alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016883360/pengusaha-mengancam-mengganti-ke-mesin
Pengusaha mengancam mengganti ke mesin
Quote:
Pengusaha Ancam Ganti Tenaga Buruh dengan Mesin
Gina Nur Maftuhah - Okezone
Rabu, 3 Oktober 2012 12:21 wib

Ketua Apindo Sofyan Wanandi (Foto: Koran SI)
JAKARTA - Kalangan pengusaha mengancam akan mengganti semua tenaga buruh dengan tenaga mesin jika pekerja sering melakukan demo. Hal ini karena seringnya buruh melakukan demonstrasi.

"Nanti kita bisa saja mengganti semua tenaga buruh dengan mesin semua kalau mereka selalu menggunakan cara ini (demonstrasi)," ujar Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi, ditemui di MNC Tower,
Jakarta, Rabu (3/10/2012).

Menurut Sofjan, saat ini, pihaknya sedang membicarakan masalah buruh ini dengan pemerintah dan serikat pekerja. Namun, dengan adanya demonstrasi ini, telah membuat sejumlah investor dan pengusaha khawatir.

"Saya dari pagi sudah ditelepon banyak orang dari mana-mana, mereka khawatir soal ini (demonstrasi buruh)," tambah dia.

Bahkan, menurutnya, sudah ada beberapa investor yang akan menutup pabriknya di Indonesia.

"Sudah ada, dua dari Jepang satu Indonesia, mereka bergerak di bidang elektronika," komentar Sofyan.


Sekedar informasi, aksi mogok nasional yang dilakukan ratusan ribu buruh se-Tangerang Raya ditanggapi dingin Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kota Tangerang. Apindo mengancam akan menutup perusahaan jika buruh terus melakukan aksi mogok.

"Akibat aksi mogok ini, perusahaan merugi, mending perusahaannya ditutup saja kalau begitu," kata Ketua Apindo Kota Tangerang Gatot Purwanto kepada Okezone.

Menurut dia, dari setiap aksi demo buruh ini membuat produksi terhenti, sehingga mengakibatkan kerugian yang sangat besar. "Silakan saja buruh menyampaikan aspirasinya, asal jangan terus-terusan dan bahkan melakukan mogok massal begini," tambah dia. (gna)
(rhs)


sumber

Quote:
JAKARTA - Kalangan pengusaha mengancam akan mengganti semua tenaga buruh dengan tenaga mesin jika pekerja sering melakukan demo. Hal ini karena seringnya buruh melakukan demonstrasi.

"Nanti kita bisa saja mengganti semua tenaga buruh dengan mesin semua kalau mereka selalu menggunakan cara ini (demonstrasi)," ujar Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi, ditemui di MNC Tower, Jakarta, Rabu (3/10).

Menurut Sofjan, saat ini, pihaknya sedang membicarakan masalah buruh ini dengan pemerintah dan serikat pekerja. Namun, dengan adanya demonstrasi ini, telah membuat sejumlah investor dan pengusaha khawatir. "Saya dari pagi sudah ditelepon banyak orang dari mana-mana, mereka khawatir soal ini (demonstrasi buruh)," tambah dia.

Bahkan, menurutnya, sudah ada beberapa investor yang akan menutup pabriknya di Indonesia.
"Sudah ada, dua dari Jepang satu Indonesia, mereka bergerak di bidang elektronika," komentar Sofyan.

Tentang desakan penghapusan sistem outsourcing yang menjadi salah satu tuntutan aksi demo buruh kemarin, kalangan pengusaha menegaskan praktik itu tak bisa dihapus dalam sistem ketenagakerjaan di Indonesia. Alasannya selain diatur oleh undang-undang, keberadaan tenaga kerja outsourcing sangat dibutuhkan pengusaha karena menyangkut efisiensi. Di Indonesia, praktik ini mendapat perlindungan hukum di bawah UU No 13 Tahun 2003 soal ketenagakerjaan. "Outsourcing itu nggak bisa dihapus ada undang-undangnya," kata Sofjan Wanandi.

Sofjan menambahkan selain alasan agar lebih efisien demi berdaya saing, sistem outsourcing membantu perusahaan untuk mendapat tenaga kerja pada bidang-bidang di luar bisnis utama (non core business).

"Kita masih butuhkan asalkan bukan pekerjaan inti, masak cleaning Service, security, katering kita juga yang siapkan. Kan lebih baik serahkan kepada yang ahli karena lebih efisien, lebih murah dan baik, kita nggak bisa semuanya," katanya.

"Ketentuan outsourcing di UU No 13 bukan dihapus, seharusnya diperbaiki, mana yang boleh, mana yang nggak. Selama ini UU No 13 multitafsir hanya menjelaskan di luar inti bisnis, seharusnya dibuat rinci mana saja yang boleh," katanya dilansir detik.

Sebelumnya Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) meminta pemerintah Indonesia tak menghapus sistem outsourcing di Indonesia. Karena sistem outsourcing sangat berguna untuk efisiensi perusahaan. "Outsourcing banyak manfaatnya, terutama untuk efisiensi perusahaan, jadi jangan dihapuskan," kata Senior Country Economist Indonesia Resident Mission Edimon Ginting ketika ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu (3/10). dtc

Sumber

UPDATE: Bukti bahwa hal ini pernah terjadi, dan bisa dilakukan

http://id.wikipedia.org/wiki/Revolusi_Industri
Quote:
Revolusi Industri dimulai pada akhir abad ke-18, dimana terjadinya peralihan dalam penggunaan tenaga kerja di Inggris yang sebelumnya menggunakan tenaga hewan dan manusia digantikan oleh penggunaan mesin yang berbasis menufaktur. Periode awal dimulai dengan dilakukannya mekanisasi terhadap industri tekstil, pengembangan teknik pembuatan besi dan peningkatan penggunaan batubara.[6] Ekspansi perdagangan turut dikembangkan dengan dibangunnya terusan, perbaikan jalan raya dan rel kereta api.[7] Adanya peralihan dari perekonomian yang berbasis pertanian ke perekonomian yang berbasis manufaktur menyebabkan terjadinya perpindahan penduduk besar-besaran dari desa ke kota, dan pada akhirnya menyebabkan membengkaknya populasi di kota-kota besar di Inggris.[8]


Selama ini pengusaha hanya menuruti permintaan pemerintah untuk menahan revolusi industri untuk mempekerjakan buruh. Pertanyaannya, apakah dengan adanya demo demo seperti ini, pengusaha akhirnya menyerah dan melakukan revolusi industri di Indonesia?
nah loh... ketakutan itu akhirnya dateng juga.. kalo jumlah pekerja dipangkas, yang rugi siapa?

pengusaha berani rugi di awal kalo belakangnya bisa menguntungkan...
Kalo yang ini ane setuju, dikit-dikit demo. Mending ganti ke mesin aja.
bener juga si menurut ane, kasihan juga tuh para pengusaha diporotin mulu sama buruhnya. udah bayar pajaknya mahal, infrastrukturnya jelek, pegawainya susah diatur pula ! kayak gini yang mau bikin ekonomi indonesia bangkit?


#sory gan numpang mejeng di pejwan hehehe.. emoticon-Cool
tidak semua produksi bisa di ganti mesin!!!!!
mampus!!
mesin lebih efisien daripada tenaga manusia, lebih nurut tinggal pencet tombol langsung jalan
pendidikan rendah, skill rendah, disiplin rendah maunya gaji gede, minta status pegawai tetap
klo udah begini siapa yg harus disalahkan? emoticon-Bingung

buruh hanya jadi korban, yg menggerakkan mereka demo itu ya asosiasi mereka itu, kayak FSPMI dll.
Benerlah sudah... sekarang jaman mesin... udah ganti aja ama mesin.. aman terkendali .. rusak paling panggil teknisi . teknisi juga yang dah pengalaman dan pinter.. ga sekedar teknisi lulusan SD doang.....

Kalo pake buruh gitu.. sebenernya sama kayak nyicil beli mesin yg harga nya miliaran bahkan triliunan... cuma bayar di cicil pake gaji buruh....

daripada pada bawel n protes demo ga jelas mulu bahkan cenderung provokasi ke sesama buruh yang ga mau demo sampe datengin pabrik pabrik n narik narik buruh yg ga mau demo......

Biar pada ngais ngais duit di got sampah aja tuh para buruh provokator...

Sorry.. gw emang dah ga respek ama para buruh dengan cara cara demo mereka dan tuntutan mereka yg makin ngaco n ga jelas...
revolusi inggris.... bukak sejarah lagi saja... dah ada contohnya!
akhirnya rakyak kecil juga yang sengasara
akibat ketidak mampuan pemerintah yang isinya bukan melayani rakyat
saya khawatir ini bukan murni keinginan buruh untuk demo. Mungkin saja ada pihak2 yang memanfaatkannya untuk keprntingan dirinya

Saya paling anti dengan demo anarkhis apalagi sampai memblokir jalan Tol
gue pekerja...tapi gue ngeliatnya agak aneh nih...kasihan nih buruh2 yg lugu yg dijanji2 surga oleh anggota serikat pekerja (yg notabene digaji juga sama si buruh dari potongan iuran SP).....kalo gue ngelihat...para buruh sekarang udah pake motor..udah pada punya hp (hampir semua)....kalo udah bisa punya barang2 kebutuhan sekunder begitu...artinya kebutuhan primernya sudah terpenuhi dong??....kok masih kurang aja?.....(gue ngga bilang semua pemilik usaha adil dan sayang buruhnya..tapi belakangan udah agak2 ngelunjak permintaan2nya)

PS: di kantor gue...para pengurus sekar (serikat karyawan) malah ngga pernah datang kerja...kalo datang ya cuma buat ngurusin sekar aja...padahal mereka punya jabatan masing2....dan gaji gue juga dipotong 100k sebulan buat iuran.....harus...ngga boleh ngga...tau gunanya buat apa...yg pasti sih mereka tidak pernah bikin laporan keuangannya...
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Untuk para buruh, gak usah galau. Itu cuma psywar aja emoticon-Cape d... (S)

Alih mekanisme produksi dari manusia ke mesin itu ga gampang ko emoticon-Ngakak (S)...
Dan belum tentu biaya investasinya bakal bisa kembali dalam jangka pendek ...

Terus saja minta kenaikan gaji asal kalian para buruh juga mengimbanginya dengan produktivitas emoticon-Stick Out Tongue

Keep demo dan jaga ketertiban umum yah emoticon-Big Grin

______emoticon-Ngacir
bentar gw daridulu ga ngerti dan yakin outsourcing ama kontrakan itu sama ga?
kalau sama ini
Spoiler for imho:


nah kalau semua industri tutup sapa yang rugi? sebenarnya banyak sekarang duit banyak mengalir di tempat fun (seperti hp, motor dll)

demo terus minta outsourcing diapus, demo minta umr dinaikan

tapi kehidupan mereka? ga sederhana..rokok mahalan yang 12k keatas, dah getu doyan beli motor, beli hp baru gonta - ganti, beli alat2 elektronik mahalan kek mesin cuci, tipi baru kredit sana kredit sini WTF????
Mampuuusssss tuh buruh-buruh goblok ...

Kalo beneran terjadi, makan angin deh kalian semua emoticon-Nohope

Udah bagus masih ada kerjaan, masih ngelunjak minta ini itu emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By giande
bentar gw daridulu ga ngerti dan yakin outsourcing ama kontrakan itu sama ga?
kalau sama ini
Spoiler for imho:


nah kalau semua industri tutup sapa yang rugi? sebenarnya banyak sekarang duit banyak mengalir di tempat fun (seperti hp, motor dll)

demo terus minta outsourcing diapus, demo minta umr dinaikan

tapi kehidupan mereka? ga sederhana..rokok mahalan yang 12k keatas, dah getu doyan beli motor, beli hp baru gonta - ganti, beli alat2 elektronik mahalan kek mesin cuci, tipi baru kredit sana kredit sini WTF????


yang ane bold...itu dia.....malah di kantor gue lebih top...sopir mobil box nya udah pake blackberry bold emoticon-Smilie hebat kan....malah dia duluan yg pake blackberry dibanding boss emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By jamorama
tidak semua produksi bisa di ganti mesin!!!!!


emang ga semua bisa diganti mesin, tapi..............
yg bisa gimana?
Quote:Original Posted By blue_danube
nah loh... ketakutan itu akhirnya dateng juga.. kalo jumlah pekerja dipangkas, yang rugi siapa?

pengusaha berani rugi di awal kalo belakangnya bisa menguntungkan...


untung ente bukan buruh ya mod... Pengusaha mengancam mengganti ke mesin

PS : padahal gak semua buruh setuju demo waktu itu... kasian donk yang buruh yang ikut ikutan emoticon-Cape d... (S):
Quote:Original Posted By giande
bentar gw daridulu ga ngerti dan yakin outsourcing ama kontrakan itu sama ga?
kalau sama ini
Spoiler for imho:


nah kalau semua industri tutup sapa yang rugi? sebenarnya banyak sekarang duit banyak mengalir di tempat fun (seperti hp, motor dll)

demo terus minta outsourcing diapus, demo minta umr dinaikan

tapi kehidupan mereka? ga sederhana..rokok mahalan yang 12k keatas, dah getu doyan beli motor, beli hp baru gonta - ganti, beli alat2 elektronik mahalan kek mesin cuci, tipi baru kredit sana kredit sini WTF????

well said... sebagian diantara kita emang terjebak konsumerisme... pengen punya ini itu padahal kemampuan blom memadai... kredit sana kredit sini, untuk kepentingan konsumsi, atau belanja barang2 yang keliatannya remeh tapi ngabisin duit macem beli rokok...


kalo gw bilang hal itu sebagai bentuk rasa kurang bersyukur, ntar ada yang nyap2...
Quote:Original Posted By polisikeren
untung ente bukan buruh ya mod... Pengusaha mengancam mengganti ke mesin

PS : padahal gak semua buruh setuju demo waktu itu... kasian donk yang buruh yang ikut ikutan emoticon-Cape d... (S):


emoticon-Embarrassment
tetep mburuh kok...


ya itu namanya karena nila secangkir, rusak susu sebelanga...
×