alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016895468/maskot-pilgub-jateng-diprotes-karena-dinilai-mirip-bibit
Cool 
Maskot Pilgub Jateng diprotes Karena dinilai Mirip Bibit
Maskot Pilgub Jateng diprotes Karena dinilai Mirip Bibit

Quote:SEMARANG – Legal Recources Center Keadilan Jender dan Hak Asasi Manusia (LRC-KJHAM) Semarang, memprotes maskot Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2013 yakni Gatotkaca.

Maskot Gatotkaca ini telah diluncurkan secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jateng pada 26 September 2012.
Direktur LRC-K3JHAM Semarang, Fatkhrurozi, mengatakan maskot Pilgub Jateng yakni Gatotkaca mengabaikan kesataraan jender.

“Gatotkaca ini kan menggambarkan sosok lelaki perkasa, jadi terkesan mengabaikan perempuan,” ujarnya kepada wartawan di Semarang, Rabu (10/10/2012).

Menurut dia, maskot Pilgub Jateng 2013 tak menguntungkan bagi perempuan yang akan maju sebagai bakal calon gubernur (cagub). Seharusnya, ujar Fatkhrurozi, maskot bisa menampilkan kesetaraan jender antara laki-laki dan perempuan yang mempunyai hak sama menjadi cagub.

“Saya bahkan menilai maskot Gatotkaca mirip dengan sosok Gubernur Jateng, Bibit Waluyo. Apakah ini kesengajaan atau tidak saya tak tahu,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menyatakan, semestinya KPU provinsi memilih maskot pilgub yang netral, misalnya simbol bangunan identitas Jateng atau lainnya. Dengan demikian maskot pilgub, tidak terkesan merugikan kalangan perempuan, terutama yang akan akan maju sebagai cagub.

“Mestinya KPU lebih mendorong peran dan kontribusi perempuan dalam pilgub,” tandasnya.

Dia menambahkan, sosok Gatotkaca juga terkesan elite tidak menyentuh kalangan masyarakat bawah, seperti buruh, petani, nelayan. “Gatotkaca merupakan ksatria dalam kerajaan Pringgondani, bukan sosok rakyat jelata, sehingga kesannya elite,” ujar Fatkhurozi.

Seperti diketahui maskot Pilgub Jateng 2013 berupa sosok Gatotkaca [dalam bentuk gambar kartun] dengan kumis tebal yang digambarkan sedang terbang memasukkan sebuah kertas suara ke kotak suara.

Maskot Gatotkaca merupakan karya Lilyk Sugiarti, dari Bekasi, juara pertama lomba maskot Pilgub Jateng 2013 yang digelar KPU Provinsi Jateng.

Terpisah menanggapi protes dari LRC-KJHAM ini, Ketua KPU Provinsi Jateng, Fajar Saka, menyatakan Gatotkaca menggambarkan tokoh pemberani, sakti dan perkasa. ”Melalui maskot Gatotkaca ini diharapkan rakyat berani menggunakan hak pilihnya untuk memilih gubernur dan wakil gubernur pada pilgub mendatang,” beber dia.

Mengenai maskot Gatotkaca mirip dengan sosok Gubernur Jateng, Bibit Waluyo yang juga akan maju lagi pada pilgub mendatang, Fajar menyatakan hanya kebetulan saja.

”Penentuan maskot ini dari hasil lomba maskot Pilgub Jateng 2013. Para juri memilih gambar Gatotkaca karya Lily Sugiati dari Bekasi sebagai juara pertama.”
sumber


Quote:
Komen :
owh, cuma kebetulan aja tohemoticon-EEK!:
ane kirain emang beneran dibikin mirip kayak si Bibitemoticon-Thinking


Quote:
neh, potonya pak bibit

Maskot Pilgub Jateng diprotes Karena dinilai Mirip Bibit
ganteng kan emoticon-Cool
Ada yang mengharapkan berkah dari kumisnya Gatotkaca. emoticon-Malu
biar adil maskotnya tesi aja
gimana kalo maskotnya diganti jd mirip SENSOR aja?
mirip dari hongkong? gantengan gatot kaca jauh..... ada ada aja yg bilang mirip emoticon-Cape d... (S)
Masih gagahan Gatot Kaca timbang si bibit.
emangnya kalau pilihan gubernur kudu make maskot segala yah,
baru tau ane,
soalnya di jogja kagag ada pemilihan gubernur sih.
Ini kan orang arogan yang dulu pernah nglawan JokoWi emoticon-Cape d... (S)
KEPilih lg = gag ada jathilan
ilang dr jateng


emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By pakmomon
emangnya kalau pilihan gubernur kudu make maskot segala yah,
baru tau ane,
soalnya di jogja kagag ada pemilihan gubernur sih.


di tempat ane juga tidak pakai maskot
kalo menurut saya sih ga juga. mungkin keseringan ngebayangin pak bibit aja tuh orang.

sebenarnya itu lebih mirip saya. cuma sayang, saya blm bisa ikut pilkada jateng, gan.
Memangnya kalo ga ada maskot Pemilunya nanti ga sukses apa..emoticon-Cape d... (S)

Ininya ngada2 aja.. lombanya aja dah ngabisin duit nanti belum cetak2 brosur, poster/banner untuk si Maskot....
Parah nih kerjaannya ngabis-ngabisin duit rakyat aja..emoticon-Berduka (S)
kok nda gambar gua aja yg dijadikan logo? emoticon-Amazed
ga ada mirip2nya ah....
yowes dadekne maskot wae.. disiram air keras trus diseleh ng akuariumemoticon-Traveller
Quote:Original Posted By IDbusuk...
gimana kalo maskotnya diganti jd mirip SENSOR aja?


emoticon-Ngakak
sebenernya paling males nulis komentar gara2 capcai emoticon-Bata (S)
mengada ada......mirip bagaimana...mirip kumis nya/..emang yang berkumis cuma pak bibit?...hehahahaha