alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016951169/fenomena-quotbatu-menangisquot-disebabkan-faktor-alam
Peringatan! 
icon-hot-thread
Fenomena "Batu Menangis" Disebabkan Faktor Alam
Supported by:

Fenomena "Batu Menangis" Disebabkan Faktor Alam Fenomena "Batu Menangis" Disebabkan Faktor Alam

Fenomena "Batu Menangis" Disebabkan Faktor Alam

"Batu Menangis", batu yang menghebohkan warga Garut karena kemiripannya dengan wajah manusia dan mengeluarkan air seperti sedang menangis.


Quote:GARUT, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, warga Kampung Pananjung, Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat, sempat menemukan batu yang mirip wajah manusia. Mulanya, batu tersebut sempat diduga sebagai peninggalan masa prasejarah.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kabupaten Garut, Jawa Barat, kemudian menyelidikinya. Akhirnya mereka menyatakan, temuan batu besar dengan ukiran menyerupai wajah manusia bukan dibuat oleh manusia zaman dahulu, melainkan faktor alam.

"Saya sudah meninjau ke lokasi dan melihat batunya langsung dan itu saya kira karena faktor alam, bukan dibuat oleh manusia," kata Kepala Bidang Kebudayaan dan Kepurbakalaan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kabupaten Garut, Warjita di Garut, Minggu (14/10/2012).

Berdasarkan berita Antara, hari ini, batu tersebut merupakan hasil muntahan Gunung Guntur antara abad 18 dan 19. Diameter batu itu sekitar 2 meter. Batu memiliki permukaan yang menyerupai dua mata, hidung dan mulut sehingga tampak seperti wajah manusia.

Warga setemnpat menyebutnya "batu menangis". Sebabnya, pada tahun 2009 dan 2011, warga menjumpai bahwa batu tersebut mengeluarkan air.

Meskipun dianggap unik oleh warga, Warjita mengatakan bahwa hal itu sebenarnya alamiah. "Jadi ukirannya tidak ada unsur dibuat atau perbuatan manusia pada zaman terdahulu," kata Warjita.

Faktor yang memperkuat kesimpulan bahwa batu adalah fenomena alam adalah tak adanya benda-benda lain yang memiliki nilai sejarah di sekitar lokasi. Batu itu sendiri baru terlihat setelah warga mengeringkan sebuah kolam untuk dijadikan lahan pertanian.

Menurut warjita, batu tersebut sebenarnya tidak begitu mirip dengan wajah manusia.

Seperti pemandangan kawah di Merkurius yang mirip Mickey Mouse, anggapan kemiripan batu dengan wajah manusia bisa dikatakan sebagai pareidolia. Otak manusia menyimpan memori tentang rupa dan bentuk tertentu. Manusia bisa menilai bahwa objek tertentu memiliki kemiripan dengan apa yang dibayangkannya.

Sumber : :iloveindonesias



Ternyata cuma pikiran manusia yg bs membuat batu itu menangis gan emoticon-Ngakak


emoticon-Ngacir

Spoiler for HT:

Quote:Original Posted By aditcrispy
trit gaje gini dibikin HT#1? emoticon-Cape d... (S)

Ente knapa komeng di trit gaje gan? emoticon-Peace

Quote:Original Posted By kotaksaya
pareidolia emoticon-Cool

Kebanyakan faktor alam memang seperti itu gan. Ada awan yang mirip wajah manusia, dll.

Thx infonya gan. emoticon-Rate 5 Star

emoticon-Add Friend (S)

Ane msh nunggu komeng bermutu dr kaskuser emoticon-army:
emoticon-Cek PM (S) ya gan
kalau malin kundang yang dikutuk jadi batu memang ada batu berbentuk patungnya nggak sih?

yang ini karena fenomena alam

Quote:
WOOOOW.....Angkot Manado Sediakan Video Porno Untuk Menarik Penumpang
Tegang di Asia timur : Nelayan China Ditembak Mati Petugas Patroli Korsel
bentar lagi pasti ada yang minta berkah emoticon-Nohope
cuma halusinasi aja gan batu menangis emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By vikiejeleek
bentar lagi pasti ada yang minta berkah emoticon-Nohope


Syirik itu gan emoticon-army:
Quote:Original Posted By autoband


Syirik itu gan emoticon-army:


tapi jadi favoritnya orang indonesia gan...emoticon-Ngakak
emoticon-Hammer2 batu kok menangis
Quote:Original Posted By vikiejeleek
bentar lagi pasti ada yang minta berkah emoticon-Nohope


kayak batu pokari?... emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By 352
kalau malin kundang yang dikutuk jadi batu memang ada batu berbentuk patungnya nggak sih?

yang ini karena fenomena alam


Hanya urban legend dik emoticon-Malu (S)


_______________________________________________________
Kunci Pintu Digital com

ujung2nya minta wangsit.....!!!
emoticon-Berbusa (S) emoticon-Berbusa (S) emoticon-Berbusa (S)
Quote:Original Posted By autoband
Syirik itu gan emoticon-army:


muzrik itu gan
Bisa aja dalem batu itu ada ruang kosong. Ada tekanan angin/gas/uap panas di bawah tanah yg coba keluar melalui celah batu. Kedengerannya kaya bunyi nangis. Uap panas berubah jadi air.
as long it's good for everybody...a crying rock is acceptable as tourism object....emoticon-Angkat Beer

for me the emoticon for the rock is :|
Quote:Original Posted By krupukalengan
Bisa aja dalem batu itu ada ruang kosong. Ada tekanan angin/gas/uap panas di bawah tanah yg coba keluar melalui celah batu. Kedengerannya kaya bunyi nangis. Uap panas berubah jadi air.


Masuk akal emoticon-Angkat Beer

Tp yg kek gini jarang2 dikomeng serius gan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By vikiejeleek
bentar lagi pasti ada yang minta berkah emoticon-Nohope


yang jelas bentar lagi ada yang buka lapak karcis dan tiket parkir emoticon-Ngakak

berkah model lain selain nomer togel emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By vikiejeleek
bentar lagi pasti ada yang minta berkah Fenomena "Batu Menangis" Disebabkan Faktor Alam


sudah biasa itu gan kalo ada yang aneh sedikit langsung di kait2kan dengan mistis emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By vikiejeleek
bentar lagi pasti ada yang minta berkah emoticon-Nohope


Quote:Original Posted By autoband
Syirik itu gan emoticon-army:


Quote:Original Posted By ferriargentum
tapi jadi favoritnya orang indonesia gan...emoticon-Ngakak


bener2 dah jadi bagian masyarakat Indonesia, meski bilangnya paling "religius" sekalipun emoticon-No Hope
Fenoma alam batu mengeluarkan air tapi di Indonesia suka dihubungkan dengan mistis.
cuma fenomena alam tp ada manusia menganggap itu hal gaib....
meluncur ah ke sana, sapa tau aer-nya mujarab, bisa nyembuhin reumatik..!!! emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin