alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016822993/250-orang-penderita-sakit-jiwa-di-trenggalek
250 Orang Penderita Sakit Jiwa di Trenggalek [Gila!]
Quote:Wajarkah Populasi Orang Gila di Trenggalek?
250 Orang Penderita Sakit Jiwa di Trenggalek
Asman Budi (37) dikerangkeng dengan sangkar bambu di Desa Gamping, Kecamatan Suruh.
Quote:TRENGGALEK, KOMPAS.com - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Sugito Teguh, menyebut, ada sekitar 250 penderita sakit jiwa dari total penduduk Trenggalek sebanyak 700 ribu jiwa. Jumlah tersebut masih dianggap wajar, sehingga belum perlu melakukan tindakan luar biasa.

“Mereka tersebar di 14 kecamatan yang ada. Jadi jumlahnya masih relatif kecil, masih jauh di bawah angka batas toleransi 2 persen,” kata Sugito, Jumat (5/10/2012).

Kecamatan yang paling banyak ditemukan kasus penderita gangguan kejiwaan, kata Sugito, adalah Kecamatan Suruh dengan jumlah penderita mencapai 24 orang. Dari 24 orang itu 5 di antaranya sudah dalam kondisi akut dan mengidap skizofrenia sehingga dikerangkeng oleh keluarganya.

“Saat ini petugas Puskemas secara intensif melakukan pemantauan dan juga memberikan obat-obatan kepada semua penderita. Obatnya tentu disesuaikan dengan tingkat gangguan penderita,” imbuhnya.

Pihak Dinkes, kata Sugito, selama ini juga tidak dapat berbuat banyak karena penanganan penderita jiwa sepenuhnya berada pada keluarga masing-masing. Selama ini pihaknya hanya sebatas memberi fasilitas dengan memberikan rujukan ke rumah sakit jiwa bagi keluarga yang menghendakinya. “Kita berikan rujukan ke rumah sakit dan menggratiskan biaya transportasinya. Kita sudah beberapa kali melakukan seperti itu,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan tiga orang penderita sakit jiwa, Asman Budi (37), Kaseno (52), Suyanti (47) dikerangkeng dengan sangkar bambu di Desa Gamping, Kecamatan Suruh. Namun ternyata di Desa Ngrandu pada kecamatan yang sama, terdapat dua lagi penderita sakit jiwa, yaitu Giman (44) serta Ngoro (32). Giman dikerangkeng, sementara Ngoro dipasung.

Quote:sumber
Quote:Gila bener gan, hampir ratarata 17 orang gila di setiap kecamatan....
emoticon-Matabelo
emoticon-Malu
keren gan informasinya... rate bintag 5 dong yg lainnya


Informasi penting lainnya

RAHASIA SEORANG KASKUSERWATI MENDAPATKAN Rp. 5 JUTA SEHARI
serem banget dah emoticon-Takut (S) mana peran pemerintah :P



Posted with kaskusBetaQR
Quote:Original Posted By circ
serem banget dah emoticon-Takut (S) mana peran pemerintah :P



Posted with kaskusBetaQR


pertanyaannya, mereka gila kenapa ya kira2 gan, kok sebanyak itu. apakah karena tekanan ekonomi?
apa penyebabnya ya?kira2 bisakah dikurangi?
mustinya menurut ane sih di kasih tau dong kemasyarakat penyebeb mereka bisa menderita penyakit jiwa sehingga penderitanya tidak terus bertambah.