alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016791715/berita-lewati-aja-penerjun-payung-kopassus-tersangkut-di-pohon
Video & Image 
[Berita + Youtube] Penerjun Payung Kopassus Tersangkut di Pohon
perhatikan di detik 00:45
youtube-thumbnail


Quote:Itu parasut statik, bukan yang bisa dikendalikan. Jadi, dia turun dari pesawat di mana, ya di situ dia mendaratnya.

Kejadian tidak terduga terjadi dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-67 di Landasan Udara Halim Perdanakusuma, Jumat (5/10).

Tujuh penerjun payung dari kesatuan Pasukan Khas (Paskhas) dan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang melakukan aksinya gagal mendarat di luar target pendaratan yang dipasang di depan podium Lanud Halim Perdanakusumah tempat perayaan HUT TNI digelar.

Dua dari mereka tercebur di danau Kompleks Perumahan Halim Perdanakusumah, mendarat di Jl Skuadron (diluar Lanud) sebanyak dua penerjun, dua anggota lainnya mendarat di halaman Mako POM TNI AU dan seorang anggota lain tersangkut di pohon mahoni dekat danau buatan kawasan Halim Perdana Kusuma.

Ketujuh anggota TNI yang gagal mendarat ini sebelumnya terjun dari lima pesawat Hercules dengan ketinggian 8.000 kaki. Mereka yang kesasar mendarat mendapat bantuan dari warga yang melintas atau warga yang menyaksikan atraksi tersebut.

Beberapa warga misalnya, membantu menarik parasut anggota TNI yang tercebur ke danau, meskipun anggota tersebut telah dipenuhi lumpur dan sampah dari danau tersebut. Warga membantu menurunkan parasut yang tersangkut di pohon dan juga membersihkan semut yang mengerubuti bagian tubuh anggota tersebut.

Salah seorang Prajurit TNI yang tak ingin disebut namanya mengaku bahwa memang parasut yang digunakan oleh ketiga anggota TNI yang gagal mendarat tersebut adalah jenis parasut statik yang memang tidak bisa dikendalikan.

"Itu parasut statik, bukan yang bisa dikendalikan. Jadi, dia turun dari pesawat di mana, ya di situ dia mendaratnya. Benar-benar tidak bisa dikendalikan, tapi itu adalah hal yang wajar," katanya.
Penulis: Ronna Nirmala/ Murizal Hamzah
Copypaster: Sanobayu


------------------------------------------------
Gak masalah, asal jangan nyangkut janda aja, Pak
------------------------------------------------


oh ya, yang posting gambar memec minum dari botol langsung ato yang berani posting lagi yang sejenis itu, seperti di trid ane sebelumnya
ane sumpahin jadi high quality maho emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S) emoticon-Bata (S)
ya mungkin aja bisa jadi kesalahan dari parasutnya..selamat HUT TNI,tetap jaya di darat,laut dan udara emoticon-I Love Indonesia (S)
yg penting kaga da yg terluka



tes reply betty, vbot maho. emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By sanobayu
Itu parasut statik, bukan yang bisa dikendalikan. Jadi, dia turun dari pesawat di mana, ya di situ dia mendaratnya.


Yang kayak gini kan Parasutnya... emoticon-Ngacir

[Berita Lewati Aja] Penerjun Payung Kopassus Tersangkut di Pohon
Quote:Original Posted By ojek.kaskuser
ya mungkin aja bisa jadi kesalahan dari parasutnya..selamat HUT TNI,tetap jaya di darat,laut dan udara emoticon-I Love Indonesia (S)


jawabannya langsung ane kasih dari Kepala Pusat Penerangan Umum Lanud Halim Perdanakusuma, Mayor Sus Gerardus Maliti emoticon-Big Grin

Quote:
Angin Jadi Alasan Insiden Penerjun HUT TNI

Kejadian yang tidak terduga karena adanya faktor alam dalam hal ini angin yang tidak terkendali.

Gagal mendaratnya tujuh penerjun dalam atraksi terjun statik dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-67 di Landasan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma pagi tadi, diduga terjadi akibat terdorong oleh tiupan angin kencang.

Kepala Pusat Penerangan Umum Lanud Halim Perdanakusuma, Mayor Sus Gerardus Maliti, mengakui bahwa kejadian yang masih tergolong biasa ini sebagai kejadian yang tidak terduga karena adanya faktor alam dalam hal ini angin yang tidak terkendali.

"Tujuh dari 625 anggota Lanid Kostrad TNI AD yang gagal mendarat tepat sasaran itu adalah hal biasa, saya duga itu karena angin kencang," kata Mayor Maliti saat dihubungi, hari ini.

Menurut Maliti, kejadian ini kerap terjadi baik dalam latihan dan aksi sebenarnya, meski sudah diusahakan untuk diantisipasi agar tidak terjadi. Namun, diakuinya, tetap saja ada hal-hal yang tidak dapat dikontrol oleh manusia.

"Semua anggota TNI yang ikut terjun payung mendarat dengan selamat. Kalau ada insiden kecil seperti mendarat di tempat lain, seperti di pohon, pinggir jalan dan sebagainya, itu sih hal biasa. Yang penting mereka selamat semua," tutur dia.

Dipaparkan Mayor Maliti, jumlah anggota TNI yang mengikut atraksi terjun payung ini sebanyak 725 TNI dan Polri.

Mereka terdiri dari 625 anggota Linud Kostrad TNI AD yang melakukan terjun statik dan diterbangkan dengan 10 pesawat Hercules di atas ketinggian 8.000 kaki.

"Para anggota TNI yang melakukan terjun statik diturunkan dari ketinggian 1.500 kaki, bukan dari 8.000 kaki," tegas Mayor Maliti.

Sementara 100 anggota TNI/Polri lainnya melakukan terjun free-fall atau terjun bebas, dengan menggunakan satu pesawat Hercules dengan ketinggian 8.000 kaki. "Untuk yang free-fall semuanya aman karena mendarat tepat di target sasaran yang ditentukan," sambungnya.

Lebih lanjut, Mayor Maliti mengaku sudah menerapkan seluruh prosedur yang diberlakukan dalam aksi terjun statik maupun terjun bebas ini, sehingga pendaratan yang tidak tepat di sasaran tersebut adalah di luar perencanaan.

Untuk diketahui, dalam perayaan HUT ke-67 TNI ini selain atraksi terjun ini, acara yang terbuka untuk warga ini juga menyuguhkan berbagai atraksi dan pameran peralatan utama sistem persenjataan yang canggih milik TNI.

Seperti misalnya atraksi Helikopter pembawa banner, fly pass pesawat Super Tucano, halang rintang bela diri militer dan sebagainya.

Adapun seluruh peralatan tempur milik TNI yang dipamerkan di antaranya dua unit pesawat Hercules C 130, empat Helikopter Puma, dua Helikopter Bell, empat pelontar meriam. Kemudian, dua kendaraan lapis baja jenis Tank Amphibi Marinir, dua Panser PBB dan sebagainya.
Penulis: Ronna Nirmala/ Wisnu Cipto
alhamdulillah selaamat semua..nyangkut di pohon apa ya? bisa sampe disemutin gitu
Quote:Original Posted By KimaxKaw
Yang kayak gini kan Parasutnya... emoticon-Ngacir

[Berita Lewati Aja] Penerjun Payung Kopassus Tersangkut di Pohon


persis gan, emang yang statik, yang langsung terbuka begitu loncat, buat tempur
ni gambarnya
[Berita Lewati Aja] Penerjun Payung Kopassus Tersangkut di Pohon
wah sayang gak ada picnya y
hehehe
untungnya cuma semut, sampah, dan lumpur..
mereka masih baik-baik saja...emoticon-Thinking
coba low ulet bulu.. hiiii merinding ane.. emoticon-Takut
meski gagal salut ma paskhas dah berani terjun pake parasut yg ga bisa di kendalikan.
Quote:Original Posted By be42late
wah sayang gak ada picnya y
hehehe


ane masih nyari gan, sapa tahu ada yang sempet ngerekam
wkwkwkkw

ada ada aja kelakuan tentara kita
Quote:Original Posted By joyokusumo99
meski gagal salut ma paskhas dah berani terjun pake parasut yg ga bisa di kendalikan.


jangankan pake parasut statis yg ga bisa dikedaliin gan, kalo di suruh komandannya turun pake payung buat bela negara mereka berani gan emoticon-I Love Indonesia (S)

[Berita Lewati Aja] Penerjun Payung Kopassus Tersangkut di Pohon


untunglah cuma nyasar di pohon dan nyebur ke danau, gimana kalo sampe kebawa angin trus nyangkut di sutet emoticon-Embarrassment

Eva

gpp itu umum terjadi gan, wajar paratroopers sejati musti ngalamin hal itu kok. btw selamat hari jadi dan hari guru sedunia. semoga makin disayang dan dicintai sama rakyat. ok. emoticon-Cool
wah masih untung nyangkut dipohon, dulu digasibu ada semacam acara akrobatik penerjun. tiba2 ada angin gede, tuh penerjun kebawa sampe nabrak gedung sate, untung pake helm, kepalanya ngebentur keras soalnya emoticon-Berduka (S)

tapi bukan dari ABRI, soalnya bukan acara tentara, dah lama banget waktu ane masih unyu2 emoticon-Big Grin

Apa kata Adolf Hitler

"Di masa damai, tentara hanya menjadi mainan"
wakakaka.. ini kan parasut yg buat di medan perang, yg koordinat terjunnya udah d atur dari pesawat....
mungkin ketuker kali ama parasut yg biasa d pake..
ada2 ajee.. tentara AS aja ga brani pake parasut ginian buat atraksi..
ya ampun mpe nyangkutemoticon-Big Grin
Ya itu suatu keberanian dan nyali yang tinggi dari Anggota Phaskas. Selamat... Dirgahayu TNI semoga Jaya selalu....
emang kelebihan make parasut static apaan bro??? kan gak bisa dikendaliin,,,