alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016857132/pengelolaan-zakat-diatur-negara-setujukah-agan
Pengelolaan zakat diatur negara, setujukah agan?
Mekanisme pengelolaan zakat yang tidak diatur oleh negara dinilai bertentangan dengan prinsip syariah. Sebab, hanya negara yang memiliki otoritas penuh terkait dengan legalitas, akuntabilitas, serta pengawasan.

"Pada prinsipnya peran negara tidak dapat diabaikan dalam pengelolaan zakat. Mengabaikan peran negara adalah bertentangan dengan prinsip syariah yang menghendaki keteraturan dan ketegasan hukum," ujar Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar.

Hal disampaikan dia saat mewakili pemerintah dalam sidang uji materi Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat di gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Selasa (9/10).

Nasaruddin menilai, pengelolaan zakat yang dijalankan negara bertujuan demi terciptanya kesatuan sistem. "Kenapa pengelolaan zakat mesti diatur oleh negara adalah untuk menciptakan kesatuan sistem dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pelaporan dan pertanggungjawaban atas pengumpulan, pendistribusian dan pendayagunaan zakat, atau dapat disederhanakan dengan kata kunci integrasi dan akuntabilitas," kata dia.

Selanjutnya, Nasaruddin membantah apabila badan amil zakat yang dibentuk negara atau Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merupakan upaya untuk melemahkan Lembaga Amil Zakat (LAZ). Menurut dia, kehadiran Baznas justru bertujuan untuk mengintegrasikan pengelolaan zakat secara nasional dengan melibatkan LAZ.

"Untuk membantu Baznas dalam pelaksanaan pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat, masyarakat dapat membentuk LAZ. Pembentukan LAZ wajib mendapat izin menteri atau pejabat yang ditunjuk oleh menteri," terang Nasaruddin.

Terkait ketentuan pidana yang terkandung dalam pasal 38 dan pasal 41 UU Pengelolaan Zakat, Nasaruddin menerangkan, hal itu merupakan ketentuan demi terciptanya pengelolaan zakat yang bertanggung jawab.

"Ketentuan pidana dalam UU Pengelolaan Zakat tidak dalam rangka mengkriminalisasikan LAZ dan amil zakat tradisional, melainkan untuk mewujudkan akuntabilitas agar pengelola zakat dari masyarakat benar-benar menyalurkan zakat yang dikelola secara benar," pungkas dia.

Permohonan ini diajukan oleh Koalisi Masyarakat Zakat (Komaz) yang terdiri dari beberapa Lembaga Amil Zakat (LAZ). Para pemohon menilai Pasal 5, Pasal 6, Pasal 7, Pasal 17, Pasal 18, Pasal 19, Pasal 38 dan Pasal 41 UU Pengelolaan Zakat telah menimbulkan perlakuan diskriminatif terhadap LAZ. Selain itu, keberadaan LAZ terancam hilang lantaran diberlakukannya pasal-pasal dalam UU tersebut.

http://www.merdeka.com/peristiwa/pem...ur-negara.html

saran ane cuma satu, JANGAN DIKORUPSI (kalau masih tahu dosa)

Smile 
update regulasi zakat

skrg ini kabar terbaru mengenai perkembangan regulasi zakat di negeri kita ya kaya gini...

http://salmanbelajar.wordpress.com/2...-digantung-mk/

ini link lembaga pelatihan, konsultasi dan riset zakat
www.imz.or.id
Quote:"Untuk membantu Baznas dalam pelaksanaan pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat, masyarakat dapat membentuk LAZ. Pembentukan LAZ wajib mendapat izin menteri atau pejabat yang ditunjuk oleh menteri," terang Nasaruddin.

gw malah belum dengar ada zakat yang dikorupsi, kalaupun ada rasionya paling ga seberapa.

inget ya yg namanya korupsi itu jadi ada karena ada campur tangan pemerintah emoticon-Nohope

intinya kalau pemerintah sudah campur tangan pasti ujung2nya jadi ga beres, ada korupsi lah, ada pencitraan lah, ada kepentingan politik lah

emoticon-Ngakak
Takut di korup ganemoticon-No Sara Please

Pajak + Zakat, totalnya jadi berapa ya yg dikelola?







SERVICE AC, WATER HEATER, KULKAS, MESIN CUCI WILAYAH JAKARTA BARAT
palingan pemerintah mau mengelola zakat secara langsung karena melihat potensi zakat yg besar. potensi zakat itu 200T. baznas tidak mendiskriminasi LAZ. Tp yg ditakutkan klo di pegang pemerintah, nti dikorupsi. Jaman dulu pengelolaan zakat di pegang pemerintah Islam karena negara Islam. Sedangkan Indonesia bukan negara Islam, jgn bilang gak sesuai syariah deh. Klo ada maunya aja, bilang gak sesuai Syariah. Tp klo gak ada kepentingan anteng2 aja. Dulu waktu zakat masih kecil pemerintah kemana aja? skrg pas liat gede, baru pengen ngelola dengan bilang gak sesuai syariah. Pret.
Quote:Original Posted By tian.wijaya
palingan pemerintah mau mengelola zakat secara langsung karena melihat potensi zakat yg besar. potensi zakat itu 200T. baznas tidak mendiskriminasi LAZ. Tp yg ditakutkan klo di pegang pemerintah, nti dikorupsi. Jaman dulu pengelolaan zakat di pegang pemerintah Islam karena negara Islam. Sedangkan Indonesia bukan negara Islam, jgn bilang gak sesuai syariah deh. Klo ada maunya aja, bilang gak sesuai Syariah. Tp klo gak ada kepentingan anteng2 aja. Dulu waktu zakat masih kecil pemerintah kemana aja? skrg pas liat gede, baru pengen ngelola dengan bilang gak sesuai syariah. Pret.


kek belum tahu akal bulus pemerintahan aja emoticon-Traveller:
duit pajak aja gak tahu kemana gan emoticon-Cape d...
jalanan banyak yang bolong
transportasi masal kacau balau
sistem pendidikan bobrok
sistem layanan kesehatan bobrok
polisi digaji tapi gak meyakinkan
TNI digaji ribut melulu
PNS? emoticon-Cape deeehh

yang miskin ya makin miskin
rakyat kecil hanya bisa pasrah
apalagi yang di Indonesia timur

pajak utk rakyat? bullshit banget dah emoticon-Najis (S)
pajak itu utk pegawai pajak termasuk gayus emoticon-Ngakak (S)
kagak setujuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu......tar dimakan jg lg duit zakat....
Kalau ane mending langsung bagi bagiin langsung ketetangga sekitar yg jelas kekurangan , kirim kepanti asuhan atau rumah jompo didaerah dari pada mempercayakan kepemerintah emoticon-Cool
Lebih baik jangan lah
Megang uang segitu banyak bisa bikin orang tergoda
Dan ini uang zakat. Nyuri uang sumbangan dari rumah ibadah aja udah keterlaluan banget. Apalagi nilep uang zakat...
Wah, saya gak pernah bayar zakat lewat panitia2 penyalur zakat, tapi langsung ke orangnya.
Saya kira tidak perlu pemerintah mengelola zakat.

zakat itu akan sangat baik kalo segera disalurkan ke yg berhak menerima.

jadi pengawas aja udah cukuplah itu. gak perlu mengelola.


lebih bagus pemerintah mendirikan pusat pelatihan zakat aja. emoticon-Smilie
Pemerintah apa mampu menyalurkannya scr tepat sasaran ?
ada celah buat objekan lagi nechhhemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
emang musti-nya gitu-kan...
janganlah, kayak gak tahu pejabat emoticon-Wink
duit zakat pun diembat emoticon-Nohope
emang seharusnya di pegang ama pemerintah.
yang penting pemerintah harus amanah.
setuju zakat diatur negara..berarti pajak dihapuskan emoticon-Smilie

kalo mau pake aturan agama jgn setengah2 yah


*masih kesel dulu thr-nya kena potong gedenya minta ampun gara2 gaji naek 20% potongan pajaknya kena progresif malah gedean potongan daripada kenaikan

boleh2 aja,,, malah lebih bagus,,, secara negara pasti jg punya data orang2 yg membutuhkan, dan biar gak ada rebutan zakat yg bikin pusing....

Quote:Original Posted By mamamiyauw

saran ane cuma satu, JANGAN DIKORUPSI (kalau masih tahu dosa)


klo masalah ini sih jangan harap,,,, dana haji aja di korup emoticon-Ngakak (S)

Quote:Original Posted By bambang4riyanto
Wah, saya gak pernah bayar zakat lewat panitia2 penyalur zakat, tapi langsung ke orangnya.


banyak cara buat bayar zakat,,, cara ente salah satu nya,,,, emoticon-shakehand



asal jangan ngasi zakat ke janda muda sexy trus numpang ngopi2 ya emoticon-Ngakak (S)
tar di korupsi dah emoticon-siul