alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016904083/semua-komisi-dpr-giring-proyek
Semua Komisi DPR Giring Proyek
Semua Komisi DPR Giring Proyek

JAKARTA - Mantan direktur operasional marketing Permai Grup Mindo Rosalina Manulang mengungkapkan bahwa semua komisi di Dewan Perwakilan Rakyat melakukan penggiringan anggaran.

"Iya," kata Rosa saat ditanya oleh Hakim Hendra Yosfin mengenai apakah semua komisi di DPR melakukan penggiringan anggaran pada sidang kasus suap pembahasan anggaran di Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) dengan terdakwa Angelina Patricia Pinkan Sondakh di pengadilan Tipikor Jakarta, hari ini.

Menurut Rosa, selain Permai Grup milik terpidana Wisma Atlet M. Nazaruddin yang melakukan penggiringan proyek, ada juga pesaing-pesaing perusahaan itu untuk menggiring proyek di DPR. "Ada banyak, di atas 10," jawab Rosa saat ditanya mengenai jumlah pesaing Permai Grup di DPR.

Mindo Rosalina berperan untuk mencari proyek di sejumlah kementerian seperti Kemendiknas, Kemenpora, Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kesehatan.

Proyek-proyek itu nilainya akan disesuaikan dengan anggaran yang sudah dibuat oleh Permai Grup sejak awal, dan kemudian dikerjakan oleh perusahaan-perusahaan yang bernaung dalam kelompok usaha tersebut.

"Kalau di Komisi X untuk menggiring proyek saya bertemu dengan Ibu Angie, dan saya juga diperkenalkan ke I Wayan Koster dari PDI-Perjuangan," jelas Rosa.

Proyek lain yang digiring oleh Permai Grup melalui DPR menurut Rosa adalah pengerjaan rumah sakit di Kemenkes, berbagai proyek Kemenhub serta proyek pengadaan alat laboratorium dan perpustakaan di Madrasah Tsanawiyah di Kementerian Agama.

"Kita harus ungkap supaya tidak lagi terjadi kejahatan-kejahatan seperti ini, Ibu takut hanya kepada Tuhan saja, sistem ini harus diubah dengan mengungkap siapa oknumnya," kata hakim Hendra.

Namun Rosa mengatakan bahwa ia tidak berani mengungkapkan hal itu. "Saya tidak berani," ucap Rosa.

Rosa hanya menjelasnya mengenai sejumlah kata sandi dalam pembicaraan Angie dengan Rosa lewat layanan Blackberry Messenger (BBM). "Ketua artinya Ketua Komisi X, sedangkan 'ketua besar' adalah pimpinan banggar, Ibu Angie tidak pernah menyebut siapa nama sebenarnya ketua banggar tapi hanya disebut 'bang Ucok'," jelas Rosa.

Rosa juga menjelaskan mengenai kata sandi "semangka" dan "apel malang"

"Ya", ungkap Rosa saat hakim mengonfirmasi bahwa semangka adalah uang seratus ribu rupiah, sedangkan apel malang adalah uang dengan nominal lima puluh ribu rupiah. Kesaksian Rosa tersebut sesuai dengan kesaksian mantan wakil direktur keuangan Grup Permai Yulianis pada Kamis (4/10) yang mengatakan bahwa ada sejumlah anggota DPR yang membantu Permai Grup untuk menggiring proyek.

Nama-nama anggota DPR tersebut adalah anggota Komisi III asal fraksi Golkar Azis Syamsuddin untuk proyek di Kejaksaan; anggota Komisi VIII Zulkarnain Djabbar, Abdul Kadir Karding, Said Abdullah untuk proyek Kementerian Agama serta anggota Komisi XI dari Partai PDI-Perjuangan Olly Dondokambey. Pada akhir persidangan Angie membantah kesaksian Rosa tersebut, dan mengatakan bahwa tidak benar arti "ketua besar" adalah ketua banggar dan ketua banggar tidak dipanggil "bang Ucok".

Jaksa mendakwa Angie dengan tiga dakwaan, dakwaan terberat adalah pasal 12 huruf a jo pasal 18 UU No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 tahun 2001 jo Pasal 64 ayat (1) KUHP dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau paling lama 20 tahun dan denda paling banyak Rp1 miliar.

Terdakwa Angelina Sondakh mengaku tidak mengetahui apapun soal perkara Wisma Atlet di Kemenpora. Pernyataan tersebut disampaikan perempuan yang biasa disapa Angie itu sebagai jawaban atas pernyataan Mindo Rosalina Manulang dalam Berita Acara Persidangan (BAP) terkait pertemuannya dengan saksi Rosa di Rutan Pondok Bambu.

Angie mengklarifikasi ucapan Rosa dalam BAP yang menyebut nama Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. Saat itu, ungkap Angie, dirinya diajak menyebut nama Anas terkait perkara korupsi Wisma Atlet.

Bahkan, tutur Angie, saksi Rosa pernah memberi saran kepadanya untuk menggelar jumpa pers guna menyebut nama Anas. Rosa pun menjanjikan akan menyiapkan sejumlah barang bukti bilamana Angie bersedia mengatakan Anas terlibat dalam kasus Wisma Atlet.

"Tapi, saya menolak ajakan saksi karena saya tidak tahu menahu soal Wisma Atlet. Apalagi, harus sebut nama Anas," jelas terdakwa sambil menangis sesegukan saat menjalani sidang di Pengadilan Tipikor, Jakarta, hari ini............

sumber : KLIK

Thumbs up 

Semoga ini menjadi akar dari pemberantasan korupsi di Indonesia. emoticon-I Love Indonesia (S)

emoticon-Cendol (S)
kebongkar satu, kebongkar semua.... emoticon-Ngakak (S)
lama2 juga nih bakal di selediki semua emoticon-Big Grin dan bakal lama juga prosesnya yang nama2 lama aja belom kelar ini udah nyebut nama2 baru emoticon-Hammer2
emoticon-2 Jempol emoticon-I Love Indonesia

ayo bongkar smua borok orang2 TOLOL di DPR yg kerjanya cuma molor+korupsi+nonton bokep doang emoticon-Najis emoticon-Blue Guy Bata (L)
Semoga bukan drama. Semoga semuanya terbongkar. Bakal ada yang digantung di monas.
semua DPR taik anjing... #kalaukorupsi emoticon-fuck
"saya takut pak"

dari kata2nya terlihat jelas, biang keroknya adl orng yg berkuasa d negeri ini emoticon-Blue Guy Bata (S)
saatnya membongkar semuanya (kalau berani)
asal jangan masuk peti es aja emoticon-Big Grin
maklum, pada mencari dana upeti buat partai masing-masing emoticon-Hammer

semoga bisa diusut lebih lanjut dan gak ada bom meledak atau sejenisnya untuk pengalihan isu,.,,,,
jangankan di pusat
di daerah aja kek gitu emoticon-Bata (S)
ayo KPK,,, bongkar semua korupsi di DPR
mampus lu DPR. emoticon-Bata (S)
god job KPK bongkar korupsi yang ada di DPR emoticon-2 Jempol
Lama-lama kebongkar semua atau lama-lama jadi ilang kasusnya ya....
ooh...Indonesiaku....emoticon-Bingungemoticon-Cape d...
mana berani dia nyebut nama. orang perlindungan saksi aja masih lemah di negeri ini. bisa-bisa habis dia 'n keluarganya ntar.
mana berani dia nyebut nama. orang perlindungan saksi aja masih lemah di negeri ini. bisa-bisa habis dia 'n keluarganya ntar.
Kalo sudah disidang gini , semua nyari selamat masing masing. Buka bukaan borok orang yg penting masa hukuman berkurang
×