alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016865483/pedagang-malioboro-libur-di-hari-pelantikan-sultan
Thumbs up 
Pedagang Malioboro Libur di Hari Pelantikan Sultan
Pedagang Malioboro Libur di Hari Pelantikan Sultan
Besar Kecil Normal

TEMPO.CO, Yogyakarta- Ribuan pedagang kaki lima di Malioboro, hari ini, 10 Oktober 2012, akan berhenti berjualan selama sehari penuh. Mereka sepakat ingin menyambut pelantikan Sultan Hamengku Buwono X sebagai Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta hari ini.

“Mulai pagi sudah off, libur total sehari,” kata Ketua Lembaga Pemberdayaan Komunitas Kawasan Malioboro, Rudiarto. Sementara aktivitas dagang berhenti, kata dia, pedagang akan menggelar kenduri massal.

Informasi terakhir yang dia dapat, seratus tumpeng dari pedagang dan masyarakat siap disumbangkan dalam ritual itu. Jumlah itu pun diperkirakan terus bertambah, sehingga bisa cukup untuk kenduri yang dijadwalkan berlangsung mulai pukul 15.00 itu.

Puncak kenduri, kata dia, berlangsung di depan gedung Malioboro Mal. Namun, di penggal-penggal sepanjang Jalan Malioboro, dari Taman Parkir Abu Bakar Ali hingga Pasar Sore Ngejaman. “Masyarakat yang mau datang dipersilakan,” katanya.

Selain untuk menyambut pelantikan Gubernur, menurut Rudiarto, kegiatan itu merupakan bagian dari kegembiraan para pedagang setelah pengesahan Undang-Undang Keistimewaan Yogyakarta beberapa waktu lalu. Selama kenduri berlangsung, aktivitas lalu lintas berlangsung normal. Toko di sepanjang Malioboro pun bebas beraktivitas.

Di sepanjang Jalan Malioboro hingga Ahmad Yani, kini terdapat 2.500 pedagang kaki lima. Mereka berasal dari 22 komunitas pedagang. Dari yang berjualan barang di emperan toko hingga pedagang makanan lesehan pada malam hari.

Kesepakatan libur total sehari penuh itu merupakan yang kedua kalinya dilakukan pedagang. Sebelumnya, mereka juga melakukan hal sama untuk mengikuti aksi masyarakat Yogya yang menuntut pengesahan Rancangan UU Keistimewaan Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Malioboro, Syarif Teguh, mengatakan selama sehari penuh itu, toko, pasar, pusat perbelanjaan, hingga perkantoran di Malioboro, akan memperdengarkan gending gamelan. Bahkan, melalui radio kabel yang berpusat di kantor UPT, klenengan itu akan diputar terus-menerus.

Secara ekonomis, dia menilai, aktivitas pedagang memang berhenti. Suasana Malioboro menjadi lebih lengang. Namun dia yakin, hal itu justru menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, kegiatan itu merupakan bentuk kegembiraan warga Yogyakarta menyambut pengesahan Undang-Undang Keistimewaan dan pelantikan Gubernur. “Ini ungkapan mangayu bagyo masyarakat dengan cara mereka,” katanya.


http://www.tempo.co/read/news/2012/1...antikan-Sultan
-------------------------------------------------------------------------
pemimpin yang di cintai rakyatemoticon-I Love Indonesia (S)i love jogja
lagu jogja ganemoticon-Blue Guy Peace
http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14709775
ane bukan orang jogja gan,tapi ane demen banget ma jogjaemoticon-I Love Indonesia (S)
dewasalah gan semuanya kalo dah berjembut
semoga yogya tetep menjadi kota yg baik!!! hidup yogya! emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By logo.proff
dewasalah gan semuanya kalo dah berjembut

ane berharap yg di ibukota jg sudah berjembut ganemoticon-Blue Guy Peacepaling tidak bisa nyontoh masyarakat jogja dalam hal kehidupan bermasyarakat.tp semua ya tergantung pemimpinnya jg sih yaemoticon-Thinking
Quote:Original Posted By jamorama
semoga yogya tetep menjadi kota yg baik!!! hidup yogya! emoticon-I Love Indonesia (S)

bener gan..satruju aneemoticon-I Love Indonesia (S)