alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016872305/tiap-tahun-ratusan-polisi-dipecat
Inspiratif 
Tiap tahun ratusan polisi dipecat
Tiap tahun ratusan polisi dipecat

Sejak Januari hingga awal Oktober 2012, tercatat lebih dari 100 anggota Kepolisian Republik Indonesia dipecat. Anggota yang mayoritas golongan bintara itu dipecat karena melanggar kode etik.

Demikian diungkapkan Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Nanan Soekarna, di Hotel Grand Royal Panghegar, Kota Bandung seusai membuka seminar bertajuk 'Perbandingan Pengelolaan Security Profesional di Indonesia dan Malaysia', Kamis (4/10/12).

“Anggota yang dipecat di antaranya adalah polisi bermasalah dalam hal afektif, yaitu tingkah laku dan ketaatan pada hukum. Sedangkan aspek kognitif atau kepintaran, tidak menjadi alasan pemecatan seorang anggota,” ujarnya.

Dijelaskan dia, tidak ada polisi yang dipecat karena bodoh. “Ini bukan masalah kognitif, tetapi afektif. Seperti anggota yang terjerat kasus narkoba, kemudian anggota yang seharusnya melindungi malah memeras, dan masalah kelakuan dan aspek emosional lainnya," ungkapnya.

Nanan menjelaskan, mereka yang tersandung masalah dan dipecat mayoritas dari golongan Bintara. Dirinya menduga, hal itu disebabkan dengan minimnya waktu pendidikan, sehingga muncul oknum-oknum polisi.

Diakui dia, tugas mengubah pola pikir seseorang ketika menjadi anggota Polri bukanlah hal mudah. Selain diperlukan waktu, juga pemahaman serta keseriusan orang itu sendiri.

"Kebanyakan yang tersandung kasus itu Bintara. Sekitar 80 persen anggota Polri ya Bintara. Untuk masuk Kepolisian, mereka hanya menjalani pendidikan selama tujuh bulan. Ini tugas berat buat Polri. Maksudnya harus mengubah mindset orang yang rata-rata berusia 17 tahun, yang hanya dalam waktu tujuh bulan pendidikannya," ujarnya.

Nanan berharap, masyarakat tidak terlalu memojokkan Polri dengan kasus tersebut. Menurut dia, polisi hanya manusia biasa yang dapat melakukan kesalahan.

Nanan menambahkan, setiap tahunnya tercatat 300 hingga 500 anggota Polri yang dipecat. (A-195/A-88)***

EMBER

Quote:Tiap tahun ratusan polisi dipecat
gak laku trit aneemoticon-Berduka (S)
yang dipecat yg kroco2
Se Bodo-Bodonya polisi gak bakalan di pecat emoticon-Big Grin

terus dya waktu tes masuk polisinya gimana ???

20jt gitu* emoticon-Big Grin

*Hasil wawancara sebagian polantas di kota ane
polisi yang bodo ga pernah dipecat ?

pantes tampang tolol2 keq dedi rianto dipajang pasang badan
buat tameng kasus penyerbuan KPK,
jadi yang bodoh bodoh dipiara buat beginian toh emoticon-Malu (S)
Makanya kalo takut dipecat...jangan masuk bintara...langsung aja kombes he he...
dirubah prosentase perekrutan nya...

Jalur "bebas tes" 5%...

Jalur Resmi 94%

Titipan 1%



emoticon-Ngakak
mungkin karena punya kesalahan ....... emoticon-2 Jempol
Saia sendiri punya mantan Ipar yang di pecat dari Kepolisian..

kasusnya gara2 Wanita dan berlanjut dengan Narkoba...

Quote:Original Posted By ukabisa
Se Bodo-Bodonya polisi gak bakalan di pecat emoticon-Big Grin

terus dya waktu tes masuk polisinya gimana ???

20jt gitu* emoticon-Big Grin

*Hasil wawancara sebagian polantas di kota ane


20 murah amat gan haha emoticon-Cape d... (S)
udah jelas kualitas anggota polisi sekarang gimana emoticon-EEK!:
bagusnya penerimaan dilakukan independen bukan dari internal polri sendiri emoticon-Cape d... (S)
yang kecil2 dibersihin yang gede2 diumpetin,
klo bersih2 sekalian dong jangan cuman yg bintara2 doang,
yang udah jendral juga banyak yg bermasalah.
wah banyak juga yah , klo murni mah pasti akan lebih banyak dari itu yang bakalan kena pecat
yg kecoa doang yg dipecat-pecatin

yg akpol noh pecatin. banyak yg juga yg "tukang peres"....
paling diamuk sama beking nya emoticon-Ngacir
tetangga karyawanku ibunya jual sawah 2 ha. +- 90jt buat anaknya jadi polisi emoticon-Najis
harusnya gak ratusan, tapi ribuan, bahkan mungkin puluhan ribu....
itu yang di pecat pasti yang pangkatnya kroco2...
coba cek para jenderal nya... pasti banyak yang wajib di pecat.
kalo mau tegakkan hukum, gak usah banyak pembelaan.
contoh kecil aja, polantas yang mencari2 kesalahan untuk menilang pengendara langsung aja pecat, gak usah pake dibela dengan sidang2 kode etik yang gak jelas.
Quote:Original Posted By ah177ed
harusnya gak ratusan, tapi ribuan, bahkan mungkin puluhan ribu....
itu yang di pecat pasti yang pangkatnya kroco2...
coba cek para jenderal nya... pasti banyak yang wajib di pecat.
kalo mau tegakkan hukum, gak usah banyak pembelaan.
contoh kecil aja, polantas yang mencari2 kesalahan untuk menilang pengendara langsung aja pecat, gak usah pake dibela dengan sidang2 kode etik yang gak jelas.


emoticon-thumbsupsetuju nieh
klo perlu smuanya dihabisin ajah,.trus ganti
Quote:Original Posted By BERlSlK
Tiap tahun ratusan polisi dipecat


Dijelaskan dia, tidak ada polisi yang dipecat karena bodoh. “Ini bukan masalah kognitif, tetapi afektif. Seperti anggota yang terjerat kasus narkoba, kemudian anggota yang seharusnya melindungi malah memeras, dan masalah kelakuan dan aspek emosional lainnya," ungkapnya.


EMBER


masih bnyk polisi yang memeras, tidak mungkin karena alasan ini
berarti rekruitment dan pendidikannya perlu dievaluasi.
ngabisin anggaran saja, mendidik polisi trus memecatnya.
Harusnya tiap taun ditingkatkan pecatannya.

Biar ada peluang sogok menyogok di taun berikutnya.
×