alexa-tracking

[ASK] Tentang Harddisk

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016902456/ask-tentang-harddisk
[ASK] Tentang Harddisk
Siang agan semua ,,

Ane mau tanya nih, Ane mau beli Harddisk Seagate Barracuda SATA 7200 RPM , emang ada SATA I , II , III yah ? emang apa beda nya sata 1,2,3 yah ? kalau ada yang tau mungkin bisa di perjelas , thx before gan
Cara membedakan sata1, sata2, dan sata3
sata III. sata II sata I konektor sama semua karena spec sata harus backward kompatibel
bedanya sata 3, 2, 1 al dispec througput alias bandwidth yg bisa lewat
sata 3 bisa sampe 6 Gbps
sata 2 ....3 Gbps
sata 1 ......1.5 Gbps

tapi HD mekanis yg ada sekarang cuma mampu dibawah 1.5 GBps alias specnya sata 1 dan ada yg sdah mencoba hdd sata 3 diuji pake hd tune performanya ngak beda2 dgn hdd sata 2
yg kelihatannya beda cuma di burst speednya saja ... sedikit lebih besar

jadi apa gunanya sata 3? atau sata 2?

gunanya buat SSD (solid state device) yg througputnya besar sayangnya...
masih belum keluar ssd yg sata 3 ( untuk lokal)

calon pengganti HD mekanis tersebut harga msih mahal banget
kapasitas 64 Gb Harga mirip dengan harga hdd kapasitas 2Tb
dan Tehnologinya masih belum benar.....masih banyak pengguna yg mengeluhkan reliablity ( gampang banget rusak) dan fungsi yg suka macet..

ane copasin dr tetangga sebelah..emoticon-Malu
kecepatannya bro
ntar bedain aja kecepatan copas sata 2 dan 3 beda
Quote:Original Posted By didot8080
Cara membedakan sata1, sata2, dan sata3
sata III. sata II sata I konektor sama semua karena spec sata harus backward kompatibel
bedanya sata 3, 2, 1 al dispec througput alias bandwidth yg bisa lewat
sata 3 bisa sampe 6 Gbps
sata 2 ....3 Gbps
sata 1 ......1.5 Gbps

tapi HD mekanis yg ada sekarang cuma mampu dibawah 1.5 GBps alias specnya sata 1 dan ada yg sdah mencoba hdd sata 3 diuji pake hd tune performanya ngak beda2 dgn hdd sata 2
yg kelihatannya beda cuma di burst speednya saja ... sedikit lebih besar

jadi apa gunanya sata 3? atau sata 2?

gunanya buat SSD (solid state device) yg througputnya besar sayangnya...
masih belum keluar ssd yg sata 3 ( untuk lokal)

calon pengganti HD mekanis tersebut harga msih mahal banget
kapasitas 64 Gb Harga mirip dengan harga hdd kapasitas 2Tb
dan Tehnologinya masih belum benar.....masih banyak pengguna yg mengeluhkan reliablity ( gampang banget rusak) dan fungsi yg suka macet..

ane copasin dr tetangga sebelah..emoticon-Malu


jadi sata 1 , 2 atau 3 , itu hanya perbedaan kecepatan nya aja yah ? , ok deh makasih udah respon