alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016832071/orang-terkaya-sponsori-persib
Orang Terkaya Sponsori Persib
TRIBUNNEWS.COM,BANDUNG--Persib Bandung dinilai sebagai klub paling sehat baik dari segi manajemen maupun finansial di antara klub-klub Liga Super Indonesia.Buktinya, di saat para pemain klub lain dilanda masalah gaji yang tidak atau belum dibayar, finansial pemain Persib justru tetap sehat.

Memang, awalnya Persib memiliki kendala keuangan ketika masih dibiayai oleh dana APBD Kota Bandung. Bahkan, saat itu Persib hampir bangkrut. Namun, dengan adanya konsorsium pemegang saham, Persib pun terhindar dari jurang kebangkrutan.

Sehatnya finansial Persib sebagai klub besar tidak terlepas dari sponsor-sponsor raksasa di Indonesia, termasuk PT Daya Adira Mustika, beberapa perusahaan tambang, dan perusahaan lainnya. Nama Persib memang laku, apalagi ditunjang dengan hadirnya bobotoh yang terkenal fanatismenya dan jumlahnya yang banyak. Tidak mengherankan, perusahaan-perusahaan itu rela mensponsori Persib.

Siapa saja sponsor-sponsor raksasa tersebut? Menurut informasi yang dihimpun Tribun dari berbagai sumber, terdapat nama-nama yang tidak asing lagi di dunia ekonomi Indonesia di balik perusahaan-perusahaan yang mensponsori Persib.

Pada musim lalu, orang terkaya nomor 11 di Indonesia versi majalah Forbes, Kiki Barki, melalui perusahaannya Harum Energy menjadi salah satu sponsor resmi Persib.

Samudera Energy, yang dimiliki Patrick Waluyo, juga menjadi satu sponsor Persib. Samudera Energy terlibat dalam pengembangan proyek migas Blok Madura, yang memiliki cadangan gas mencapai 442 miliar kaki kubik dan bernilai 650 juta dolar AS. Permata Resources juga menjadi sponsor.

Bersama Patrick Waluyo, Direktur PT Persib Bandung Bermartabat, Glen Sagita, mengelola PT North Star Pacific (NSP). PT NSP, perusahaan investasi serta pengelolaan uang yang juga pernah mengakuisisi 35 persen saham PT Bumi Resources Tbk (BUMI) milik Bakrie Group senilai 1,3 miliar dolar AS pada 2008, juga mensponsori Persib.

PT NSP ini terbilang cemerlang karena memiliki kedekatan dengan perusahaan raksasa Amerika Serikat, Texas Pacific Group (TPG).
Wajar saja, karena sebagian besar PT NSP mengelola dana TPG dan menginvestasikannya di sektor minyak dan gas yang salah satunya ada di Sumatra Selatan, retail, telekomunikasi, dan perbankan hingga mengakuisisi Alfa Retailindo dan Alfamart yang sebelumnya dikuasai PT Sampoerna.

Kontrak PT Daya Adira Mustika (DAM) berlangsung tiga tahun dan dipastikan musim depan tetap mensponsori Persib. Terikatnya PT DAM mensponsori Persib sendiri terbilang menarik karena masih memiliki keterkaitan keluarga dengan Patrick Walujo.

Patrick adalah menantu Teddy Rahmat, mantan direktur PT Astra International. Adapun Teddy adalah anak kandung Raphael Adi Rahmat, pendiri PT Daya Adira Mustika.

Persib juga disponsori beberapa perusahaan investasi seperti PT Surya Eka Perkasa, Equator Capital, Syailendra Capital, Buana Capital, dan Bloom Nusantara Capital. PT Trikomsel, yang menaungi Oke Shop, juga turut menjadi sponsor resmi Persib. Glen Sagita menjabat sebagai komisaris perusahaan tersebut.

Dengan sederet sponsor tersebut Persib akan tetap menjadi klub tersehat di Indonesia dan karenanya, akan banyak pemain yang sangat menantikan untuk direkrut oleh Persib.
Namun, mengenai apakah perusahaan-perusahaan tersebut masih mensponsori Persib musim depan, Media Officer Persib Irfan Suryadireja mengakui tidak tahu persis.

"Kemungkinanannya masih bisa karena saat ini sedang ada rencana kerja sama lagi dan sekarang masih dalam tahap negosiasi. Termasuk dengan Harum Energy, masih menjadi sponsor," ujarnya kepada Tribun melalui pesan BlackBerry Messenger, Minggu (7/10).

Manajer Persib Bandung, H Umuh Muchtar mengakui bahwa Harum Energy dimiliki oleh Kiki Barki, orang terkaya nomor 11 di Indonesia. "Iya, betul seperti itu. Pada dasarnya musim depan kami ingin memiliki banyak sponsor," kata Umuh ketika dihubungi melalui telepon selulernya kemarin.

Umuh mengatakan, dengan disponsori perusahaan-perusahaan besar, diharapkan Persib tidak akan mengalami kesulitan dana. "Saya tidak ingin Persib menjadi klub yang tidak sehat secara finansial. Musim lalu, Persib juga menjadi klub tersehat dan harapannya, ke depan Persib akan tetap seperti itu," katanya.

Direktur Pengembangan PT PBB Risha Adi Wijaya menjelaskan, perusahaan-perusahaan tambang yang mensponsori Persib di antaranya memberikan suntikan dana bagi Persib.

"Bentuknya uang. Itu dari sponsor Persib yang bergerak di sektor pertambangan Kami enggak bisa memberitahukan berapa nilai yang mereka suntikkan untuk Persib dalam bentuk uang," ujar Risha.

Musim depan, salah satu perusahaan yang akan mensponsori Persib ialah maskapai penerbangan. Namun, Farhan sebelumnya enggan menyebutkan nama perusahaan tersebut.

EMBER

Quote:ane sadar berita ini biasa saja emoticon-Sorry
Spoiler for bahkan pasti ada sebagian dari agan yang bilang:


jangan salahi TS kalo judulnya kaya gitu, selama ane bikin trit ane gak pernah mengubah judul dari Sumber asli
wkwkwkkw...ngikuti saran TS nya ajalah...


Quote:TERUS GUE HARUS BILANG WOW GITU
PERSIB pilih ISL kenapa yah ???? bukannya IPL adalah liga profesional dan ISL adalah liga JEGER bagi sebagian kaskuser !!!???
bilang sebaliknya bisa jadi anak band
semoga team lain mengikuti dan tidak membebani APBD . . kan bisa dialokasikan ke Rakyat . .
gak biasa kok gan. ms bnyak org2 cerdas berfikir, berita bgini bs jadi motivasi klub lain, sehingga bs buat klub2 itu brjuang cari sponsor jg. keep posting gan..
Bagus lah di sponsori sama orang kaya, dari pada ngemis-ngemis APBD melulu. emoticon-Stick Out Tongue
mudah-mudahan sepakbola kita makin menuju ka arah yang lebih baik emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
baiknya seluruh pengusaha besar di kota masing masing mensponsori juga klub sepakbola daerahnya....apapun gue salut tu ma pengusaha besar yg masih mau ikut mensponsori ketika kondisi sepakbola nasional kisruh tak berujung...

bwt TS tetep semangat posting ganemoticon-Angkat Beer
makin beli pemain pemain yang bagus aja neh viking emoticon-Big Grin
orang terkaya???

judul nya koq ngasal banget yah.. emoticon-Cape d...
heran gw,
ternyata masih ada yg mau jadi spekulan untuk
KLUB GAY dan HOMO
seperti PERSIB



emoticon-Ngakak
duh orang Terkaya ???
terus knp mst SepakBola....
udah tau PSSI lagi carut marut...mending Investasi ke yg lain....
bikin Gedung KPK aja.... emoticon-Blue Guy Peace
mudah-mudahan membawa kemajuan buat perib kedepannya
orang terkaya berarti presiden kalah dong emoticon-Ngakak
sinpel aja
pendukung banyak dan loyal
menarik buat para investor
Quote:Original Posted By WariaIndonesia
heran gw,
ternyata masih ada yg mau jadi spekulan untuk
KLUB GAY dan HOMO
seperti PERSIB



emoticon-Ngakak


Nih jawabannya :

Quote:Original Posted By Badvriel
sinpel aja
pendukung banyak dan loyal
menarik buat para investor
Trus saya musti tepuk tangan gitu"??
tetep aja maennya kalah jauh sama sriwijaya fcemoticon-Malu (S)
kayaknya ane harus bilang WOW..
klub besar dan banyak pendukung, tp sayang miskin prestasi

padahal udah diperkuat pemain2 top.....