alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016883660/apa-baru-nyadar-hatta-upah-rp15-juta-tidak-cukup
[Apa Baru Nyadar?] Hatta: Upah Rp1,5 Juta Tidak Cukup!
Quote:Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan gaji buruh sebesar Rp1,5 juta perbulan atau di bawah angka itu tidak cukup untuk biaya hidup di Jabodetabek.

"Gaji Rp1,5 juta perbulan di Jabodetabek tidak cukup," kata Menteri Hatta Rajasa setelah menyelesaian pertemuan 4th Indonesia-Japan Joint Economic Forum di Tokyo, Rabu malam.

Rendahnya pendapatan buruh terutama para buruh kontrak melalui outsourcing dinilainya memang memprihatinkan.
Hatta sendiri menyesalkan masih banyaknya praktek "akal-akalan" terhadap peraturan buruh kontrak yang menyebabkan kesejahteraan buruh tidak pernah membaik di Indonesia.

"Outsourcing itu hanya boleh dilakukan jika sesuai dengan Undang-Undang," katanya.

Outsorcing hanya boleh dilakukan, kata dia, jika suatu perusahaan memerlukan tenaga kerja dalam jumlah banyak untuk menyelesaikan proyek tertentu dalam jangka pendek.

"Jangan disiasati dengan kontrak-kontrak yang terus diperbarui setiap 3 bulan atau enam bulan," katanya.

Sesuai ketentuan, outsourcing hanya boleh dilakukan pada lima bidang pekerjaan yakni petugas kebersihan, pertambangan lepas atau borongan, jasa keamanan, transportasi, dan jasa katering. Di luar itu maka buruh harus berstatus sebagai karyawan langsung di perusahaan.

"Jadi outsourcing itu tidak boleh, tapi karena ada keterlanjuran maka dari itu harus ada masa transisi," katanya.

Melalui masa transasisi itu, baik pengusaha, buruh, maupun pemerintah duduk bersama saling mengerti karena pada intinya perusahaan dan buruh harus sama-sama sehat.
Menurut Hatta persoalan buruh di Indonesia akan rampung jika ada pembahasan tripartit tersebut dengan semangat mencari solusi dan bukan memaksakan kehendak.

"Jadi kita lihat kalau jelas-jelas perusahaan mampu tapi menekan buruh dengan gaji Rp1,5 juta perbulan itu tidak benar," katanya.

Isu buruh menjadi salah satu yang dibahas dalam forum bersama ekonomi Indonesia-Jepang.
Banyak pengusaha Jepang masih menganggap masalah buruh di Indonesia sebagai salah satu hambatan investasi mereka.

"Saya katakan bahwa kita memiliki political will untuk menyelesaikan persoalan ini dengan baik," demikian Hatta Rajasa

[url=]SUMBER[/url]


Nah, maka dari itu sebaiknya hapuskan saja outsourcing itu emoticon-Mad:
brainwash prinsip ekonomi sih gan
prinsip sosialis bukan ya?

belum lagi kewajiban memberikan pensiun, susah ngitungnya juga.
Anjing ubanan ini udah brp lama ya jadi menteri???? Ketauan bgt deh klo doi pgn jadi Presiden pdhl ngaca dulu sanahhh????? Politikus paling oportunis... Anak2nya di kimpoin ama anaknya SBY ama amin Rais.... Kasian deh lo uban... Pensiun napa???
gaji 1.5jt tidak cukup baru sadar dia emoticon-Ngakak (S)
kemana aja sampai baru sadar sekarang emoticon-Wink
Selama ini ke mana aja pak? Enak2 ngupi2 ya emoticon-Shutup (S):
Quote:Original Posted By ran.sato
gaji 1.5jt tidak cukup baru sadar dia emoticon-Ngakak (S)
kemana aja sampai baru sadar sekarang emoticon-Wink


Quote:Original Posted By Muh.Reza
Selama ini ke mana aja pak? Enak2 ngupi2 ya emoticon-Shutup (S):


gak kemana2 dia gan , kemarin2 mah ada kok cengar-cengir aja dia liat buruh pada demo .
berhubung 2014 kian dekat , si hanoman ini ya mau jualan lah emoticon-Peace
gemblung...!, bandot satu ini kemana aja, apa mesti ribut dulu trus baru kerja emoticon-Hammer (S)
Bisa jadi cukup bisa jadi tidak cukup tergantung orangnya gan... emoticon-Matabelo
ya iyalah 1,5 buat hidup di jakarta dan mempunyai anak dan istri

emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka
makanya ta pak, sering terjun kelapangan dech...kok barusan NGGGGGEHHHHHHHHHHHHHH emoticon-Cape d... (S)
upah murah ?? emoticon-Genit

kredit motor bisa, tiap kali demo buruh pasti jalanan penuh dengan motor2 para buruh, gak tanggung2 dari ujung jalan sampe ke ujung jalan lain nya di isi semua oleh motor2 buruh emoticon-Genit

beli bensin untuk motor bisa emoticon-Genit
beli handphone bisa, pulsa tiap bulan bisa beli minimal 50rb
sehari habisin rokok satu bungkus yg harga nya 12rb bisa emoticon-Genit

kurang makmur apa coba???emoticon-Cape d... (S)

konsumerisme udah tingkat dewa itu
gebleg amat ni orang...emoticon-Malu
wajar dah ubanan sih, jadinya ya rada2 pikun gitu deh emoticon-Malu
ya mana cukup klo kebutuhan pokok terus naek pak...?? gaji dinaekin jg, klo kebutuhan pokok ikut naek, g akan ada abisnya??!! emoticon-Cape d... (S)
Jelas Amat Sangat Tidak Cukup gaji 1.5juta per bulan !!!
Bagi owner/pemilik perusahaan atau pejabat, uang segitu hanya untuk keluarganya makan siang 1x di restoran !
Ane bukan buruh, namun ane kasihan dan sangat perihatin buruh kita diinjak2 ama orang yg empunya ! Terutama pejabat hati hitam dan busuk !!!
Mari kita proteas !



emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
upah buruh 1,5jt jelas tidak cukup untuk hidup di jakarta

pengusaha jelas sulit kalo harus bayar di atas 1,5jt, mending pindah ke vietnam atau bangladesh

solusinya, pindah pabrik ke daerah yg biaya hidup lebih ringan, dan buruh pun tak perlu jauh2 pindah ke jakarta untuk kerja

tapi gimana bisa terjadi kalo infrastruktur daerah amburadulemoticon-Big Grin
asal... kalo upah buruh naik
upah pekerja lain yang membutuhkan ketrampilan lebih dari buruh juga naik dong emoticon-Big Grin
http://finance.detik.com/read/2010/0...ibu-per-bulan?

Quote:
Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan nominal indikator kemiskinan Indonesia adalah mereka yang rata-rata pengeluarannya sebesar Rp 211.000 per bulan per orang. Besaran ini diukur berdasarkan tingkat kebutuhan makanan dan non makanan. Ini setara dengan sekitar 30 liter bensin jenis Pertamax.

Kepala BPS Rusman Heriawan menyatakan berdasarkan penelitian BPS sejak tahun 1976, yang disebut kemiskinan adalah ketidakmampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Untuk perhitungan Maret 2010, standard kemiskinan sebesar Rp 211.000 di mana pemenuhan untuk makanan sebesar Rp 155.615/bulan dan Non Makanan Rp 56.000/bulan.

"Jadi bahan pokok itu kecukupan gizi sebanyak 2.100 kalori per hari atau senilai Rp 5.000 per hari atau Rp 155.615 per bulan. Kedua, kebutuhan non makanan, seperti kesehatan, pendidikan, transportasi," ujar Rusman dalam rapat dengan komisi XI DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (21/9/2010).

Rusman menjelaskan indikator tersebut bukan hanya dilihat dari pendapatan masyarakat, melainkan juga kombinasi dengan bantuan pihak lain termasuk bantuan pemerintah.

"Banyak diintervensi pemerintah lewat program-program Jamkesmas, BOS. Ini tidak selalu ukurannya pendapatan dari dia, bisa kombinasi dengan bantuan orang lain atau pemerintah," ujarnya.

Namun, Rusman menyampaikan indikator tersebut berbeda-beda setiap daerah. DKI Jakarta memiliki indikator kemiskinan tertinggi yaitu sebesar Rp 331 ribu.

"Lalu yang di atas Rp 250 ribu ada beberapa, yaitu Nangroe Aceh Darussalam sebesar Rp 288 ribu, Riau Rp 256 ribu, Bangka Belitung Rp 286 ribu, Kepulauan Riau 300 ribuan karena ada Batam, Jateng moderat di bawah Rp 200/199 ribu," paparnya.

Dengan indikator tersebut, Rusman menyatakan terdapat 13,3% atau 31 juta penduduk berada di bawah garis kemiskinan.

"Kemiskinan kita sekarang terakhir 13,3% atau 31 juta orang yang masih di bawah garis kemiskinan," tandasnya.


loh aneh nih, kan pemerintah yang bilang kalau standar miskin di jakarta itu 331 ribu. Sekarang kok bilang kalau gaji 5x lipatnya nggak cukup emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment emoticon-Embarrassment
ane kaum buruh gan

alhamdulillah gaji ane diatas UMR

moga2 para bos terketuk hatinya untuk melihat kehidupan rekan2 buruh yang gaji UMR emoticon-Berduka (S)

satar
1,5 jt sekarang emang ngga cukup
tapi menaikkan gaji buruh adalah solusi konyol. karena otomatis akan membebani produse sehingga buntutnya harga produk naik

naik gaji buruh -> naik harga barang -> kesejahteraan tidak meningkat
mau naik 500% juga sama aja boong, karena harga barangnya juga bakal membumbung tinggi !!!

solusi paling bener ya menekan biaya produksi/mengurangi harga barang tanpa mengurangi gaji buruh.

pak mentri coba jangan cuma wacana, solusinya dipikirin lalu dikerjain..
ya jelas ngga nyadar lah, mana ngerti ....
kalau penghasilan udah jauh di atas, ya mana bisa ngerasain ribetnya ngatur keuangan ala buruh dan lain lain