alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016828278/berita-budaya-puluhan-pecanting-pria-beraksi-membatik-di-jalanan-solo
Thumbs up 
icon-hot-thread
[BERITA BUDAYA] Puluhan Pecanting Pria Beraksi Membatik di Jalanan Solo
[BERITA BUDAYA] Puluhan Pecanting Pria Beraksi Membatik di Jalanan Solo

Dalam rangka memperingati hari Batik Nasional, puluhan pecanting (pembatik) laki-laki yang tergabung dalam 'Canting Kakung' Kota Solo menggelar aksi membatik di area city walk depan Taman Sriwedari Solo, Jawa Tengah, Minggu (7/10).

Di atas kain putih sepanjang 20 meter sebanyak 45 seniman dan pecanting pria, memulai aksinya pagi tadi. Berbagai motif dengan tema bebas mereka tuangkan. Tak lama kemudian puluhan warga lain juga melakukan hal yang sama.

"Jadi kalau biasanya pembatik itu wanita, di komunitas kami ada ratusan pembatik laki-laki, namanya canting kakung (laki-laki). Kami ingin memperkenalkan pada masyarakat bahwa membatik itu bisa kita lakukan di mana saja dan kapan saja" ujar Saud Effendi ketua panitia, kepada merdeka.com.

Menurut Saud masyarakat perlu dibiasakan, bahwa batik itu bukan sesuatu yang selalu formil. Motif-motif yang dituangkan bukan motif yang formil. "Kita memberikan kebebasan pada masyarakat untuk membuat motif batik apapun, sesuka hati pokoknya. Motif moderen, bukan formil, baik dalam desain, corak, aliran maupun pewarnaan," lanjut Saud.

Sementara pantauan merdeka.com dalam acara tersebut puluhan warga silih berganti ikut menuangkan ide membatiknya di kain panjang. Tak hanya orang dewasa, anak-anakpun juga melakukan hal yang sama. "Saya penasaran, ingin bisa membatik, ternyata sulit juga," ujar Aldi siswa kelas 5 SD Pajang Solo.

Bermacam motif, mulai dari pemandangan alam, wayang, hewan, hingga foto Jokowi pun hadir di acara ini.

Menurut Saud aksi ini hanya sebagai awal saja, nantinya akan digelar aksi membatik yang lebih heboh. "Ini hanya pemanasan, nanti kita akan adakan membatik dengan kain sepanjang 500 meter," pungkasnya.


SUMBER

foto Jokowi pun ikut dijadikan motif batik gan....emoticon-Big Grin
Kegiatan yang keren. emoticon-thumbsup:


Aku ya punyak canting lho Nu ,

Tapi ...

Cantingku buat mbatik lainnya.
Quote:Original Posted By Khoontol
Kegiatan yang keren. emoticon-thumbsup:


Aku ya punyak canting lho Nu ,

Tapi ...

Cantingku buat mbatik lainnya.


canting-nya diisi malam cair juga ga om....?emoticon-Hammer2

demi dukung batik...bantu emoticon-Rate 5 Star ya om...emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ibnutiangfei
canting-nya diisi malam cair juga ga om....?emoticon-Hammer2

demi dukung batik...bantu emoticon-Rate 5 Star ya om...emoticon-Big Grin



Oke , Oke. emoticon-shakehand

Demi dan untuk Batik Budaya Bangsa. emoticon-Smilie
Bantu emoticon-Rate 5 Star aja om.....
Harus nya banyak2 acara yg kek gini, banyak positifnya juga gan, sekalian promosiin batik juga,,
Asal ulah jiga kieu weh yeuh.....
Spoiler for Vandalisme, Primitif:
Quote:Original Posted By Khoontol
Kegiatan yang keren. emoticon-thumbsup:


Aku ya punyak canting lho Nu ,

Tapi ...

Cantingku buat mbatik lainnya.


cantingmu yang dimaksud itu ... yg seprti id mu itu toh om thol ?
wes mbatik trus dahh emoticon-Ngakak (S)


demi batik indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
banyak juga tuh ikutan membatik emoticon-Big Grin
giliran pria mencanting emoticon-Genit

ane seh tetep demen IGO yang ngebatik emoticon-Embarrassment
Mantap tuh emoticon-I Love Indonesia (S)

apalagi fotonya pak Jokowi ikutan dibatik emoticon-Big Grin


Quote:
10 HAL Yang Bikin GAIRAH PRIA PADAM

Melihat ORIENTASI SEKSUAL Dari MATA

INILAH 5 MANFAAT SEHAT Dari CIUMAN

Krim PENGENCANG VAGINA Yang Memicu KONTROVERSI

enak'a membatik bersama[U][/U]
emoticon-2 Jempol

mejeng di pejwan emoticon-Cool
Biar budaya batik lebih menusantara yah gann... di jakarta udh ada kampung batik lohh
wah jd pngen jg nih ngebatik, susah ap gmpang y,,,
wew kreatif banget gan
ane kalo ikutan, ane mau nulis #saveKPK



Spoiler for Gusdur:
ternyata ada banyak juga para pembantik laki2, ane kira cm wanita doank emoticon-Hammer2
nice inpoh gan emoticon-2 Jempol
ane bantu emoticon-Rate 5 Star
Ada juga game batik buat di komputer gan, tapi ga seseru batik langsung.
Ane pengen cobain deh, katanya di daerah palmerah ada tempat lesnya.
solo dan jokowi emng gak ada matinyaa
kreatiiff
Kreatif bgt... Budayakan batik indonesia... emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia