alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016865255/pemerintah-pelit-keluarkan-duit-untuk-transportasi-publik
icon-hot-thread
Pemerintah PELIT Keluarkan Duit Untuk Transportasi Publik
Quote:Pemerintah PELIT Keluarkan Duit Untuk Transportasi Publik


Pemerintah terus menerus memberi subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) terhadap pengguna kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. Padahal alokasi ini tidak tepat guna.

Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno berpendapat, seharusnya pemerintah memberikan subsidi untuk penumpang kendaraan umum, agar masyarakat lebih tergoda untuk naik kendaraan umum daripada menggunakan kendaraan pribadi.

"Pemerintah menggolontorkan lebih dari Rp 150 triliun untuk subsidi BBM yang tidak tepat guna. Padahal lebih tepat pemerintah memberikan subsidi untuk pengguna moda transportasi," katanya saat dihubungi detikFinance, Sabtu (6/10/2012).

"Saya yakin akan terangsang untuk pindah ke moda transportasi umum," jelas Djoko.

Pemerintah sendiri memprediksikan subsidi BBM tahun 2012 subsidi akan melonjak hingga Rp 178.6 triliun, melebihi kisaran yang ditetapkan dalam APBN 2012, Rp 123,6 triliun, akibat fluktuasi harga minyak dunia.

Djoko memberi ilustrasi, pemberikan subsidi untuk penumpang KRL Rp 2.000 per hari per penumpang dengan capaian Rp 1,2 juta per tahun perpenumpang. Dari perhitungan ini, Djoko menilai pemerintah hanya butuh Rp 480 miliar per tahun untuk subsidi 400.000 penumpang KRL.

"Pemerintah dengan mudah menambah anggaran subsidi buat kendaraan pribadi, tetapi pelit keluarkan uang untuk pengguna transportasi publik," katanya.

Saat kesalahan ini tidak segera disadari pemerintah, bukan tidak mungkin subsidi BBM akan terus menggerus keuangan negara Indonesia. "Cuma butuh Rp 480 miliar per tahun, tak ada yang mau kasih baik baik itu dari Kementerian keuangan," tutupnya.


[URL="http://finance.detik..com/read/2012/10/06/162331/2056409/4/pemerintah-pelit-keluarkan-duit-untuk-transportasi-publik?991104topnews"]http://finance.detik..com/read/2012/10/06/162331/2056409/4/pemerintah-pelit-keluarkan-duit-untuk-transportasi-publik?991104topnews[/URL]

Di NEGARA MAJU transportasi publik dibuat sebaik mungkin (plus disubsidi tentunya) sehingga masyarakat nyaman menggunakannya....

Di NEGARA MAJU pengendara sepeda pancal dan pejalan kaki juga difasilitasi sebaik mungkin...

Di NEGARA MUNDUR Transportasi Publik, pengendara sepeda dan pejalan kaki ya mampus saja... emoticon-Hammer
buat remun 50 T lancar, buat bank2 60 T lancar, begitu 480 M buat transport publik kok seret emoticon-Embarrassment

jangan2 pemerintah memang pro diri sendiri dan bank, bukan pro rakyat emoticon-Embarrassment
kalau transport publik bagus,murah & banyak yg pake
omzet jualan kendaraan pribadi turun dong
Pengamatan yang bagus juga. emoticon-thumbsup:

Yang diamati saja yang gak bagus. emoticon-thumbdown
mending subsidi BBM pindahin ke subsidi sepedah... biar orang Indo jadi sehat semua emoticon-Smilie
mungkin omset pajak n main duit di kendaraan pribadi lebih gede gan ketimbang musti gelontorin duit sebanyak itu buat regenerasi transportasi publik .. anggota hewan mah ga bakal kasih yang bikin negara lebih bener emoticon-Big Grin
kaya ga tau aja gan emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By DSPLY
buat remun 50 T lancar, buat bank2 60 T lancar, begitu 480 M buat transport publik kok seret emoticon-Embarrassment

jangan2 pemerintah memang pro diri sendiri dan bank, bukan pro rakyat emoticon-Embarrassment


mangkanya, pas kemaren pemerintah mau naikin harga BBM, jangan ditentang, tp didukung, plus minta garansi, tuh duit penghematan subsidi BBM, agar dipakai untuk subsidi transportasi publik.

btw, entu 480 M / tahun, buat subsidi kereta disekitar jakarta doank, atau udah semua nya??
sssttt...yang penting pemerintah senang....
Quote:Original Posted By moyyo32
mending subsidi BBM pindahin ke subsidi sepedah... biar orang Indo jadi sehat semua emoticon-Smilie


semua orang sudah pada punya sepedah brada emoticon-Angkat Beer
komisi dari juragan otomotif terlalu besar dan menggiurkan emoticon-Mad:

itu sudah emoticon-Ngacir
saya rasa, mending ribut ngurusin upaya perbaikan transportasi publik daripada ribut ngurusin revisi UU KPK emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By reyvan3
mangkanya, pas kemaren pemerintah mau naikin harga BBM, jangan ditentang, tp didukung, plus minta garansi, tuh duit penghematan subsidi BBM, agar dipakai untuk subsidi transportasi publik.

btw, entu 480 M / tahun, buat subsidi kereta disekitar jakarta doank, atau udah semua nya??


kalo subsidi buat rakyat dicabut maka remun 50T juga dicabut dong biar adil emoticon-Embarrassment masa rakyat aja yg austerity tapi pemerintahannya lavish melulu emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By DSPLY
buat remun 50 T lancar, buat bank2 60 T lancar, begitu 480 M buat transport publik kok seret emoticon-Embarrassment

jangan2 pemerintah memang pro diri sendiri dan bank, bukan pro rakyat emoticon-Embarrassment


Pro ATPM, alasannya pajaknya langsung ke kantong emoticon-Bingung (S)

menggiatkan perekonomian rakyat contoh : pak ogah. tukang minta2, tukang aspal jalan dll emoticon-Ngakak

subsidi boleh bertriliun-triliun, nggak jelas apa benar segitu atau sebagian besar sudah masuk kantong pribadi ??
maksutnya BBM untuk masyarakat pengguna roda 2 & 4 mau dicabut gitu?
dibenturkan dgn isu transportasi massal ?

alur pemikiran pemerintah kok di ikuti ? emoticon-Hammer
pemerintah cuman mau mengalihkan fokus persoalan mismanajemen pengelolaan anggaran ke publik. pemborosan penggunaan anggaran terjadi di setiap lini pemerintahan. buat nutupi kerugian PLN musti ngambil alokasi subsidi BBM.

liat tuh, banyak mobil mewah plat merah seliweran.. gini msh sambat kekurangan dana.

lagian klo BBM dinaikin, masyarakat mana yg mau kemampuan daya belinya berkurang?. publik mana yg mau harga2 melambung tinggi & tidak terbeli ? rakyat mana ?

berbicara nasionalisme, rasa memiliki tanah-air, mustinya pemerintah menekan pengeluaran yg sifatnya keluyuran, kendaraan yg dipake juga nyari yg efisien (macam bis karyawan), kurangi belanja mobdin & musti pake yg murah2 aja.
emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By DSPLY
kalo subsidi buat rakyat dicabut maka remun 50T juga dicabut dong biar adil emoticon-Embarrassment masa rakyat aja yg austerity tapi pemerintahannya lavish melulu emoticon-Embarrassment


sapa yang bilang mau dicabut??

wong cuma dikurangin aja kok.

tapi sebenarnya juga bukan dikurangin, cuma pemerintah gak mau naikin subsidi BBMnya aja.
Quote:Original Posted By DSPLY
kalo subsidi buat rakyat dicabut maka remun 50T juga dicabut dong biar adil emoticon-Embarrassment masa rakyat aja yg austerity tapi pemerintahannya lavish melulu emoticon-Embarrassment


wah kalo remun dicabut, ntar ada yang ngancem kinerjanya menurun... emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By aisbelle
sssttt...yang penting pemerintah senang....
pendjoeal pertamax juga ikutan senang emoticon-ShutupQuote:Original Posted By japek
sensi amat gan kalau BBM naik? emoticon-Big Grin

memangnya minyak bumi itu SDA Abadi ya? emoticon-Big Grin

lagipula jika kendaraan pribadi dicabut subsidi BBM nya kan gak berarti kiamat...

lebih baik menyubsidi angkutan umum macam KA, bis, kereta barang serta kendaraan pengangkut sembako.....

ane setuju kalau mismanajemen terjadi di pengelolaan anggaran, serta pemerintah musti menekan pengeluaran yang sifatnya keluyuran...

tapi tingkat masyarakat yang suka petentang petenteng, puter-puter gak jelas dengan kendaraan pribadi juga harus dikurang dong....

masyarakat juga gak bersih dari kondisi seperti ini....


haha.. siapa yg g sensi kenaikan BBM (apapun motifnya) gan ? emoticon-Malu
dari masyarakat yg hidupnya g dari negara (non pegawai negara) hingga yg di gaji negara, mana mau daya belinya berkurang ? efek domino dari kenaikan BBM pasti terjadi. saat ini msh belum siap untuk kenaikan BBM (apapun motif & labelnya).

defisit APBN versi pemerintah msh terbuka untuk diperdebatkan, banyaknya inefisiensi di sektor pengelolaan negara.

BBM emang bukan sumber energi abadi (tidak terbarukan, sifatnya)
cuman klo pun mau jujur sebagai bangsa, anak bangsa yg juga memiliki prioritas kepentingan atas kekayaan tanah-airnya, seolah-olah sama sekali tidak memiliki sumur minyak. kita dihargai seolah-olah musti beli & kita tak punya sama sekali. beda kasus ama singapur yg memang tak punya ladang minyak di negerinya, makanya dia beli nyesuain dengan jualan luar negerinya. gampangnya, kita punya sumur air, buat minum kita musti beli seperti harga yg ada di toko. mustinya gratis aja, minimal g mahal2 amat lah..

sebagai masyarakat, jgn dibiasakan kita yg dipersalahkan mulu atas kasus2 yg ada. semacam pengalihan fokus dari problem2 yg ada di level kebijakan emoticon-Smilie

solusi >>> naikin pajak (fungsi regulatif lebih menonjol dibanding budgeting), tapi siapin alat transportasi massal yg memadai dulu biar masyarakat ada kesiapan dalam pilihan transportasinya. semacam barang substitusi dalam ilmu ekonomi dagang, cmiiw emoticon-Peace
Quote:Original Posted By primula
maksutnya BBM untuk masyarakat pengguna roda 2 & 4 mau dicabut gitu?
dibenturkan dgn isu transportasi massal ?

alur pemikiran pemerintah kok di ikuti ? emoticon-Hammer
pemerintah cuman mau mengalihkan fokus persoalan mismanajemen pengelolaan anggaran ke publik. pemborosan penggunaan anggaran terjadi di setiap lini pemerintahan. buat nutupi kerugian PLN musti ngambil alokasi subsidi BBM.

liat tuh, banyak mobil mewah plat merah seliweran.. gini msh sambat kekurangan dana.

lagian klo BBM dinaikin, masyarakat mana yg mau kemampuan daya belinya berkurang?. publik mana yg mau harga2 melambung tinggi & tidak terbeli ? rakyat mana ?

berbicara nasionalisme, rasa memiliki tanah-air, mustinya pemerintah menekan pengeluaran yg sifatnya keluyuran, kendaraan yg dipake juga nyari yg efisien (macam bis karyawan), kurangi belanja mobdin & musti pake yg murah2 aja.
emoticon-I Love Indonesia (S)


sensi amat gan kalau BBM naik? emoticon-Big Grin

memangnya minyak bumi itu SDA Abadi ya? emoticon-Big Grin

lagipula jika kendaraan pribadi dicabut subsidi BBM nya kan gak berarti kiamat...

lebih baik menyubsidi angkutan umum macam KA, bis, kereta barang serta kendaraan pengangkut sembako.....

ane setuju kalau mismanajemen terjadi di pengelolaan anggaran, serta pemerintah musti menekan pengeluaran yang sifatnya keluyuran...

tapi tingkat masyarakat yang suka petentang petenteng, puter-puter gak jelas dengan kendaraan pribadi juga harus dikurang dong....

masyarakat juga gak bersih dari kondisi seperti ini....
Quote:Original Posted By kosimsupir
Pro ATPM, alasannya pajaknya langsung ke kantong emoticon-Bingung (S)

menggiatkan perekonomian rakyat contoh : pak ogah. tukang minta2, tukang aspal jalan dll emoticon-Ngakak

subsidi boleh bertriliun-triliun, nggak jelas apa benar segitu atau sebagian besar sudah masuk kantong pribadi ??


yang jelas bukan kantong pribadi rakyat gan emoticon-Embarrassment

Quote:Original Posted By reyvan3
sapa yang bilang mau dicabut??

wong cuma dikurangin aja kok.

tapi sebenarnya juga bukan dikurangin, cuma pemerintah gak mau naikin subsidi BBMnya aja.


yah semoga bisa adil aja, pemerintah susah rakyat susah pemerintah makmur rakyat makmur emoticon-Embarrassment bagaimanapun kita kan sama2 warga NKRI emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By VigilantResolve
wah kalo remun dicabut, ntar ada yang ngancem kinerjanya menurun... emoticon-Malu (S)


hehe.. kalo jadi pns dan ngarep bisa kaya raya itu udah salah niatannya ya gan emoticon-Embarrassment
Quote:Original Posted By gakpengenbotak
Betul gan..
ane naik motor sehari cuma Rp8000 PP
bandingin naik KRL Rp19000 PP plus parkir
Dah gitu kaki pegel, jalan jauh dari kantor ke stasiun trus di dalem kreta berdiri desak2an pula... emoticon-No Hope


bener bgt nih... memang ga ada yg bisa mengalahkan realita....

mending naik pribadi kemana2 lebih nyaman, agak aman dan (mungkin) lebih cepat....