara gw jadi makin tambah miskin ya?"

liat aja timor leste, penduduk seuprit, SDM tak terdidik, daya olah kekayaan alam lebih suram daripada indonesia, malahan gak bisa sama sekali, listrik masih ambil listrik indonesia.

so, kalo mau merdeka pikir 10 kali dlu . . .
dipikir kalo merdeka langsung ada listrik kali ya?emoticon-Cape d... (S)
Klo batubara itu ga dijual ama raja2 kecil mungkin ga kek gini jadinya emoticon-Malu (S)
Tenang tenang, nanti Kalimantan di kasih PLTN deh
abisan yang dijawa nolak mulu sih emoticon-Big Grin
memangnya bisa semudah itu ya merdeka? emoticon-Kiss
halah... jangan sedikit2 minta merdeka napa?? emoticon-Cape d...


ane yang orang dayak aja kagak sampai segitunya juga minta merdeka segala... menuntut itu boleh, tapi pakai otak juga... dipikirnya mengurus negara itu gampang apa emoticon-Cape d...
merdeka apaan nih?Klo merdeka bkin PLN sendiri ane dukung neh emoticon-Ngakak





Original Comment By : right99
?Q??Q?Q?Q?Q?Q?QQ?
© 2012 All Right Reserved™
Signature anti Bot Copy-Paste™
All for one, one for all, that's KASKUS
Quote:Original Posted By djoe_87
Klo batubara itu ga dijual ama raja2 kecil mungkin ga kek gini jadinya emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak... sejak kapan kepala daerah bisa jualan batubara segala? emoticon-Ngakak
Parah nih ntar masing2 merdeka,semua sumberdaya diambil buat di jawa semua memang gak adil emoticon-Cape d... (S)

Ngakak 

Hmm... Kalau kesal sama jawa, jangan ambil kesimpulan kalimantan merdeka. Mending Jawa aja yang disuruh keluar dari Indonesia. emoticon-I Love Indonesia (S)
kami di jawa tetep bayar listrik kok ga gratis, jd yg salah pemerintah pusat bukan orang yg tinggal di jawaemoticon-Add Friend (S)
sedih rasanjah djika pelajanan poeblik beloem merata en memoewasken 100 persen poen

hmmmm

ane dukung..mo kaltim miskin or kaya.adalah hak dari setiap wilayah di NKRI menuntut thd penyelenggara negara atas hak atas LISTRIK,,mungkin kinerja penyelenggara listrik akan jauh lebih baik....emoticon-I Love Indonesia (S)
kalau beneran ane pindah ke kalimantan emoticon-Ngacir
Apa cuma gara gara listrik byarpet trus pengen merdeka gitu? emoticon-Cape d... ... apa nggak menengok sejarah dulu, dulu dibelain mati matian sama pejuang cuma untuk mempersatukan Indonesia tapi sekarang toh negara sudah merdeka tapi karena cuma masalah listrik byarpet kok malah mau merdeka... MIKIR WOOY emoticon-Cape d...
wah.... ane lokasi di palu gan, listrik di palu katanya berasal dari energi batu bara yg di ambil dikalimantan.... ane miris bacanya... yang salah tuh memang pemerintah pusat...

ane rasa, salah jika sistem pemerintah kita terpusat, seharusnya sistem pemerintahan kita federal.. jadi bisa ngurus wilayah masing2 yang penting tetap dalam kesatuan NKRI... emoticon-I Love Indonesia (S)

yg paling ane emoticon-Najis dan emoticon-Marah tuh sm pemerintah pusat yg kerjanya cuma makan duit rakyat
×