alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016897793/inspirasiberkat-koteka-bisnis-cenderamata-abduh-hasilkan-puluhan-juta
Inspiratif 
[Inspirasi]Berkat Koteka, Bisnis Cenderamata Abduh Hasilkan Puluhan Juta
[Inspirasi]Berkat Koteka, Bisnis Cenderamata Abduh Hasilkan Puluhan Juta
Rafiuddin Abduh, pria asal Jayapura ini sukses menghasilkan puluhan juta dari usahanya menjual benda-benda khas Papua. Pria 40 tahun ini sudah sejak berpuluh tahun mendirikan galeri seni (artshop), yang mungkin pertama, di Jayapura.

"Saya mungkin yang pertama yang mendirikan artshop di Papua ini, setelah itu baru yang lainnya mengikuti," ujar Abduh ketika ditemui VIVAnews di Jakarta.

Di galeri seninya yang bertempat di Jalan Koti No 86 Jayapura, Papua, Abduh memajang puluhan kerajinan khas Papua. Mulai dari tas moken, pisau kepala burung Kasuari, topi kepala suku, dan kalung kerang.

Tak lupa, cenderamata koteka dan berbagai macam lukisan kulit kayu sampai manik-manik dan hiasan kecil seperti gelang ikut dipamerkan di galerinya.

Abduh menjamin seluruh produk cenderamata merupakan buatan penduduk lokal yang sengaja dibeli untuk dipasarkan lagi. Tak jarang, Abduh harus menyusur hingga suku pedalaman Papua, khusus untuk menemukan cenderamata asli.

Mengambil nama Koteka Art, galeri seni yang dibangun Abduh bermula ketika orangtua senantiasa bepergian ke berbagai daerah bahkan sampai ke daerah pedalaman. Di sela kunjungan bisnisnya itu, orang tua Abduh seringkali membawa benda-benda khas buatan suku-suku asli Papua.

"Berangkat dari sana, ternyata setelah dipajang banyak yang berminat untuk membeli kerajinan tersebut," kata Abduh. Dari sini, Abduh pun berniat mulai menggarap usaha cenderamata secara serius.

Untuk menarik konsumen, Abduh mengaku hanya menyajikan cenderamata unik asli Papua yang tak dijual oleh pedagang lainnya. Produk yang ditawarkan toko Abduh memiliki harga yang sangat bervariasi. Mulai dari termurah Rp15 ribu sampai termahal Rp2 juta.

Selama menjalankan bisnisnya, cenderamata Abduh yang paling banyak diburu konsumen adalah Koteka dan pernak-pernik kecil. Untuk Koteka, tarif yang dipasang adalah Rp100 ribu per buah.

Selain itu, produk lukisan berbahan kulit kayu dengan harga berkisar Rp50 ribu sampai Rp500 ribu ikut menjadi buruan. "Yang paling mahal mungkin topi dari bulu cenderawasih," katanya.

Abduh mengaku, sebenarnya ia pernah membuka gerai lain di Batam dengan tujuan memperlebar bisnisnya. Namun, setelah berjalan dua tahun, tampaknya penjualan Abduh di Batam malahan merosot sehingga ia memutuskan untuk menutup gerainya. Hal ini membuat Abduh yang ingin membuka gerai baru di Bali urung melakukan niatannya. (art)

EMBER

Spoiler for Bukti Gadis suka koteka:
pengen beli, terus dipake didepan temen cewek emoticon-Genit:
Usaha yang bagus. emoticon-thumbsup:



Aku nggak beli.

karena ...,


Punyakku sudah kayak koteka.
kalau turis asing wajar lah beli koteka, mereka kan lucu2 kalau koleksi
wahhh pengen beli terus dipake di depan cewe ane....
de efjebe ada yang jual ga yah emoticon-linux
walah.. foto ilustrasi yang cewek itu loh... wakakakakaka....
barang yang unik sih makanya banyak yang pengen punya,
tar klo dipake ke kondangan bisa langsung jadi selebritis yg ngalahin pengantennya.
dari dulu pengen banget beli koteka tapi ga ada yang jualin emoticon-Malu
mantap bapak abduh membuka lapangan pekerjaan dan berkreasi ini yang di butuhkan bangsa ini seperti bapak abduh ini emoticon-2 Jempol

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
mantap nih bisa beli koteka... emoticon-Ngakak (S):
sabar nunggu aja deh ampe buka gerai di Pulau Jawa... emoticon-Malu
Quote:Original Posted By mrjack
pengen beli, terus dipake didepan temen cewek emoticon-Genit:


[Inspirasi]Berkat Koteka, Bisnis Cenderamata Abduh Hasilkan Puluhan Juta

ayo lakukan dan jangan lupa post fotonya + foto reaksi cewenya emoticon-Genit:

koteka adalah budaya timur... bukan budaya barat yang kita sering tolak
Quote:Original Posted By InRealLife
[Inspirasi]Berkat Koteka, Bisnis Cenderamata Abduh Hasilkan Puluhan Juta

ayo lakukan dan jangan lupa post fotonya + foto reaksi cewenya emoticon-Genit:

koteka adalah budaya timur... bukan budaya barat yang kita sering tolak


bisa kena pasal berlapis pelecehan terhadap wanita sama bawaan yang melebihi muatan om real emoticon-Ngakak


budaya daerah bukan budaya nasional, sepertinya bisa digabungkan asal daerah satu dengan daerah lain mempunyai hukum adat/norma adat yang sama..

kalau semisal berbeda ya gak bisa, cukuplah kita menghormati perbedaan budaya sebagai alat pemersatu bangsa..

salah satu wujud cinta tanah air yang nyata emoticon-Big Grin

CMIIW
well most of them won't wear it...it's a souvenir and it's already entertaining to know that koteka originally made for covering your "dick"..even though it's just a display in your house emoticon-Cool

for your dick safety i recommend condom over koteka, it's a different story if you want to intimidate your woman emoticon-EEK!:
Tuh kan, yang berkreasi keturunan pendatang.
Penduduk pribumi mana nih kreasinya?
mantep juga
cuman emang agak mahalan kalo bisnis ginian
produk2nya mahal
gadis sih sukanya isi koteka

[Inspirasi]Berkat Koteka, Bisnis Cenderamata Abduh Hasilkan Puluhan Juta
ane demen kalo ada thread inspirasi kaya begini, makasi banyak gan
jeli akan peluang emoticon-thumbsup:
Quote:Original Posted By Khoontol
Usaha yang bagus. emoticon-thumbsup:



Aku nggak beli.

karena ...,


Punyakku sudah kayak koteka.


Khoontol ente ujungnya lancip??
wah asik nih dipake cewe2 abgemoticon-Big Grin