alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016930641/wuakakkkk--dpr-perluas-obyekan-proyek-ke-haji-2013-rancang-survei-kepuasan-jamaah
Wuakakkkk ... DPR Perluas Obyekan Proyek ke Haji, 2013 Rancang Survei Kepuasan Jamaah
Wuakakkkk ... DPR Perluas Obyekan Proyek ke Haji, 2013 Rancang Survei Kepuasan Jamaah

Tahun 2013, DPR Rancang Survei Kepuasan Jamaah Haji
Minggu, 14/10/2012 00:10 WIB

Madinah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengusulkan agar lembaganya melakukan survei kuantitatif kepuasan terhadap jamaah calon haji. Hal ini bukan sebagai bentuk tandingan terhadap survei yang telah dilakukan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji sebelumnya. "Kita tahun depan mulai merancang adanya survei kuantitatif tingkat kepuasaan jamaah. Nanti biar komisi VIII yang akan melakukan," kata Wakil Ketua DPR RI, Anis Matta kepada wartawan di sela-sela kunjungan di Madinah, Sabtu (13/10/2012).

Menurut Anis, survei ini sebagai bentuk tanggung jawab publik DPR. Survei tersebut merupakan bagian dari penyelenggaraan haji. Survei kuantitatif tersebut akan digunakan untuk menyusun kebijakan haji selanjutnya. "Ini harus kita coba lakukan karena jamaah merupakan end user-nya. Selama 40 hari jamaah berada di tanah suci, kita bisa melakukan survei tersebut," ungkap politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Anis memastikan, survei tersebut akan dilakukan tahun depan dan akan diselenggarakan secara independen oleh DPR. Pemantauan haji dapat dilakukan pemerintah. Sedangkan untuk mengetahui tingkat kepuasan jamaah dapat diketahui lewat survei tersebut. "Kita berharap dengan survei independen itu, DPR akan mendapatkan rekomendasi dari lapangan. Dengan demikian kita akan mendapatkan laporan yang akurat mengenai tingkat kepuasan jamaah dari lapangan secara langsung," pungkas Anis didampingi anggota DPR lainnya Fahri Hamzah.
[url]http://news.detik..com/read/2012/10/14/001021/2061977/10/tahun-2013-dpr-rancang-survei-kepuasan-jamaah-haji?9922032[/url]

---------------

Orang Islam yang pergi menunaikan rukun ke 5 naik haji itu, sedari berangkat dari tanah airnya saja sudah bersyukur sekali, bahwa akhirnya mereka bisa memenuhi panggilan Allah untuk berhaji, karena ada diantara mereka harus menunggu sampai 10 tahun. Makanya semua jamaah haji itu ketika sampai di tanah suci, mereka semua itu memposisikan dirinya masing-masing sebagai "tamu Allah". Maksudnya, apapun yang bakal menimpa mereka selama di Mekkah dan Madinah, semua sudah kehendak Allah, kehendak "Tuan Rumah Tanah Suci" itu, pemilik Baitullah, yang pasti menjamu mereka sebaik-baiknya. Dalam al-Qur'an bahkan disebutkan, bahwa orang-orang yang melayani jamaah haji itu (seperti pemerintah dan kontraktor swasta), statusnya tidak lebih tinggi daripada para tamu-tamu Allah itu. Nah, kalau DPR mau bikin survei ala 'survei konsumen' seperti halnya ketika orang mengkonsumsi suatu produk barang atau jasa aja layaknya, apa kagak berlebihan? Itu sama saja mau mengetest iman para jamaah haji itu, apakah mereka sudah puas dengan layanan yang diberikan Allah sebagai Tuan Rumah di kota suci itu kepada tamu-tamu-Nya selama berhaji disana? Dasar koplak kalau ada pemikiran seperti itu. Pikiran proyek yak kayak begitu, tidak pernah sampai menyentuh esensi, yang penting ada bau duit yang bisa diembat!

Kalau mau dibenahi itu, justru administrasi pelayanan selama jamaah haji di Indonesia. Sampai kini, masih terlalu banyak pungli-pungli yang tak jelas yang dibebankan ke jamaah haji Indonesia itu, seakan-akan mereka itu semuanya orang kaya. Begitu pula kalau menyangkut layanan pemondokan dan transportasi selama di Mekkah dan Madinah, itu kondisinya baik atau buruk, tentunya bagaimana tendernya saja ketika kontraktor pelayanan haji di Arab Saudi (muassasah) dengan Pemerintah memutuskannya. Jarak pemondokannya jauh dan fasilitasnya jelek, ada bus angkutan atau tidak, tentu sangat bergantung pada isi MoU pada saat kontrak dilakukan. Kalau harganya cari yang murah-murah saja, tentulah kwalitasnya juga jelek! Disitulah kalau pihak DPR, KPK, dan BPK bila mau berpartisipasi membantu menaikkan kwalitas layanan haji.
Proyek baru nih yee...?

Ane PERT*MAX gan gan.. emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
asal anggarannya masuk akal seh gakpapa, kalo membengkak ya tau sendiri dah duitnya diapain.... moga makin bagus aja pelayanan hajinya...
mana ngarti "dpr" dengan komennya ts terlalu ribet gan...

yang penting ngobyekan tambah, jadi duwit perut tambah buncit beres...
Orang depag ga mau ye periuk nasinyeeee diganggu??? emoticon-Big Grin
Komen TS sudah menjawab sendiri antara alinea 1 (sudut pandang iman ) dan 2 (sudut pandang duniawi).

Kl komen gw buat de pe er mah kurang kerjaan aja. Tinggal tampung aja tuh keluhan2 yg dah pernah pergi haji dan perbaiki.

Kl ujung2 nya duit sih emg bukan anggota de pe er kl gak gt emoticon-Nohope
hihihihi...
klo urusan perut de pe er ga mau kalaahh doms