alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016815898/pembangunan-infrastruktur-anggaran-tahun-depan-bisa-rp210-triliun
PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR: Anggaran tahun depan bisa Rp210 triliun
http://www.bisnis.com/articles/pemba...-rp210-triliun

JAKARTA: Anggaran belanja infrastruktur pada 2013 diperkirakan bisa mencapai sebesar Rp210 triliun.



Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan anggaran tersebut telah disepekati sementara oleh pemerintah dan DPR dalam panitia kerja RAPBN 2013.



“Saya senang sekarang ini anggaran untuk infrastruktur [2013] bisa sampai Rp210 triliun. Nanti disetujuinya di rapat kera [dengan DPR] tapi sekarang sudah mengerucut,” katanya, Jumat (5/10/2012).



Anggaran belanja tersebut meningkat lebih dari 20% dari anggaran infrastruktur 2012 yang menurut nota keuangan RAPBN 2013 sebesar Rp174,9 triliun.



Menkeu mengatakan anggaran tersebut belum termasuk belanja infrastruktur BUMN, pemerintah daerah dan swasta. “Nanti kalau ditambah BUMN dan swasta bisa lebih baik.”



Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana memperkirakan anggaran infrastruktur 2013 bisa Rp434 triliun.



Rencana belanja tersebut terdiri dari alokasi dana APBN, belanja pemerintah daerah, rencana belanja modal BUMN dan komitmen swasta.



Pemerintah pusat mengalokasikan dana belanja infrastruktur Rp188,4 triliun pada RAPBN 2013 yang kini berpeluang naik menjadi Rp200 triliun setelah DPR menyetujui penaikan tarif tenaga listrik sebesar 15% pada 2013. (msb)


========
Pemerintah terhitung masih sangat lamban dalam membangun infrastruktur.

1. Infrastruktur jalan jelek, tol yang bayar saja masih jelek.
2. Instrastruktur komunikasi internet lelet, peringkat bontot di dunia.
3. infrasturktur listrik, sering pemadaman....

Speedy socialia gue yang lelet :
PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR: Anggaran tahun depan bisa Rp210 triliun

Semoga tahun depan bisa lebih baik....
GDP $ 845.7 Milyar = Kira2 Rp. 8000 Tilyun
Angka Wajar minimal untuk Infrastuktur harusnya 5% GDP = 400 Trilyun

Jadi ini 1/2-nya Ya Wajar kalo Infrastruktur di Indonesia Seperti Jalan di tempat.. Apalagi Indonesia sangat luas karena Negara Kepulauan.. Jadi ngak terasa pembangunan infrastuktur di Indonesia..emoticon-Cape d... (S)

Ditambah lagi Korupsi yang merajalela dari Birokrat sampai pengusaha2 yang nyodok sana-sini ya udah ngebangunannya nggak maksimal karena ya semuanya pada berlomba ngeruk keuntungan..emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By
http://www.bisnis.com/articles/pemba...-rp210-triliun

JAKARTA: Anggaran belanja infrastruktur pada 2013 diperkirakan bisa mencapai sebesar Rp210 triliun.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan anggaran tersebut telah disepekati sementara oleh pemerintah dan DPR dalam panitia kerja RAPBN 2013.

“Saya senang sekarang ini anggaran untuk infrastruktur [2013] bisa sampai Rp210 triliun. Nanti disetujuinya di rapat kera [dengan DPR] tapi sekarang sudah mengerucut,” katanya, Jumat (5/10/2012).


Anggaran belanja tersebut meningkat lebih dari 20% dari anggaran infrastruktur 2012 yang menurut nota keuangan RAPBN 2013 sebesar Rp174,9 triliun.

Menkeu mengatakan anggaran tersebut belum termasuk belanja infrastruktur BUMN, pemerintah daerah dan swasta. “Nanti kalau ditambah BUMN dan swasta bisa lebih baik.”

Sebelumnya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana memperkirakan anggaran infrastruktur 2013 bisa Rp434 triliun.

Rencana belanja tersebut terdiri dari alokasi dana APBN, belanja pemerintah daerah, rencana belanja modal BUMN dan komitmen swasta.

Pemerintah pusat mengalokasikan dana belanja infrastruktur Rp188,4 triliun pada RAPBN 2013 yang kini berpeluang naik menjadi Rp200 triliun setelah DPR menyetujui penaikan tarif tenaga listrik sebesar 15% pada 2013.


Sampai ngakak ane baca yg ditebelin..
Quote:Original Posted By saudagarku
GDP $ 845.7 Milyar = Kira2 Rp. 8000 Tilyun
Angka Wajar minimal untuk Infrastuktur harusnya 5% GDP = 400 Trilyun

Jadi ini 1/2-nya Ya Wajar kalo Infrastruktur di Indonesia Seperti Jalan di tempat.. Apalagi Indonesia sangat luas karena Negara Kepulauan.. Jadi ngak terasa pembangunan infrastuktur di Indonesia..emoticon-Cape d... (S)

Ditambah lagi Korupsi yang merajalela dari Birokrat sampai pengusaha2 yang nyodok sana-sini ya udah ngebangunannya nggak maksimal karena ya semuanya pada berlomba ngeruk keuntungan..emoticon-Berduka (S)


Kalo subsidi bbm dicabut pas tuh 400 T emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By saudagarku
GDP $ 845.7 Milyar = Kira2 Rp. 8000 Tilyun
Angka Wajar minimal untuk Infrastuktur harusnya 5% GDP = 400 Trilyun

Jadi ini 1/2-nya Ya Wajar kalo Infrastruktur di Indonesia Seperti Jalan di tempat.. Apalagi Indonesia sangat luas karena Negara Kepulauan.. Jadi ngak terasa pembangunan infrastuktur di Indonesia..emoticon-Cape d... (S)

Ditambah lagi Korupsi yang merajalela dari Birokrat sampai pengusaha2 yang nyodok sana-sini ya udah ngebangunannya nggak maksimal karena ya semuanya pada berlomba ngeruk keuntungan..emoticon-Berduka (S)


Quote:Original Posted By Graft
Kalo subsidi bbm dicabut pas tuh 400 T emoticon-Stick Out Tongue


Setuju Gan.. Kalo 140 Trilyun subsidi dialihkan.. Lumayan Dahsyat Gan bisa membangun pembangkit Listrik (panas Bumi+Batubara) 11 GW.. Dalam 5 Tahun Target Listrik 90GW (tahun 2025) bisa tercapai (ga ada lagi pemadam bergilir) dan Listrik ngak perlu dinaikin tiap tahun.. Perkembangan Industri menjadi sehat..
Asal Korupsi di Indonesia di berantas juga ya gan emoticon-I Love Indonesia (S)
subsidi kalo mo diswitch bagusnya mah buat infra transpo umum ama pertanian ntuh, trickle down epeknye gede buat rakeyat jelantah emoticon-Embarrassment
semua pasti lebih baik ketika tidak ada sedikitpun dana yang bocor dimakan koruptor
Makin banyak dana bercucuran. Tapi kok yang terlihat tidak sesuai harapan ya
smoga dana terpakai sesuai rencana
Quote:Original Posted By saudagarku
GDP $ 845.7 Milyar = Kira2 Rp. 8000 Tilyun
Angka Wajar minimal untuk Infrastuktur harusnya 5% GDP = 400 Trilyun

Jadi ini 1/2-nya Ya Wajar kalo Infrastruktur di Indonesia Seperti Jalan di tempat.. Apalagi Indonesia sangat luas karena Negara Kepulauan.. Jadi ngak terasa pembangunan infrastuktur di Indonesia..emoticon-Cape d... (S)

Ditambah lagi Korupsi yang merajalela dari Birokrat sampai pengusaha2 yang nyodok sana-sini ya udah ngebangunannya nggak maksimal karena ya semuanya pada berlomba ngeruk keuntungan..emoticon-Berduka (S)


belum lagi dimakan maling koruptor 3/4 nya.. jadi ya jangan heran infrastruktur swasta seperti developer2 kota mandiri itu jauh lebih bagus secara desain maupun material.. dibanding infrastruktur buatan pemerintah yang kampungan & jadoel
anggarannya segitu,terus riilnya berapa yang keluar?belum lagi ada yang bocor di selangnya...
saya prihatin gan emoticon-Nohope
duit segitu, yg bocor dan jadi bancakan anggota hewan berapa persen ya?
minim 40% emoticon-Cape d... (S)


belum lagi disunatin ama pns2 di daerah2 emoticon-Nohope
cabut aja subsidi bbm, belanja infrastruktur 210 T setahun mah cuma recehan tuh so wajar kalo banyak infrastruktur ancur ancuran......
WOW.......Coba tebak-tebakan dari mana dananya diperoleh?

1. Terbitkan sukuk?
2. Terbitkan obligasi negara?
3. Cabut subsidi BBM?
4. Jual BUMN?
5. Genjot pajak?

Paling gampang ya terbitkan obligasi/sukuk, soalnya gak bakal ada kisruh dan demo2an.

Tetapi dalam jangka panjang anak cucu kita yang harus nanggung utangnya.
Quote:Original Posted By robert789
WOW.......Coba tebak-tebakan dari mana dananya diperoleh?

1. Terbitkan sukuk?
2. Terbitkan obligasi negara?
3. Cabut subsidi BBM?
4. Jual BUMN?
5. Genjot pajak?

Paling gampang ya terbitkan obligasi/sukuk, soalnya gak bakal ada kisruh dan demo2an.

Tetapi dalam jangka panjang anak cucu kita yang harus nanggung utangnya.


Ga masalah, Infra sangat penting buat negara kepulauan seperti indo .
tahun depan akan banyak bangunan baru
dan korupsi baruemoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By mbia
belum lagi dimakan maling koruptor 3/4 nya.. jadi ya jangan heran infrastruktur swasta seperti developer2 kota mandiri itu jauh lebih bagus secara desain maupun material.. dibanding infrastruktur buatan pemerintah yang kampungan & jadoel


Setahu ane Infrastruktur adalah Proyek sosial untuk menumbuhkan perekonomian suatu daerah kalo swasta jarang yang bikin infrastruktur gratis.. Walaupun ada swasta bikin jalan itu karena dia dikenakan kewajiban mengembangkan infrastruktur (seperti Jalan) Karena pengembang tidak boleh terlalu membebani jalan yang ada..
Desain semua standar kalaupun sederhana mungkin itu sudah ada hitungan optimumnya (karena bukan untuk dijual lagi)..

Quote:Original Posted By harishokage
anggarannya segitu,terus riilnya berapa yang keluar?belum lagi ada yang bocor di selangnya...


Quote:Original Posted By SB.Yudhoyono
saya prihatin gan emoticon-Nohope
duit segitu, yg bocor dan jadi bancakan anggota hewan berapa persen ya?
minim 40% emoticon-Cape d... (S)

belum lagi disunatin ama pns2 di daerah2 emoticon-Nohope


Iya mangkangya kita harus ngawasin tapi susah juga ya pa SB.Yudhoyono... partai bapak kan banyak makelar Proyek seperti Nazarudin dan AU..
Mangkanya perlu pengawasan.. (tapi siapa yg ngawasinnya ya ??)

Quote:Original Posted By robert789
WOW.......Coba tebak-tebakan dari mana dananya diperoleh?

1. Terbitkan sukuk?
2. Terbitkan obligasi negara?
3. Cabut subsidi BBM?
4. Jual BUMN?
5. Genjot pajak?

Paling gampang ya terbitkan obligasi/sukuk, soalnya gak bakal ada kisruh dan demo2an.

Tetapi dalam jangka panjang anak cucu kita yang harus nanggung utangnya.


Quote:Original Posted By Graft
Ga masalah, Infra sangat penting buat negara kepulauan seperti indo .


Bisa kerjasama dengan Swasta seperti pembangkit Listrik.. memang akibatnya negara memberikan subsidi...
Infrastruktur penting untuk pembangunan ekonomi suatu daerah.. banyak daerah mulai menjadi daerah industri karena adanya jalan akses, listrik, telekomunikasi..
Apalagi Kita negara kepulauan seharusnya transportasi kita dipindahkan ke laut jadi beban2 jalan yang ada di pantura atau lintas sumatra tidak penuh dengan barang-barang.. Kalo Kita memindahkan 50% angkutan barang dari darat ke laut maka dunia industri kita bisa saving lebih dari 250 Trilyun.. (konsumsi oli, solar berkurang; biaya truk2, biaya2 "korek api" buat dijalan, dsb nya bisa dihilangkan)..
Juga beban biaya untuk perawatan jalan pantura atau lintas sumatra bisa dukurangi (karena truk2 beban berat berkurang).. emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By indoboysg
tahun depan akan banyak bangunan baru
dan korupsi baruemoticon-Cape d... (S)


Mangkanya kita dukung #SaveKPK