alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016881576/ky--batalnya-hukuman-mati-lemahkan-pemberantasan-narkoba
Thumbs up 
KY : Batalnya Hukuman Mati Lemahkan Pemberantasan Narkoba
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Yudisial menilai pembatalan putusan vonis mati pemilik pabrik narkotika, Hengky Gunawan, melemahkan upaya pemberatasan narkotika. Komisi Yudisial (KY) melakukan investigasi putusan Hakim Agung M Imron Anwari yang membatalkan hukuman mati gembong narkotika tersebut.

Komisioner Bidang Pengawasan Hakim dan Investigasi Komisi Yudisial, Suparman Marzuki, mengatakan putusan ini sangat menyesakkan bagi upaya pemberantas narkoba. Sebab, terpidana Hanky Gunawan merupakan pelaku luar biasa dengan kasus yang luas biasa juga. Sehingga hukuman mati yang dijatuhkan oleh kasasi seharusnya sudah tepat, diukur dari dampak dari peredaran narkoba yang merusak generasi muda.

Karena itu, deponering hukuman mati hakim peninjauan kembali ini patut dipertanyakan. "Apalagi dengan alasan hukuman mati tidak sesuai undang-undang dan melanggar HAM," kata Suparman, Rabu (10/10).

Sebab, Suparman menjelaskan, hukuman mati seperti yang ditegaskan Mahkamah Konsitutusi adalah konstitusional. Bahkan, HAM masih memungkinkan hukuman mati terhadap kejahatan serius, seperti pelanggaran HAM, perang, korupsi, dan narkoba.

Meski begitu, KY tidak akan mengeksaminasi putusan Hakim Imron, karena putusan tersebut sudah final. Hanya, KY melakukan investigasi putusan Hakim Agung M Imron Anwari yang membatalkan hukuman mati pemilik pabrik narkotika.

"Saya tidak menuduh, tapi sulit sekali untuk tidak mengatakan tidak ada suap. Terpidana bukan pemain biasa tapi pelaku yang memang jam terbangnya sudah tinggi," kata Suparman. Karena itu, kata Suparman, KY melakukan investigasi untuk mencari kemungkinan apakah ada suap atau tidak di balik putusan Hakim Imron ini.

"Umumnya sulit untuk membuktikannya tapi bukan berarti tidak bisa. Banyak hakim yang sudah dipecat, itu karena terungkap," kata Suparman. Dia mengaku sudah mengantongi profil dan rekam jejak Hakim Imron.

Suparman meminta Mahkamah Agung (MA) melakukan penyelidikan internal. "Sebagai institusi MA jangan lepas tangan," kata Suparman.

Dalam putusan PK Hanky, disebutkan bahwa pertimbangan majelis hakim agung MA mengabulkan permohonan Henky, karena menganggap hukuman mati bertentangan dengan Pasal 28 Ayat 1 UUD 1945 dan melanggar Pasal 4 UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia (HAM). Karena itu, putusan tersebut dengan sendirinya menganulir putusan kasasi MA yang menghukum mati Henky.

SUMBER:http://m.republika.co.id/tablet

emoticon-thumbsupemoticon-thumbsup MARUS...maju terus
horeee.... merdeka...

namanya juga indonesia gan
kemarin malahan ada hakim yang tidur sewaktu sidang emoticon-Turut Berduka
KY : Batalnya Hukuman Mati Lemahkan Pemberantasan Narkoba

selama uang jadi santapan utama para Pejabat pembuat keputusan, bisa diatur!
masalah pidana mati utk kasus narkona pernah diuji MK tahun 2007 dan kesimpulanx tidak melanggar konstitusi, walau ada dissenting opinion hakim MK tapi itu atas dasar para pemohon gak punya legal standing utk mengajukan permohonan) jd KY tenang saja pandangan pidana mati inkonstitusional kan gak dianut seluruh hakim
tergantung wani piro emoticon-Stick Out Tongue
PEJABAT KORUP NEGARA BANGKRUTemoticon-Najis
banyak banget hakim yang brengkes tuhhhh, ada yang tidur ada yang membebaskan hukuman mati gembong narkoba trus ntar apalagi???? emoticon-No Hope untuk kejaksanaan negeri ini
apa-apa alesannya HAM....
HAM itu cuma buat orang baik....
mana aja penjahat yangmikirin HAM, kenapa kita harus mikirin HAM buat mereka...
btw itu HAM berapa duit ya harganya...?
ASEEKKK NTAR PADA NYABU LAGI DAH ,,,, GA ADA HUKUMAN MATEEEemoticon-Hammer2
selalu aja HAM , HAM dan HAM emoticon-Nohope
kapan mau tegas nih negara...
Quote:Original Posted By Falrever.eX
selalu aja HAM , HAM dan HAM emoticon-Nohope
kapan mau tegas nih negara...


Buat ne hakim gan...uang adalah segalanyaemoticon-I Love Indonesia (S)
dua dari tiga hakim masuk neraka emoticon-Smilie
jadi kalian2 yg ada disini ga perlu heran emoticon-Smilie
perlu ditelusuri tuh rekam jejak si hakim..
tai untuk kata HAM buat NARKOBA n KORUPTOR
Kayanya musti di tanya lagi keseriusan penegak hukum dalam memberantas narkoba dan menyelamatkan generasi muda kita dari bahaya narkoba emoticon-Berduka (S)
indonesia takut sama pelanggaran "HAM"..

padahal itu nama daging yang biasa dimasak emoticon-Big Grin
ga ada ham buat Teroris, Koruptor, dan Mafia Narkoba
kalau bd di hukum ringan gak bakal berhenti narkoba di negri ini emoticon-Turut Berduka

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Jangan ngomong doanglah, aktualnya spt apa, kl ga ada menyebar ke masyarkat apakah KY tahu, pasti ga tahu.
KY = MA, emoticon-Najis
Quote:Original Posted By mayela08
Jangan ngomong doanglah, aktualnya spt apa, kl ga ada menyebar ke masyarkat apakah KY tahu, pasti ga tahu.
KY = MA, emoticon-Najis


Bisa jadi tuh ...ganemoticon-I Love Indonesia (S)
harusnya kalo emang bener terbukti dihukum yang berat, mati juga gag papa, biar ada efek jera
×