alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016869352/pakar-its-indonesia-tidak-perlu-program-mobil-murah-listrik-atau-ramah-lingkungan
Pakar ITS: Indonesia tidak perlu program Mobil Murah, Listrik, atau Ramah Lingkungan.
Pakar ITS: Indonesia tidak perlu program Mobil Murah, Listrik, atau Ramah Lingkungan.

Pakar ITS: Indonesia tidak perlu program Mobil Murah, Listrik, atau Ramah Lingkungan.
Angkutan massal di di dalam kota SOLO, ternyata bisa tuh!

Pakar : Indonesia tidak perlu program mobil
Rabu, 10 Oktober 2012 09:34 WIB

Surabaya (ANTARA News) - Pakar transportasi ITS Prof Dr Daniel M Rosyid menilai Indonesia tidak membutuhkan program mobil, termasuk mobil listrik, mobil murah, atau mobil ramah lingkungan sekalipun. "Yang dibutuhkan negeri ini bukan mobil pribadi bertenaga listrik sekalipun, tapi angkutan umum massal yang nyaman, konsisten, dan dapat diandalkan," katanya di Surabaya, Rabu.

Ia mengemukakan hal itu menanggapi potensi mobil nasional dalam Pameran Otomotif IIMS 2012 di Jakarta yang diresmikan Wapres Boediono. Pameran itu menjadi ajang peluncuran mobil ramah lingkungan. "Pameran itu bertolak belakang dengan `car free day` (Hari Bebas Kendaraan) yang digagas 150 kota se-Dunia pada September lalu, karena itu saya heran kenapa pemerintah mau meresmikannya," katanya.

Menurut Guru Besar Fakultas Teknologi Kelautan ITS itu, mobil pribadi adalah penyebab ketidakadilan dan kesenjangan di dunia, bahkan mobil pribadi di Indonesia menuntut subsidi BBM dari APBN sebesar Rp100 triliun per tahun. "Artinya, APBN itu habis untuk subsidi energi dan mayoritas mobil pribadi itu ada di Jawa, sehingga masyarakat luar Jawa tidak kebagian APBN dan BBM, termasuk sektor infrastruktur, irigasi, air bersih, listrik, jembatan, pelabuhan, dan sektor publik lainnya tidak kebagian APBN," katanya.

Ketidakadilan dan kesenjangan itu dipicu terjualnya 100 mobil baru setiap hari di Surabaya dan sekitarnya, atau 3.000 mobil per bulan, bahkan ATPM menargetkan penjualan mobil satu juta unit per tahun. "Sekarang saja sudah perlu anggaran subsidi BBM sekitar Rp100 triliun per tahun, apalagi kalau mobil sudah satu juta unit per tahun. Itu belum termasuk ketidakadilan di jalan yang dikuasai mobil, sedangkan pejalan kaki dan pesepeda adalah pecundang, karena satu orang Indonesia mati di jalan setiap 30 menit saja," katanya.

Oleh karena itu, katanya, Indonesia membutuhkan pengembangan sistem transportasi nasional yang multi-moda yang bukan bertumpu pada jalan, tapi pada rel kereta api, angkutan luat, sungai, dan penyeberangan. "Sebagai negara kepulauan, Indonesia perlu membangun paradigma baru pada dua sektor kunci yakni energi dan perhubungan. Sektor energi merupakan hajat hidup orang banyak, sedangkan perhubungan merupakan kunci kinerja logistik nasional se-Indonesia," katanya.

Untuk kedua sektor itu, Indonesia juga harus membangun modernitas baru yakni modernitas tanpa mobil. "Pemakaian teknologi layar perlu dilihat kembali untuk angkutan laut dan perikanan, lalu kita lebih membutuhkan terminal bus, stasiun kereta api, dan pelabuhan, bukan mobil," katanya.
http://otomotif.antaranews.com/news/...-program-mobil

Pakar ITS: Indonesia tidak perlu program Mobil Murah, Listrik, atau Ramah Lingkungan.

Pakar ITS: Indonesia tidak perlu program Mobil Murah, Listrik, atau Ramah Lingkungan.

Pakar ITS: Indonesia tidak perlu program Mobil Murah, Listrik, atau Ramah Lingkungan.
Dulu tanpa ba .. bi.. bu ... kita bisa bikin monorail di TMII Jakarta

-----------------

Bergantung siapa pemimpinnya aja kok! Kalau untuk Jakarta, kayaknya sudah terlambat mengatasinya. Satu-satunya cara, pindahkan aja itu ibukota RI ke Mojokerto, ibukota Majapahit dulu!
ini orang teknologi lagi ngomong teknologi apa ekonomi sih..? emoticon-Big Grin
kie wong aneh, mojokerto sumpek ngene kate dadi ibukota, surem poll
Quote:Original Posted By alergipagi
ini orang teknologi lagi ngomong teknologi apa ekonomi sih..? emoticon-Big Grin


kl masalah transportation engineeering...tentunya tidak bisa dilepaskan dari pengihtungan aspek ekonomi sebagai pertimbangan dalam merekayasa sistem transportasi....apalagi kl udah ngomong masalah policy...
Pakar kalo sudah ngomong gebyarnya ya kemana mana.


Pakar ITS: Indonesia tidak perlu program Mobil Murah, Listrik, atau Ramah Lingkungan.


Wuaaahh ... keren ya potonya.

Ada sepurnya.emoticon-Belo
kalo transportasi masal kayaknya ane setuju kalo indonesia punya kereta bawah tanah..cuma pengkajiannya harus benar-benar mendalam kayaknya..
Indonesia memang tidak butuh itu...
tp namanya juga lagi merintis... untuk transportasi massal kan qualitynya harus lebih terjaga ketimbang personal dan membutuhkan uji kelayakan yang lebih panjang ketimbang personal. Program tersebut diadakan untuk memicu agar transportasi publik lebih baik. Disitulah ide program tersebut
yang kek gini ane kurang paham gan...

emoticon-Hammer2