alexa-tracking

Situs Bersejarah di McDonald's Kota Malang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016890724/situs-bersejarah-di-mcdonald039s-kota-malang
Situs Bersejarah di McDonald's Kota Malang
http://nationalgeographic.co.id/beri...ds-kota-malang


Situs bersejarah ditemukan di McDonald's di Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur. Diduga, Situs Ketawanggede itu berusia ratusan tahun.

Situs Bersejarah di McDonald's Kota Malang
Dwi Cahyono, arkeolog Universitas Negeri Malang, Jawa Timur, melihat situs Ketawanggede yang ada di areal McDonald's Kota Malang. (Yatimul Ainun/Kompas.com)



Di Ketawanggede yang tepatnya terletak di di Jalan Mayjen DI Panjaitan, arkeolog menemukan potongan atap miniatur candi, balok batu, pelandas tiang, dan beberapa muka batu. "Berarti di wilayah kali Brantas ini pernah ada bangunan panggung berarsitektur Hindu-Budha masa kerajaan Singosari atau Majapahit," jelas Dwi Cahyono, arkeolog Universitas Negeri Malang.

Dwi juga mengatakan bahwa jenis batu yang digunakan adalah andesit yang ada sejak abad 13 atau 14. Ia merasa harus ada penggalian lebih lanjut di daerah situs Ketawanggede. "Saya yakin masih banyak situs sejenis yang lebih besar yang yang ditemukan. Area itu pernah dibangun candi pemujaan zaman Hindu-Buddha," katanya.

Belum terdaftar

Situs Ketawanggede belum teregistrasi di Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan. Dwi berharap situs tersebut segera didaftarkan oleh pemilik lahan. Pasalnya, temuan awal situs tersebut sebetulnya sudah dua tahun silam.

Dwi juga menjelaskan bahwa dalam Undang-Undang nomor 11 tahun 2010 tentang cagar budaya, seharusnya di sekitar situs tidak boleh berdiri bangunan. "Lahan sekitar situs harus dibebaskan," tegasnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Wahyuni, berencana berkunjung ke lokasi situs. "Kamis (11/10) saya akan lihat ke lokasi," katanya. Sementara itu MCDonald's belum bersedia memberikan komentar.
(Yatimul Ainun. Sumber: Kompas.com)

===================



http://oase.kompas.com/read/2012/10/...usur.McDonalds

Situs Ketawanggede Malang Tergusur McDonald's


MALANG, KOMPAS.com--Situs Ketawanggede yang berlokasi di kawasan Dinoyo, Kota Malang, Jawa Timur, tergusur bangunan resto cepat saji McDonald’s, sehingga tidak terlihat dari arah depan.

Keberadaan situs purbakala yang dibangun pada era Megatilikum itu terkuak setelah sejarawan dan arkeolog dari Universitas Negeri Malang (UM) Dr Dwi Cahyono secara diam-diam mencari lokasi situs yang pernah disebutkan dalam buku sejarah kuno.

"Dalam buku itu disebutkan jika di Dinoyo ada Situs Ketawanggede. Saya sudah cari di seluruh pelosok Dinoyo, namun tidak ketemu, tapi tanpa sengaja saya melihat bangunan seperti cungkup di areal parkir belakang McDonald’s dan saya intip, ternyata situs," katanya di Malang, Kamis.

Ia mengatakan, setelah masuk dalam bangunan seluas sekitar 25 meter persegi itu, dirinya membaca guratan tulisan yang ada dalam situs. Dan, ternyata situs tersebut sudah ada sejak zaman megalitikum.

Situs yang tersimpan di areal parkir belakang resto cepat saji asal Amerika itu di antaranya berupa yoni tanpa lingga, potongan atap miniatur candi, balok batu, pelandas tiang serta beberapa muka-muka batu yang mirip gong gamelan.

Lebih lanjut Dwi mengatakan, sebenarnya situs ini sudah ditemukan dua tahun silam, namun pihak McDonald’s masih belum melaporkan ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Malang, bahkan belum teregistrasi di Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan.

Ia menjelaskan, Situs Ketawanggede merupakan tempat tiang untuk bangunan panggung tempat peribadatan Hindu Syiwa. "Kalau melihat lokasinya yang berada di persilangan Sungai Brantas dan Metro, berarti situs ini pernah menjadi setra peradaban masa lalu.

Dwi juga menduga jika di sekitar situis tersebut masih ada peninggalan purbakala yang lebih besar dan lebih banyak lagi. Oleh karena itu, perlu ada penggalian dan ekskavasi dis ekitar situs itu.

Selain itu Dwi juga mengusulkan agar Situs Ketawanggede tersebut tidak diletakkan di bagian belakang bangunan, tapi di depan bangunan dengan tulisan berukuran besar agar masyarakat tahu jika di kawasan itu ada situs purbakala yang sangat berharga.

Akan tetapi, tegasnya, berdasarkan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya, di sekitar situs tidak boleh ada bangunan apapun. "Tapi faktanya kok malah berada di areal parkir sebuah resto, aneh kan," tandasnya.

Sementara itu Kahumas Pemkot malang Sapto P Santoso mengatakan, Situs Ketawanggede tersebut sudah pernah diteliti oleh Disbudpar. "Tapi memang tidak dipindahkan ke Museum Mpu Purwa (museum Purbakala milik Pemkot Malang) karena yang bersangkutan mau merawat situs tersebut," ujarnya.

===================



yak, BCB vs Bisnis nih, udah ketebak siapa yang bakalan menang emoticon-Hammer
kalo pejabatnya mata duitan ya jelas gan
coba kayak pakde jokowi gubernor aja dilawan ketika mau bangun mall
jangan pesimis dunk pak patihemoticon-Big Grin
pasti ada jalan kokemoticon-Big Grin
emoticon-Traveller
tapi kalo disuruh taruhan ane jago yang bisnis
ini McD pojokkan di sebelah barat mulut jalan watugong itukah?
sebelah barat KPRI ?
g nyangka di situ ada situs sejarahnya emoticon-Malu

kok bs keluar perijinannya?
padahal untuk situs cagar budaya, jangankan keluar perijinan usaha, ijin IMB aja g bakalan bs keluar emoticon-Hammer
Quote:

gak pesimis sih, cuma liat yang sudah-sudah skornya itu BCB pasti 0 emoticon-Frown


voor 1 ane pegang bisnis deh emoticon-Stick Out Tongue

Quote:

bener gan, daerah pinggiran sungai brantas itu memang banyak yang masih terpendam, di pinggiran kali metro (candi badut, karang besuki) juga tapi kayaknya beda jaman (kanjuruhan abad 8 M).

ente tau perumahan PLANET REGENCY, yang di daerah Dinoyo, situsnya malah udah hancur, batu batanya gede2 dibuangin ke pinggir kali metro. padahal diperkirakan disana ada semacam saluran air bawah tanah..


ijin bisa gak dikeluarin kalau pemilik lahan/pengembang melaporkan ditemukannya benda yang diduga cagar budaya. menurut ane yang nakal sih bukan cuma pihak pemkot aja, tapi yang punya lahan atau yang membangun sengaja tidak melaporkannya (padahal kan wajib).

jangan-jangan disekitar UB itu ada juga, tapi gak dilaporkan emoticon-Bingung (S)
kan UB sekarang lagi gencar-gencarnya membangun, pasti gali fondasinya dalem tuh.
ane kira yang deket alun2, rupana bukan toh
Quote:


yang sarinah gan? emoticon-Ngakak

kalo sekitar sana BCB nya lebih banyak bangunan peninggalan kolonial
yang ada di pojokan parkir belakang itu yak..
ane juga penasaran pas itu gan...
pas ane selesai solat di musolanya Mekdi...
kaya ada ruangan di pintuin gitu..

pikir ane, kalo itu situs bersejarah..
berarti mekdi paling ga harus ikutan ngerawat dan buat publikasi...
org awam sih kagak bakal tau kalo ga solat di musola mekdi ato parkir di belakang gan bakal ada begituan...
denger2 sih itu M*D punya rektor ub..
rektor ub ma pak wali tuemoticon-Shakehand2 banget..
info yg ane denger seh itu gan.. benerx gmna jg g tau.. blm ketemu ma mereka. hehehe..
Quote:

ekskavasi gan, tapi resikonya dibongkar emoticon-Ngakak
tapi mau dipelihara aja udah sukur emoticon-Cape d... (S)
Quote:

itu beneran apa gossip, kalo beneran sih kayaknya bakat sulit ya kalo mau digali emoticon-Ngakak (S)
durung tau jajan nang kono emoticon-Mewek
widiw... kan emang udah dari dulu ada tuh situsnya,
makanya dinamakan watu gong jalan disamping kampus ane itu
Quote:


pemerintah kota malang kan korup, kerjasamanya ma pengusaha
pasar dinoyo aja digusur buat mall
terus kasus matos, kata dosen hukum dulu matos dibangun sebelum ada Amdal,
padahal kalo Amdalnya keluar, matos gak boleh ada di sana karena daerah itu daerah resapan

ane 6 tahun di malang gan, nuntut ilmu, di brawijaya situ emoticon-Big Grin
jadi kangen malang nih, kapan yah bisa ke sana lagi emoticon-Frown

ane aja gak tahu kalo ada Mc D di watu gong, ane tahu dari foto di media terus konfirmasi dari temen di malang
yang udah pasti menang ya mcdlah kan duitnya banyak emoticon-Cape d...
yah... dikuasai mekdi..emoticon-Nohope
mereka udah invest milyaran apa rela ngebebasin tanah strategis gitu?
paling nggak ijinin ekskavasi lah...
palingan ngak menjanjikan neh emoticon-Cape d... (S)
coba klo kayak borobudur ato prambanan ato situs bersejarah lain, mungkin lain kasusnya emoticon-Big Grin
Quote:


semoga aj pemerintahan nya gak mata duitan
Quote:

kate rono delok situs opo jajan? yuk ta kancani emoticon-Stick Out Tongue (tapi ane ditraktir)
Quote:

iya gan, harusnya sih, gak ada pembangunan emoticon-Big Grin

daerah perumahan joyogrand malah ada dusun watugong, dan dibuatin tempat yang rapi
Quote:

ane juga sebentar lagi mau meninggalkan malang emoticon-Frown

mcd nya baru sekitar setahun gan.

jangankan matos, ruko aja udah bertebaran, malang jadi kota seribu ruko emoticon-Busa:
Quote:

wasit pun bisa dibayar ya gan emoticon-Embarrassment
Quote:


bayari malioboro ekspress pp dhisit yo emoticon-Blue Guy Peace
wahh nie situs koq baru diangkat sekarang
dl sblm ada McD pas lahannya masih kepake edward forrer ama kayungyun koq ademayem aj y itu situs
semoga terjaga it situs ama tembok tinggi yg dbuat McD