alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016864343/terlalu-freeport-mengaku-kesulitan-keuangan-shg-belum-bayar-deviden-pd-pemri
Terlalu, Freeport Mengaku Kesulitan Keuangan shg belum Bayar Deviden pd Pem.RI
Belum Bayar Deviden
PT Freeport Indonesia Mengaku Kesulitan Keuangan

Rabu, 10 Oktober 2012 | 03:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan tetap ngotot menagih kewajiban dividen PT Freeport Indonesia (PTFI) kepada Kementerian BUMN sebesar Rp 350 miliar. Namun PT Freeport Indonesia menyatakan belum sanggup membayar deviden dalam waktu dekat.

"Pembayaran dividen tergantung kondisi perusahaan. Jadi belum bisa dibayarkan sekarang," ujar Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Rozik B Soetjipto di Jakarta, Selasa (9/10/2012).

Menurut Rozik, Freeport saat ini mengalami kendala keuangan. Sehingga, perusahaan tambang asal Amerika Serikat itu belum bisa membayarkan dividen pada tahun ini.

"Salah satu penyebabnya adalah turunnya produksi," ujarnya.

Biasanya, kata Rozik, produksi PT Freeport 900.000 ton/ tahun. Tapi hingga saat ini belum bagus. Rozik memperkirakan produksi tahun ini hanya 80 persen dari normal.

"Memang sekarang kami mengeksplorasi yang cadangannya rendah. Permasalahannya timing sequence," ungkap Rozik.

Sebelumnya, Dahlan menyatakan tidak peduli terkait konfirmasi dari Freeport yang mengaku mengalami kesulitan keuangan untuk memenuhi kewajiban pembayaran dividen ke kas negara. Dahlan mengatakan hal tersebut telah membuat BUMN dalam posisi yang sulit.
http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...litan.Keuangan


Setoran Dividen Freeport Turun Rp 1 Triliun?
Jumat, 21 September 2012 | 09:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Freeport Indonesia di tahun ini diperkirakan hanya akan menyetor dividen ke pemerintah pusat sebesar Rp 500 miliar. Nilai tersebut turun drastis dibandingkan setoran dividen di tahun lalu yang mencapai Rp 1,5 triliun.

"Setoran dividen Freeport turun akibat belum pulihnya operasional perusahaan setelah sebelumnya sempat berhenti beroperasi di 2012," kata Sekretaris Kementerian BUMN Wahyu Hidayat dalam Rapat Kerja Komisi XI, Rabu (19/9/2012) malam.

Menurut Wahyu, jumlah setoran dividen dari kepemilikan minoritas pada tahun ini diperkirakan sama dengan tahun 2011. Tahun ini, setoran dividen BUMN diharapkan bisa mencapai Rp 32,6 triliun. Namun karena operasional Freeport sempat terhenti, target dividen BUMN tahun ini diturunkan hingga Rp 1,5 triliun.

"Apabila target dividen PT Freeport tidak terpenuhi, maka target dividen BUMN tahun ini hanya Rp 31,1 triliun," tambahnya.

Sekadar catatan, Freeport pernah membayarkan dividen mencapai Rp 2,09 triliun pada tahun anggaran 2009. Namun, pada 2010 setorannya turun 27,75 persen menjadi Rp 1,51 triliun. Setahun kemudian, Freeport membayar dividennya sekitar Rp 1,76 triliun.

Pada kuartal II-2012, penjualan emas Freeport Indonesia turun 25,1 persen menjadi 247.000 ons emas dengan harga rata-rata 1.587 dollar AS per ons. Penurunan juga terlihat pada penjualan tembaga dengan kondisi Freeport hanya mampu menjual 183 juta pon tembaga dengan harga rata-rata 3,49 dollar AS per pon.

Kondisi ini disebabkan oleh adanya gangguan pekerjaan yang terjadi sepanjang periode tersebut. Pada periode itu, Freeport hanya memproduksi 173 juta pon tembaga, turun 33,7 persen dan emas sebanyak 230.000 ons atau turun 29 persen.

Dalam enam bulan pertama tahun ini, Freeport Indonesia masih mengalami penurunan penjualan tembaga sekitar 41,6 persen menjadi 317 juta pon. Penjualan emas juga turun 34 persen menjadi 513.000 ons emas.

Produksi tembaga Freeport pada semester pertama 2012 turut mengalami penurunan 45,6 persen menjadi 296 juta pon. Begitu juga dengan emas, yakni turun 40 persen menjadi 459.000 ons.
http://bisniskeuangan.kompas.com/rea....Rp.1.Triliun.

--------------------

Freeport hanya itu hanya beri 1% saja dari hasil tambang emasnya kepada Rrakyat Indonesia via Pemerintah RI ([url=http://finance.detik..com/read/2012/02/21/134303/1847789/4/hatta-masak-royalti-freeport-cuma-1]baca ini[/url]). Sudah gitu, ditunggak pula?
Sebenarnya Freeport sudah pernah di Audit oleh pemerintah gak sih?
Pemerintah mau saja dikadalin sama freeport .....kadal kadal buntung lagi...emoticon-Cape d... (S)
bangkurt aja deh freeport, biar bsia di nasionalisasi tuh tambang
hemmm, masa emas segaban gunung ilang dikeruk masih dividen? lari kemana uang tu, ke alien?
HALAH....emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)BAYAR NGGA SAMPE 5% AJA NGGA ADA DUIT ,,,PAKE EMAS AJ BAYARNYA ....LHO KOK KITA YG PUNYA LAHAN KITA YG MINTA BAYARANemoticon-Cape d... (S)
Ini Negara harus bertanggung jawab karena salah kelola negara..
Freeport ini kalo ambil alih minimal 50% aja kepemilikan asing minimal kita bisa memasukkan keuangan negara sebesar 2000 Trilyun.. selama ini Freeport hanya menyumbang 1% yaitu cuma 20 Trilyun.. (ane yakin freeport punya 2 pembukuan : 1 buku real penambanggnya dia dan 1 buku yang dilaporkan biasanya udah dikurang-kurangin bisa saja yang dilaporin cuman 1/2 dari keuntungannya freeport).. emoticon-Najis (S)

Sumber berita

Belum lagi kerusakan alam yang sangat tidak bertanggung jawab yang ditimbulkan oleh freeport ..emoticon-Berduka (S)

Terlalu, Freeport Mengaku Kesulitan Keuangan shg belum Bayar Deviden pd Pem.RI
Terlalu, Freeport Mengaku Kesulitan Keuangan shg belum Bayar Deviden pd Pem.RI
Terlalu, Freeport Mengaku Kesulitan Keuangan shg belum Bayar Deviden pd Pem.RI

Belum lagi Pertambangan Batubara di Kalimantan hampir 90% Asing menguasai, Indonesia tidak Punya apa-apa..emoticon-Berduka (S)

Belum lagi Munyak Bumi juga sma nasibnya seperti batubara..emoticon-Berduka (S)

Dan Tambang-tambang Mineral lainnya..emoticon-Berduka (S)

Kasihan Banget Negeri ini kekayaannya dirampas oleh Asing (kesimpulan perusahaan tambang asing di Indonesia adalah Perampok-perampok Internasional)...
Pejabat negaranya ini diem ya kmungkin karena ada "uang permen-nya"..

emoticon-Turut Berduka
bayar 1 % buat mengambil kekayaan alam negeri kita aja masih ditunda-tunda.
padahal untungnya sudah banyak banget.
mereka bayar zakat juga ga tuh gan?
ambil alih freeport segera !! \temoticon-Mad (S) \temoticon-Mad (S)
kenapa yak ane kalo baca ttg freeport emosi aja bawaannya emoticon-Bingung (S)
kapan kontrak ni berhenti?
kalau masih tutup mata akan kasus ini kan jelas sudah ada oknum oknum yang di suap sehingga diem aja walau selama ini nunggak emoticon-Wink
masa sih nunggak kalau dah ada hasil.
nunggak 350 M yang artinya freeport sudah menghitung hasilnya totalnya.
kalau nunggak artinya 350 M di kemanakan dulu ??
KAGAK PERCAYAAAA emoticon-Marah
Wow, ajaib sekali kalo sampai PT sekelas Freeport tidak bisa bayar deviden. emoticon-Malu

Lantas darimana Green Benjamin yang masuk ke kantong Munarman waktu Freeport dan Indocopper jadi kliennya? emoticon-Malu

Quote:Elite FPI juga tergolong semakin mapan. Peneliti itu menganggap penting masuknya Munarman. Memiliki kantor pengacara Munarman, Do'ak, and Partners, bekas Ketua Lembaga Bantuan Hukum Palembang itu memegang klien penting. Di antaranya PT Indocopper Investama ketika menghadapi gugatan masyarakat Amungme, Papua, Desember lalu.

Indocopper merupakan perusahaan yang dulu dimiliki Grup Bakrie, yang kemudian menjualnya ke Nusamba milik pengusaha Bob Hasan. Belakangan Bob menjualnya kembali ke PT Freeport Indonesia. Bersama Freeport McMoran, induk perusahaan tambang emas ini, Indocopper dan Freeport Indonesia digugat penduduk asli Papua itu. Belakangan, Mahkamah Agung memenangkan Freeport dan Indocopper.

Dihubungi untuk diwawancarai, Munarman mengatakan tidak ingat menangani perusahaan asal Amerika Serikat itu. "Saya sudah lama tidak aktif di kantor hukum," katanya. Adapun soal perkembangan organisasi, Rizieq Shihab menolak menerima wawancara.

Bual Revolusi dari Petamburan (2)
900.000 ton/tahun itu beneran yg dilaporkan?
ato nilai ini ada pembukuan ganda, seperti di pajak?

bagi hasil 1% pula emoticon-Cape d...

ambil alih.. !!!
emoticon-I Love Indonesia (S)
wah ane kurang paham gan
ngeles aja nich, kalau gak bayar usir aja...dasar penjajah
kalo beneran kesulitan keuangan ini sebenernya peluang besar buat pemerintah menasionalisasi freeport...

yang jadi masalah adalah berani ga pemerintah kita?
joke this day... freeport kesulitan keuangan emoticon-Hammer (S)

kalau mengalamin kesulitan berarti sudah layak putus kontrak
kalo bayar duid deviden duid operasi cekak, kagak ada duid operasi ya pailit dunk emoticon-Belo
negara kita semakin dijajah oleh asing
tapi pemerintah pasti tetep tersenyum lebar nih