alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016836485/jangan-lewatkan-hujan-meteor-draconids-nanti-malam
Jangan Lewatkan Hujan Meteor Draconids Nanti Malam!
Jakarta Bagi Anda penggemar astronomi, hujan meteor tentu menjadi salah satu peristiwa yang ditunggu-tunggu. Nah, malam nanti hujan meteor Draconids akan 'mengguyur' Bumi.

"Awal Oktober ini memang terjadi hujan meteor Draconids. Nanti malam puncaknya, tapi sifatnya variable. Jumlah meteornya sangat bergantung pada kandungan debu sisa komet Giacobini-Zinner," ujar Profesor Riset Astronomi Astrofisika LAPAN, Thomas Djamaluddin, kepada detikcom, Senin (8/10/2012).

Djamaluddin tidak bisa memprediksi berapa jumlah meteor yang tercipta di saat puncak. Namun diperkirakan jumlahnya jauh lebih sedikit ketimbang tahun lalu. Pada tahun lalu, saat puncak ada 600 meteor yang tercipta.

"Pada 2012 ini belum tentu sebanyak itu karena sifat dari sebaran debu komet ini tidak merata. Beda dengan tahun sebelumnya yang kandungan debu sisa kometnya masih padat sehingga hujan meteornya besar sekali," jelas alumnus Universitas Kyoto Jepang ini.

Menurutnya hujan meteor Draconids termasuk hujan meteor yang tidak bisa diperkirakan jumlahnya. Sebenarnya pada Februari 2012 ini, komet Giacobini-Zinner mendekat ke matahari. Setelah Februari 2012, sisa debu sudah menipis sehingga meteor yang dihasilkan saat meteor shower tidak terlalu banyak.

"Komet ini punya siklus 6,6 tahun. Dia mendekat ke matahari yang terakhir 2005 dan Februari 2012. Maka itu setelah Februari, sisa debunya sudah menipis," jelas Djamaluddin.

Meteor-meteor Draconids lahir dari arah peta bintang Draco, karena itu diberi nama Draconids. Karena berasal dari sisa debu komet Giacobini-Zinner, meteor ini juga dikenal sebagai Giacobinids.

Nah, bagi Anda yang ingin menyaksikan hujan meteor Draconids, bisa mencoba mengamatinya dengan mata telanjang. Nanti malam pukul 19.00-22.00 WIB, cobalah melihat langit arah utara hingga barat daya. Jika cuaca cerah, tidak ada polusi cahaya dan medan pandang tidak terbatas, maka kemungkinan Anda bisa menyaksikan fenomena ini.

"Setelah maghrib ada di utara, lalu menjelang pukul 22.00 WIB di arah barat daya," terang Djamaluddin.

Di bulan Oktober ini selain hujan meteor Draconids juga terjadi hujan meteor Orionids. Diperkirakan 21 Oktober menjadi puncak fenomena langit ini. Hujan meteor ini terjadi akibat sisa debu komet Halley yang cukup kuat.

"Sekitar 3 menit sekali bisa dilihat hujan meteornya. Cukup mudah diamati karena berada di rasi bintang Orion dan tepat di atas kepala. Orionids lebih menarik untuk diamati.
Sumber :[url]http://news.detik..com/read/2012/10/08/123155/2057151/10/jangan-lewatkan-hujan-meteor-draconids-nanti-malam?9922022[/url]


sekedar info buat agan agan kalo mau kasih emoticon-Toast emoticon-Toast boleh gan, asal jngan emoticon-Blue Guy Bata (L) ya gan emoticon-Salaman
Hujan Meteor ? Yg bener nih gan...? emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Grave.Guard
Hujan Meteor ? Yg bener nih gan...? emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


menurut sumber yg ane baca gitu gan, moga aja beneran ada emoticon-Smilie
ada yg sampe ke bumi ga gan?
Pidato SBY dengan background hujan Meteor...oohh indahnya
Quote:Original Posted By yukenzi
Pidato SBY dengan background hujan Meteor...oohh indahnya


ehemmm kayaknya lagi belajar lagu meteor garden
Quote:Original Posted By membot12
ada yg sampe ke bumi ga gan?


menurut yg ane tau meteor yg satu ini, hampir mirip kayak meteor shower gan.. mngkin ada juga yg kena bumi tp sngat minimal gan .. emoticon-Add Friend (S)
Mudah2an beneran deh.

Indah banget kalo melihat hujan meteor, sama pacar berduaan. emoticon-Peluk Adduhhh... emoticon-Malu (S)








Kaskus is providing basic human rights such as freedom of speech.
Quote:Original Posted By labera
Mudah2an bener.

Indah banget kalo melihat hujan meteor, sama pacar berduaan. emoticon-Peluk Adduhhh... emoticon-Malu (S)







Kaskus is providing basic human rights such as freedom of speech.


Ane doain gan, semoga terkabul amiin emoticon-thumbsup
Nyiapin tangga dulu, lesehan di atep rumah aja ntar malem. emoticon-Malu
Quote:Original Posted By The.Dark.Ride
Nyiapin tangga dulu, lesehan di atep rumah aja ntar malem. emoticon-Malu


mantep tuh gan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By yukenzi
Pidato SBY dengan background hujan Meteor...oohh indahnya


emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak wakakkakakaka
mantapp tu gan......moga2 aja gag ada yg jatuh nimpa emoticon-Hammer2
weh.. ujan batu emoticon-Matabelo
moga g kena hujan ginian dah emoticon-Hammer (S)

tp seru juga kekna, mudah2an g ketutup mendung emoticon-Smilie
cuaca lagi musim ujan begini
kalo liat ujan meteyor makin indah kali yak, duduk depan teras rumahemoticon-coffeeemoticon-linux2
Quote:Original Posted By vammo
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak wakakkakakaka
mantapp tu gan......moga2 aja gag ada yg jatuh nimpa emoticon-Hammer2



mudah mudahan aja gk ada yg namanya korban ketimpa meteor gan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By cewexxx
cuaca lagi musim ujan begini
kalo liat ujan meteyor makin indah kali yak, duduk depan teras rumahemoticon-coffeeemoticon-linux2


sip gan emoticon-Matabelo
minggu ini kan awal musim hujan jadi kemungkinan masih ketutupan awan.
Sby pidato "saya prihatin terhadap kasus KPK....." trus DUAAARRR.....ditimpa meteor emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By yukenzi
Pidato SBY dengan background hujan Meteor...oohh indahnya


gw malah ngakak ngebayanginnya emoticon-Ngakak

kalopun bener yaa semoga cakung... emoticon-Angkat Beer
×