alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016883783/percayakah-agan-kalo-orang-yogyajakartasemarangsurabaya-rajin-menabung
Peringatan! 
Percayakah agan kalo orang yogya,jakarta,semarang,surabaya rajin menabung ??
Pemerintah dan Bank Indonesia sepakat mendorong masyarakat untuk lebih rajin menabung untuk memperkuat struktur perekonomian nasional. Korelasinya, jika masyarakat 'menitipkan' uang di sektor perbankan, maka perbankan bisa turut mengambil peran dalam pembangunan nasional.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa pernah menyebutkan bahwa tabungan masyarakat saat ini dinilai masih rendah. Berkisar 32 persen dari Gross Domestic Product (GDP). Hal serupa juga disampaikan oleh otoritas moneter.

Bank Indonesia melihat, akses masyarakat ke sektor keuangan dan perbankan masih rendah. Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas mengatakan, jumlah penduduk Indonesia usia produktif yang belum tersentuh pembiayaan lebih besar dari itu, yakni mencapai 40 persen.

Tidak hanya pemerintah dan Bank Indonesia, hasil survei Bank Dunia menyatakan bahwa 32 persen dari jumlah total penduduk Indonesia usia produktif, belum menjadi penabung.

Berangkat dari kondisi itu, menarik membedah kota-kota yang masyarakatnya paling gemar atau rajin menabung. Hasil survei Nielsen Indonesia tentang Perkembangan Konsumen Perbankan di Indonesia menyebutkan, kepemilikan rekening tabungan di Indonesia naik 32 persen. Dari 8 juta nasabah pada 2008 mencapai lebih dari 9,8 juta nasabah di kuartal I/2012.

Tingkat pendidikan dan pekerjaan di kota besar telah mendorong bank untuk memiliki penetrasi yang lebih tinggi. Terutama kegiatan perekonomian yang terpusat pada kota besar. Selain itu, faktor lain adalah kemudahan skses dan keamanan. Faktor lainnya adalah banyak cabang bank dan ATM.

Hasil survei tersebut juga menyebutkan bahwa masyarakat di Pulau Jawa masih tercatat sebagai yang paling rajin menabung. Masyarakat di empat kota di Pulau Jawa tercatat sebagai yang paling rajin menabung.

http://www.merdeka.com/uang/empat-ko...-menabung.html

ane tinggal di surabaya berarti ane orangnya rajin menabung
Pertanyaannya kenapa mesti orang Jawa semua y yg rajin menabung emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:
1. D.I Yogyakarta

Hasil survei Nielsen menobatkan masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai masyarakat yang paling rajin menabung. Dari survei tersebut terungkap bahwa 40 persen masyarakat di Yogya mengaku memiliki tabungan. Seagai salah satu kota besar di Indonesia, akses keuangan masyarakat Yogya cukup besar.

2. DKI Jakarta

Sebagai pusat bisnis dan ekonomi, DKI Jakarta praktis menjadi tempat yang paling besar peredaran uang. kantor pusat perbankan pun rata-rata berada di Jakarta. Tapi dalam hal menabung, masyarakat di Ibu Kota justru kalah rajin dibandingkan masyarakat Yogyakarta. Hasil survei Nielsen menyebutkan, hanya 35 persen masyarakat di Ibu Kota mengaku memiliki tabungan di bank.

3. Semarang

Sebagai ibu kota Propinsi Jawa Tengah, Semarang termasuk kota besar dengan aktivitas ekonomi dan bisnis yang cukup tinggi. Sebagai salah satu kota besar, akses masyarakat Semarang ke perbankan pun terbilang mudah. Kondisi ini kontraproduktif jika melihat hasil survei Nielsen yang menyebutkan bahwa jumlah masyarakat Semarang yang memiliki tabungan justru masih rendah, hanya sekitar 33 persen.

4. Surabaya

Kota Surabaya adalah jantung Propinsi Jawa Timur. Sebagai ibu kota propinsi yang ada di ujung timur Pulau Jawa, geliat sektor keuangan pun tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya. Termasuk aktivitas sektor perbankan. Tapi untuk soal menabung, masyarakat di Surabaya masih kalah dibandingkan Semarang dan Yogyakarta. Hanya sekitar 31 persen masyarakat di Surabaya yang memiliki tabungan.
orang jogja emang baik hati rajin menabung dan tidak sombong emoticon-Big Grin
namanya aja survey... sah2 aja dech...ane nabung dari kecil... emoticon-Blue Guy Peace

Rajin menabung karena gak ada Alasan buat keluar uang

kerja di semarang itu kesempatan untuk menabung buat kita, karena disini makanan masih terbilang murah, biaya hidup masih relatif murah, hiburan, gadget dll gak terlalu jadi tuntutan disini...jadinya uang lebih, enakan di tabung gan...emoticon-I Love Indonesia (S)
soalnya gaji di jokja kecil gan, kalo gak nabung, kapan mau beli kebutuhan dan aset tetapnya
percaya kok gans, percaya!!! sumpah ane percaya...
orng jogja emang baik hati, rajin menabung, dan tidak sombong....wkwkwkwk.....
bang bing bung nyokkk..kita nabung emoticon-Ngacir
Lebih enak simpan duit di bawah kasur gan, daripada disimpen di bank, habis juga dipotong biaya admin dan tetek bengeknya....
Quote:Original Posted By dwiasmorohadi
Lebih enak simpan duit di bawah kasur gan, daripada disimpen di bank, habis juga dipotong biaya admin dan tetek bengeknya....


belom lagi kalo punya ATM, CC, Flazz dll bikin boros belanja emoticon-Busa:
kalau gak nabung, bisa menyesal di hari tuanya... emoticon-Big Grin
berapa orang yang menabung dan dari orang2 tersebut dana yang ditabung rata2 berapa? jangan ada 1 org nyimpin duit milyaran yang nabung duit cuma jutaan diitung juga abis itu dirata2 emoticon-No Hope

yah namanya survey...palink2 cuma ambil sampel 10% buat mewakili emoticon-Big Grin
di jakarta susah nabung gan
banyak yg mau dibeli soalnya emoticon-Ngakak
makannya kredit motor laku keras di negeri ini
Quote:Original Posted By kalisengge
di jakarta susah nabung gan
banyak yg mau dibeli soalnya emoticon-Ngakak
makannya kredit motor laku keras di negeri ini


nabungnya lewat kredit motor ya gan emoticon-Ngakak (S)
ane orang Semarang,Dan emang setengah pelit. emoticon-Smilie)))
gw nabung di bawah bantal emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
di jogja, jateng dan jatim emang jumlah lembaga keuangan kayaknya lebih banyak dibandingkan dengan Jabar gan..

coba aja cek website BI.. kayaknya kantor bank disana rata2 lebih banyak..
belum lagi lembaga keuangan non bank..

kalo Jakarta karena kebanyakan orang kantoran... jadi pasti buka tabungan...
gwe cuma percaya yg rajin nabung di bwh ini gan
[img] Percayakah agan kalo orang yogya,jakarta,semarang,surabaya rajin menabung ??[/img]
Rakyat pulau Jawa emang gemar menabung, kang emoticon-Smilie
Contoh paling konkritnya ya Wakil Rakyatnya di gedung dhewan dan petinggi2 lembaga negara yang gemar menyisihkan uang rakyat untuk kebutuhan mereka pribadi di masa mendatang emoticon-Smilie
gak selamanya nabung dalam bentuk uang...
lagian tahu sendiri laju inflasi tiap tahun...

jadi ane lebih milih tabung informasi & ilmu lewat koran dan buku2...

untungnya lebih banyak.....

kecuali pihak bank ngasih bunga 20% per tahun baru mungkin ane mikir2 lgi buat nabung + tanpa potongan apa2