alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016846614/tiga-puluh-tahun-subandi-setia-membuat-keris
Thumbs up 
Tiga Puluh Tahun Subandi Setia Membuat Keris
Tiga Puluh Tahun Subandi Setia Membuat Keris

Di tengah modernisasi jaman, KRT Subandi Suponingrat tetap mempertahankan pekerjaannya sebagai seorang empu keris. Pria yang akrab disapa Pak Bandi ini tetap setia membuat keris sebagai sumber mencari nafkah selama 30 tahun.

Dari kejauhan, rumahnya yang terletak di Banaran RT 4 RW 7 Ngringo, Palur, Karanganyar sudah terdengar suara besi yang dipukul. Suara itu ternyata bersumber dari para pekerja yang sedang menempa besi panas yang akan dibuat jadi keris. “Ya di sinilah rumah yang sekaligus menjadi bengkel membuat keris,” kata pria berkacamata ini kepada Tribun, Senin (8/10/2012).

Ada tiga orang pekerja yang terlihat sibuk menempa besi panas yang menyala. Satu orang pekerja lainnya sibuk menggerinda keris yang hampir jadi. Ruang pembuatan keris tersebut tak begitu luas hanya sekitar 4 x 4 meter.

“Saya bukan keturunan empu. Hanya belajar membuat keris sejak tahun 1970-an. Saya tetap setia membuat keris sampai sekarang, mungkin sudah sekitar 30-an tahun,” kata pria kelahiran 13 Juni 1957 ini. Ia membuat keris bukan tergantung pesanan, melainkan sesuai keinginan hatinya saat itu.

Subandi mengaku bisa membuat berbagai macam model keris. Namun dari sekian banyak model, yang paling diminati adalah dua jenis keris lurus yakni Sardulo Mangsah dan Sinom. Dua keris ini yang paling banyak dicari para kolektor. “Setiap saya membuat, pasti ada yang selalu membelinya. Padahal tak pernah promosi, hanya dipajang di rumah,” katanya.

Proses rumit, bahan pilihan, hingga bentuk yang tak sembarangan membuat keris buatan Subandi dibandrol cukup mahal. Harga termurah sebuah keris hasil karyanya adalah Rp 3 juta. Sedang harga tertinggi mencapai Rp 20 juta bahkan lebih. Murah dan mahalnya keris tergantung tingkat kerumitan dan bahan. “Kan ada keris yang terbuat dari bahan batu meteor. Kalau yang seperti ini jelas mahal,” katanya.


SUMBER

wuih...harga yg termurah 3 juta....mahal juga ya...emoticon-Matabelo
yang ane heran keris bisa ngalahin bedil.....salut buat keris! emoticon-I Love Indonesia (S)
Gege bgt ketekunanua yah gan
Quote:Original Posted By jamorama
yang ane heran keris bisa ngalahin bedil.....salut buat keris! emoticon-I Love Indonesia (S)


kalo di buku sejarah ditulis itu keris bisa manggil gempa bumi ato angin ribut mana ada yg percaya gan emoticon-Big Grin
adanya malah itu buku bisa dilarang beredar di sekolahan emoticon-Ngakak (S)
dengan material macam batu meteor dan proses pengerjaan yang ribet wajar saja harganya mahal....
niche market... bagus malah usahanya emoticon-Big Grin
keris indonesia jadul setara dengan pedang damaskus lho
udah pake teknologi karbon nano tubes

ada yg tau mpu yg masih buat keris dengan cara dipijit2x doang?
tapi keris yang jaman sekarang kayaknya pembuatannya ndak sehebat yang jaman dulu...

walau begitu ... sudah cukup berbangga ada yang melestarikan keris emoticon-Smilie
wajar harganya mahal, bikinya aja susah trus butuh waktu lama..

harus terus di lestari kan, biar gk cepet punah yang nama nya keris di indonesia..
Usaha yang beginian ,
Yang kudu dapat perhatian ekstra dari Pemerintah
.





Nu , Ibnu.
Aku ya punyak keris lho Nu.

Kerisku keris Senggol Modhot. emoticon-Cool
Quote:Original Posted By Khoontol
Usaha yang beginian ,
Yang kudu dapat perhatian ekstra dari Pemerintah
.





Nu , Ibnu.
Aku ya punyak keris lho Nu.

Kerisku keris Senggol Lanang Modhot. emoticon-Cool


maksudnya hanya kalo disenggol pria bisa melar ya bro ?? emoticon-Ngakak
klo skrg, keris vital buat apaan ea?
sebatas aksesoris?
pas baca "saya bukan keturunan empu" mendadak kecewa
ngarep ada keris sakti kyk legenda2 dulu.. keren aja gitu
kalau seseorang ngegeluti pekerjaan dengan sepenuh hati maka hasilnya juga akan dihargai oleh orang lain,
maka gag heran klo banyak yg mo beli keris bikinan dia.

Thumbs up 
numpang lapak

keris udan mas sangat langka ini banyak di cari2x kolektor

sapa cepat dia dapat ane maharkan 2,6jt

Keris Pusaka Tosan Aji..
Nama / Dapur / Bentuk : Brojol
Pamor / Lambang / Filosofi : Udan Mas
Era Pembuatan / Tangguh / Estimasi : Kerajaan Madura Kuno / Sepuh
Model Bilah Keris : Keris Lurus
Panjang Bilah Keris : 34,5 CM
Panjang Seluruh Keris : 42 CM
Warangka Gayaman Surakarta (Kayu Timoho Sepuh/Kuno)
Keterangan : Keris Sangat Langka di Dunia

Spoiler for penampakan:


Spoiler for penampakan:


Spoiler for penampakan:


minat hub ferry

Minat
Hub 083865318166
Bb pin:26A04C90