alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016855809/setuju-gak-polri-di-bawah-kemendagri
Poll: Isilah pilihan berikut?

This poll is closed - 102 Voters

View Poll
Setuju 81% (83 votes)
Gak 10% (10 votes)
Emang Gue Pikirin 9% (9 votes)
Setuju Gak, Polri di Bawah Kemendagri ?
Ahli hukum tata negara Refly Harun melontarkan wacana perlunya posisi Polri berada di bawah Kementerian Dalam Negeri. Polri tidak perlu lagi di bawah langsung Presiden.

"Dulu Kapolri setingkat Kepala Staf TNI, tapi saat ini setara Panglima TNI. Panglima TNI saja berkoordinasi dan di bawah dengan Kementerian Pertahanan. Tapi Polri tidak ada di bawah Kementerian," kata Refly Harun dalam perbincangan dengan VIVAnews, Selasa 9 Oktober 2012.

Dengan berada langsung di bawah Presiden, kata Refly, kepala daerah pun tidak bisa memerintahkan polisi di wilayahnya masing-masing. Polisi di daerah bisa menolak perintah kepala daerah. Polda misalnya, hanya menjalankan perintah Kapolri. Dan Kapolri bertugas atas perintah Presiden.

"Setelah reformasi, polisi sangat menikmati statusnya. Sebagai institusi sendiri, seperti TNI," jelas pakar hukum tata negara ini. "Paling tidak, polisi saat ini tidak ada yang bisa memerintahkan kecuali Presiden."

Refly setuju bahwa Polri dipisahkan dari TNI. Karena memang Polri bukan militer, yang sifatnya mengayomi. Tetapi, kata dia, seharusnya saat pemisahan itu, Polri langsung digabungkan dengan Kementerian Dalam Negeri.

Refly mengusulkan sebaiknya Polri dipisahkan menjadi dua bagian besar, yakni polisi nasional dan polisi daerah. Polisi nasional sifatnya hanya menangani kasus-kasus besar seperti teroris. Sedangkan polisi daerah fokus pada keamanan dan ketertiban masyarakat lokal. "Kalau di Amerika, polisi nasional seperti FBI," ujar Refly.
Refly mengambil contoh Gubernur DKI terpilih Joko Widodo atau Jokowi yang berjanji akan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta mengatasi kemacetan. Jokowi, kata Refly, tidak bisa memerintahkan Kapolda Metro Jaya untuk menjalankan janjinya itu.

"Jokowi hanya bisa membuat program busway dan lain sebagainya. Yang memelihara keamanan dan mengatasi macet, ya polisi sendiri. Polda bisa menolak perintah Jokowi," ujar Refly. (sj)

EMBER

Quote:Sok Jual Mahal Nih Polisi,emoticon-Blue Guy Peace
@TS bikin POLLING dong


PERTAMAX emoticon-Big Grin
wah ternyata emang setelah reformasi polkis makin jaya ya...
ya memang begitu mestinya, malah cukup dibawah pemerintah daerah saja. Polisi itu pegawai negeri sipil biasa kok, bukan angkatan-angkatanan atau komando-komandoan kayak di sini.

Akademi polisi atau sekolah polisi juga adanya di tiap daerah, sekolah biasa saja, cenderung sangat scientific, bukan kayak kita yang model kadet militeristis begini, diasramakan dan diistimewakan, berpangkat, berseragam dan organisasinya berstruktur seperti miiter...
dulu gw menentang ide polri di bawah mendagri,
tapi makin kebelakang, rasa2nya memang polri lebih baik di bawah mendagri.........
Lebih baik seperti Jaman ABRI... TNI-Polri di Gabungin lagi... emoticon-Ngacir

Lebih tepatnya dibawah pemerintah daerah. emoticon-Embarrassment
gimana kalo POLRI dibawah meja aja dah emoticon-Hammer
Saya dukung kalau polri dibawah mendagri.
Biar gak gelap mata.
saya pribadi,
lebih suka kalau Kepolisian republik Indonesia berada dibawah SATPOL PP emoticon-Smilie
cukup dipersenjatai Fentung.
tapi semua itu harus sesuai dengan mekanisme hukum yg berlaku,
dan saya , akan selalu berada di garis paling depan dalam pemberantasan korupsi.
terima kasih
hmmmmm, belom paham bener nih urusan.....emoticon-linux2


ya bijimana caranya aja deh biar kagak petantang petenteng tuh polisi....emoticon-Mad:
Ane mendukung emoticon-Angkat Beer

Ini biar polisi ada yg ngawasin shg gak semena-mena dlm bertugas emoticon-thumbsup:
Kenapa gak dibawah Menkumham?

Kalo dibawah kemendagri emang dia ngurus kependudukan dan administratif bidang lainnya? emoticon-Big Grin








Kaskus is providing basic human rights such as freedom of speech.
Quote:Original Posted By labera
Kenapa gak dibawah Menkumham?

Kalo dibawah kemendagri emang dia ngurus kependudukan dan administratif bidang lainnya? emoticon-Big Grin








Kaskus is providing basic human rights such as freedom of speech.


Gpp gan, nanti plokis biar bisa membuat sidik jari setiap warga negara sejak bayi emoticon-Malu , jadi nanti sekalian ngurus akte kelahiran sama plokis, jadi kalo tuh bayi ntar gedenya jadi bandit, udah bisa dideteksi (melalui sidik jarinya) sejak bayi emoticon-Malu
enak mendagrinya bisa ngancem2 president donk emoticon-Big Grin
Polri sebaiknya tetap di bawah Presiden. Kalau di bawah Depdagri, kurang bertaring nanti, ngga beda sama PNS biasa. keknya polisi lebih dekat ke "militer". kalo perlu digabung lagi aja sama TNI kayak dulu. dua-duanya langsung di bawah Presiden.
______________________________
satu KASKUS, satu INDONESIA, selamanya
VCC 100%BuKanKloNenGanBiaSa
andaikan saja KOMPOLNAS sebagai fungsi pengawasan tidak seperti sekarang ini yang terkesan tutup mata,..lebih baik polri tetap seperti sekarang ini...emoticon-Embarrassment
setuju, jadi ormas2 ngak jelas jangan ada lagi dimasyarakat kan sudah ada polisi.

1 lagi gajinya setara satpol pp yah. kalau jadi dibawah mendagri otomatis disesuaikan dengan APBD tiap daerah emoticon-Blue Guy Peace
sekarang info nya lgi KPK vs POLISI ya gan
loh tugas polisi kan penegakan hukum, jadi seharusnya di bawah Menkumham kan? (entah g yang bego atau gimana deh, kagak ngerti apa hubungannya dengan Mendagri emoticon-Hammer