alexa-tracking

[buah mengkal] Sepanjang 2012, 129 ABG Diculik dan Diperkosa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016932545/buah-mengkal-sepanjang-2012-129-abg-diculik-dan-diperkosa
Thumbs down 
[buah mengkal] Sepanjang 2012, 129 ABG Diculik dan Diperkosa
Quote:JAKARTA, KOMPAS.com - Maraknya aksi penculikan disertai kekerasan seksual pada anak membuat khawatir banyak pihak. Seiring perkembangan zaman, faktor teknologi turut berpengaruh atas rentetan peristiwa tersebut. Untuk itu, bagi para orang tua diharapkan selalu menjaga buah hatinya dengan baik.

Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait mengatakan, berdasarkan catatannya, setidaknya 129 anak, khususnya ABG yang terkena kasus penculikan disertai kekerasan seksual. Angka tersebut didapat dari Januari hingga Oktober 2012.

"Di bulan Oktober ini saja ada enam kasus. Total semuanya sudah ada 129 kasus dari Januari sampai Oktober ini. 27 kasus, di antaranya korban kejahatan dari perkenalan lewat jejaring sosial," ujar Arist saat ditemui Kompas.com, Sabtu (13/10/2012).

Arist melanjutkan, modus aksi penculikan dan kekerasan seksual mengalami perkembangan seiring zaman. Kini, para pelaku yang biasanya merupakan sindikat, menggunakan situs jejaring sosial untuk menjerat korbannya.

Sebut saja peristiwa yang baru-baru ini terjadi di Depok, Jakarta Utara dan Bogor. Pelaku menggunakan Facebook untuk awal perkenalan dengan korban.

"Bahkan ada satu kasus di Jakarta Utara, di mana korbannya ditemukan dalam keadaan tidak bernyawa lagi. Artinya apa, ini situasi darurat untuk orang tua sekaligus Polisi," jelas Arist.

Orang Tua Harus Punya Facebook

Menurut Arist, upaya untuk mengantisipasi modus pelaku memanfaatkan teknologi tersebut adalah melalui sekolah dan keluarga. Di sekolah, para guru diharapkan mampu mengajarkan efek baik negatif maupun positif dari penggunaan internet. Bahkan sudah selayaknya, pemahaman tersebut masuk dalam ekstrakulikuler.

Tak hanya di sekolah, pemahaman penggunaan internet juga harus diajarkan oleh orang tua di rumah. Pemberian ponsel dengan fitur layanan internet pada anak, bukan lah bentuk kasih sayang yang utuh.

Menurutnya, orang tua harus berperan lebih jauh, yaitu turut andil dalam aktivitas anak di dunia maya. Untuk itu lah, orang tua juga wajib mempelajari internet.

"Orang tua harus belajar chatting-chatting-an. Ini tantangannya bukan hanya sekadar melarang, tapi juga harus turut andil dalam itu. Bagaimana bisa melarang anak berinternet kalau orang tua sendiri tidak tahu. Bahkan kalau bisa orang tua buka akun Facebook," ujar Arist.

PPA Harus Berdiri Sendiri

Dari segi penegakan hukum, Komnas PA menilai, aparat penegak hukum tak maksimal dalam memberantas para pelaku sindikan penculikan dan perkosaan anak. Menurut Arist, kondisi itu terjadi bukan lantaran kekurangan sumber daya manusia, namun lebih pada kefektifan struktur di institusi berseragam cokelat tersebut.

"Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA), setingkat unit dan hanya ada di Polres. Harusnya itu bisa jadi setingkat Satuan dan di tiap Polsek ada unit-unitnya. Karena kasus ini serius," tegas Arist.

Kendalanya, segala keputusan yang berkaitan dengan penyelidikan kasus pidana perempuan dan anak di bawah umur, harus melalui kasat reskrim terlebih dahulu baru penyelidikan bisa dilanjutkan. Struktur tersebut dianggap memperlama proses penyelidikan sehingga pengungkapan kasus tidak maksimal.

Kepolisian memang telah memiliki struktur khusus untuk menangani kasus perempuan dan anak, yaitu Unit Perlindungan Perempuan dan Anak. Namun, unit itu berada di bawah naungan Satuan Reserse Kriminal. PPA juga tidak berada di tiap Polsek, hanya Polres.

"Kasus yang di Depok itu, korban sempat di sekap di Parung, Bogor. Di sana, dia ketemu ABG lain. Setelah korban berhasil lari, harusnya Polisi bisa cepat ke TKP. Tapi karena lama koordinasi dulu dari Polisi Depok dengan Bogor, keburu kabur orang-orang itu," ujar Arist.

Dengan berbagai upaya antisipasi, diharapkan anak-anak Indonesia bebas dari ancaman tindak penculikan dan kekerasan seksual. Berbagai unsur harus bekerja sama untuk melindungi anak Indonesia.


Komen TS: anak2 jaman sekarang emang cepet matengnya... Tapi yang ini mah pada mateng dikarbitin emoticon-Cape d...
sumber
Quote:Original Posted By coconut.field
Orang Tua Harus Punya Facebook

Menurut Arist, upaya untuk mengantisipasi modus pelaku memanfaatkan teknologi tersebut adalah melalui sekolah dan keluarga. Di sekolah, para guru diharapkan mampu mengajarkan efek baik negatif maupun positif dari penggunaan internet. Bahkan sudah selayaknya, pemahaman tersebut masuk dalam ekstrakulikuler.

Tak hanya di sekolah, pemahaman penggunaan internet juga harus diajarkan oleh orang tua di rumah. Pemberian ponsel dengan fitur layanan internet pada anak, bukan lah bentuk kasih sayang yang utuh.

Menurutnya, orang tua harus berperan lebih jauh, yaitu turut andil dalam aktivitas anak di dunia maya. Untuk itu lah, orang tua juga wajib mempelajari internet.

"Orang tua harus belajar chatting-chatting-an. Ini tantangannya bukan hanya sekadar melarang, tapi juga harus turut andil dalam itu. Bagaimana bisa melarang anak berinternet kalau orang tua sendiri tidak tahu. Bahkan kalau bisa orang tua buka akun Facebook," ujar Arist.


kalau orangtua nya juga menyalahgunakan facebook gimana dong ? emoticon-Malu
Perhatian dan kasih sayang keluarga juga yang Utama.




Tetap dan jaga selalu selangkanganmu. emoticon-Cool
Wah Berbahaya Sekali

Misi agan TS

Ada cerita, Siapa tau bisa jadi sumber inspirasi :

http://bit.ly/ToxLEh
Quote:Original Posted By ardya.surya
kalau orangtua nya juga menyalahgunakan facebook gimana dong ? emoticon-Malu


Itu namanya pagar makan tanaman gan...

Quote:Original Posted By Khoontol
Perhatian dan kasih sayang keluarga juga yang Utama.




Tetap dan jaga selalu selangkanganmu. emoticon-Cool


Setubuh gan emoticon-shakehand
facebook berubah menjadi f*ckbookemoticon-Ngakak (S)
gak heranlah anak kecil aja udah dibekalin gadget segede gaban emoticon-Sorry
sebenarnya istilah diculik kurang tepat...

yang benar biasanya diperdayai atau ditipu kemudian dibawa kabur emoticon-Ngakak

orangtua ane sejak jaman ane kecil sudah mengajarkan: jangan gampang percaya sama orang gak dikenal atau baru dikenal.. efeknya sampe sekarang ane susah percaya sama calon kreditur emoticon-Ngakak
kadang orang yang nggak punya niat jahat jadi berbuat jahat karena ada kesempatan, tidak sedikit abg menawarkan dirinya hanya untuk gadget.. celakanya oarang yang ditawari ternyata kere akhirnya terjadilah tindak kejahatan
ga masalah mau orangtua punya facebook apa gak..

kalau perlakuan dirumah udah bisa membuat nyaman semua hal yang tidak diinginkan tidak akan terjadi kok
kok mau aja ya percaya sama orang yang baru kenalan dari internet dan belom pernah ketemu?
Quote:Original Posted By not4given
sebenarnya istilah diculik kurang tepat...

yang benar biasanya diperdayai atau ditipu kemudian dibawa kabur emoticon-Ngakak

orangtua ane sejak jaman ane kecil sudah mengajarkan: jangan gampang percaya sama orang gak dikenal atau baru dikenal.. efeknya sampe sekarang ane susah percaya sama calon kreditur emoticon-Ngakak


betul bos ortu ane juga ngajarin sama
ane juga nype sekarang ga begitu percaya sama yang namanya kreditur
para predator sudah semakin merajalela emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By mbia
kadang orang yang nggak punya niat jahat jadi berbuat jahat karena ada kesempatan, tidak sedikit abg menawarkan dirinya hanya untuk gadget.. celakanya oarang yang ditawari ternyata kere akhirnya terjadilah tindak kejahatan


Korbannya banyak yang dari kalangan berada juga kok gan... Cantik pula. Diiming-imingin jadi model...

Quote:Original Posted By not4given
sebenarnya istilah diculik kurang tepat...

yang benar biasanya diperdayai atau ditipu kemudian dibawa kabur emoticon-Ngakak

orangtua ane sejak jaman ane kecil sudah mengajarkan: jangan gampang percaya sama orang gak dikenal atau baru dikenal.. efeknya sampe sekarang ane susah percaya sama calon kreditur emoticon-Ngakak


Setubuh sama agan yang ini emoticon-shakehand
sebanyak itukah korban sesepuh sini? emoticon-Berduka (S)

emoticon-Shutup ..emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By Rizier
sebanyak itukah korban sesepuh sini? emoticon-Berduka (S)

emoticon-Shutup ..emoticon-Ngacir


Siapa maksudnya gan? emoticon-Bingung
baiknya pada gatel semua tuh perlu disentil emoticon-Marah
salah pergaulan,,salh lingkungan dan terlalu mudah bagi para wnita tsb untuk berkenalan denagn cowok dan mau aja saat diajak pergi...emoticon-Cape d... (S)

buth bimbingan ortu dan penegnalan lingkungan
weleh2... orang tua harus waspada ni.. dan perduli..
ABG zaman sekarang emg GEDE2.

[buah mengkal] Sepanjang 2012, 129 ABG Diculik dan Diperkosa

emoticon-Big Grin
×