alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016832339/kronologi-kasus-novel-versi-tim-investigasi-kpk
Kronologi Kasus Novel Versi Tim Investigasi KPK
JAKARTA, KOMPAS.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membentuk tim investigasi yang menelusuri sejauh mana keterlibatan penyidiknya, Kompol Novel Baswedan dalam kasus dugaan penganiayaan berat tersangka pencurian sarang burung walet seperti yang dituduhkan Kepolisian Daerah (Polda) Bengkulu.

Dari penelusuran tim tersebut, KPK menemukan sejumlah fakta mengenai kasus itu yang berbeda dengan Kepolisian. Juru bicara KPK Johan Budi, dalam konferensi pers, Minggu (7/10/2012) malam, mengatakan, hasil investigasi sementara menemukan bahwa peristiwa dugaan penganiayaan seperti yang dituduhkan Polri itu terjadi pada Februari 2004.

Saat kejadian itu, kata Johan, Novel yang ketika itu menjabat Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Bengkulu sedang berada di kantornya. "Malam kejadian, sekitar Februari 2004 itu sedang berada di kantor Kasat Reskrim saat itu," jelas Johan.

Malam itu, lanjut Johan, Novel mendapat laporan dari anak buahnya yang mengatakan ada pencurian sarang burung walet di Bengkulu. Novel pun menindaklanjuti informasi tersebut dan mengirim anak buahnya ke tempat kejadian perkara (TKP). "Selaku Kasat, Novel yang bertanggung jawab atas apa yang dilakukan anak buahnya," ujar Johan.

Dari informasi anak buah Novel di TKP, diketahui kalau si pelaku pencurian sarang burung walet itu terjebak di dalam gedung dan hampir diamuk massa. Novel pun, lanjut Johan, memerintahkan anak buahnya untuk mengamankan tersangka itu dari amukan massa tersebut. "Lalu tersangka dan barang bukti di bawa ke Mapolresta Bengkulu," kata Johan.

Kemudian, katanya, dari hasil pemeriksaan sementara terhadap para tersangka, tim yang dibentuk Novel melakukan pengembangan perkara dengan membawa tersangka ke lokasi perkara, di sebuah bangunan di dekat pantai. Pada saat tersangka dibawa ke sana, kata Johan, terjadi kekisruhan. "Kemudian enam tersangka itu mengalami luka tembak," katanya.

Terhadap kejadian itu, Novel pun mendapat laporan dari anak buahnya. Novel kemudian memerintahkan anak buahnya membawa tersangka yang terluka tempat itu ke rumah sakit terdekat. "Keesokan harinya, dari enam ini, ada satu yang meninggal dunia," tambah Johan.

Selanjutnya, peristiwa pencurian sarang burung walet itu dilanjutkan hingga proses persidangan, sementara terkait insiden kericuhan yang mengakibatkan enam pencuri ini ditembak, penyidik dari Reserse Kriminal Mapolres Bengkulu dan Polda Bengkulu melakukan penyelidikan dan pemeriksaan kode etik terhadap penyidik-penyidik yang diduga melakukan penembakan tersebut.

"Nah saudara Novel selaku Kasat Serse waktu itu ikut tanggung jawab. Novel juga dilakukan pemeriksaan kode etik, karena dia kasat reskrimnya," ucap Johan.

Dari hasil pemeriksaan kode etik tersebut, Novel pun dikenakan sanksi berupa teguran. Setelah insiden itu, Novel masih dipercaya sebagai Kasat Reskrim di Polres Bengkulu hingga Oktober 2005. Baru pada 2006, Novel bergabung dengan KPK sebagai penyidik.

"Dia juga diusut dan sudah ada keputusan, dua teguran, sehingga jabatan kasat reskrim itu masih dijabat novel sampai Oktober 2005 bahkan Novel lulus seleksi di pendidikan PTIK (Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian) Jakarta," ungkap Johan.

"Perlu disampaikan ini hasil investigasi kita terhadap sangkaan yang disampaikan Polri. Tim kita sudah turun beberapa waktu lalu mencari informasi-informasi," tambah Johan.

Namun, lanjutnya, yang terjadi sekarang Polisi membuat laporan pengaduan masyarakat terhadap Novel. Laporan tersebut, menurut KPK, dibuat 1 Oktober 2012 atau empat hari sebelum Polda Bengkulu menggeruduk Gedung KPK untuk menangkap Novel.

"Baru beberapa waktu lalu laporan terhadap saudara Novel yang terjadi delapan tahun silam, dibuat 1 Oktober dengan nomor laporan 1285/11/2012/SPKT," ungkap Johan. Laporan inilah yang dijadikan Polda Bengkulu sebagai dasar penyidikan kasus Novel.

Direktur Kriminal Umum Polda Bengkulu Komisaris Besar Dedy Irianto sebelumnya mengatakan bahwa kasus delapan tahun yang menimpa Novel itu diusut karena ada laporan masyarakat. "Ada laporan keberatan dari masyarakat. Kapan saja bisa kami proses sepanjang belum kedaluwarsa," katanya, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Polda Bengkulu menerima laporan dari tersangka yang menjadi korban penembakan delapan tahun silam itu. Kepolisian juga mengklaim telah menerima laporan dari korban tersebut pada Agustus lalu.

SUMBER
http://nasional.kompas.com/read/2012...nvestigasi.KPK
-------------------------------------------------------------------------
dua institusi menyelidiki 1 kasus yg sama dengan hasil yg berbedaemoticon-Cape d... (S)
mana yg bener gan??
yang pasti
POLRI KUONTOOOLLLLLLLL
Dicari org hilang, dg ciri2: badan gede tegap, agak bloon, suka lelet, suka marah2 ama anak kecil, yg mengetahui harap diantarkan ke RSJ terdekat ingat ini info penting!!!
Quote:Original Posted By putunembahbroto
Dicari org hilang, dg ciri2: badan gede tegap, agak bloon, suka lelet, suka marah2 ama anak kecil, yg mengetahui harap diantarkan ke RSJ terdekat ingat ini info penting!!!


nyante mas ganemoticon-Blue Guy Peacehati boleh panas,kepala YO ANCEN PANAS JUGA emoticon-Marah
Quote:Original Posted By putunembahbroto
Dicari org hilang, dg ciri2: badan gede tegap, agak bloon, suka lelet, suka marah2 ama anak kecil, yg mengetahui harap diantarkan ke RSJ terdekat ingat ini info penting!!!



gw nemuuu gan!!!
Spoiler for ini orannya:



kok aneh ya, kan jelas2 yang ditembak pencurinya, getol2nya polisi bela, jarang2 polisi kaya gini,
tapi masyarakat sudah tau lah , jangan kira masyarakat bodoh2 ya pak pol...
rekayasa kental terasa...
sengaja dicari-cari setelah timbul isu jenderal polisi terlibat korupsi...

payahhhhhhh.......
polisi malah tambah ngancurin citranya sendiri nih klo menurut gw. makin hari makin banyak yg enek ama pulisi. aplg bagian lalu lintas emoticon-Cape d... (S) tukang nyari kesalahan orang, bukan di cegah supaya gak melanggar, malah dibiarinin ngelanggar trus di duitin ama mereka emoticon-Bata (S)
di suruh laporin aja di twitr,... lapornya ama dia dia juga, stlh itu ga ada update lagi dah. basi.
Quote:Original Posted By jualan_sandal
kok aneh ya, kan jelas2 yang ditembak pencurinya, getol2nya polisi bela, jarang2 polisi kaya gini,
tapi masyarakat sudah tau lah , jangan kira masyarakat bodoh2 ya pak pol...

betul gan,bukannya dah rahasia umum kl cara yg di tuduhkan ke novel jg mngkn bnyk di lakukan oleh yg laen.bisa abis dah tuh petugas brownies di kandangin semuaemoticon-Cape d... (S).kita liat di brita ja sering tuh pencuri,penjahat di tembak kakinya karena melarikan diri.hebat banget dah nembak orang lari bisa kena kakiemoticon-Cape d... (S),muridnya lucky luke kali ya
Kronologi Kasus Novel Versi Tim Investigasi KPK
pak polshitt mau jadi pahlawan bagi gembong pencuri wallet.
say FUCK to polshiit emoticon-fuck

Peringatan! 
revisi standar kepangkatan jenderal polisi, sekarang !!!

patut diduga, adanya kepentingan balas dendam,
bukan berbicara kepentingan negara.

POLISI bekerja & taat kepada KEPENTINGAN NEGARA,
bukan KEPENTINGAN atasan.

COPOT pangkat2 bintang PETINGGI POLRI secara PTDH
tak pantes menyandang pangkat bintang dipundaknya emoticon-Mad:

revisi standar kepangkatan jenderal !!!
cicak vs buaya jilid 2

mari kita duduk dipojokan sambil nonton sinetron ini sodara-sodaraemoticon-Cape d... (S)
begitulah gan, menegakkan kebenaran begitu berat di negri ini..
emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By andrzkaskus
polisi malah tambah ngancurin citranya sendiri nih klo menurut gw. makin hari makin banyak yg enek ama pulisi. aplg bagian lalu lintas emoticon-Cape d... (S) tukang nyari kesalahan orang, bukan di cegah supaya gak melanggar, malah dibiarinin ngelanggar trus di duitin ama mereka emoticon-Bata (S)
di suruh laporin aja di twitr,... lapornya ama dia dia juga, stlh itu ga ada update lagi dah. basi.


belajar dari perjalanan kebrowniesan hingga saat ini,
mending urusan lalu-lintas g diurusin polisi,
ke depannya biar lebih fokus ngurusin KRIMINAL UMUM saja
taruh lembaga kebrowniesan dibawah kementerian dalam negeri

emoticon-I Love Indonesia
berani kagak pecat smua polisi yang terlibat kasus, seperti Hongkong waktu taon 70-an.. biar penegak hukumnya bersih..

ibarat kata kalo kaen pelnya kotor, mau ngepel juga percuma..
Quote:Original Posted By diopter
yang pasti
POLRI KUONTOOOLLLLLLLL


wakakakkakakaka.....sda yg napsu bgt nih....
hihihihi
Profesional bgt 4 hari langsung proses emoticon-Stick Out Tongue
Akal2an yg menghina logika akal sehat org awam sekalipun..

Pak brownies lain kali klo bkin rekayasa model2 teroris/kriminalisasi yg cerdasan dkit.. eh lupa emang brownies ada yg cerdas ya emoticon-Peace..

gni hasilnya klo kalporinya karbitan.. apalagi sistemnya 'wani piro' dri perekrutan ampe promosi emoticon-Cape d...
salut buat polisi walau kasusnya sudah 8 tahun tapi kalo ada keuntungan buat mereka maka kasus bisa di buka kembali padahal biasanya kasus yang seperti ini yang melibatkan anggota kepolisian biasanya tidak akan bertahan lama emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By Bazredd
Profesional bgt 4 hari langsung proses emoticon-Stick Out Tongue
Akal2an yg menghina logika akal sehat org awam sekalipun..

Pak brownies lain kali klo bkin rekayasa model2 teroris/kriminalisasi yg cerdasan dkit.. eh lupa emang brownies ada yg cerdas ya emoticon-Peace..

gni hasilnya klo kalporinya karbitan.. apalagi sistemnya 'wani piro' dri perekrutan ampe promosi emoticon-Cape d...


pake kilat khusus gan,ongkir di tanggungemoticon-Berbusa (S)p kumis bukan karbitan tp deg-degkan kali gan..kena..kaga..kena..kaga..emoticon-Cape d... (S)
jadi makin pusing nih sejak djoko susilo dipanggil KPK

kasus2 lama 2004 sampe bisa diangkat lagi emoticon-Cape d...