alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016916903/wisnu-cahyo-purnomo-siswa-jogja-yang-menciptakan-mobil-lipat
Thumbs up 
Wisnu Cahyo Purnomo, Siswa Jogja yang Menciptakan Mobil Lipat,
Wisnu Cahyo Purnomo, Siswa Jogja yang Menciptakan Mobil Lipat,

BELUM SEMPURNA: Wisnu di depan mobil lipat ciptaannya setelah presentasi di depan juri Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia di Jakarta, Selasa (09/10) lalu. Foto : Hilmi Setiawan/Jawa Pos


Quote:Satu lagi anak muda kreatif dan berprestasi. Dia adalah Wisnu Cahyo Purnomo, siswa SMA Muhammadiyah I Jogjakarta. Idenya membuat mobil lipat layak diapresiasi.

M. HILMI SETIAWAN, Jakarta

WISNU Cahyo Purnomo terlihat begitu terampil saat menerangkan karyanya, mobil lipat, kepada tim juri Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Selasa (9/10) lalu. Untuk meyakinkan juri, Wisnu lalu memutar video tentang proses penciptaan mobil uniknya itu.

Begitu hebatnya Wisnu dalam menerangkan karyanya, para juri dan peserta lain sampai terpana. Apalagi, mobil lipat buatannya cukup inovatif. Tak heran bila di akhir presentasi dia mendapat aplaus hadirin. "Target saya harus juara olimpiade ini," ujar siswa kelas XII-IPA SMA Muhammadiyah 1 Jogjakarta itu setelah sesi penjurian.

Setelah beristirahat sejenak, Wisnu bercerita bahwa dirinya membutuhkan waktu sekitar sembilan bulan untuk merampungkan proyek mobil lipatnya itu. Dia memulai pekerjaannya pada 8 Januari dan rampung September.

"Sebenarnya belum selesai 100 persen. Masih ada beberapa bagian yang perlu disempurnakan," tutur bungsu dari empat bersaudara putra pasangan Ngadimin Purwosunarto dan Kasiyem itu.

Sesuai namanya, mobil ciptakan Wisnu bisa "dilipat". Dengan menekan sebuah tombol di samping kemudi, mobil bisa memendek hingga 30 cm. Memang tidak terlalu ekstrem.

"Bukan berarti mobil itu bisa dilipat seperti melipat kertas atau tikar, lho. Tapi, panjang mobil bisa dipendekkan secara mekanis menyesuaikan kondisi di lapangan," paparnya.

Wisnu mengatakan, ide menciptakan mobil lipat itu berangkat dari hobinya di bidang otomotif. Dia sangat suka mengutak-atik mesin mobil dan perantinya. Bahkan, sejak kecil dia mengoleksi mobil-mobilan dalam berbagai jenis.

Jumlahnya cukup banyak. Berkat kegemarannya itulah dia jadi familier terhadap onderdil mesin maupun bodi mobil.
Ide membuat mobil lipat muncul dari kegundahannya saat mengamati sistem perparkiran mobil di pinggir-pinggir jalan.

"Parkir di jalan raya itu nol derajat (berjajar memanjang beradu bumper, Red)," kata siswa kelahiran Sleman, 24 Juni 1994 itu.

Dengan model parkir seperti itu, mobil jadi sulit keluar masuk areal parkir. Jika tidak hati-hati, bumper mobil yang keluar atau masuk bisa menabrak bumper mobil di depan atau belakangnya. Pokoknya, sistem parkir berderet akan menyulitkan pengendara. Cara itu juga memakan tempat.

Dari situlah, Wisnu punya pemikiran untuk membuat mobil yang bisa "dilipat". Mobil yang bisa dipendekkan, meski hanya 30 cm, diyakini mampu mengatasi kendala parkir di jalanan.

Di samping itu, mobil lipat akan membantu warga yang punya lahan parkir di rumah yang tidak terlalu besar. "Karena mobil bisa dipendekkan, tidak perlu garasi yang luas," terangnya.

Memang, mobil lipat itu jadi kurang artistik secara desain. Bentuknya kotak-kotak. Sebab, Wisnu lebih mengutamakan fungsinya yang bisa memanjang dan memendek. Itu sebabnya, dia merasa kesulitan saat akan mendesain bentuknya.

Meski begitu, dia sempat memasukkan unsur Jogja di bodi mobil bagian belakang. Yakni, bentuk blangkon (tutup kepala khas Jogja, Red). "Ini mbendol-nya," jelas Wisnu sambil menunjukkan lekuk-lekuk bodi mobilnya.

Setelah proses desain selesai, dia meminta bantuan bengkel las untuk merangkai kerangka dan bodi mobilnya. Mobil lipat yang belum diberi nama itu mempunyai dimensi panjang 224 cm (normal) dan 196 cm saat "dilipat". Adapun lebar mobil 110 cm dengan tinggi 100 cm.

Mobil yang dipasangi mesin 4 tak dengan kekuatan 13 PK itu berbahan bakar bensin premium dan hanya memiliki satu seat. "Jadi mobil ini hanya untuk satu orang. Ya, si sopir itu," katanya. Namun, mobil ini punya bagasi yang lumayan longgar di bak belakang.

Sejak dirancang hingga selesai Wisnu menghabiskan biaya sekitar Rp 12,6 juta. Yang paling banyak untuk membeli mesin. Wisnu menggunakan mesin pemarut kelapa yang sudah dimodifikasi starter-nya. "Tidak ditarik, tetapi dengan menekan tombol di kemudi," katanya.

Kini Wisnu berupaya mendapatkan izin agar bisa mengemudikan mobil lipatnya itu di jalan umum. Selama ini dia sudah mencoba mobil tersebut di sekitar rumahnya. Mobil itu bisa berjalan dengan kecepatan hingga 40 km/jam.

"Tetangga saya tidak ada yang protes karena bunyi mesinnya yang gaduh, karena rumah tetangga saya jauh-jauh," tandas Wisnu lantas tertawa

EMBER

Quote:Kalo uda sempurna, gimana kalo jadi mobil dinas walikota / Gubernur Jogja

terima kasih emoticon-Maaf Agan telah berkunjung
Wisnu Cahyo Purnomo, Siswa Jogja yang Menciptakan Mobil Lipat,Wisnu Cahyo Purnomo, Siswa Jogja yang Menciptakan Mobil Lipat,
Wuuahh ... pinter ya Anak muda jaman sekarang. emoticon-Belo

Karya yang bagus. emoticon-thumbsup:
pelajar yang kaya begini kurang di perhatikan sama pemerintah emoticon-Cape d...

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
membangun ide sampe jadi karya, memang susah banged.
mantabs hasilnya, tar skul di teknik desain ato engineering makin berkembang tuh hasilnya.. emoticon-thumbsup:
itu mobilnya gan?
yang di pic?
kok lebih mirip yang di lapangan golp yah?

kalo bentuknya masih gitu, ane sangsi kepala daerah mau pake emoticon-Big Grin
harus dikembangkan dengan lebih bagus lagi, jadi layak untuk dilihat emoticon-2 Jempol
keren2, makin banyak aja kreatifitas anak2 indonesia.. yang beginih yg patut di contoh..

Quote:MAMPIR MARI GAN

JAM TANGAN, SECOND ORI,Garansi
beli hp onix 1 dan onix 2
you and me?
raket bagus dan murah (sundul biar kgk ilang gan)
cerita nabi yg menginspirasi

positip nih...banyak anak muda yg ikut keracunan bikin mobil emoticon-thumbsup:

ga ngaruh hasilnya gimana, toh mereka masih muda... yg penting pengalaman yg berharga didapet dari prosesnya emoticon-thumbsup:
tapi sultan gak menggunakan karyanya untuk pencitraan untuk maju gubernur DIY lho ..................
weleh emoticon-Kagets

sma muhi ternyata emoticon-Malu

hm....moga kedepanya lebih baik lagi dalam berkarya jangan cuman tawuranya yang di tingkatkan emoticon-Cape d...
luar biasa cahyo !

ada yg punya penjelasannya ini mobil gimana cara ngelipatnya?
bocah hebat emoticon-thumbsup:
tapi lebih hebat gw emoticon-Cool
masih muda sudah jadi sekjen Bemokrat emoticon-Cool


HIDUP BEMOKRATTTT!!!!!!!!
kreatop gan emoticon-thumbsup

kalo pengen diseriusin semoga bodinya dibikin lebih bagus lagi
Wuih, keren yak
emoticon-Angkat Beersangat sangat .... perlu di contoh kreatifitasnyaemoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)

semoga ada yg dapat mematenkan dan dapat dikembangkan lg amin
kayak mobil yg buat orang main golf ya? angkat jempol dech emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By sanobayu
itu mobilnya gan?
yang di pic?
kok lebih mirip yang di lapangan golp yah?

kalo bentuknya masih gitu, ane sangsi kepala daerah mau pake emoticon-Big Grin
harus dikembangkan dengan lebih bagus lagi, jadi layak untuk dilihat emoticon-2 Jempol


Ini pesan dari yg cipta mobil lipat (dia tdk punya id kaskus) emoticon-Big Grin katanya kalau modelnya lebih bagus, ngelipatnya susah. Tapi ia mengucapkan terima kasih atas concern dan komentarnya yang konstruktif.
gue bangga liat aja, nanti kalo gue udah jadi wakil rakyat menggantikan papa aku, akan ku datangan investor buat kreasi kamu nakemoticon-Embarrassment
mantap oi....yo mana peemrintah ma bumn indo...cepet aja di patenin ntar malah ada yg klaim2 baru ribut..

salut yg ginian daripada tawuran
wekekek org Indo selalu ber-lebih2an,teknologi tua dan terkebelakang dibanggakan.

Quote:If a parking space looks too small, drivers can reduce the car's length by 50 centimetres. For further ease, the wheels can turn in a full circle, allowing a driver to pull up to a space and then move sideways into it.

With built-in sensors to avoid collisions, the car can also drive itself and can be summoned by smartphone, explained Timo Birnschein, the project leader, from the German Centre for Artificial Intelligence.


Wisnu Cahyo Purnomo, Siswa Jogja yang Menciptakan Mobil Lipat,

Quote:Most notable is the hinged body, which can retract its front and rear modules, shrinking the eight-foot-long car to a scant five feet when it is parked. About three and a half Folds fit in a typical parking space.

Wisnu Cahyo Purnomo, Siswa Jogja yang Menciptakan Mobil Lipat,