alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016867548/sejarah-baru-yogyakarta-gubernur-dilantik-presiden
Breaking News! 
icon-hot-thread
Sejarah Baru Yogyakarta, Gubernur Dilantik Presiden
Quote:Sejarah Baru Yogyakarta, Gubernur Dilantik Presiden


Sejarah baru terjadi pagi ini di Yogyakarta. Pertama kalinya Presiden RI melantik gubernur di Yogyakarta.

Pagi ini di Gedung Agung, Istana Nagara, Yogyakara, Rabu 10 Oktober 2012, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik Sri Sultan Hamengku Buwono X-Paku Alam IX sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Sejak awal kemerdekaan Indonesia, ini pertamakalinya Presiden melantik Gubernur DIY," kata Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Djohermansyah Djohan.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Yogyakarta itu berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Yogyakarta. Berdasarkan undang-undang itu, Gubernur dan Wakil Gubernur DIY akan dilantik oleh Presiden. Bila Presiden berhalangan maka dapat diwakilkan Wakil Presiden atau Menteri Dalam Negeri.

Biasanya, Gubernur dan Wakil Gubernur DIY tidak dilantik, melainkan hanya diperpanjang. Sejarah baru di Yogyakarta ini tercipta dari pembahasan undang-undang yang telah melewati lima masa sidang DPR, selama bertahun-tahun.

Dalam pidato sambutannya, Presiden SBY menitip beberapa pesan kepada Sri Sultan dan Paku Alam. "Saya berharap, gubernur melakukan pengawasan atas penggunaan anggaran. Karena anggaran itu adalah uang rakyat yang harus dipertanggungjawabkan," jelas SBY dalam sambutannya.

SBY mengatakan, negara mengakui keistimewaan Yogya sesuai dengan Undang-Undang nomor 13 tahun 2012. Tetapi satu hal yang ditekankan Presiden, Yogyakarta merupakan bagian utama dari Indonesia.



sumber




kn udah dr jaman pak karno pak "DIY" dan udh ada di UU...knp diusik2 lg...tp syukur akhirnya sadar jg pak beye..
mestinya begitu sejak dulu-dulu, ...
pelantikan sultan hb-x sebagai gubernur sekaligus bisa dimanfaatkan untuk kampanye pencitraan bahwa presiden sekarang ini menaruh perhatian besar terhadap rakyat jogja, ...

kalau keistimewaannya terus menerus dipreteli, mendingan jogja kembali menjadi negara merdeka saja, ...

i love emoticon-I Love Indonesia
Kapan pak rt jumilan dilantik sama presiden ya...??? Kerjaan rt ane ngadu ayam mulu..
Tgl 10, bulan 10, jam 10, HB 10 emoticon-Selamat

Jogja Citymewa emoticon-thumbsup
selamat buat gub dan wagub DIY serta penduduk yogya....

Salam NKRI !!
Quote:Original Posted By faruq.abidin
Kapan pak rt jumilan dilantik sama presiden ya...??? Kerjaan rt ane ngadu ayam mulu..


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak sama ente pasti gan sabungnya
Quote:Original Posted By East_Pole
selamat buat gub dan wagub DIY serta penduduk yogya....

Salam NKRI !!


untuk saat ini gan...nati klo yg sekrg lengser.......sapa yg nerusin....
Sunggu tidak adil. emoticon-Mad (S)

Gubernur DIY dilantik langsung oleh Presiden, sedangkan gubernur-gubernur daerah lainnya cuman didelegasikan ke Menteri Dalam Negeri. emoticon-Berduka (S)
wkwkw...berita ini pasti selalu dikaitkan dengan pencitraan SBY...emoticon-Ngakak
negara harus mengakui keistimewaan Yogya karena ada simbol Sultan ,,pilkada juga di yogya gak ada kok karena representasi pilihan rakyat Yogya yaa..Sultan,,, makanya negara melalui SBY menghargai hal tersebut..,,,kalo pelantikan gurbernur provinsi lain cukup Mendagri...emoticon-I Love Indonesia (S)

gini aja kok dibahas...emoticon-I Love Indonesia (S),,politik terus
Selamat untuk Sultan! emoticon-thumbsup
mengawasi anggaran kata sby, ya sama dong bapak juga harus mengawasi, jangan bikin lagu terus
nah, gini aja lebih bagus..

gak usah ribut2 harus ada pilkada lah.. wong dari dulu juga yogya itu kan daerah istimewa..

pada koplak aja tuh orang-orang yang ngusulin harus pilkada.. mungkin ada kemungkinan klo pilkada dapet selipan kali ya.. ckckck...
Boleh tanya gan? Siapa yang mendampingi Sri Paduka Paku Alam IX pada pelantikan Paduka kemarin?
Sejarah Baru Yogyakarta, Gubernur Dilantik Presiden
Yogyakarta emang benar2 istimewa pelantikan gubenurnya pun istimewa
Quote:Original Posted By faruq.abidin
Kapan pak rt jumilan dilantik sama presiden ya...??? Kerjaan rt ane ngadu ayam mulu..


somplak banget nih komen bikin ngakak ajeemoticon-Ngakak
ah biasa saja lah,
ga usah lebay emoticon-Cool
kalo mnurut ane sih wajar2 aja gan, jogja itu emang bener2 kota istimewa. liat aja saat sultan di lantik para pedagang pada libur smua demi menghormati sultan sndiri dan skalian juga ikut nionton barang. jarang2 ada kepala daerah atau raja yang begitu di cintai oleh rakyatnya...emoticon-I Love Indonesia (S)
harga property jogja ada efek kenaikannya ngga ya...hehehe sorry kl OOT
Quote:Original Posted By bakaneko
Sunggu tidak adil. emoticon-Mad (S)

Gubernur DIY dilantik langsung oleh Presiden, sedangkan gubernur-gubernur daerah lainnya cuman didelegasikan ke Menteri Dalam Negeri. emoticon-Berduka (S)


Kan sesuai dgn namanya "istimewa" kalau daerah lain kan enggak ada emebel2x istimewanya.
Quote:Original Posted By East_Pole
selamat buat gub dan wagub DIY serta penduduk yogya....

Salam NKRI !!


makasih gan, sebagai warga jogja asli non naturalisasi saya mohon dukungan yang sebesar besarnya emoticon-Shakehand2