alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016897496/mendikbud-siapkan-20-variasi-soal-un-2013
icon-hot-thread
Mendikbud Siapkan 20 Variasi Soal UN 2013
Spoiler for Baca Dulu Gan:



Quote:JAKARTA - Meski banyak ditentang, Pemerintah tetap berencana menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) tahun depan. Bahkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) telah menyiapkan sejumlah perubahan, di antaranya soal UN akan dibuat 20 variasi. Sedangkan untuk pengawasan pelaksanaan UN, pemerintah masih tetap berkoordinasi dengan perguruan tinggi negeri.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menyampaikan, secara legal yuridis pelaksanaan UN didasari undang-undang dan peraturan pemerintah. Sedangkan dari sisi akademik sampai bentuk soal pilihan ganda juga ada dasarnya.

“Insyaallah tahun depan UN tetap dilakukan, tetapi ada beberapa perubahan,” katanya saat memberikan keterangan pers di Kemdikbud, Jakarta, Kamis (11/10).

Dijelaskan, perubahan yang dilakukan berkaitan dengan jumlah variasi soal. Jika pada tahun ini hanya ada lima macam variasi soal untuk 20 peserta didik dalam satu kelas, maka pada tahun depan disiapkan 20 macam variasi soal.

“Setiap peserta didik dalam satu kelas akan mengerjakan soal yang berbeda semua. Ini yang diuji kemampuan perseorangan, bukan kolektif. Kita ingin tingkatkan kekhusyukan peserta,” katanya.

Sementara mengenai standar kelulusan, Mendikbud mengatakan ada kemungkinan untuk meningkatkan dari 5,5 menjadi 6. Alternatif lainnya, standar nilainya tetap 5,5 tetapi derajat kesulitan soal ditingkatkan.

Nah, pada pada tahun ini proporsi tingkat kesulitan soal adalah 10 persen mudah, 80 persen sedang, dan 10 persen sukar. Formulasi tahun depan yang disiapkan menjadi 10 persen mudah, 70 persen sedang, dan 20 persen sukar.

Namun opsi ini menurut masih tanda bintang karena belum dimatangkan bersama Badan Sandar Nasional Pendidikan (BSNP), walaupun meningkatkan kesulitan soal UN sudah jadi pemikiran Kemendikbud.

Ditambahkan Nuh, bahwa dengan 20 variasi soal, nantinya UN akan lebih menarik dan membuat peserta didik bisa lebih khusyuk karena yang diuji dalam UN adalah kemampuan perorangan bukan kolektif.

"Ini yang diuji kan kemampuan perorangan. Bukan kolektif. Jadi kami ingin meningkatkan kekhusyukan. Tantangan terbesar pelaksanaan UN adalah meningkatkan kejujuran. Nilainya berapa adalah bagian dari ikhtiar. Ujungnya adalah kredit dari UN itu," tambahnya.(fat/jpnn)


SUMBER

Quote:B-E-L-A-J-A-R
cuma mw bilang "skill maling selalu 1 tingkat diatas skill polisi"

emoticon-Ngakak
mau 20 variasi sekalipun, soalnya juga sebatas itu itu aja, palingan acak nomer sama ganti angka doang emoticon-Ngacir

Menurut ane...umumnya peserta ujian yang kagak lulus itu karena tidak mematuhi instruksi yang tetera jelas pada bagian atas lembar pertanyaan.

LINGKARILAH JAWABAN YANG BENAR

atau

PILIHLAH JAWABAN YANG BENAR

Lha..kalau instruksi ini kagak didengerin...melingkari ato memilih yang kagak benar...yaaa jelas salah dan bakalan kagak lulus...
mampus ane gan, ane un tahun depan emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
ganti mentri ganti peraturan, guru-guru udah melumrahkan hal ini.

mereka ga pernah perhatiin yang honorer, yang penting nilai dan proyek.
Untung dah gak jalanin.,huffff
meski ane gak setuju UN, tapi anggap saja UN SMA seperti persiapan ujian masuk universitas emoticon-Ngakak

pengalaman orang2, siapkan diri menghadapi UN sejak tingkat/kelas 2 cz kelas 3/tingkat akhir masa2 repot emoticon-Sorry emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)
Nasib kerja keras sekolah 3 tahun hanya ditentukan sama UN 3 hari. Kenapa ga dihapus sih istilah lulus dan tidak lulus. Biarin siswa lulus semua dengan nilai apa adanya berdasarkan hasil belajar 3 tahun.

Jangan ada lagi siswa oon asal nembak, beruntung bisa dapet nilai UN bagus.
Quote:Original Posted By Maraven
mampus ane gan, ane un tahun depan emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)


Awkakakakakaka congrats ya!!!!!
emoticon-Ngakak
emoticon-Shakehand2
tenang aja , kan nilai sekolah juga berpengaruh sekarang ?
untung ane udh lulus lama emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By Maraven
mampus ane gan, ane un tahun depan emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)


ane TAHUN INI GAN...

ane aja sekarang udah serius belajar nih gan..

20 paket siapa yang mau kirim sms?
jadi semakin sulit aja yah ujian nasionalnya
paling soalnya sama2 juga gan, cman diacak2 aja emoticon-Ngakak (S)
Pahiitttt emoticon-Frown
paket soalnya 20 itu masih gapapa, tapi kalo kwalitas soalnya dinaikin emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S), ga bayangin itu besok 8 tahun lagi gimana tuh soal emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
Wah makin susah aja neh adik adik kita buat lulus UN!
Tambah mahal nih narocoB nya \emoticon-Big Grin/ , yaelah paling nomer nya doang di bolak balik emoticon-Najis .
walaaaaah walahhh semakin galau nih , UN tinggal menghitung hari emoticon-norose
emplok! emplok! emplok!
kakakkakakakkak

makin susah idup ini --"