alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016890333/ekonomi75-persen-proyek-minyak-dan-gas-dikuasai-asing
[Ekonomi]75 Persen Proyek Minyak dan Gas Dikuasai Asing
75 Persen Proyek Minyak dan Gas Dikuasai Asing


[Ekonomi]75 Persen Proyek Minyak dan Gas Dikuasai Asing


TEMPO.CO , Yogyakarta - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan mengatakan sebesar 75 persen proyek minyak dan gas dikuasai oleh perusahaan asing.

Dari anggaran yang digelontorkan sebanyak Rp 200 triliun oleh BP Migas tahun depan, sebanyak 75 persennya masih dikerjakan oleh perusahaan asing. Namun, kata Dahlan, itu bukan salah-siapa. "BUMN hanya belum mampu merebut proyek itu," kata Dahlan di The Sahid Rich Hotel, Yogyakarta, saat acara pengarahan Presiden Susilo Yudhoyono, Rabu 10 Oktober 2012.

Sebab, kata dia, BUMN masih terkendala kemampuan umber daya manusia dan teknologi. Namun, mulai tahun depan BUMN harus mulai merebut pengerjaan proyek minyak dan gas itu.

Sayangnya, pengerjaan proyek minyak dan gas tidak otomatis bisa dilakukan. Sebab, masih akan dirumuskan dalam perebutan proyek itu. Caranua pun tidak sekaligus semua doamnbil alih. Tetapi dengan bertahap. Misalnya tahun depan bisa mengambil beberapa persen lalu bertambah dari tahun ke tahun. "Merebutnya juga tidak bisa langsung, juga kita masih harus mingkatkan kemampuan," kata Dahlan.

Tender-tender pengerjaan minyak dan gas oleh BP Migas harus dimenangkan oleh BUMN-BUMN. Ia meminta tujuh BUMN untuk bisa memenangi tender. Yaitu PT Pertamina, PT Rekayasa Industri, PT Asuransi Jasindo, PT Wijaya Karya, PT Waskita Karya, PT Adhi Karya dan PT Hutama Karya Persero.

Ia menyatakan, PT Pertamina telah menemukan sumur minyak tua di daerah Sungai Lilin Sumatera Selatan. Cadangan minyak di sumur itu mencapai delapan kali lipat dari yang sudah dieksplorasi. Pertamina akan fokus menggarap sumur tua tersebut serta menggarap kembali ladang minyak lama sejumlah 56 blok. "Nanti akan ada 100 atau 150 pekerja yang juga menginap di lokasi untuk mempelajari dan mengeksplorasi," kata Dahlan.
----------------------
67 tahun merdeka...masih kekurangan SDM dan masih kalah teknologi yah pak?.... emoticon-Ngakak

Ah...alasan klasik juga si bapak satu ini.... emoticon-Embarrassment
yang ane tau 86% di kuasai asing. udah turun persentasinya? atau datanya yang di turunin emoticon-Embarrassment

SDM kurang cuman alasan klasik, banyak orang2 yg punya kemampuan intelek, tapi kalah bersaing dengan yang berduit dan birokrasi keluarga emoticon-Embarrassment
kalo dah tahu gak punya es de em lalu ngapain beh emoticon-Big Grin
komen ane cuma satu saja gan. PEMERINTAH SUDAH BUTA KARENA DUIT SOGOKAN.
[Ekonomi]75 Persen Proyek Minyak dan Gas Dikuasai Asing

SDM yg mana ? yg ahli korupsi atau ahli perminyakan Pak Dahlan ?
Serasa asing di negri sendiri.


Hanya Vbot yang tak asing buatku. emoticon-Stick Out Tongue
ntar negara kita yg kelola sndiri gan, waktu SDM udah gk ada lagi...emoticon-Cape d...
jiah... yang bisa main rekind, itu aja lebih ke proyek chemical ya..

kalo migas udah kesabet perusahaan lokal tripatra... emoticon-Big Grin

kalo masalah teknologi sih, ya emang sih sudah susah ngejar ya.. apalagi kelas perusahaan.. riset perusahaan asing udah dari jaman taon jebot, kita bisa bersaing ya di bagian engineering proyek aja... itu aja seringnya harus nggandeng perusahaan luar karna belon ada yang bisa ngeluarin lisensi untuk proses (patent design).

yang bisa bikin konseptual design juga masih dikit orang2 kita yang bisa (yang bisa kebanyakan udah kerja di luar kali ya, he3x)

kalo saran ya buat pak dahlan, libatin peneliti lah, bikin perusahaan yang ke arah teknologi aplikatif di sektor industri migas, n kalo bisa bikin lisensi proses sendiri yang baru, unik dan murah (paling penting nih).. kayak batan tek yang bikin proses baru untuk produksi radiosiotop... dengan kualitas peneliti kita kayaknya bisa deh.. emoticon-I Love Indonesia (S)
Jelas dikuasai asing, selain tehnologi,mereka berani pake uang sumpelan dulu didepan emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin.......
masalahnya di teknologi.

intinya mulailah belajar... kalo pemerintahnya cuma hobi import ya ribet.

- jepang dibom ataom 1945

- indonesia merdeka 1945

kenapa jepang lebih maju dari indonesia ? ya intinya mereka mau belajar...

disini ?

disuruh belajar malah dicemooh bangsa sendiri dengan kata2 seperti beberapa kaskuser yg ada baca dulu "butuh berapa tahun", "emang bisa ?" emoticon-fuck2 lom dicoba udah nyerah, malu sama pejuang perang kemerdekaan.