alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000016787839/partai-terbuka-tak-laku-pks-ubah-strategi-politik
Partai Terbuka Tak Laku, PKS Ubah Strategi Politik
[url]http://nasional.inilah..com/read/detail/1912579/partai-terbuka-tak-laku-pks-ubah-strategi-politik[/url]

Partai Terbuka Tak Laku, PKS Ubah Strategi Politik

Quote:
Burhanuddin Muhtadi
Partai Terbuka Tak Laku, PKS Ubah Strategi Politik
Oleh: R Ferdian Andi R
nasional - Jumat, 5 Oktober 2012 | 14:15 WIB


inilah..com, Jakarta - Jika mengamati gerakan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belakangan, mengingatkan pada aksi partai ini awal didirikan. Partai ini kembali aktif merespons isu-isu ke-Islaman. Bukankah PKS telah berubah menjadi partai terbuka?

Selamat tinggal partai terbuka. Kata itu tepat menggambarkan kondisi PKS saat ini. Setelah resmi mendeklarasikan sebagai partai terbuka, PKS seolah memutar jarum jam. Alih-alih mengukuhkan pilihan menjadi partai terbuka, justru PKS kembali memakai isu-isu kesilaman dalam aksi politiknya.

Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Burhanuddin Muhtadi menilai ada pergeseran orientasi PKS setelah mendeklarasikan sebagai partai terbuka. "PKS sadar, deklarasi sebagai partai terbuka ternyata bumerang," kata Burhan saat dihubungi di Denpasar, Bali, Kamis (4/10/2012) malam. Berikut wawancara lengkapnya:

Apakah Anda melihat terjadi pergeseran orientasi PKS belakangan terkait pilihan politik yang diresmikan dalam Munas PKS 2010 lalu sebagai partai terbuka?

Saya melihat PKS mulai menyadari ada bumerang ketika menjelang Pemilu 2009 PKS terlalu banyak memakai pendekatan yang terlalu terbuka. Karena di saat bersamaan, PKS mengalami resistensi oleh kader mereka.

Apakah yang dilakukan PKS belakangan sebagai bentuk koreksi dari pilihan politik sebelumnya?

Yang terlihat belakangan, PKS melakukan dua cara. Pertama, PKS terkesan ingin mengembalikan kepercayaan dari basis tradisionalnya. Komitmen politik PKS dalam Munas 2010 lalu, berusaha dinetralkan dengan diwujudkan respons PKS terhadap isu-isu yang dekat dengan Islam seperti merespons Rohingya di Myanmar, usulan lambang palang merah dengan bulan sabit, termasuk pengerahan massa yang diklaim ratusan ribu orang dalam merespons film Innocence of Muslims.

Nah, hal seperti itu, dalam dua tahun terakhir ini kurang terlihat dari PKS. Belakangan, isu itu kembali dimunculkan. Karena dalam kenyataannya, isu PKS sebagai partai terbuka ternyata mendapat resistensi dengan kader. Eksperimen partai terbuka ternyata tidak dibeli oleh masyarakat.

Kedua, memasangkan kembali orang-orang dari faksi keadilan yang yang tidak memiliki resistensi baik dari internal maupun eksternal seperti Hidayat Nurwahid (HNW) menjadi Ketua Fraksi PKS. Penempatan HNW sebagai Ketua Fraksi dan Cagub DKI itu membangkitkan kader. HNW juga kader yang lebih minimalis kontroversinya.

Begitu juga mengganti Nasir Djamil sebagai Wakil Ketua Komisi III DPR dengan Almuzammil Yusuf yang memang orang yang sisi kontroversinya kecil. Ini perubahan strategi atas kekurangberhasilan pilihan PKS sebagai partai terbuka.

Apakah PKS akan berhasil dengan cara ini?

Harus dengan survei melihat berhasil tidaknya PKS. Ini kan relatif baru. Yang pasti, dalam riset terakhir LSI, PKS mendapat dukungan di angka 4-5 persen. [mdr]


Baguslah kalau segera sadar strateginya salah. Daripada "mengharap burung terbang tinggi, punai di tangan dilepaskan"*

*menkominfo pasti tahu apa arti peribahasa ini
Nasi sudah jadi bubur, sekali lancung ke ujian seumur hidup orang tidak percaya...

Apalagi sejarah kelam ikhwanul muslimin tersingkap sudah..
emang em el em top banget buat "eternal board" emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By




Baguslah kalau segera sadar strateginya salah. Daripada "mengharap burung terbang tinggi, punai di tangan dilepaskan"*

*menkominfo pasti tahu apa arti peribahasa ini


apan tuh gan artinya emoticon-Malu


Paling strateginya di ubah dengan cara mendompleng citra Partai brotherhood nya di mesir dan di Turki... emoticon-Ngakak (S)

bener2 partai wannabe sejati... emoticon-Ngakak (S)
bagusan ganti nama aja tuh partai
Dodol bener partai satu ini..
Bukan terbukanya itu yang bikin hancur citra partai, tapi tergadainya harga dirilah yang sungguh menghancurkan.

Partai Islam, punya harga diri --> Citra baik
Partai Terbuka, punya harga diri --> Citra baik
Partai Islam, ga punya harga diri --> Citra hancur
Partai Terbuka, ga punya harga diri --> Citra hancur
Kalo mau jujur jujuran, diperlukan kerja sampe orang berani koprol dan bilang "wow" kalo mau naikin pamor PKS lagi emoticon-Ngacir...
Udah pasti gagal total lah. Orang yg dilihat itu konsisten dgn pilihannya, Konsisten bukan berarti ngotot loh. Tapi istiqomah dalah memperjuangkan tujuan pendirian dulu.

Kader udah kabur swing voter apalagi. Padahal kalau terus berjuang dijalannya seperti IM yg diikuti walaupun diberangus tapi tetap akan hidup karena yg dituju adalah masyarakat yg adil.

Kalau yg dituju pertama adalah kekuasaan untuk mewujudkan keadilan ya wasalam. Mestinya seperti IM yg mengedukasi masyarakat, bahkan walaupun tokohnya di penjara mereka diminta pemerintah mesir mengentaskan buta huruf mereka mau bergerak. Gak nunggu jatah kursi mendiknas dulu kaya partai bunglon ini.
Quote:Original Posted By KimaxKaw
Paling strateginya di ubah dengan cara mendompleng citra Partai brotherhood nya di mesir dan di Turki... emoticon-Ngakak (S)

bener2 partai wannabe sejati... emoticon-Ngakak (S)


padahal di mesir sendiri MB mulai di tentang emoticon-Big Grin
pks sudah cari jabatan sekarang beda waktu masih bernama PK

emoticon-Turut Berdukaemoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka
Wah sekarang ini banyak yang antipati sama pks
Teruata akibat politik mencla menclenya
jadi bubar nih ceritanya?
*satu dua tiga empat
partai tujuan utamanya adalah kesejahteraan partainya
Agama hanya kedok

Pragmatis dan Oportunis Sejati
Pks sedang galau ..

coba tanya vbot klo ga percaya emoticon-Ngakak
PKS kembali menjadi partai yang setia pada syariat ? Jauh panggang dari api emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By KangPri
Kalo mau jujur jujuran, diperlukan kerja sampe orang berani koprol dan bilang "wow" kalo mau naikin pamor PKS lagi emoticon-Ngacir...


kadernya aja udah pada "loyo" , gimana dengan swing voter....

cmn haternya aja yg makin semangat emoticon-Hammer
Quote:Original Posted By renjanarose


kadernya aja udah pada "loyo" , gimana dengan swing voter....

cmn haternya aja yg makin semangat emoticon-Hammer


kalau gitu mungkin strategi barunya berubah jadi partai hater indonesia?
catat ni ; partai bunglon kaga bakal laku 2014, partai yg banyak mengecewakan rakyatemoticon-Cape d... (S)
makanya pks harusnya konsisten memperjuangkan islam