alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016850905/bukan-berita-kpk-robot-yazid-mampu-tembak-20-target-dalam-10-detik
[BUKAN BERITA KPK] Robot Yazid Mampu Tembak 20 Target dalam 10 Detik
Spoiler for Yazid:


Spoiler for robotnya yazid:

BANDUNG - Persenjataan canggih tidak lagi didominasi negara-negara Barat. Sebab, Indonesia sudah bisa menciptakan robot senjata otomatis. Robot ini dibuat M Yazid Al Qahar, 20, mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (Unikom), jurusan Teknik Informatika.

Berkat hasil karyanya, dia meraih juara I pada ajang Robogames di Amerika Serikat, April 2011. "Waktu itu saya buat untuk bisa menembak target yang diam. Sekarang saya buat pengembangannya karena robot senjata otomatis ini bisa menembak target bergerak," kata Yazid di Unikom, Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, kemarin.

Robot senjata otomatis ini dibuat karena keinginannya mempermudah operasional tentara sehingga mengurangi jatuhnya korban saat terjadi kontak senjata, baik dalam perang maupun penyergapan teroris. "Umumnya senjata dikendalikan manusia, kalau yang ini komputerisasi, secara otomatis mendeteksi target, mengarahkan, dan menembak otomatis. Tidak ada sentuhan tangan manusia secara langsung. Kalau programnya sudah jalan ketika pertama kali menembak, dia (senjata) otomatis akan menembak target seterusnya," ujarnya.

Cara kerja robot yang pertama kali dibuatnya itu sama seperti senjata biasa, namun pada senjata ciptaan terbarunya ini ditambah beberapa komponen seperti kamera (webcam) di bagian depan mulut senjata dan laser di bagian atas. Karena beroperasi otomatis, maka semuanya disambungkan ke komputer, termasuk pelatuk. Untuk bisa menembak target bergerak, senjata disimpan di tempat yang dibuat seperti meja, lalu di bagian bawahnya dibuat seperti roda kecil sehingga bisa bergerak ke kanan dan kiri.

"Saya menggunakan sistem pengindraan teknik pengolahan citra, bagaimana robot dapat melihat seperti mata manusia. Gambar yang diambil kamera akan diolah, setelah didapatkan target, laser akan menyala dan sistem mengarahkan senjata ke target. Setelah dirasa tepat, baru ditembak," jelas Yazid.

Dia mengakui akurasi senjata yang dibuatnya selama empat bulan itu cukup tinggi yaitu 90 persen. Dengan jarak tembak 2-3 m, 20 target bisa ditembak dalam sepuluh detik. Jadi, satu target hanya membutuhkan waktu setengah detik. Meski bisa menggunakan senjata sungguhan, saat ini Yazid masih menggunakan senjata yang biasa digunakan untuk airsoft gun. Sementara itu, untuk meningkatkan kemampuan tembak, hanya perlu mengganti peralatan seperti penggunaan kamera dan software khusus.

"Selanjutnya saya ingin membuat senjata ini bisa bergerak sendiri, tidak hanya diam. Nanti akan dikembangkan sehingga bisa bedakan lawan dan kawan. Saat ini baru bisa membedakan benda bulat itu musuh, bentuk lain bukan," katanya.

Selain jadi alat pertahanan negara, penemuan yang menelan biaya kurang dari Rp10 juta ini juga bisa jadi antirudal, sehingga kalau ada rudal yang masuk akan dihancurkan. Dengan berbagai keunggulan tersebut, Yazid berhasil meraih juara I dengan perolehan medali emas pada ajang INAICTA 2012. (masita ulfah/koran si)(//rfa)

http://kampus.okezone.com/read/2012/...dalam-10-detik

berita lamanya:
Quote:Lagi, Tiga Robot Unikom Raih Emas di AS
Jum'at, 27 April 2012 09:59 wib

Image: corbis.com
BANDUNG – Tiga dari empat robot Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Bandung, meraih medali emas pada ajang Robogames 2012 di San Mateo, California, Amerika Serikat (AS), 20-22 April lalu.

Tiga kategori yang dimenangkan yakni Shooting Gallery, Walker Challenge, dan Ribbon Climber. "Empat mahasiswa awalnya dikirim, namun karena mengalami beberapa kendala seorang mahasiswa didampingi dua dosen. Tiga robot memenangkan emas di masing-masing kategori," ujar Rektor Unikom Eddy Soeryanto di Jalan Dipatiukur, Kota Bandung, kemarin.

Eddy menjelaskan, mahasiswa perakit robot itu berasal dari lintas jurusan di antaranya Ilmu Teknik Elektro, Teknik Komputer, dan Teknik Audio Visual. Sementara mahasiswa yang mewakili teman satu timnya adalah Didit Andri Jatmika, mahasiswa jurusan Ilmu Teknik Komputer, bersama dosen Taufik Nuzwir Nizar dan Yusrilia Kerlozza.

"Sebulan lalu kami membawa pulang dua medali emas dan satu medali perak dalam lomba robot Trinity College Fire Fighting Home Robot Contest and Robo Waiter di Hartford, Connecticut," kata Eddy.

Dengan demikian, Unikom telah mengantongi lima emas dan satu perak pada ajang robotika 2012 ini. Unikom sudah empat tahun berturut-turut berkiprah dalam kompetisi robot internasional, tepatnya sejak 2009. Kampus ini juga pernah menjuarai kontes roket selama tiga tahun dan ajang ICT.

"Peningkatan prestasi dibandingkan tahun lalu ini diharapkan menjadi modal berharga untuk pengembangan ilmu robotika di perguruan tinggi," ucapnya. (gita pratiwi/ ratih keswara/koran si)(//rfa)
[url]http://kampus.okezone.com/read/2012/04/27/373/619476/lagi-tiga-robot-unikom-raih-emas-di-as
[/url]

Pindad musti tawarin kerjaan buat ini orang biar ga diambil pihak asing!


Spoiler for KOMENTAR KASKUSER:

hiiih, lama2x ada skynet terminator muncul dri indonesia emoticon-Big Grin
ngga ada foto robotnya kyk apa yah?
harus dibuat hak patennya nih gan,jangan sampai diklaim negara lain.
akankah posisi sniper tergantikan oleh robot ini
Quote:Original Posted By pluralismuna
hiiih, lama2x ada skynet terminator muncul dri indonesia emoticon-Big Grin

iya nih gan musti digunakan dan dibuat oleh orang yg bertanggung jawab emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By widarini
harus dibuat hak patennya nih gan,jangan sampai diklaim negara lain.

orangnya juga musti dijaga nih hehehe jangan sampai kerja sama negara lain
Quote:Original Posted By [G
host;000000000000000758181362]ngga ada foto robotnya kyk apa yah?

udah ane tambahin gan
moga2 terealisasi kan tu bedil ersop tinggal ganti gimpy atau minimi emoticon-army:
emoticon-Hammer wah jadi ini cikal bakal terminator buatan yazid


maju trus zid, hancurkan dunia emoticon-Hammer

emoticon-Big Grin
kalo buat kakinya ambil disain dari robot ini [BUKAN BERITA KPK] Robot Yazid Mampu Tembak 20 Target dalam 10 Detik pasti jadi keren nih emoticon-Big Grin







Double Be
karyanya ini musti diProteck karna kalo digunaken pihak yg berkepentingan pribadi,,efeknya buahayaaa emoticon-Hammer (S)
gw lama2 ngeri liat kemampuan generasi sekarang emoticon-thumbsup:

Thumbs up 

jadi ingat kata2 bung Karno dulu "beri aku sepuluh PEMUDA, maka aku akan mengguncang DUNIA"(PRESTASI)..
klo jaman beye sih, beri aku sepuluh kader, maka aku akan mengguncang dunia (KORUPTOR)..
Inilah aset negara yg hrs dijaga, BKN PEJABAT NEGARA DAN PENEGAK HUKUM KORUPTOR YG DILINDUNGI...!!!!!!!!!emoticon-Marahemoticon-Marah
Dropped jaw gw gan...mulut gw mangap!

Hebat kali pemuda ini! Moga2 ga "diculik" negara adidaya deh emoticon-Malu (S)



_______________________________________________________
Kunci Pintu Digital com

kenapa di livebeta ga tershow ya koment komen setelah ane?
pemerintah kita sekarang kurang orang pintar yang punya inovasi jadinya ga bakal ada terbosan besar dalam kebijakan yang diambil
foto robotnya gak ada gan??

terus kira2 apa mau dipake perang ato gimana nih??
kalo dipasangi detektor koruptor otomatis trus dilepas di senayan pasti bisa jd pahlawan tuh pencipta robotnya emoticon-thumbsup
Robotnya bisa membedakan mana kawan mana lawan atau tidak ? Kalau engga, kawan sendiri pun akan dibantainya. emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By KolorBerenda
kalo dipasangi detektor koruptor otomatis trus dilepas di senayan pasti bisa jd pahlawan tuh pencipta robotnya emoticon-thumbsup


good idea hehehe