alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016795699/hot-news-bentrok-warga-kembali-pecah-di-ambon
Peringatan! 
[HOT NEWS] Bentrok Warga Kembali Pecah di Ambon
[HOT NEWS] Bentrok Warga Kembali Pecah di Ambon

Dua kelompok warga di Ambon, Sabtu (6/10/2012) dinihari sekitar pukul 02.40 Wit terlibat bentrok di kawasan Ongkoliong, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Ambon. Bentrok yang terjadi kali ini merupakan bentrok lanjutan dua kelompok warga yang sama, yang sebelumnya pecah pada Rabu, (3/10/2012) dinihari.

Pantauan Kompas.com di lokasi kejadian, kedua kelompok warga ini sama-sama mempersenjatai diri dengan kayu, besi, serta sejumlah alat tajam seperti parang dan pisau. Tidak terjadi saling serang secara terbuka karena salah satu kelompok warga hanya bertahan dan bersiaga di sejumah bangunan bekas ruko di kawasan Ongkoliong.

Meskipun demikian, aksi saling lempar batu antara keduanya tidak dapat dihindari. Tidak ada laporan korban jiwa maupun luka-luka dalam insiden ini, namun sebuah toko kaset yang terletak di kawasan Ongkoliong dibakar salah satu kelompok warga. Warga juga merusak pagar di terminal luar kota yang berada di kawasan tersebut.

Untuk mengamankan situasi, ratusan aparat TNI dan polisi dari Polres Pulau Ambon dan pulau-pulau Leasse dibantu Brimob Polda Maluku langsung mendatangi lokasi kejadian dan menyekat kedua kelompok ini.

Aparat TNI dan polisi bahkan sempat kewalahan untuk menghalau ratusan orang dari salah satu kelompok warga yang terus merangsek masuk ke bekas ruko yang dijadikan tempat pertahanan kelompok warga lain yang terlibat bentrok.

Untuk menghalau massa, dan menghindari terjadinya kontak langsung antar warga, aparat kemanan sempat mengeluarkan tembakan ke udara secara berulang-ulang.

Beberapa saat sebelum bentrok terjadi, terdengar bunyi pukulan tiang listrik yang dengan cepat membuat warga langsung terkonsentrasi. Informasi yang dihimpun di lapangan, kuat diduga bentrok susulan ini terjadi menyusul adanya saling ejek di antara kedua kelompok warga.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari aparat kepolisian, sementara itu kondisi dan situasi keamanan di Kawasan Ongkoliong Desa Batu Merah berangsur normal dan sepenuhnya telah dapat dikendalikan aparat kemamanan dari TNI dan Polisi.


SUMBER

Quote:
Bentrok di Ambon, Tujuh Kios Dibakar

[HOT NEWS] Bentrok Warga Kembali Pecah di Ambon

Bentrok antardua kelompok warga di Kota Ambon berbuntut panjang. Sedikitnya terjadi tujuh pembakaran. Enam buah kios dan sebuah toilet umum di kawasan Ruko Batu Merah, Sabtu (6/10/2012) dinihari sekitar pukul 03.40 wit ludes dibakar. Lalu, beberapa saat sebelumnya sebuah toko kaset di kawasan Ongkoliong Desa Batu Merah, Ambon, juga dibakar.

Sejumlah saksi mata di lokasi kejadian, kepada Kompas.com mengatakan, sejumlah warga terlihat membawa sejumlah botol mineral yang berisi bensin dan langsung mendekati kios yang berjejer di Kawasan ruko Batu Merah sambil membakarnya.

Saat hendak dibakar, sejumlah pedagang yang kiosnya terbakar sempat menghalangi aksitersebut, namun usaha mereka sia-sia, karena pembakar kios ini datang dengan dibekali senjata tajam.

Usai membakar, para pelaku langsung melarikan diri. "Mereka banyak orang, mereka datang dengan bensin dan langsung membakar kios-kios ini, kami sempat melarang tapi percuma saja," kata seorang saksi mata.

Pantauan di lokasi, kondisi bangunan yang umumnya terbuat dari bahan kayu memudahkan api membakar seluruh bangunan dengan cepat. Hal ini semakin diperparah dengan kencangnya angin yang bertiup saat ini. Sejumlah pedagang dan warga setempat hanya bisa melihat dengan pasrah kiosnya terbakar habis.

Untuk menghindari kebakaran yang lebih besar, warga dibantu aparat kepolisian yang tiba di lokasi kejadian beberapa menit setelah kebakaran terjadi langsung merusak sejumlah kios lainnya. Sementara pedagang lainnya memadamkan api dengan cara seadanya.

Dua unit mobil pemadam kebakran yang datang, 30 menit setelah kebakaran terjadi tidak mampu menyelamatkan kios-kios tersebut. Pedagang yang kiosnya terbakar mengakui hanya keluar menyelamatkan diri dengan pakaian di badan. "Kita ini tidak tahu masalah, kita hanya ingin hidup, mengapa kios-kios kita dibakar, jujur saya lari menyelamatkan diri hanya dengan pakaian di badan," ungkap Ratna Rolobessy dengan berlinang air mata.

Mengantisipasi terjadinya bentrok susulan, hingga kini aparat TNI dan kepolisian masih berjaga di kawasan Ruko Batu Merah dan juga kawasan Waihaong.

SUMBER



kapan ambon bisa menjadi kota yg aman dan damai?emoticon-Cape d... (S)

Silahkan Mampir ke Trit Ane yg Lain gan...
Wakil Menteri Pendidikan Menyatakan "Perang" Terhadap Film Murahan
Gara-Gara Tak Mengurus Badan Hukum, Izin Trayek Metromini Terancam Dicabut
[KABAR GEMBIRA] Rumah di Bawah Tipe 36 Boleh Dibangun Lagi
[KASIHAN GAN] Dua Jemaah Haji Asal NTB Tertipu Di Tanah Suci
[Kerjaan Siapa Nih?] Ada Banyak Paku Bertebaran di Jalan Dekat Istana Negara
Quote:Original Posted By ibnutiangfei
kapan ambon bisa menjadi kota yg aman dan damai?


Sampai RMS dimusnahkan gan..

Inget masa 1998 - 2001
Awal tahun ini, ane pernah ke sana gan.
Pantainya indah-indah gan.
Makanannya juga enak-enak.
Terus juga buat jalan kaki enak karena trotoarnya bagus dan lebar.
Pokoknya potensinya untuk maju besar sekali.

Sayang sekali kalau masih terus diguncang sama isu-isu bentrok seperti itu.

Kasihan masyarakat kecil sana yang hanya jadi korban.

Semoga keadaan menjadi lebih baik....
Kenapa yah ambon selalu rusuh. Nanti kalo ada gempa sama banjir aja baru berdamai lagi. Apa meningan biar aja ada gempa terus aja kali yah di ambon biar mereka semuanya pada damai. Bukannya berdamai malah rusuh mulu.
Quote:Original Posted By eastrael134
Kenapa yah ambon selalu rusuh. Nanti kalo ada gempa sama banjir aja baru berdamai lagi. Apa meningan biar aja ada gempa terus aja kali yah di ambon biar mereka semuanya pada damai. Bukannya berdamai malah rusuh mulu.


emoticon-Ngakak....bener juga gan....masa sih nunggu ada bencana dulu baru mereka berdamai....emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By eastrael134
Kenapa yah ambon selalu rusuh. Nanti kalo ada gempa sama banjir aja baru berdamai lagi. Apa meningan biar aja ada gempa terus aja kali yah di ambon biar mereka semuanya pada damai. Bukannya berdamai malah rusuh mulu.


Jangan-jangan karena di Jakarta ada instansi yang lagi diobok-obok.
hmm... kapan damainya nih ambon emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
Saya doakan semoga kejadian ini tidak berlangsung lama..

ingat nyong... katong semua basodara....emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By InRealLife
Jangan-jangan karena di Jakarta ada instansi yang lagi diobok-obok.

Konflik Ambon yang dulu pun hasil rekayasa TNI supaya diperhatikan oleh pemerintah. emoticon-Malu
Ingat pepatah dari Zimbabwe... Isu yang satu bisa ditutupi dengan Isu yang lainnya... Gali Isu tutup Isu... emoticon-Ngacir

Tetap Fokus Cicak vs Buaya gan... emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By faruq.abidin
Sampai RMS dimusnahkan gan..

Inget masa 1998 - 2001


emangnya kerusuhan yang ini terkait RMS mas bro?
yang mulai duluan siapa tuh? bikin rusuh aja. RMS-nya abisin dong!!!
Quote:Original Posted By ibnutiangfei
emoticon-Ngakak....bener juga gan....masa sih nunggu ada bencana dulu baru mereka berdamai....emoticon-Cape d... (S)

sama seperti di aceh kalo begini,,
damai setelah ada musibah tsunami,,
tapi untung juga sih, dari pada gak damai-damai emoticon-Stick Out Tongue
semoga aja kasus Ambon cepat teratasi. jadi Indonesia jadi bersatu dan damai.
Quote:Original Posted By byun
yang mulai duluan siapa tuh? bikin rusuh aja. RMS-nya abisin dong!!!


Ane kira bukan RMS, RMS hanya jadi Fitnahan yang terjadi di Ambon adalah S.A.R.A (Agama) dan kepada Masyarakat Ambon nya untuk Tidak Terpancing Isu-isu yang dihembuskan oleh Provokator.