alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016900290/polemik-bahasa-alay-cius-miapah-di-kalangan-masyarakat
icon-hot-thread
Polemik bahasa alay cius miapah di kalangan masyarakat
Polemik bahasa alay cius miapah di kalangan masyarakat

Polemik bahasa alay cius miapah di kalangan masyarakat


Bahasa gaul terus mengalami perubahan dari masa ke masa. Setelah bahasa dengan ketikan angka dan huruf yang biasa digunakan ABG kini mulai muncul lagi kata-kata aneh semisal ciyus (serius) dan miapah (demi apa).

Fenomena bahasa ini pun kini menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat. Ada yang pro ada juga yang kontra.

Salah seorang karyawan media, Lukman Rimadi (25), mengatakan, metamorfosa bahasa ini kerap diciptakan anak-anak remaja yang ingin mendapatkan sesuatu yang beda dalam kelompoknya.

"Buat saya fenomena alay ini merusak ya, selain merusak mental anak- anak remaja kita menjadi tampak aneh, juga merusak tatanan bahasa kita, bahasa Indonesia," ujarnya kepada merdeka.com, Kamis (11/10).

Pria bertubuh tambun ini mengaku khawatir terhadap generasi muda kedepannya, menurutnya jika gaya bahasa seperti itu terus mewabah dikalangan remaja saat ini, maka tidak menutup kemungkinan jika nantinya gaya bahasa Indonesia yang baik dan benar akan semakin jarang digunakan.

"Kalau ini dibiarkan bisa sangat membahayakan. Saya khawatir kalau gaya bicara miyapah? Ciyus? Ini dibiarkan 5 atau 10 tahun yang akan datang bahasa Indonesia bisa punah dengan sendirinya diganti dengan bahasa- bahasa miyapah seperti itu," jelasnya

Senada dengan Lukman seorang karyawan bank Swasta, Riri Shanti (24) mengaku kesal kita ada seorang temanya yang suka mengucapkan kata itu jika sedang berbicara.

"Menjijikan aja kalau ada orang yang ngobrol sama kita lagi serius tau-tau digituin sama temen, cius loe, miapah, apalagi dengan muka yang ngeselin" ujarnya saat ditemui di salah satu shelter busway di Jakarta Timur

Berbeda dengan Lukman dan Riri, Dita (26) seorang mahasiswi jurusan komunikasi di salah satu unversitas yang berada di salemba, mengaku sering menggunakan kata-kata seperti ini saat sedang ngumpul bareng dengan teman-temanya usai jam kuliah.

"Seru aja, kalo buat lucuan ama temen-temen kampus, kadang lagi ada yang ngomong serius terus kita gituin orangnya jadi kesela, cuma itu buat becandaan," ucapnya.

sumber


emang jijik'i banget bahasa ciyus miapa emoticon-Marah


Btw, Thread ane hot thread gan emoticon-Embarrassment

Spoiler for Barbuk Thread ane yang hot thread:



Share dari kaskuser nih mengenai arti bahasa alay edisi 2012 :

Quote:Original Posted By bvcxz
biar ga googling lagi . ni ada kamusnya emoticon-Ngakak

Polemik bahasa alay cius miapah di kalangan masyarakat



Thread ane yang lain :

  1. ♫♫♫ ♥Tarif Parkir Mal Naik Jadi Rp3.000-Rp5.000♥ ♫♫♫

  2. ♂♀♥ Inilah! penjelasan kenapa rambut kemaluan bisa berubah warna ♥♂♀

  3. ♥ ada bang Ali, bang Yos, bang Foke, lantas cocoknya jokowi dipanggil apa dong?? ♥

halah kaya ginian aja sampe diributin emoticon-Cape d... (S)
paling cuma ngetop beberapa bulan bahasa ginian habisitu punah lagi
kan cuma tren sesaat doang gan, jadi gak perlu diributin lah emoticon-Big Grin







.MnNm™ post ©2012
Follow @mnnm_shop "Better Place for Shopping"
terlalu berlebihan ah ginian ampe dibikin berita emoticon-Cape d... (S)

jangan" ini pengalihan isu kasus itu tuhemoticon-Shutup
bahasa indonesia, sudah habis di bantai bahasa inggris.. sekarang terguras oleh bahasa alay....

pantes ajaaaa, yg belajar bahasa indonesia di ausie terus berkurang.......
emang gan ane juga jijik banget, ciyus deh ane gan emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By threeinwan
Polemik bahasa alay cius miapah di kalangan masyarakat

Polemik bahasa alay cius miapah di kalangan masyarakat


Bahasa gaul terus mengalami perubahan dari masa ke masa. Setelah bahasa dengan ketikan angka dan huruf yang biasa digunakan ABG kini mulai muncul lagi kata-kata aneh semisal ciyus (serius) dan miapah (demi apa).

Fenomena bahasa ini pun kini menuai pro dan kontra di kalangan masyarakat. Ada yang pro ada juga yang kontra.

Salah seorang karyawan media, Lukman Rimadi (25), mengatakan, metamorfosa bahasa ini kerap diciptakan anak-anak remaja yang ingin mendapatkan sesuatu yang beda dalam kelompoknya.

"Buat saya fenomena alay ini merusak ya, selain merusak mental anak- anak remaja kita menjadi tampak aneh, juga merusak tatanan bahasa kita, bahasa Indonesia," ujarnya kepada merdeka.com, Kamis (11/10).

Pria bertubuh tambun ini mengaku khawatir terhadap generasi muda kedepannya, menurutnya jika gaya bahasa seperti itu terus mewabah dikalangan remaja saat ini, maka tidak menutup kemungkinan jika nantinya gaya bahasa Indonesia yang baik dan benar akan semakin jarang digunakan.

"Kalau ini dibiarkan bisa sangat membahayakan. Saya khawatir kalau gaya bicara miyapah? Ciyus? Ini dibiarkan 5 atau 10 tahun yang akan datang bahasa Indonesia bisa punah dengan sendirinya diganti dengan bahasa- bahasa miyapah seperti itu," jelasnya

Senada dengan Lukman seorang karyawan bank Swasta, Riri Shanti (24) mengaku kesal kita ada seorang temanya yang suka mengucapkan kata itu jika sedang berbicara.

"Menjijikan aja kalau ada orang yang ngobrol sama kita lagi serius tau-tau digituin sama temen, cius loe, miapah, apalagi dengan muka yang ngeselin" ujarnya saat ditemui di salah satu shelter busway di Jakarta Timur

Berbeda dengan Lukman dan Riri, Dita (26) seorang mahasiswi jurusan komunikasi di salah satu unversitas yang berada di salemba, mengaku sering menggunakan kata-kata seperti ini saat sedang ngumpul bareng dengan teman-temanya usai jam kuliah.

"Seru aja, kalo buat lucuan ama temen-temen kampus, kadang lagi ada yang ngomong serius terus kita gituin orangnya jadi kesela, cuma itu buat becandaan," ucapnya.

sumber


emang jijik'i banget bahasa ciyus miapa emoticon-Marah



Enelan ? Amaca ? Ciyus citu miapa ? emoticon-Ngakak
habis "gw harus ngomong wow,gitu" terbitlah "miapah".. emoticon-Big Grin

untunglah seumur gw hidup ga pernah ikut2an ma yg gini2an.. bikin ribetemoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By druidism08
halah kaya ginian aja sampe diributin emoticon-Cape d... (S)
paling cuma ngetop beberapa bulan bahasa ginian habisitu punah lagi


ciyus gan...?
miapah..?
emoticon-Ngacir

satu dua tiga empat lima enam...
Quote:Original Posted By threeinwan

"Buat saya fenomena alay ini merusak ya, selain merusak mental anak- anak remaja kita menjadi tampak aneh, juga merusak tatanan bahasa kita, bahasa Indonesia," ujarnya kepada merdeka.com, Kamis (11/10)


Setuju banget neh, sangat merusak sekali, di FB gw malah ada anggota dewan yang setiap update status selalu ada bahasanya alaynya, emoticon-Cape d... (S)
bahasa sesat sesaat,
tar klo dah pd bosen pasti ganti pakek yg lain.
tp klo keseringan gonta-ganti bahasa kayak gituan emang berbahaya juga buat bahasa indonesia yg baik dan benar.
meme nya bikin ngakak

back to topic, sekarang lagi ramai2 bicara seperti itu, nanti juga bakal dilupakan karena digantikan dengan "ciyus miapah2" yang lebih mutakhir
bahasa alay udah menjamur gan ke anak" emoticon-Najis
Quote:Original Posted By heyjah


ciyus gan...?
miapah..?
emoticon-Ngacir

satu dua tiga empat lima enam...


Gile....
Gw ampe googling loh, nyari artinya miapah emoticon-Nohope

Kalo ciyus gw tau. Tapi miapah emoticon-Hammer
Bener2 dah nih bahasa gawul.....
paling 2-3 bulan miapah,cyus,ma woow gitu ilang dgn sendirinya gan.ga usah terlalu dipikirinemoticon-Blue Guy Peaceemoticon-I Love Indonesia (S)

ht nih emoticon-Selamatemoticon-Selamat
beritanya aja yang terlalu berlebihan
Quote:Original Posted By Mcveigh
habis "gw harus ngomong wow,gitu" terbitlah "miapah".. emoticon-Big Grin

untunglah seumur gw hidup ga pernah ikut2an ma yg gini2an.. bikin ribetemoticon-Ngacir
ehh om, ava lo iitu apaan?

Quote:Original Posted By atarubi
Gile....
Gw ampe googling loh, nyari artinya miapah emoticon-Nohope

Kalo ciyus gw tau. Tapi miapah emoticon-Hammer
Bener2 dah nih bahasa gawul.....

gw mallah ngiranya mi apa itu ya mie giitu emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By .Keledai
Enelan ? Amaca ? Ciyus citu miapa ? emoticon-Ngakak

dari kemarin baca2 ciyas ciyus, enelan enelin.......... baru ngeh kl ternyata itu hasil kreatifitas remaja2 kita emoticon-Embarrassment


Quote:Original Posted By heyjah
ciyus gan...?
miapah..?
emoticon-Ngacir

satu dua tiga empat lima enam...


emoticon-Ngakak
emoticon-Ngakak
ciyuuus lochhh,emoticon-Confused:

macacih???emoticon-Ngacir
for this kind of shits the only picture for the comment is without no doubt

Quote:
Polemik bahasa alay cius miapah di kalangan masyarakat


emoticon-Cool