alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016847327/ingin-dapat-subsidi-rumah-mungil-ini-persyaratannya
Inspiratif 
Ingin Dapat Subsidi Rumah Mungil, Ini Persyaratannya
Ingin Dapat Subsidi Rumah Mungil, Ini Persyaratannya

Mahkamah Konstitusi (MK) pekan lalu membatalkan ketentuan pembatasan ukuran rumah sederhana yang boleh memperoleh fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dari pemerintah.

Dalam ketentuan sebelumnya, pemerintah hanya memberikan subsidi untuk rumah ukuran 36 meter persegi. Umumnya, rumah dengan ukuran itu tak bisa dijangkau masyarakat berpenghasilan rendah.

Kini, dengan munculnya putusan MK, masyarakat kembali berpeluang memiliki rumah. Sebab, rumah berukuran lebih rendah dari 36 meter persegi bisa memperoleh bantuan subsidi dari pemerintah.

Mengutip Peraturan Menteri Perumahan Rakyat Nomor 13 Tahun 2013 tentang Pengadaan Perumahan Melalui Kredit/Pembiayaan Pemilikan Rumah Sejahtera dengan Dukungan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan disebutkan, lingkup FLPP terdiri atas Kredit Pemilikan Rumah Sejahtera (KPR Sejahtera), Kredit Pemilikan Rumah Sejahtera Murah (KPR Sejahtera Murah), Kredit Pembangunan atau Perbaikan Rumah Swadaya Sejahtera (KPRS Sejahtera).

Dua FLPP lain diberikan untuk Kredit Konstruksi Rumah Sejahtera (KK Rumah Sejahtera), dan Kredit Konstruksi Rumah Sejahtera Murah (KK Rumah Sejahtera Murah).

"Ketentuan mengenai KPR Sejahtera Murah diatur dengan peraturan menteri," tulis aturan tersebut.

Untuk memperoleh fasilitas subsidi dari pemerintah itu, berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi:

1. Untuk KPR Sejahtera Tapak dan KPR Sejahtera Syariah Tapak, pemohon berpenghasilan rendah (MBR) dengan penghasilan tetap maupun tidak tetap maksimal Rp3,5 juta per bulan.
2. Untuk KPR Sejahtera Susun dan KPR Sejahtera Syariah Susun, pemohon adalah MBR dengan penghasilan tetap maupun tidak tetap paling banyak Rp5,5 juta per bulan.
3. Masyarakat berpenghasilan tetap adalah gaji/upah pokok pemohon per bulan dan untuk masyarakat berpenghasilan tidak tetap adalah hasil usaha rata-rata per bulan dalam setahun yang dimiliki pemohon.
4. Kelompok sasaran untuk KPR Sejahtera harus memenuhi persyaratan, sebagai berikut:

a. Belum pernah memiliki rumah, baik yang perolehannya melalui kredit/pembiayaan perumahan bersubsidi maupun tidak bersubsidi.
b. Memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP); dan
c. Menyerahkan fotokopi (SPT) Tahunan PPh Orang Pribadi atau surat pernyataan bahwa penghasilan pokok yang bersangkutan tidak melebihi batas penghasilan pokok yang dipersyaratkan. (art)

EMBER

Quote:oia ini mengajukannya kemana yah??? ke bank century bisa gakemoticon-Bingung (S)
lumayan gan sangat bgs infonya

beli ahemoticon-Big Grin






~۞۩ஜ~ Real Project dengan Dividen Saham tinggi (8 - 20 % per Bulan) ~۞۩ஜ~
wah menyimak dlu yah gan, itu bagusnya buat keluarga sederhana ya
tetap menjadi mimpi bagi buruh penghasilan 1-2 juta utk punya rumah, makannya pindah kerja
Kalau mau mengajukan nya kemana dong? trims infonya
wah ane telat nih

dah terlanjur ambil emoticon-Frown

subsidinya berapa persen tuh
mungkin ga ya mahasiswa kaya ane beli rumah mungil pake flpp? emoticon-Malu
Ukuran 36m2 memang besar mungkin bisa dimulai luas bangunan dari 27m2 (kalo kurang dari itu sepertinya nggak layak deh dan luas tanah jangan terlalu luas cukup 60 m2 (5x12).. (kalo luas tanah besar yang kadang developer mengambil untung besar) tapi walau rumah2 kecil2 jalan depan rumahnya jgn berupa gang sempit minimal 4m (karena kalo cuman 2m nanti kesannya kumuh)..
Dan Material yang digunakan jangan asal tapi harus berstandar SNI..emoticon-I Love Indonesia (S)

Pemberian kredit harus dibatasin dan diperketat.. sebagai contoh rusun2 murah nggak tahunya dipake orang2 berduit.. karena di rusun-rusun banyak diborong oleh penghasilan lebih karena dirusunnya terlihat banyak mobil2 mahal yang harganya melebihi harga rusun tersebut (kalo bisa beli mobil mahal pindah donk terus beli apartemen yang ada di tivi2 itu).. emoticon-Cape d... (S)

Perumahan yang layak akan meyediakan SDM bagi pembangunan Negeri ini.. Negara thailand juga sudah memulai pembangunan rumah murah untuk yang berpenghasilan kecil.. Sepertinya Indonesia juga jangan sampai kalah dengan negara tetangga tersebut.. emoticon-I Love Indonesia (S)
penghasilan tetap 3.5 juta itu akumulasi dari pendapatan suami istri ?,,,,
nanya Gan
ada yang tahu ni mengajukan subsidinya ke mana?
Akhirnya, kemarin baca trit soal rumah di BSD gak ada lagi yg di bawah 1M. Semoga birokrasinya ga ribet emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By mbia
tetap menjadi mimpi bagi buruh penghasilan 1-2 juta utk punya rumah, makannya pindah kerja


Quote:Original Posted By black_
penghasilan tetap 3.5 juta itu akumulasi dari pendapatan suami istri ?,,,,


Quote:1. Untuk KPR Sejahtera Tapak dan KPR Sejahtera Syariah Tapak, pemohon berpenghasilan rendah (MBR) dengan penghasilan tetap maupun tidak tetap maksimal Rp3,5 juta per bulan.
2. Untuk KPR Sejahtera Susun dan KPR Sejahtera Syariah Susun, pemohon adalah MBR dengan penghasilan tetap maupun tidak tetap paling banyak Rp5,5 juta per bulan.


jadi KPR subsidi di berikan untuk orang yang penghasilannya di bawah dari 3.5 jt untuk nomor 1 dan 5.5 jt untuk nomor 2 emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By BERlSlK
Ingin Dapat Subsidi Rumah Mungil, Ini Persyaratannya



Sayangnya ruma beginian sering ane lihat kosong dan rusak parah.
saya mau 1 gan.. emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
subsidi rumah sederhana tipe 36 perlu diawasi kualitas bangunannya juga,
biasanya yg urusan ginian ada "permainan" dengan birokrasi terkait pencairan subsidi. pengembang berusaha menekan biaya produksi, untuk bagi2 buat para "kompeni" yg berwenang mencairkan subsidi. jgn ampe alasan murah, malah mudah rusak & justru mengancam jiwa.

so pantau bersama emoticon-Matabelo
Rumah tipe 36 tapi di komplek mewah... gimana gan? emoticon-Ngacir2
Di perkotaan landed house uda ga cocok lagi, harga tanah sudah terlalu mahal, bangun di pinggiran yg tinggal mahal diongkos , bangun apartemen murah sikap pemerintah ga jelas.
smoga di tempat ane cepet ada pengembang bikin
udah cape ngontrak mulu emoticon-Sorry
nais inpoh gan...mungkin suatu saat butuh...
kapan yah gan mulainya, ane minat nih