alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016920628/kisah-kpk-ulangi-gerakan-antikorupsi-hong-kong
Kisah KPK Ulangi Gerakan Antikorupsi Hong Kong
Kisah KPK Ulangi Gerakan Antikorupsi Hong Kong

[quote=]
TEMPO.CO, Jakarta - Ribuan polisi berdemo di Hong Kong pada 35 tahun silam. Setelah berkumpul di depan kantor kepala polisi, mereka berduyun-duyun berbaris menuju markas Independent Comission Against Corruption (ICAC), komisi antikorupsi di wilayah otonomi Cina yang kala itu masih dikuasai Inggris.

Di depan kantor ICAC, sebagian polisi memaksa masuk gedung hingga menyebabkan beberapa petugas ICAC, yang mencoba menahan mereka, terluka. Para polisi itu berang karena banyak rekan mereka ditangkap komisi independen antikorupsi ini. Biasanya para korupter dijerat dengan menggunakan pengakuan para polisi dan penjahat yang ditangkap lebih dahulu. Mereka “bernyanyi” agar mendapatkan keringanan hukuman sampai dua pertiga sebagai justice collaborator.

Nyanyian itu kemudian ramai menghiasi pemberitaan media massa dan membuat moril di kantor polisi runtuh. Gerakan antikorupsi yang gencar itu akhirnya berujung pada kemarahan massal aparat keamanan se-Hong Kong. Polisi pun mogok.

Ketika itu polisi Hong Kong memang merasa amat terpojok. Mereka merasa dijadikan target utama oleh ICAC sejak lembaga anti korupsi itu didirikan pada 1974. Bayangkan, dalam tiga tahun ICAC telah menangkap 247 koruptor. Sebanyak 143 di antaranya adalah polisi, termasuk beberapa komandan yang terkenal karena memiliki rekening gendut. Bahkan, pembentukan ICAC pun dipicu oleh skandal korupsi seorang petinggi polisi.

Polisi itu bernama Peter Fitzroy Godber. Ia sebenarnya sedang memasuki masa pensiun saat tim antikorupsi polisi Hong Kong mulai menyelidiki kiprahnya pada 1973. Godber adalah mantan Wakil Kepala Polisi Kowloon itu. Penyelidikan dilakukan setelah polisi mendapatkan laporan rekening gendutnya senilai 600 ribu dolar di berbagai akun bank di luar negeri. Godber pun dipanggil untuk diminta keterangannya.

Namun, lelaki penerima medali penghargaan karena jasa-jasanya menangani kerusuhan pada 1966-1967 ini memilih kabur ke luar negeri dengan menggunakan koneksinya di bandar udara setelah memastikan istrinya telah berada di luar negeri.

Buronnya Godber membuat masyarakat yang sudah kesal dengan maraknya korupsi di Hong Kong bergolak. Berbagai aksi masyarakat berslogan “Lawan Korupsi, Tangkap Godber” pun mewabah dan Gubernur Jenderal Murray MacLehose bereaksi dengan meminta Hakim Tinggi Alistair Blair-Kerr untuk melakukan investigasi.

Hasilnya? Korupsi ternyata telah mengakar di kepolisian dan membudaya di birokrasi. Hakim Alistair Blair-Kerr menyimpulkan perlunya badan khusus antikorupsi yang independen dan berada di luar kepolisian.

Atas dasar rekomendasi itulah, ICAC didirikan pada 15 Februari 1974. Awalnya masyarakat sempat bersikap sinis, tapi ICAC kemudian berhasil membuat gebrakan pertamanya, yaitu membuat Godber ditangkap di Inggris dua bulan kemudian serta mengektradisinya ke Hong Kong pada Januari 1975. Godber pun diadili dan dihukum penjara empat tahun plus denda 25 ribu dolar Hong Kong.

Setelah itu ICAC semakin rajin menguak korupsi di kepolisian Hong Kong. Perlawanan pun mulai muncul dan memuncak pada Oktober 1977. Setelah menyerbu markas ICAC, ribuan polisi menyatakan mogok.

Pemerintah Hong Kong, yang saat itu merupakan koloni Inggris, khawatir pemogokan ini akan berujung pada huru-hara seperti terjadi pada 1966-1967. Gubernur Jenderal MacLehose akhirnya mengambil keputusan yang kontroversial pada 5 November 1977. Penguasa Hong Kong ini memberikan amnesti bagi korupsi yang dilakukan sebelum 1 Januari 1977, kecuali yang besar-besar.

Amnesti parsial ini menimba protes. Namun, MacLehose bertahan. “Memang mungkin saja korupsi yang terjadi jauh di masa silam dibongkar,” katanya. “tapi upaya penyidikan seperti ini membuat koruptor masa lalu bergabung dengan koruptor masa kini dan ini yang membuat polisi nyaris melakukan pemogokan.” Dengan memberikan amnesti parsial, “kedua elemen yang sebenarnya amat berbeda ini terpisah dan memudahkan ICAC menyidik korupsi yang sedang terjadi,” kata MacLehose.

MacLehose terbukti benar. Setahun kemudian ICAC berhasil mengumpulkan cukup bukti untuk memaksa 118 pejabat tinggi polisi dan seorang petinggi bea cukai untuk mengambil pensiun dini. Ketegangan hubungan ICAC dan polisi pun semakin mengendur dengan semakin bersihnya aparat kepolisian. Sejak pertengahan 1980-an, hubungan kedua instansi ini bahkan boleh dikata telah menjadi mesra.

Kini ICAC Hong Kong menjadi salah satu contoh lembaga antikorupsi paling berhasil di dunia. Masyarakat setempat menyatakan pembentukannya sebagai salah satu dari enam kejadian terpenting dalam 150 tahun sejarah Hong Kong.

Suatu hal yang tak terbayangkan saat ribuan polisi menyerbu markasnya pada 35 tahun silam.

BAMBANG HARYMURTI

http://www.tempo.co/read/news/2012/10/12/063435305
[/quote]

kejadian 35 tahun lalu di Hongkong itu hampir sama dengan yg terjadi di Indonesia sekarang.
dan dengan bantuan pemerintah Inggris, Hongkong butuh kira2 10 tahun membersihkan kepolisiannya dari korupsi. Indonesia kira2 bakal butuh berapa tahun lagi?

ada dua wacana menarik ttg ide cara pembersihan polri ini...
pertama, kepolisian dipecah kewenangannya hanya sampai tingkat provinsi. jadi bentuknya akan seperti kepolisian federal di Jerman ato di Amerika. Untuk menangani kasus2 yg lingkupnya nasional dibuat badan baru spt FBI di Amerika.

wacana kedua, membuat badan kepolisian baru dengan KPK sbg embrionya. perlahan2 institusi KPK diperkuat, tanggung jawabnya diperbesar, dan lingkup kerjanya diperluas tidak lagi hanya mengurus kasus korupsi tapi juga kasus non-korupsi. Sementara institusi polri sedikit demi sedikit autoritasnya dikebiri, hingga pada suatu saat semua tugas kepolisian sekarang diambil alih oleh badan kepolisian baru yang embrionya dimulai dari KPK ini...

2 wacana itu dianggap lebih mudah dilakukan dibanding harus membersihkan institusi polri yg udah sangat rusak dan hancur. bagaimana menurut kawan2 thd dua wacana ini? apa baik buruknya? dan adakah ide lain temen2 BP ttg pembersihan institusi kepolisian?
ayo diskusi... no flamming... emoticon-I Love Indonesia
jgn lupa rate trit ini ya... emoticon-I Love Indonesia
Masalahnya sebelum ke 2 option itu di ambil, harus buat undang2 dulu, nah yg buat UU kan DPR ? yang sama korupny, jadi DPR nya harus dibersihkan dulu baru kepolisian.
wah lama banget yah ampek 10 tahun,, merka udah mulai 35 tahun lalu, kita blum sampe sgitu yahemoticon-Smilie
moga korupsi hlang di indonesia nihemoticon-I Love Indonesia (S)
kalo dari ane simpel aja..
1. masuk polisi jangan ada lagi istilah pake sogokan.
2. Perbaiki gaji polisi.
3. Perkuat badan yang mengawasi polisi.
Kepolisian harus diganti total mulai dari pimpinan sampai bawahan, bahkan sampai sistem perekrutan. ini baru bisa menghilangkan koruptor

Saya ikut mendukung KPK
Sebenernya setuju aja sih gan, soalnya kalau udah kayak gini susah banget bersihin kantor polkis. mana kebo di atas juga nggak teges... kasian KPKnya gan kalo gini terus. emang bagusnya institusi polisi diubah biar bisa lebih beres. selama ini, karena semua urusan yang pegang polisi, bayangin aja kayak perusahaan yang melakukan monopoli, mereka kan jadi seenaknya dan membusuk dari dalam. perlawanan polkis terhadap KPK ini kan awalnya karena kecemburuan yang berawal dari kekecewaan polkis karena hak monopolinya dihapus.
Quote:Original Posted By eksuka
kalo dari ane simpel aja..
1. masuk polisi jangan ada lagi istilah pake sogokan.
2. Perbaiki gaji polisi.
3. Perkuat badan yang mengawasi polisi.


yg ane bold mungkin bisa jadi ukuran berapa lama waktu yg dibutuhkan utk ngebersihiin polri...
katakanlah taun depan sistem rekrutmen polri udah bersih, butuh berapa lama sampe polisi2 baru ini bisa mimpin polri?
Quote:Original Posted By shevatea
Masalahnya sebelum ke 2 option itu di ambil, harus buat undang2 dulu, nah yg buat UU kan DPR ? yang sama korupny, jadi DPR nya harus dibersihkan dulu baru kepolisian.


memang benar gan, pembuat UU memegang peranan penting
padahal mayorits dari mereka pasti mendahulukan kepentingan golongan dan diri sendiri terlebih dulu

Quote:Original Posted By eksuka
kalo dari ane simpel aja..
1. masuk polisi jangan ada lagi istilah pake sogokan.
2. Perbaiki gaji polisi.
3. Perkuat badan yang mengawasi polisi.


ini yang susah gan, sistem nya sudah terbentuk
kalau mau dirombak total akan sulit sebelum jajaran petingginya "bersih"
mereka yg membantu memelihara sistem kok emoticon-Cape d... (S)

wacana dari artikel yang diangkat ts menarik juga
memang ada ketidak adilan dimana para koruptor "tua" tidak diusik
tapi mereka jadi berhenti, dan tidak mau ikut campur lagi dalam melindungi yang masih berada di bawah/lebih muda
mata rantainya bisa diputus, baru sistemnya dibenahi
luar biasa negara ini memang hebat kalau soal meniru emoticon-Big Grin
Percuma kalo Kita benci korupsi tp males bertindak thdp mrk. Cm bs ngandelin pake doa doang?
Pernah dgr ungkapan"lebih baik 1 tangan bekerja drpada 1000 tangan berdoa"??
Tuhan Aja bilang "aku tidak Akan menolong suatu Bangsa bila Bangsa itu tidak mau menolongi dirinya"
Artinya mah Kita sendiri udah mesti keroyokin pejabat2 maling skrg gan
Quote:Original Posted By MemeComic
luar biasa negara ini memang hebat kalau soal meniru emoticon-Big Grin


dalam hal ini salahnya dimana kalo meniru? emoticon-Bingung (S)
Quote:Original Posted By shevatea
Masalahnya sebelum ke 2 option itu di ambil, harus buat undang2 dulu, nah yg buat UU kan DPR ? yang sama korupny, jadi DPR nya harus dibersihkan dulu baru kepolisian.

bener juga ya gan...emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By eksuka
kalo dari ane simpel aja..
1. masuk polisi jangan ada lagi istilah pake sogokan.
2. Perbaiki gaji polisi.
3. Perkuat badan yang mengawasi polisi.

setuju emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By cahdes
Kepolisian harus diganti total mulai dari pimpinan sampai bawahan, bahkan sampai sistem perekrutan. ini baru bisa menghilangkan koruptor

Saya ikut mendukung KPK

mudah2an bisa ya gan...emoticon-I Love Indonesia (S)
mau diapain juga sekarang rakyat ga percaya sama polisi
niru hongong tuh potong 1 generasi
kondisinya di Indonesia udah

- EksekuTHIEF
- LegislaTHIEF
- YudikaTHIEF

MALING SEMUA! bisa bersih kalo ganti generasi..

mampir lapak ane gan:
Quote:Monggo di mampir ke www.kaoskoruptor.com

Spoiler for Koleksi terbaru:
jadi inget ama filem yang pernah ane tonton "I corrupt all cops" (2009)

http://en.wikipedia.org/wiki/I_Corrupt_All_Cops

semoga KPK bisa berhasil bertahan seperti ICAC itu

emoticon-Angkat Beer
menurut penerawangan ane
polisi2 di kpk itu yg ada level kompol s/d kombes
jd kemungkinan lifting 87 - 2000 an

nah sedangkan yg diperiksa kebanyakan jendral
85 ke bawah
contohnya pd saat cicak vs buaya jilid 1 dan jilid 2 kemarin
bayangkan, junior memeriksa senior emoticon-Big Grin sulit kan?
menurut ane sebaiknya kpk dibuat lebih independen
tidak ada lg unsur polri atau kejaksaan yg menjadi penyidik di kpk
jadi berikan opsi kepada penyidik2 yg ada sekarang ini
menjadi penyidik independen di kpk atau kembali ke intstitusi masing2
dan polri tidak lagi menangani kasus2 korupsi

hanya pendapat seorang nubieemoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By SatrioPininggit

ada dua wacana menarik ttg ide cara pembersihan polri ini...
pertama, kepolisian dipecah kewenangannya hanya sampai tingkat provinsi. jadi bentuknya akan seperti kepolisian federal di Jerman ato di Amerika. Untuk menangani kasus2 yg lingkupnya nasional dibuat badan baru spt FBI di Amerika.



nah kalo yang ini ane sepakat.. memang perlu dibuatkan badan khusus untuk mengurangi dominasi polisi..
beberapa bidang seperti narkoba yang perlu penanganan khusus juga bisa diusulkan (macam DEA) terus satuan khusus trafficking (penjualan manusia)
dan yang terpenting ya itu.. satuan pemberantasan korupsi.. emoticon-Big Grin

biar tugas utama polisi adalah menyeberangkan nenek-nenek dan anak sekolah emoticon-Big Grin

masalahnya.. orang indonesia ini persaudaraan dan kekerabatannya erat.. ane khawatir jangan2 sudah dibuatkan lembaga begituan, personelnya ternyata masih suka cara kekeluargaan juga emoticon-Big Grin

semoga bisa kayak hongkong gan emoticon-Smilie







.MnNm™ post ©2012
Follow @mnnm_shop "Better Place for Shopping"
Quote:Original Posted By SatrioPininggit

ada dua wacana menarik ttg ide cara pembersihan polri ini...
pertama, kepolisian dipecah kewenangannya hanya sampai tingkat provinsi. jadi bentuknya akan seperti kepolisian federal di Jerman ato di Amerika. Untuk menangani kasus2 yg lingkupnya nasional dibuat badan baru spt FBI di Amerika.


Ane suka cara yang ini emoticon-Big Grin
Lebih baik kembalikan lagi polisi ke fungsi utamanya sebagai pelayan,pengayom, pelindung dan penegak hukum di masyarakat biar polisi tidak mendominasi kaya sekarang, bayangkan dari tugas Anti teror, narkotika dll ada di polisi kalo begini akan banyak terjadi tumpang-tindik kewenangan..

Mungkin dgn kewenangan hanya sampai di Povinsi juga bisa mendekatkan polisi pada masyarakat juga.. mungkin KPK bisa di perkuat lagi di jadikan badan independen untuk masalah korupsi

Untuk bidang2 lain boleh juga tuh di buatkan badan-badan penanggulangan khusus.. emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By eksuka
kalo dari ane simpel aja..
1. masuk polisi jangan ada lagi istilah pake sogokan.
2. Perbaiki gaji polisi.
3. Perkuat badan yang mengawasi polisi.


pernah denger istilah, satu dunia gak akan cukup bagi satu orang serakah?

mo lu naikin gaji nya kek, kalo mental korup ya tetap korup