alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016925102/pilotnya-pikun-atau-navigasinya-kagak-beres-pesawat-sriwijaya-salah-mendarat
Pilotnya Pikun atau Navigasinya Kagak Beres? Pesawat Sriwijaya salah mendarat
Pilotnya Pikun atau Navigasinya Kagak Beres? Pesawat Sriwijaya salah mendarat

Pesawat Sriwijaya salah mendarat
Sabtu, 13 Oktober 2012 18:47 WIB

Padang (ANTARA News) - Pesawat terbang Sriwijaya yang mengangkut penumpang dari Medan - Padang, salah mendarat karena melakukan pendaratan di Bandara Tabing (bandara lama, red).

General Manejer Angkasa Pura II, Agus Kemal ketika dikonfirmasi membenarkan informasi pesawat Sriwijaya rute Medan-Padang, mendarat di Bandara Tabing pada Sabtu sekitar pukul 17.20 WIB.

Ia mengatakan, tak ada korban dari salah mendarat itu, dan penumpang pesawat akan dibawa dengan bus ke Bandara Internasional Minangkabau
http://www.antaranews.com/berita/338...salah-mendarat

Quote:
Penyimpangan Navigasi Penyebab Kecelakaan Adam Air di Sulawesi
Selasa, 25 Maret 2008 | 13:30 WIB

Pilotnya Pikun atau Navigasinya Kagak Beres? Pesawat Sriwijaya salah mendarat

TEMPO Interaktif, Jakarta:Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyimpulkan, kecelakaan pesawat Adam Air di Sulawesi pada Januari 2007 lalu dipicu adanya penyimpangan pada sistem navigasi di pesawat. Fokus konsentrasi pilot pada malfungsi IRS mengalihkan perhatian terhadap instrumen lain sehingga pesawat lepas kendali. Ketua KNKT Tatang Kurniadi menjelaskan, dalam rangka tindakan koreksi sistem navigasi, IRS Mode Selector Unit Nomor 2 (kanan) dialihkan ke posisi mode attitude (ATT). Akibatnya, automatic pilot tidak berfungsi, setir kemudi netral di tengah dan pesawat mulai miring ke kanan.

Suara peringatan Bank Angle mulai terdengar saat pesawat miring ke kanan melewati 35 derajat. "Tapi hingga 100 derajat, pilot tidak melakukan roll agar kembali normal,"jelas Tatang dalam paparan di kantor Departemen Perhubungan, Selasa (25/3). Dalam posisi demikian, pesawat diupayakan naik lagi (nose up). Pada kecepatan Mach 0,926, pesawat mengalami kerusakan struktur signifikan. Tekanan penerbangan berubah cepat dari positive 3,5g menjadi negatif 2,8g. "Saat itu pesawat kritis tidak dapat dikendalikan," kata Tatang.

Pesawat Adam Air dengan nomor penerbangan 574 Jakarta-Manado karam di Perairan Majene, Sulawesi Barat pada 1 Januari 2007. Pesawat hilang bersama 6 awak dan 96 penumpangnya. Namun baru pada 27 Agustus lalu kotak hitamnya diangkat dari kedalaman 2 ribu meter. Data kotak hitam sudah berhasil di baca di Amerika Serikat pada September 2007. Kesimpulan KNKT merujuk pembacaan flight data recorder (FDR) dan cockpit voice recorder (CVR) pada kotak hitam.
http://www.tempo.co/read/news/2008/0...ir-di-Sulawesi


--------------

Kok bisa yah! Kan saat si pilot akan landing, dia kontak radio dengan ATC. Pasti petugas ATC membimbing si pilot untuk menuju landasan pendaratan. Dan kagak mungkinlah pilot disuruh turunkan pesawatnya kalau menara ATC kagak melihat batang hidung pesawat yang akan mendarat itu. Ini pilotnya yang error, atau navigasinya yang error, atau ATC-nya?
Sukurlah .... , masih bisa mendarat di bumi.
kayaknya emang yang error semuanya.

Ya pilotnya, ya atc-nya..
untung mendaratnya masih di bandara coba kalau ditempat lain
Quote:Original Posted By jihony
kayaknya emang yang error semuanya.

Ya pilotnya, ya atc-nya..


kok nyalahin ATC...kalo dari kejadian yg TS ambil adam air, jelas itu pesawat yang bermasalah, navigasi malfungsi.
Quote:Original Posted By Khoontol
Sukurlah .... , masih bisa mendarat di bumi.


Yah itu betul om,masih untung bisa mendarat dengan selamat......coba kalo nyasar ke taman hutan gunung leuser,pasti berabe khan emoticon-Big Grin.....mau navigasi/pilotnya yg salah, ada baiknya bersyukur pesawat selamat emoticon-Big Grin
masih mending ketimbang laut dikira bandara emoticon-Ngakak
ane kurang tau masalah "per-pesawatan" si...lha tapi ini emang kaga ada yang "mandu" atau ngasi warning kalo dia salah waktu dia mau mendarat? emoticon-Roll Eyes (Sarcastic):
kalo pesawat pas udah terbang bukannya pake autopilot ya.?

ane pernah main game simulator sih gitu.. ga tau sih benerannya kaya gimana.. hahaha.. emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

mungkin emang pesawatnya error nih.. tapi pilotnya juga masa ngga ngecek2 ya.. parah bener..
Quote:Original Posted By seopeople
masih mending ketimbang laut dikira bandara emoticon-Ngakak


itu mah baru kejadian, kalo pilotnya abis nyabu, gan!

kagak percaya, coba baca berita ini ...

emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By ikhsanlie
Yah itu betul om,masih untung bisa mendarat dengan selamat......coba kalo nyasar ke taman hutan gunung leuser,pasti berabe khan emoticon-Big Grin.....mau navigasi/pilotnya yg salah, ada baiknya bersyukur pesawat selamat emoticon-Big Grin



Ikhsanlie memang pandai mengulaskannya. emoticon-thumbsup:

Tengkyu ya Ikhsan , Kawanku. emoticon-shakehand
wah baru tau ane gan ada yang gituan..kayak gini yg salah langsung pecat aja
Pasti instrumennya ad yg rusak..kl nggak yg dipesawat ya di tower ATC...emoticon-Sorry
masih syukur bisa mendarat dengan selamat.
coba kalo nggak?? amit-amit.

jadi pembelajaran aja biar bisa bebenah dan gak bakalan terulang lagi kedepannya..
bego bener emoticon-Gila

adasd adsas dasd asdasd
ni pesawat sering telat,navigasi kacau, dikasih makananya sampahemoticon-Mad:

tapi gw akuin ni perusahaan "hokinya" gede bgtemoticon-Cape d... (S)

Smile 

yang biasa make flight simulator pasti tauw knapa bisa sampai salah mendarat di tabing.... dari posisi aja antara tabing ma minangkabau deket, coba aja main flight simulator, terus coba approach visual landing runway 33 pasti ngelewatin bandara tabing waktu proses landing approach
Apa salah masukin data FMC atau ada alat navigasi yang error, atau salah liat chart kita gak tau, tunggu berita kelanjutannya emoticon-Blue Guy Peace

Paten juga nih pilot mendarat di Tabing setau ane Navaids Tabing pada mati dan wilayah padang TMA masih non radar service pasti kejadian ini akan berulang terus emoticon-Blue Guy Peace
Lagi pengen mudik mungkin. Bandara Tabing lebih dekat dengan kampung halaman...
Tapi untunglah semua selamat......
trims...
Kalo pilotnya pikun, yang mandu dia siapa ya di Tabing ??

Kalo navigasi yg salah, masa ATC kagak kasih info ??
Pesawat keluar jalur kan...

Kalo ATC salah mandu, koq bisa salah ??
Masa mandu pesawat mendarat, tapi pesawatnya ga ada...