alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016909617/inilah-kronologi-cerita-kompol-novel-temuan-tindik-kpk
Breaking News! 
Inilah Kronologi Cerita Kompol Novel Temuan Tindik KPK
Jakarta, ON: Tim investigasi KPK menuraikan kronologis temuannya ke Komnas Hak Asasi Manusia (HAM. Hal ini terkait tuduhan dugaan keterlibatan Kompol Novel Baswedan saat menjabat sebagai Kasatreskrim Mapolres Bengkulu

Tim Pembela Penyidik (Tindik) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya mendapatkan seluruh cerita tentang keterkaitan Kompol Novel Baswedan saat kasus penganiayaan seperti yang dituduhkan Polda Bengkulu. Tim Tindik ini pun mendatangi Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) dan menyerahkan semua hasil temuan mereka, Jumat (12/10/2012).

Dari investigasi sementara ini didapatkan cerita bahwa saat kejadian Novel baru saja menjabat sebagai Kasatreskrim Polresta Bengkulu. Dan saat kejadian yang berlangsung 18 Februari 2004, Novel tengah berada di ruang kerjanya bersama beberapa anggotanya membicarakan perkara korupsi.

Namun sekitar pukul 21.00, Novel mendapat informasi bahwa ada pelaku pencurian burung walet yang terjebak dalam gedung walet dan tertangkap masyarakat. Sebagai pimpinan, Novel meminta personel yang piket malam pergi ke tempat kejadian perkara (TKP).

"Petugas piket yang berangkat adalah MT, S, K, WK, D, R, dan K. Di TKP, mereka mengamankan keenam tersangka sekaligus barang bukti, yang kemudian dibawa ke Mapolresta Bengkulu," ucap koordinator Tindik Haris Azhar Aziz saat menyerahkan laporan kepada komisioner Komnas HAM Nur Kholish.

Di Tempat Kejadian Perkara (TKP), petugas piket Reskrim menghubungi dan meminta Aliang, pemilik sarang burung walet, datang ke mapolresta. Di mapolresta, enam tersangka mengalami tindakan kekerasan yang dilakukan hampir seluruh personel polres yang ada saat itu.

Setelah disiksa, mereka diperiksa piket Reskrim, lalu dibuatkan berita acara pemeriksaan (BAP). Di tengah pemeriksaan, personel Reskrim tetap melakukan tindakan kekerasan. Malam saat kejadian, hampir seluruh perwira datang ke mapolresta, mulai dari Kapolres, Wakapolres, dan Kabagops. Akhirnya, muncul kesepakatan dari tim buser yang dipimpin AS, untuk dilakukan pengembangan.

Pengembangan dilakukan dengan membawa ke enam tersangka ke tempat kejadian berawal yaitu sarang burung walet milik Aliang, di Taman Wisata Alam Pantai Panjang.

Saat itu personel yang ikut ke pantai bersama para tersangka, MT beserta anggota piket Reskrim, serta AS, dan seluruh anggota Buser. Sementara Novel, YS, dan beberapa orang lainnya berangkat menyusul tim yang menuju pantai.

"Novel datang ke lokasi penembakan di pantai bersama empat orang lainnya," jelas Haris.

Saat baru tiba di pantai, Novel langsung mendengar teriakan dari arah pantai yang menyatakan ada tawanan yang lari. Tak beberapa lama, terdengar letupan tembakan yang ternyata diarahkan ke bagian kaki keenam tersangka.

Situasi gelap membuat tidak diketahui siapa menembak siapa. Selanjutnya, Novel memerintahkan keenam tersangka dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk dilakukan pengobatan. Di lokasi sudah ada empat mobil buser dan puluhan polisi, termasuk dari kantor polsek berada dekat pantai.

Setelah diobati, keenam tersangka dibawa ke Mapolresta Bengkulu, dan kembali diperiksa disertai tindak kekerasan berlebihan.
emoticon-Ngacir2 emoticon-Cool emoticon-Ngacir2 emoticon-Cool
SUMBER
kita tunggu saja bagaimana penyelesaian "kasus novel..,,,gak fair jika polri yang menangani kasus novel...tetapi KPK juga tidaklah tepat selalu mengeluarkan statement "novel" tidak terlibat...emoticon-I Love Indonesia (S)

mungkin kompolnas bisa sebagai penengah untuk menyelidiki kasus ini....emoticon-I Love Indonesia (S)
Siap gan Kita Tunggu ja Perkembangannya .. mudah2 masuk neraka dia emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup
Semoga aja kasus ini cepat selesai dan KPK bisa melanjutkan penyelidikan..
hal yang baik pasti banyak halangan dan rintangannya..
Quote:Original Posted By benynando
Semoga aja kasus ini cepat selesai dan KPK bisa melanjutkan penyelidikan..
hal yang baik pasti banyak halangan dan rintangannya..


setuju dengan agan".......
masih mending cuma ditembak kakinya.
kalo aku yg jadi polisi.
tangan kanannya ku tebas
Kalaupun gelap kan bisa ketahuan pistol siapa yang pelurunya berkurang.

Justru mengungkit kasus ini membuktikan kalau kerja polisi ga becus, masalah sepele saja butuh 8 tahun buat menyelesaikan.
Ane sih gak perduli kalau si novel ini ditangkap. Kebaikan di masa sekarang tidak bisa menghapus kejahatan yang lama gan. Ini berkah buat keluarga korban biarpun caranya seperti ini dan baru sekarang ada jalannya.
Surga itu gak bisa dibeli gan...tidak juga harus dengan mengorbankan keadilan ditempat lain.
Quote:Original Posted By frantic210
Ane sih gak perduli kalau si novel ini ditangkap. Kebaikan di masa sekarang tidak bisa menghapus kejahatan yang lama gan. Ini berkah buat keluarga korban biarpun caranya seperti ini dan baru sekarang ada jalannya.
Surga itu gak bisa dibeli gan...tidak juga harus dengan mengorbankan keadilan ditempat lain.


menembak penjahat yang mau kabur, mungkinkah bisa dikategorikan sebagai kejahatan

Semakin jelas, siapa di balik skenario

Lepas dari apakah penelusuran ini akan dianggap sah atau tidak secara hukum, hasilnya memperlihatkan siapa di balik semua ini.

Kalau sedang naik mobil dengan surat-surat lengkap, masih dicari-cari kesalahannya: barangkali di salah satu roda tidak ada penutup pentilnya.
polisi nyiksa tahanan, nembak tahanan itu kan biasa
udah bukan rahasia lagi
yang jadi masalah kenapa hanya novel yang disorot
dan kasusnya 8 tahun lalu
ada aroma rekayasa ...
kesalahan yg sengaja dicari-cari..
order ini pastinya dari mabes... yg minta ke polda/reskrim bengkulu...
kita tunggu gimana kelanjutannya kasus novel oleh polisi emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By frantic210
Ane sih gak perduli kalau si novel ini ditangkap. Kebaikan di masa sekarang tidak bisa menghapus kejahatan yang lama gan. Ini berkah buat keluarga korban biarpun caranya seperti ini dan baru sekarang ada jalannya.
Surga itu gak bisa dibeli gan...tidak juga harus dengan mengorbankan keadilan ditempat lain.


Komen ente sungguh bijak,gan..
.
Tp kalopun ini bener kejahatan, kenapa ya baru setelah 8 tahun diselidiki?
Toh dalam sidang kode etik, si Novel ini sudah dihukum.
Apa UU-nya udh berubah?
Menurut ane sih ini uLah Barisan Sakit Hati.. emoticon-No Hope
Ya semoga aja pak polisi bisa kerja dengan professional..
Quote:Original Posted By green.vexia
Komen ente sungguh bijak,gan..
.
Tp kalopun ini bener kejahatan, kenapa ya baru setelah 8 tahun diselidiki?
Toh dalam sidang kode etik, si Novel ini sudah dihukum.
Apa UU-nya udh berubah?
Menurut ane sih ini uLah Barisan Sakit Hati.. emoticon-No Hope


ane setuju gan, jika ada kesalahan dari anggota pasti akan kena hukum kode etik dari kepolisian.
Lah ini sudah berjalan sekian lama, kenapa tiba2 di angkat kembali emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By sanobayu
polisi nyiksa tahanan, nembak tahanan itu kan biasa
udah bukan rahasia lagi
yang jadi masalah kenapa hanya novel yang disorot
dan kasusnya 8 tahun lalu


wahahahahaahh kan novel nya lagi naik daun ganemoticon-Ngakak
serba gk jls kasus kompol novel ini, klaupn emnk dy bersalah kenapa kasus baru d proses 2012?kn kasusnya tuh terjadi 2004?
knp kasus d ungkap saat kompol novel lagi ngurusi simulator sim d kepolisian?pas bngt gtu loh momentnya. tanya kenapa???emoticon-Blue Guy Bata (S)