alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016897468/meskipun-hidup-di-atas-air-desa-wisata-ini-kesulitan-air-bersih
Kesel 
Meskipun Hidup Di Atas Air, Desa Wisata Ini Kesulitan Air Bersih
Meskipun Hidup Di Atas Air, Desa Wisata Ini Kesulitan Air Bersih

Torosiaje merupakan sebuah perkampungan Suku Bajo yang berada di tengah laut, terpisah dari daratan di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwatu, Provinsi Gorontalo. Oleh pemerintah setempat, perkampungan Suku Bajo Torosiaje sudah dijadikan sebagai desa wisata dengan keunikan kehidupan orang Bajo yang hidup di rumah tiang pancang di atas laut.

Dari jalan masuk di darat, pengunjung sudah disambut dengan sebuah pintu gerbang yang di atasnya tertulis ucapan Selamat Datang di Desa Wisata.

Saat sekarang, perkampungan Torosiaje Laut dihuni lebih dari 450 kepala keluarga dengan sekitar 1.200-an jiwa yang terbagi atas dua dusun. Kedua dusun tersebut tinggal di rumah-rumah tiang pancang yang dihubungkan dengan jembatan kayu beratap sepanjang 4.000 meter lebih yang membentuk formasi huruf 'U'.

Keunikan kehidupan Suku Bajo yang menggantungkan hampir seluruh hidupnya pada laut menjadi daya tarik sendiri bagi penyuka travelling. Torosiaje pun sering didatangi berbagai pelancong, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Namun salah satu masalah utama di Torosiaje adalah ketersediaan air bersih.

"Pemerintah daerah memang sudah membangun instalasi air bersih. Pipa penyalurannya ditanam lewat bawah laut dari darat menuju Torosiaje. Tetapi instalasi air bersih itu tidak bisa diandalkan, karena lebih banyak tidak berfungsi," ujar Kepala Desa Bahari Jaya Torosiaje Akbar Mile, ketika kompas.com berkunjung kesana beberapa hari lalu.

Akbar menambahkan, karena instalasi air bersih sering tidak berfungsinya, terpaksa warga harus mengambil air bersih dari desa tetangga yang lumayan jauh.

"Harus naik perahu dan membayar jasa pengambilan. Satu drum air bersih kami bayar antara Rp 10.000 hingga Rp 20.000," ujar Akbar.

Kesulitan air bersih tersebut membuat warga Torosiaje rentan terhadap penyakit kolera dan muntaber.

"Kami jadi jarang mandi dengan air bersih," kata Akbar lagi.

Pemerintah daerah Pohuwatu semestinya serius membenahi pasokan air bersih bagi warga Torosiaje. Sebab desa wisata ini menawarkan pesona yang sangat indah. Jika ketersediaan air bersih tidak segera dibenahi, alhasl pengunjung enggan untuk tinggal berlama-lama.

"Kami sering jadi malu sama pengunjung yang mau menginap. Tidak ada air bersih," ujar Akbar.


SUMBER

youtube-thumbnail


pemerintah setempat harus lebih memperhatikan masalah perawatan/maintenance instalasi air bersih tsb....sayang sekali jika sampe terlantarkan.....ujung2-nya warga-lah yg terkena dampaknyaemoticon-Berduka (S)
Berarti seperti pepatah

" Ayam mati di lumbung "

Ya Nu ya.
Quote:Original Posted By Khoontol
Berarti seperti pepatah

" Ayam mati di lumbung "

Ya Nu ya.


lumbung-nya siapa dulu om....kalo lumbungnya pejabat...ya ga peduli sama si ayam...emoticon-Big Grin

emoticon-Rate 5 Star-nya om jangan lupa...emoticon-Big Grin
wow gorontalo....masih asri, damai, adem...cuma agak panas
Quote:Original Posted By ibnutiangfei
lumbung-nya siapa dulu om....kalo lumbungnya pejabat...ya ga peduli sama si ayam...emoticon-Big Grin

emoticon-Rate 5 Star-nya om jangan lupa...emoticon-Big Grin


Hihihihi .... emoticon-Big Grin

Ok,Oke , NU.
Bintang lima nemplek di tritmu.
apa gk bisa yah bikin penyulingan/penyaringan aer laut jadi aer tawar gitu
bukannya teknologi dah pada maju?
Quote:Original Posted By Khoontol
Berarti seperti pepatah

" Ayam mati di lumbung "

Ya Nu ya.


Sama juga ceritanya gan....2 ato 3 thn yll, masyarakat Riau kesulitan mendapatkan BBM ampe ngantri2 segala. Padahal Riau merupakan Provinsi penghasil minyak terbesar...
kok kayunya ngga lapuk didalam air laut ya kawan kawan
Tragis gitu ya keadaannya. .... emoticon-Belo
pemerintah kita emang banyak yang kurang konsen ama sarana prasarana di berbagai tempat wisata.
padahal klo dikompliti bisa menunjang pemasukan lewat pariwisata.
ironis.....namanya juga indonesia...negara kaya tapi masyarakatnya gak kaya
kenapa gak bikin mesin buat nyaring air laut jadi air tawar??mana pemerintah?emoticon-Berduka (S)







.MnNm™ post ©2012
Follow @mnnm_shop "Better Place for Shopping"
AIR mah banyak melimpah noh air Laut,, tinggal olah aja jadi air bersihemoticon-Ngacir
harus dikasih cara pengolahan air nya tuh gan, biar mereka bisa dapet air bersih
Quote:Original Posted By Khoontol
Berarti seperti pepatah

" Ayam mati di lumbung "

Ya Nu ya.


walaupun di atas air laut, nelayan juga kesulitan air bersih, klo diatas laut sudah bukan air layak minum dkk emoticon-Smilie
perkampungan unik,
kudu ada support dari dinas terkait emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By kyowawawawa
apa gk bisa yah bikin penyulingan/penyaringan aer laut jadi aer tawar gitu
bukannya teknologi dah pada maju?


biasalah gan...masalah klasik....sumber dana dan sumber daya....emoticon-Hammer2
trus mereka pupnya di daratan gituhh?? emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
perkampungannya keren banget....